BAB I

PENDAHULUAN Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bungga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. Klasifikasi ilmiah kembang sepatu: Kerajaan: Plantae Divisi: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Magnoliophyta Magnoliopsida Malvales Malvaceae Hibiscus H. rosa-sinensis Bunga sepatu terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. .

tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. atau menghadap ke samping. hingga 20 cm.Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Di daerah tropis atau dirumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun. Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6cm. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun meruncing. sedangkan di daerah subtropics berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur. Bunga bisa mekar menghadap ke atas. . ke bawah. pencangkokan. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. dan penempelan. Pada umumnya. Tanaman berkembangbiak dengan cara stek.

Dapat mengetahui sendiri dimana letak bagian-bagian bunga. Dapat menjelaskan proses terjadinya penyerbukan dan pembuahan. .BAB II TUJUAN Pelaksanan pratikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui bagian-bagian bunga melalui pengamatan. Setelah praktikum di harapkan dapat menjelaskan hubungan antara stuktur bunga dengan fungsinya.

Bunga sepatu. 3. Bunga soka sebagai pembanding. . 4. Kertas Hvs. 2.BAB III ALAT DAN BAHAN Alat dan Bahan: 1. Bunga mawar sebagai pembanding.

BAB IV PROSEDUR KERJA Cara Kerja: 1. Kelompokan bagian-bagian bunga yang bentuknya sama. Gambarlah bunga sepatu lengkap dengan keteranganya pada kertas Hvs yang tersedia. 4. 6. Copotlah bagian-bagian bunga tersebut secara hati-hati. 2. . Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu. Buatlah kesimpulan berdasarkan pratikum ini. 5. 3. Ambil bunga sepatu dan letakkan di atas meja. amati.

dan lebah. benang sari merupakan alat kelamin serangga. Kelopak merupakan bagian bunga paling luar. mahkota terbungkus oleh kelopak bunga.kelopak berfungsi melindungi bunga sewaktu masih kuncup. dan mahkota bunga. Alat perkawinan bunga terdiri atas benang sari dan putik. seperti kupu-kupu. Bagian-bagian bunga sepatu dan fungsinya: a. Kelopak merupakan bagian bunga paling luar. Tangkai bunga menghubungkan bunga dengan batang. Di bagian dalam bunga ada yang berbentuk seperti benang yang disebut benang sari. Proses penyerbukan pada bunga sepatu: . Di bagian dalam kelopak terdapat mahkota bunga. Mahkota bunga karena indah dan berbau sehingga berfungsi menarik perhatian Putik dan benang sari berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Perhiasan bunga terdiri atas dasar bunga. kumbang.BAB VI PEMBAHASAN Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai perhiasan bunga dan alat perkawinan. kelopak bunga. Keindahan bunga ditentukan oleh bentuk dan warna mahkota bunga. Dasar dan tangkai bunga berfungsi sebagai tempat kedudukan bunga. c. Putik merupakan alat kelamin betina. Bunga sepatu termasuk bunga yang lengkap karena mempunyai perhiasan bunga dan alat perkawinan. jantan. a. Warna dan bau mahkota bunga menarik serangga untuk datang. Sebelum mekar. Putik lebih besar daripada benang sari. Pada bagian tengah bunga ada bagian bunga yang disebut putik. b. Sementara itu.

3. Selanjutnya serbuk sari akan tumbuh menjadi buluh serbuk sari yamg di dalamnya terbentuk sel kelamin. Air mengalir membawa serbuk sari ke kepala putik. serbuk sari akan terbawa. yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain yang sejenis. serbuk sari akan tertempel pada badan lebah. Lebah dapat membantu penyerbukan saat mengisap nektar.  Serbuk sari dapat jatuh di kepala putik melalui beberapa perantara antara lain hembusan angin. . serangga. 2. merunduk. Saat berpindah ke bunga lain.  Penyerbukan dapat terjadi melalui beberapa cara. Penyerbukan sendiri. setek. Berdasarkan asal serbuk sarinya. namun varietasnya berbeda. Proses pembuahan:  Bila sel kelamin jantan dapat bersatu dengan sel telur (di dalam bakal biji) maka terjadilah pembuahan. Angin menerbangkan serbuk sari hingga ke kepala putik. 1. yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain. air dan manusia. Penyerbukan silang. 4. yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain yang tidak satu tumbuhan. tetapi masih satu jenis tumbuhan. Buluh serbuk sari akan melalui tangkai putik menuju ke bakal biji. yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik itu sendiri. Lebah mengisap nektar dan serbuk sari jatuh di kepala putik. Perantara manusia dengan cara mencangkok. Penyerbukan tetangga. Penyerbukan terjadi bila serbuk sari jatuh di kepala putik. terdapat empat cara penyerbukan. Penyerbukan bastar. tetapi masih dalam satu tumbuhan.

Di Indonesia sendiri. . dan mahkota bunga sebagai perhiasan. air. Terbukti bunga sepatu mempunyai kelopak bunga. penyerbukan silang. Bunga sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Berdasarkan asal serbuk sarinya. penyerbukan tetangga. Bukan hanya itu saja ternyata bunga sepatu juga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai bunga persembahan.terdapat empat cara yaitu: penyerbukan sendiri. Antara lain perantara hembusan angin. manusia. serangga. Di Tiongkok.BAB VII KESIMPULAN Dari pratikum ini dapat di simpulkan bahwa bunga sepatu termasuk bunga yang lengkap karena memilki perhiasan bunga dan alat perkawinan. bunga sepatu yang berwarna merah digunakan sebagai bahan makanan. Bunga sepatu melakukan perkembangbiakan secara generatif. Setelah mengetahui proses penyerbukan kita menjadi tahu kalau penyerbukan itu melalui perantara. Mempunyai benang sari dan putik sebagai alat perkawinan. penyerbukan bastar. daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Penyerbukan juga dapat terjadi melalui beberapa cara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful