Bagi anda yang sering mendownload program ataupun mendownload games dari internet, pastilah file yang kita

download dalam bentuk disk image (file .iso), atau file yang dikompresi dalam format image, di windows sendiri tidak menyediakan fasilitas untuk membaca isi disk image seperti ini, program yang biasa dipakai untuk membuka disk image ini salah satunya ialah Daemon Tools, Jadi fungsi dari Daemon tools ini akan mengimplementasikan disk image pada sebuah atau lebih Virtual CD/DVD, Adapun cara memakai program daemon tools ini akan kita bahas kali ini, Langkah langkahnya: 1. Bagi yang belum punya program Daemon tools, silahkan Download & Install (link ada diakhir artikel) 2. Setelah itu, buka dan jalankan program Daemon.exe. 3. Ikuti petunjuk yang ditampilkan, Mungkin anda harus meng-restart komputer anda terlebih dahulu, setelah komputer di-restart, sebuah SCSI disk akan terinstall dikomputer kita. 4. Setelah program Daemon tools terinstall dan sudah berjalan, kita akan melihat sebuah ikon tanda petir, dikanan bawah dekat tanda waktu ( Lihat Gambar ).

5. Silahkan klik kanan ikon tadi, dan klik “VIRTUAL CD/DVD-ROM” lalu klik “Set number of devices…”, dan pilihlah berapa banyak virtual drive yang kita mau, kali ini saya mau hanya 1 virtual drive dikomputer saya, dan saya klik “1 Drive”, ( Lihat Gambar )

6. Setelah itu klik kanan lagi ikon tanda petir tadi dan pilih lagi “VIRTUAL CD/DVDROM”, lalu lick “Device 0: [Z:] No media”, kemudian klik “Mount image” (biru). [Lihat Gambar berikut].

8. apakah mau memainkannya dll. Setelah kita klik “Open” tadi.7. sekarang cari file disk image yang akan kita mainkan sebagai virtual CD/DVD. Kemudian Jendela baru akan muncul. kalo udah ketemu filenya lalu klik “Open”. layaknya seperti kita memasukan CD/DVD yang sebenarnya ke dalam drive CD/DVD. . [ Lihat Gambar]. [ Lihat gambar ]. sebuah jendela akan muncul menanyakan apa yang akan kita lakukan.

Nah selesai sudah kita membaca atau membuat sebuah CD/DVD virtual. Drive tersebut yang dibuat oleh program Daemon Tools ini. Sekarang jika kita membuka “My Computer” maka didalamnya akan terdapat sebuah ikon Drive yang baru.9. . [ Lihat gambar ].

10. klik “VIRTUAL CD/DVD-ROM” . kemudian klik “Disable”. hilanglah dia dari My computer kita. lalu klik “Set number of devices…”. Untuk mematikan/menghilangkan virtual drive ini. Download Daemon Tools Lite Disini dan Pro Disini . klik kanan tanda petir program Daemon tools yang berada dibawah kanan layar tadi. Buzzzz….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful