2011

Materi Instalasi LAN

M. Farisy Maulana Yusuf

[TUGAS AKHIR]
Semester Ganjil

Instalasi LAN

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

Materi Instalasi LAN Semester Ganjil
Oleh : M. Farisy Maulana Yusuf
XI TKJ A

Teknik Komputer dan Jaringan

SMK Negeri 1 Cimahi

Materi Instalasi LAN |

2

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

KATA PENGANTAR

A

lhamdulillah segala puji syukur hanya kepada Allah SWT. Karena limpahan rahmat dan barakah-Nya, membuat saya mampu

menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad saw. Beserta keluarganya, para sahabat, tabi’in dan tabi’at, serta umat akhir jaman. Saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih bagi seluruh pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini. Saya mengakui bahwa saya adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan makalah ini yang telah saya selesaikan. Tidak semua hal dapat saya deskripsikan dengan sempurna dalam makalah ini. Saya melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang saya miliki. Di mana saya juga memiliki keterbatasan kemampuan. Maka dari itu seperti yang telah dijelaskan bahwa saya memiliki keterbatasan dan juga kekurangan, saya bersedia menerima kritik dan saran dari pembaca yang budiman. Saya akan menerima semua kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki makalah saya di masa datang. Sehingga semoga makalah berikutnya dapat diselesaikan dengan hasil yang lebih baik. Dengan menyelesaikan makalah ini saya mengharapkan banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari makalah ini.

Cimahi 15 Desember 2011

Penyusun

Materi Instalasi LAN |

3I

M.15 Klasifikasi Jaringan Komputer .49 Materi Instalasi LAN | 4 II .8 Metode komunikasi data .7 pengertian komunikasi data .II KOMUNIKASI DATA .41 5-4-3-2-1 Rule .13 Pengenalan Jaringan Komputer .18 Bagian-bagian Jaringan Komputer .41 Jenis-Jenis Topologi .35 TOPOLOGI JARINGAN .33 Perbandingan Arsitektur OSI dan TCP/IP .10 Klasifikasi komunikasi berdasarkan informasinya .14 Sejarah Jaringan Komputer .10 JARINGAN KOMPUTERE .40 Apa itu Topologi Jaringan? . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Daftar Isi KATA PENGANTAR .20 Perangkat Jaringan .8 Komponen Komunikasi Data .9 Hal yang berhubungan dengan komunikasi data .I DAFTAR ISI .27 Model Referensi OSI .21 MODEL REFERENSI .28 Model Referensi TCP/IP .

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] ETHERNET .56 Jenis media transmisi .56 Kegunaan media transmisi .M.20 RJ-45 Connector Configuration .72 Alat Perlengkapan Wiring .79 WIRELESS .76 Permukaan Mounted Raceway .64 Cara Membuat .64 Persiapan Wiring .69 Conduit .71 Jenis-jenis saluran Conduit .57 Cara Pemasangan .63 Pengenalan Wiring .77 Trunking .78 Wiring Closet .65 Jenis Kabel .61 WIRING .80 Pengenalan Wireless .56 Karakteristik media transmisi .81 Materi Instalasi LAN | 5 III .52 Fast Ethernet -53 Gigabit Ethernet -54 MEDIA RANMISI .51 Pengenalan Protokol Ethernet .78 Cable Tray .55 Pengertian Media Trasmisi .78 Proteksi kebakaran Pasif .

81 Standar 802.11b .11g .85 Standar 802.88 Materi Instalasi LAN | 6 IV .M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Jenis Konfigurasi Wireless LAN (WLAN) .86 DAFTAR PUSTAKA .11a .83 Standar 802.

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Komunikasi Data Materi Instalasi LAN | 7 .M.

Handphone ke komputer. adalah piranti yang menerima data. Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain. komputer atau handphone ke perangkat lain misal: printer. fax. 4. adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan. 3. Media pengiriman. telpon.M. Materi Instalasi LAN | 8 . 2. karena telah diterapkan dalam berbagai bentuk aplikasi misal: komunikasi antar komputer yang populer dengan istilah internet. adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pengertian Komunikasi Data Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara computer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Komunikasi Data saat ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. camera video dll. Komponen Komunikasi Data 1. adalah piranti yang mengirimkan data. 5. Protokol. Pengirim. Penerima. adalah informasi yang akan dipindahkan. Handphone ke Handphone. Data.

Transmisi simplex tidak digunakan dalam komunikasi jaringan karena node-node dalam jaringan umumnya membutuhkan komunikasi secara dua arah. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak. seperti siaran televisi atau siaran radio. beberapa komunikasi dalam jaringan. di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Memang. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu. Half duplex Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama. terlihat seperti simplex. 2. Simplex Simplex adalah salah satu bentuk komunikasi antara dua belah pihak. kondisi "collision" Materi Instalasi LAN | 9 . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Metode komunikasi data 1. Transmisi secara simplex terjadi di dalam beberapa teknologi komunikasi. tapi sebenarnya lalu lintas komunikasi terjadi secara dua arah. di mana sinyalsinyal dikirim secara satu arah. apalagi jika protokol TCP yang digunakan sebagai protokol lapisan transportnya.M. seperti video streaming. hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar.

Protokol 6. dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi. Tipe Saluran Transmisi 4. Komunikasi data : Komunikasi berupa data digital Materi Instalasi LAN | 10 . Hal yang berhubungan dengan komunikasi data : 1. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya. 3. Full duplex Dalam komunikasi full-duplex. Media Transmisi 2. di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Komunikasi video : Komunikasi berupa gambar 3. Check Error Klasifikasi komunikasi berdasarkan informasinya : 1.M. Komunikasi audio video : Komunikasi berupa suara dan gambar 4. 2. Kapasitas data 3. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan. Mode Transmisi 5. Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing. Komunikasi audio : Komunikasi berupa suara. dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama.

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Perbedaan Sinyal/Isyarat Analog Dengan Digital 1. frekuensi dan phase. · Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar. mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. · Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu. yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Materi Instalasi LAN | 11 . Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus. suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus. Sinyal Analog Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu.M. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier. yaitu amplitudo. maka jangkauan transmisi data dapat mencapai jarak yang jauh. · Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Dengan menggunakan sinyal analog. tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise.

dan 11. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan. Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. 01.M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 2. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. 10. tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. berupa 00. Sinyal Digital Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. yaitu 0 dan 1. Materi Instalasi LAN | 12 . Secara umum. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. jumlah emungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22).

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] JARINGAN KOMPUTER Materi Instalasi LAN | 13 .

Agar dapat mencapai tujuannya. pertukaran file. Desain ini disebut dengan sistem client-server. satelit. Switch. printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data. ribuan atau bahkan jutaan node. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server. dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.M. dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM. Istilah computer sendiri berasal dari bahasa latin. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan. komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital. Komputer yang terhubung tersebut. saluran telepon. puluhan. atau sinar infra merah. Beberapa ahli mendefinisikan computer sebagai berikut : 1. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya. kemudian memprosesnya Materi Instalasi LAN | 14 . Bridge. Gateway sebagai peralatan interkoneksinya Tiap komputer. yang berarti menghitung. gelombang radio. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua. Menurut Hamacher [1]. maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pengenalan Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah kumpulan terminal yang saling terintegrasi melalui media fisik tertentu dalam suatu kendali teknis untuk keperluan komunikasi tertentu. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain. setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Router. dimungkinkan berhubungan dengan media kabel. atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. yaitu computare. Printer.

termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika. sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian. Menurut Blissmer [2]. Sejarah Jaringan Komputer Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. dan menghasilkan output berupa informasi. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang Materi Instalasi LAN | 15 . maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal). Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing). Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer. 2. Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.M. komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: 1) menerima input 2) memproses input tadi sesuai dengan programnya 3) menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan 4) menyediakan output dalam bentuk informasi 3. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. tanpa campur tangan dari manusia. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat. untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya.

maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Di tahun 1972. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan. Di tahun 1970. Departemen Pertahanan Amerika. jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1973. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Dan di tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal. Materi Instalasi LAN | 16 .S. dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973. ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972. sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.M. sehingga langsung menjadi populer. semua host komputer wajib melayani terminalterminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik di tahun 1969. U. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976. Setahun kemudian. karena selain proses yang harus didistribusikan. yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda. Sementara itu. di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link. dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.M. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada. ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Dan di tahun 1994. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah. dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail Materi Instalasi LAN | 17 . jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih. pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini. Untuk itu. Dan di tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Denmark. Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system. Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988. Inggris. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama. yang kini kita kenal dengan DNS. dan Swedia. Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer di tahun 1992. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Tahun 1981. Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan. Jim Ellis dan Steve Bellovin. Pada 1987. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Tom Truscott. menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) di tahun 1979. situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. Akibatnya. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.

Materi Instalasi LAN | 18 . b. yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1. mesin akan cek bagian alamat. Berdasarkan Koneksi  Broadcast Link Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] muncul di situs.M. Klasifikasi Jaringan Komputer a. maupun perangkat komunikasi publik seperti internet. disebut paket dan dikirimkan oleh suatu mesin kemudian diterima oleh mesin-mesin yang lainnya. Jaringan Personal (Personal Area Network/PAN) PAN atau Personal Area Network Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer. seperti USB dan Firewire. Pesan-pesan berukuran kecil. televisi. ponsel. jika paket tersebut untuk mesin itu. maka mesin akan proses paket itu. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan. sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data. Seringkali harus melalui banyak rute (route) yang mungkin berbeda jaraknya. Jika bukan maka mesin mengabaikannya.0. dan untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. Berdasarkan Skala 1. Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. telpon. Karena itu algoritma routing memegang peranan penting pada jaringan point-to-point.  Point-to-Point Link Terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk pergi dari satu sumber ke tempat tujuan. Saat menerima sebuat paket. Bagian alamat pada paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket ditujukan.

bahkan antena Satelit. LAN pada umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel. seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) pada jarak maksimum 100 meter. T1 line). 3. misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia. masih ada beberapa klasifikasi lagi. satu gedung. Jaringan Luas (Wide Area Network / WAN) Jaringan Luas (WAN) adalah jaringan antarkota. tetapi banyak LAN yang tidak pakai kabel (Wireless LAN atau WaveLAN) tetapi menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit. tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara. Selain yang ada di atas. bahkan antar benua. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 2. 4. bentangannya bisa mencakup seluruh dunia. misalnya dalam satu ruangan. atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Jaringan Kota (Metropolitan Area Network / MAN) Jaringan Kota (MAN) adalah perluasan LAN sehingga mencakup areal satu kota. sehingga dapat mencapai jarak rentang antara 10 – 45 kilometer. atau menggunakan antena parabola melalui gelombang mikro (microwave). atau beberapa gedung yang sangat berdekatan. kabel Coaxial hingga 500 meter. misalnya jaringan antar kampus dan jaringan antar kantor cabang. yaitu :   NAN (Neighborhood Area Network) CAN (Campus Area Network) Materi Instalasi LAN | 19 . Jaringan Lokal (Local Area Network / LAN) Lokal (LAN) adalah jaringan dengan cakupan areal terbatas pada satu lokasi. antar negara.M. Media transmisi kabel adalah Serat Optik. tetapi banyak yang menggunakan fasilitas komunikasi telepon seperti jalur sewa (leased line. bahkan Serat Optik (Fiber Optic) dalam jarak lingkar 3 kilometer. antar propinsi.

2. 3. 6. NIC (Network Interface Card) : Perangkat keras yang memungkinkan komputer untuk dapat berkomunikasi pada jaringan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]    GAN (Global Area Network) RAN (Regional Area Network) SAN (Storage Area Network) c. Client/Workstation : End User yang menggunakan sumber daya dari jaringan. Berdasarkan Topologi Bus Star Ring Mesh Tree Linier Bagian-bagian Jaringan Komputer 1. : Untuk mengonfigurasi jaringan dengan menggunakan host sharing dalam jaringan komputer. 5. Server : Komputer yang menyediakan sumber Daya. Kabel : Media Transmisi. 4. Switch : Perantara pengoneksi computer.M. Materi Instalasi LAN | 20 . Software jaringan.

printer. Perangkat itu adalah : 1. yang terhubung kedalam jaringan Mengontrol aliran data antar komputer dan sistem perkabelan Menghubungkan sebuah komputer ke jaringannya Memberikan suatu koneksi fisik antara kabel jaringan dengan bus internal komputer Materi Instalasi LAN | 21 . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Perangkat Jaringan Dalam sebuah jaringan komputer terdapat 2 tipe device yang digunakan agar jaringan komputer tersebut dapat benar-benar terbangun. Network Interface Card Network Interface Card (NIC) berfungsi sebagai Interface Fisik atau penghubung antar komputer menggunakan kabel jaringan ke peralatan penghubung. End-User Devices adalah device untuk pengguna akhir yang mencakup komputer. Sebuah LAN membutuhkan hub. Network device diantaranya adalah : 1. Network Device. Tugas dari NIC adalah :      Mempersiapkan data dari komputer agar dapat dikirim lewat ke media penghubung Mengirim data ke komputer lain. jaringan ini memiliki tingkat kerumitan yang rendah daripada kedengarannya. dan jika akses online yang diinginkan. 2. kabel atau teknologi radio. scanner dan device lain yang menyediakan service langsung ke user. End User Device. Untungnya. modem berkecepatan tinggipun harus ada. NIC.M. router. printer atau mesin faks. Device yang digunakan untuk Local Area Network (LAN) adalah device yang paling umum dari device jaringan yang digunakan oleh masyarakat. Sedangkan Network Device adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau alat elektronik lainnya secara bersama sehingga mereka dapat berbagi sumber daya seperti file.

FDDI ) Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan ) Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi. Setiap host yang tersambung ke hub akan melihat paket ini tapi hanya host yang ditujukan saja yang akan memprosesnya.M. hub cukup mahal. Hub Sama seperti switch. tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas routing. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast). membutuhkan kabel tersendiri untuk berjalan. ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh network. ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Hub aktif bertindak sebagai repeater. Materi Instalasi LAN | 22 . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 2. Fungsi tambahan selain sebagai central connection point. Cara kerja Hub Pada dasarnya adalah sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Sebuah Hub bisa aktif atau pasif. Ia mengambil bit-bit yang datang dari satu port dan mengirimkan copynya ke tiap-tiapport yang lain. diagnostic) Kekurangannya. Ini dapat menyebabkan masalah network traffic karena paket yang ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke semua host (meskipun ia hanya diproses oleh salah satu yang ditujukannya saja). Toketring. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain. Hub pasif hanya bertindak sebagai kotak sambungan. danakan mematikan seluruh network jika ia tidak berfungsi. Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. hub menyediakan kemampuan berikut:      Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater ) Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet.

Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC address dari packet. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 3. Karena ia beroperasi pada MAC address bukan pada IP address. Jadi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan. Dalam switch biasanya terdapat routing. Modem Eksternal dan Internal a. Switch memelihara daftar MAC address yang dihubungkan ke port-portnya yang ia gunakan untuk menentukan kemana harus mengirimkan paketnya. Switch Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil b. Modem Eksternal Berada diluar CPU. Modem Internal Materi Instalasi LAN | 23 . switch dapat secara drastis mengurangi traffic network. Kabel Coaxial 5. 4.M. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Kelebihan dari switch :    Mampu menginspeksi paket-paket data yang mereka terima Mampu menentukan sumber dan tujuan paket yang melaluinya Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat. Kerugiannya. switch secara umum lebih cepat daripada sebuah router. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Daripada melewatkan packet ke semua port. routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

UTP (Unshielded Twisted Pair) 7. Router digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1. antara lain adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. dan masih ada beberapa jenis router lainnya. yang disebut dengan inter network. atau T3. seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring. Sementara itu. 6. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). ada lagi Apple Talk Router. Router Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard. Router dapat digunakan juga untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router. atau berbeda arsitektur jaringan. sering disebut sebagai access server.M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Adalah modem yang terpasang langsung didalam CPU. Materi Instalasi LAN | 24 . atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa sub network untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. biasanya pada slot ISA atau PCI. Router terkadang juga digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio. ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP). Router penggunaannya banyak dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP.

biasanya disebut sebagai sebuah repeater mengcopy atau mengulan paket dari satu segment jaringan ke yang lainnya. dua sub yang dilewatkan pada repeater memiliki protocol yang sama untuk semua lapisan. router dibagi menjadi dua buah jenis. 9. Dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis. Fungsi router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Repeater jugaberfungsi sebagai memperbesar batasan panjang satu segmen. tipe paket dan protokol. misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi startyang menggunakan kabel UTP juga berfungsi sebagai untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya.M. Repeater Repeater berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel . Bridges yang sederhana mengkoneksi segment jaringan yang menggunakan identik kecepatan transmisi. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut. Bridge yang lebih komplek Materi Instalasi LAN | 25 . meski beberapa router tidak memilikinya. 8. yakni:   Static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yangdiset secara manual oleh para administrator jaringan. dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya. Kompleksitas dari sebuah bridges dan fungsi pasti bergantung pada perbedaan antara segment jaringan yang terkoneksi. o Jenis-jenis Router Secara umum. Bridges Sebuah bridge.

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] menghubungkan segment jaringan yang tidak sama dan menterjemaahkan format paket dan protokol jaringan. 10. Sebuah bridge memeriksa paket pada setiap jaringan untuk tujuan alamat dari titik koneksi pada jaringan lain dan mencopy paket tersebut kepada jaringan lain. Materi Instalasi LAN | 26 . Pada saat jaringan bridge memeriksa paket juga memeriksa pada sumber alamat dan mengupdate tabel internal dari alamat titik koneksi pada setiap segment jaringan. RJ45 merupakan standar untuk steker yang Anda gunakan untuk menghubungkan kabel cat5 ke jaringan. Membagi sebuah LAN ke dalam segment untuk meminimalkan kesempitan pada jaringan. RJ 45 RJ45 adalah nama konektor jenis digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router dan aktif dan juga modem dan perangkat lain yang mendukung interface Ethernet. Bridge biasanya digunakan untuk : a. b. Membangun sebuah virtual LAN dari dua LAN yang terpisah.

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Model Referensi OSI dan TCP/IP Materi Instalasi LAN | 27 .

 Pertumbuhan Internet dan protokol TCP/IP (sebuah protokol jaringan dunia nyata) membuat OSI Reference Model menjadi kurang diminati. Model DARPA adalah model basis protokol TCP/IP yang populer digunakan. Beberapa protokol yang digunakan dalam dunia nyata. jika dibandingkan dengan model referensi DARPA (Model Internet) yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. meski pada kenyataannya inisatif ini mengalami kegagalan. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).M. OSI Reference Model pun digunakan sebagai titik awal untuk mempelajari bagaimana beberapa protokol jaringan di dalam sebuah kumpulan protokol dapat berfungsi dan berinteraksi. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Model Referensi OSI Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang sudah baku dan digunakan untuk menyesuaikan standar-standar. DECnet dan IBM Systems Network Architecture (SNA) memetakan tumpukan protokol (protocol stack) mereka ke OSI Reference Model. sementara fungsi lainnya (seperti flow control dan koreksi kesalahan) diulang-ulang pada beberapa lapisan. sangat berdekatan. OSI Reference Model dilihat sebagai sebuah model ideal dari koneksi logis yang harus terjadi agar komunikasi data dalam jaringan dapat berlangsung. Kegagalan itu disebabkan oleh beberapa faktor berikut:  Standar model referensi ini.  Model referensi ini dianggap sangat kompleks. semacam TCP/IP. Model referensi ini pada awalnya ditujukan sebagai basis untuk mengembangkan protokol-protokol jaringan. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 28 . Beberapa fungsi (seperti halnya metode komunikasi connectionless) dianggap kurang bagus.

M. FTP. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] OSI Reference Model memiliki tujuh lapis. Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak 6 Presentation layer redirektor (redirector software). Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 29 . dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)). Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP. SMTP. dan NFS. yakni sebagai berikut : Lapisan ke- Nama lapisan Application layer Keterangan Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. mengatur 7 bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan.

dipelihara. membagi level ini menjadi dua level anak. Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu. pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access 2 Data-link layer Control Address (MAC Address)). 1 Physical layer Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 30 . dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub. di level ini juga dilakukan resolusi nama. pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement). flow control. Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP. bridge.M. dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3. repeater. Berfungsi untuk memecah data ke dalam paketpaket data serta memberikan nomor urut ke paketpaket tersebut sehingga dapat disusun kembali 4 Transport layer pada sisi tujuan setelah diterima. atau dihancurkan. 3 Network layer membuat header untuk paket-paket. Selain itu. pada level ini terjadi koreksi kesalahan. yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC). dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan. dan switch layer 2 beroperasi. Selain itu. Spesifikasi IEEE 802. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Berfungsi 5 Session layer untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat.

a. topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu. sinkronisasi bit.yaitu : 1) Layer 5 sampai dengan layer 7 dikelompokkan sebagai Upper Layers. Catatan : Beberapa pakar jaringan komputer berbeda pendapat tentang pembagian layer. "Modularity" mengacu pada pertukaran protokol di level tertentu tanpa mempengaruhi atau merusak hubungan atau fungsi dari level lainnya. Bagaimana data mengalir pada network ditangani oleh layer ini. metode pensinyalan. Dalam sebuah layer. sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 31 . arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring). level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. data formatting. Ada yang berpendapat bahwa layer 1 sampai dengan layer 3 merupakan lower layer. sedangkan sisanya adalah upper layers. 2) Layer 1 sampai dengan layer 4 dikelompokkan sebagai Lower layers. Segala sesuatu yang berkaitan dengan user interface. “Open” dalam OSI adalah untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang hardware yang digunakan. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan "modularity" (dapat dibongkar pasang). dan memungkinkan komunikasi terus berlangsung.M. protokol saling dipertukarkan. Pertukaran ini berlangsung didasarkan pada hardware dari vendor yang berbeda dan bermacam-macam alasan atau keinginan yang berbeda. Cara Kereja Ketujuh layer OSI jika dilihat secara fungsional dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian. dan communication sessions ditangani oleh layer ini. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] jaringan.

Informasi berawal dari layer aplikasi. Komunikasi layer secara Horisontal bersifat virtual. Informasi yang melalui ketiga layer ini disebut PDU (Protocol Data Unit) atau data saja. Untuk memahaminya perhatikan ilustrasi berikut yang menggambarkan transformasi informasi dari layer aplikasi ke layer fisik. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 32 . 1. Komunikasi secara vertikal ditangani oleh interface khusus Informasi yang mengalir dari satu layer ke layer yang lain akan mengalami pengubahan bentuk. Suatu layer juga dapat berkomunikasi secara horisontal dengan layer yang sama pada host lain. artinya tidak terjadi secara langsung sebagaimana yang dilakukan pada komunikasi vertikal. Informasi kemudian melewati layer presentasi dan sesi.M. Pada tahap ini biasanya belum dilakukan transformasi data. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Suatu layer dapat berkomunikasi secar vertikal dengan layer lain yang berada tepat dibawah atau diatasnya.

Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri. Pada layer ini. data akan mengalami transformasi ke bentuk lain yang disebut segment. Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 2. 4. mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. dan sebagainya. 6. gelombang elektromagnetik. Segment mengalir ke layer network dan kemudian diubah menjadi packet. Packet mengalir ke layer data link dan kemudian diubah menjadi frame. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). Setelah sampai di layer transport. bit-bit diubah menjadi besaran fisik. TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan. sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen. karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Model Referensi TCP/IP TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan. 5. seperti arus listrik. Frame mengalir ke layer data link dan kemudian diubah menjadi bits. Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu. seperti halnya Internet Society (ISOC). 3. Internet Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 33 .M. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk software di sistem operasi.

atau DoD Model. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Architecture Board (IAB). Empat lapis ini. Dalam beberapa implementasi stack protokol. dan masih banyak protokol lainnya. Internet Model. Empat lapis ini. tetapi menggunakan model referensi DARPA. skema pengalamatan. Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP. dan Internet Engineering Task Force (IETF). Simple Network Management Protocol (SNMP). Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Telnet. TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Arsitektur Arsitektur TCP/IP tidaklah berbasis model referensi tujuh lapis OSI. Seperti diperlihatkan dalam diagram. kadang-kadang disebut sebagai DARPA Model. protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT). Protokol utama dalam protokol TCP/IP adalah sebagai berikut:  Protokol lapisan aplikasi: bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF. Domain Name System (DNS). Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP). Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Setiap lapisan yang dimiliki oleh kumpulan protokol (protocol suite) TCP/IP diasosiasikan dengan protokolnya masing-masing. seperti halnya Microsoft TCP/IP. File Transfer Protocol (FTP). 1.  Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 34 . mengingat TCP/IP merupakan protokol yang awalnya dikembangkan dari proyek ARPANET yang dimulai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.M.

seolah-olah berkas tersebut disimpan secara lokal. Memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program tertentu di dalam komputer yang berbeda.   Computer mail. sedangkan ia memerlukan sumber yg banyak dalam suatu sistem komputer. File Transfer Protocol (FTP) memungkinkan pengguna komputer yang satu untuk dapat mengirim ataupun menerima berkas ke sebuah host di dalam jaringan. Network File System (NFS). MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN). 2. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]  Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Network terminal Protocol (telnet) memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan log in ke dalam suatu komputer di dalam suatu jaringan secara jarak jauh. serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)). Integrated Services Digital Network (ISDN). Pelayanan akses berkas-berkas yang dapat diakses dari jarak jauh yang memungkinkan klien-klien untuk mengakses berkas pada komputer jaringan. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP). dan Internet Group Management Protocol (IGMP). Digunakan untuk menerapkan sistem surat elektronik. Internet Control Message Protocol (ICMP). Konsep Dasar 1) Layanan Berikut ini adalah layanan tradisional yang dapat berjalan di atas protokol TCP/IP :  Pengiriman berkas (file transfer). TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport. Biasanya berguna jika pengguna menggunakan komputer yang terbatas. mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring).  Remote login.  Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan.  Remote execution.M. Ada beberapa jenis remote Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 35 . Address Resolution Protocol (ARP).

Model dengan menggunakan lapisan ini merupakan sebuah konsep yang penting karena suatu fungsi yang rumit yang berkaitan dengan komunikasi dapat dipecahkan Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 36 . meskipun ada juga isinya yg merupakan bahan diskusi ataupun omong kosong belaka. Diterbitkan oleh IAB yang merupakan komite independen yang terdiri atas para peneliti dan profesional yang mengerti teknis. Arsitektur rangkaian protokol TCP/IP mendifinisikan berbagai cara agar TCP/IP dapat saling menyesuaikan. kondisi dan evolusi Internet.M. Tiap lapisan berdiri sendiri tetapi fungsi dari masingmasing lapisan bergantung dari keberhasilan operasi layer sebelumnya. Bagaimanakah bentuk arsitektur dari TCP/IP itu ? Dikarenakan TCP/IP adalah serangkaian protokol di mana setiap protokol melakukan sebagian dari keseluruhan tugas komunikasi jaringan. berarti bahwa hierarki TCP/IP merujuk kepada 7 lapisan OSI tersebut.  Name server yang berguna sebagai penyimpanan basis data nama host yang digunakan pada Internet. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] execution. yang memungkinkan program untuk memanggil subrutin yang akan dijalankan di sistem komputer yg berbeda. 2) Request for Comments RFC (Request For Comments) merupakan standar yang digunakan dalam Internet. Tiga lapisan teratas biasa dikenal sebagai "upper level protocol" sedangkan empat lapisan terbawah dikenal sebagai "lower level protocol". Karena TCP/IP merupakan salah satu lapisan protokol Model OSI. maka tentulah implementasinya tak lepas dari arsitektur jaringan itu sendiri. ada yang berupa perintah-perintah dasar saja. yaitu yang dapat dijalankan dalam system komputer yang sama dan ada pula yg menggunakan sistem Remote Procedure Call (RPC). Sebuah lapisan pengirim hanya perlu berhubungan dengan lapisan yang sama di penerima (jadi misalnya lapisan data link penerima hanya berhubungan dengan lapisan data link pengirim) selain dengan satu layer di atas atau di bawahnya (misalnya lapisan network berhubungan dengan lapisan transport di atasnya atau dengan lapisan data link di bawahnya).

Lapisan menjalankan perannya dalam pengalihan data dengan mengikuti peraturan yang berlaku untuknya dan hanya berkomunikasi dengan lapisan yang setingkat. Lapisan atas akan memberikan data dan kendali ke lapisan dibawahnya sampai lapisan yang terendah dicapai.  Network Access Layer Lapisan ini mengatur penyaluran data frame-frame data pada media fisik yang digunakan secara handal. Perbandingan Arsitektur OSI dan TCP/IP Walaupun jumlahnya berbeda. Tiap lapisan harus transparan sehingga modifikasi yang dilakukan atasnya tidak akan menyebabkan perubahan pada lapisan yang lain. Antara dua lapisan yang berdekatan terdapat interface (antarmuka). namun semua fungsi dari lapisan-lapisan arsitektur OSI telah tercakup oleh arsitektur TCP/IP. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] menjadi sejumlah unit yang lebih kecil. Interface ini mendifinisikan operasi dan layanan yang diberikan olehnya ke lapisan lebih atas. Himpunan lapisan dan protokol dikenal sebagai "arsitektur jaringan". Tiap lapisan bertugas memberikan layanan tertentu pada lapisan diatasnya dan juga melindungi lapisan diatasnya dari rincian cara pemberian layanan tersebut.M. Lapisan ini biasanya memberikan servis untuk deteksi dan koreksi kesalahan dari data yang ditransmisikan. Akibatnya sebuah layer pada satu sistem tertentu hanya akan berhubungan dengan lapisan yang sama dari sistem yang lain. Dalam keadaan sebenarnya tidak ada data yang langsung dialihkan antar lapisan yang sama dari dua sistem yang berbeda ini. Proses ini dikenal sebagai Peer process. Tiap lapisan harus melaksanakan sekumpulan fungsi khusus yang dipahami dengan sempurna. Adapun rincian fungsi masingmasing layer arsitektur TCP/IP adalah sbb :  Physical Layer (lapisan fisik) TCP/IP bersifat fleksibel sehingga dapat mengintegralkan berbagai jaringan dengan media fisik yang berbeda-beda. Beberapa contoh protokol yang Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 37 .

 Routing Yakni menentukan ke mana datagram akan dikirim agar mencapai tujuan yang diinginkan. maka jaringan TCP/IP independen dari jenis media dan komputer yang digunakan. Alamat pada protokol inilah yang dikenal dengan Internet Protocol Address ( IP Address). Ethernet untuk jaringan Etehernet. Beberapa tugas penting pada lapisan ini adalah:  Addressing Yakni melengkapi setiap datagram dengan alamat Internet dari tujuan. Fungsi ini merupakan fungsi terpenting dari Internet Protocol (IP). Karena pengalamatan (addressing) pada jaringan TCP/IP berada pada level ini (software).  Internet Layer Mendefinisikan bagaimana hubungan dapat terjadi antara dua pihak yang berada pada jaringan yang berbeda seperti Network Layer pada OSI. lapisan ini memiliki peranan penting terutama dalam mewujudkan internetworking yang meliputi wilayah luas (worldwide Internet). Pengirim tidak memiliki kendali terhadap paket yang dikirimkannya untuk bisa mencapai tujuan.25 jaringan publik. Router-router pada jaringan TCP/IP lah yang sangat menentukan dalam penyampaian datagram dari penerima ke tujuan. Oleh karena itu. Pada jaringan yang terdiri atas puluhan juta host dan ratusan ribu jaringan lokal. lapisan ini bertugas untuk menjamin agar suatu paket yang dikirimkan dapat menemukan tujuannya dimana pun berada. AX.M.25 untuk jaringan Paket Radio dsb. proses routing sepenuhnya ditentukan oleh jaringan.  Transport Layer Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 38 . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] digunakan pada lapisan ini adalah X. Sebagai protokol yang bersifat connectionless.

Untuk itu. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 39 . Contohnya adalah SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) untuk pengiriman e-mail. sesuai dengan banyaknya aplikasi TCP/IP yang dapat dijalankan. Karena itu. FTP (File Transfer Protocol) untuk transfer file.M. Setiap aplikasi pada umumnya menggunakan protokol TCP dan IP. Lapisan ini menjamin bahwa informasi yang diterima pada sisi penerima adalah sama dengan informasi yang dikirimkan pada pengirim. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) untuk aplikasi web. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Mendefinisikan cara-cara untuk melakukan pengiriman data antara end to end host secara handal. NNTP (Network News Transfer Protocol) untuk distribusi news group dan lain-lain. lapisan ini memiliki beberapa fungsi penting antara lain :    Flow Control Error Detection Application Layer Merupakan lapisan terakhir dalam arsitektur TCP/IP yang berfungsi mendefinisikan aplikasi-aplikasi yang dijalankan pada jaringan. sehingga keseluruhan keluarga protokol ini dinamai dengan TCP/IP. terdapat banyak protokol pada lapisan ini.

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] TOPOLOGI JARINGAN Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 40 .M.

Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua. simpel.M. tanpa adanya alat tambahan yang menguatkan sinyal atau melewatkannya terus dari komputer ke Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 41 . Topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susunan dari kabel dan komputer dan lokasi dari semua komponen jaringan. dan ekonomis dalam hal biaya. Jenis-Jenis Topologi Dalam tulisan ini akan dijelaskan topologi yang paling umum digunakan: Bus Star Ring Mesh 1. Sedangkan topologi secara logika menetapkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan. kabel hanya satu atau lebih wires. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Apa itu Topologi Jaringan? Topologi pada dasarnya adalah peta dari sebuah jaringan. Sangat sederhana dalam instalasi. atau bersifat sementara. yaitu topologi secara fisik (physical topology) dan topologi secara logika (logical topology). Topologi Bus Topologi bus seringkali digunakan ketika jaringannya berukuran kecil. Bagaimana Jaringan Bus Bekerja Tipikal dari jaringan bus.

dan mudah untuk dimengerti. Sedangkan komputer yang lainnya akan menghiraukan pesan tersebut. dan yang lain tentu akan menghiraukannya.  Sebuah repeater dapat digunakan untuk memperluas jaringan. Ketika satu komputer mengirim sinyal up (dan down).M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] komputer. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 42 . Topologi bus merupakan topologi yang pasif. membuat kabel menjadi lebih panjang dan membolehkan komputerkomputer lain untuk untuk dihubungkan ke dalam jaringan. tetapi hanya satu komputer yang menyetujui informasi tersebut (komputer yang memiliki alamat yang sama dengan alamat yang menjadi tujuan dalam pesan). dapat diandalkan untuk penggunaan pada jaringan yang kecil. semua komputer dalam jaringan menerima informasi. Dua kabel dapat digabungkan pada kabel yang lebih panjang dengan menggunakan BNC barrel connector. Keuntungan dari penggunaan Topologi Bus Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan topologi bus:   Bus adalah topologi yang sederhana. mudah untuk digunakan. pasti teman Anda (yang bernama Joe) akan mendengar dan menghampiri Anda.  Cukup mudah apabila kita ingin memperluas jaringan pada topologi bus. repeater digunakan untuk menguatkan sinyal sehingga dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Bus hanya membutuhkan kabel dalam jumlah yang sedikit untuk menghubungkan komputer-komputer atau peralatan-peralatan yang lain dan oleh karena itu biayanya lebih murah dibandingkan dengan susunan pengkabelan yang lain. Analoginya sebagai berikut bila berada disatu tempat dimana Anda berkumpul dengan teman-teman Anda. lalu Anda mencoba memanggil teman Anda yang bernama Joe. Topologi dari jaringan bus menggunakan broadcast channel yang berarti setiap komputer atau peralatan yang terhubung dapat mendengar setiap pengiriman dan semuanya memiliki prioritas yang sama dalam menggunakan jaringan untuk mengirimkan data.

 Lebih lambat dibandingkan dengan topologi yang lain. dan kebanyakan akan menghalangi sinyal untuk dapat diterima dengan benar. 2. Karena setiap komputer dapat mengirim setiap waktu dan komputer-komputer yang ada pada jaringan bus tidak saling berkoordinasi satu sama lain dalam menyediakan waktu untuk mengirim. ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat. dimana semuanya terhubung ke suatu alat yang dinamakan hub. Untuk mengetahui putusnya kabel atau tidak. digunakan alat yang bernama Time Domain Reflector yang juga disebut cable tester.M.  Setiap barrel connector yang digunakan sebagai penghubung memperlemah sinyal elektrik yang dikirimkan. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 43 . Dalam jaringan bus sejumlah komputer akan menghabiskan sejumlah bandwidth (kapasitas untuk mengirimkan informasi) dengan komputerkomputer yang saling mengganggu satu sama lain daripada berkomunikasi. dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Apabila ada kabel yang putus atau komputer yang tidak berfungsi dimanapun antara dua komputer akan menyebabkan komputer-komputer tersebut tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. Topologi Bintang (Star) Dalam topologi star. Masalah tersebut akan bertambah parah jika jumlah komputer yang dihubungkan ke dalam jaringan bertambah banyak. semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat (central location). Putusnya kabel atau lepasnya konektor akan menyebabkan pemantulan dan membuat jaringan akan mati dan berhenti untuk beraktivitas. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Kerugian dari penggunaan Topologi Bus Kerugian jika menggunakan bus:  Traffic (lalu lintas) yang padat akan sangat memperlambat bus.  Sangat sulit untuk melakukan troubleshoot pada bus. Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat. kebutuhan untuk perluasan jaringan.

Jika kita menggunakan hub memiliki 32 port. Active hub memperbaharui sinyal elektrik yang diterima dan mengirimkannya ke semua komputer yang terhubung ke hub. maka collision akan sering terjadi yang akan mengakibatkan kinerja jaringan menurun. Bagaimana Jaringan Star Bekerja Setiap komputer dalam jaringan bintang berkomunikasi dengan central hub yang mengirimkan kembali pesan ke semua komputer (dalam broadcast star network) atau hanya ke komputer yang dituju (dalam switched star network). Hub dalam broadcast star network dapat menjadi aktif ataupun pasif. dengan seluruh port terisi. Active hub dan switch membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya. hanya berfungsi sebagai titik koneksi (connection point) dan tidak melakukan penguatan sinyal atau memperbaharui sinyal. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 44 .M. Untuk menghindari hal tersebut kita bisa menggunakan switch yang memiliki kemampuan untuk menentukan jalur tujuan data. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] perangkat terhubung ke central point. Passive hub tidak membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya. Hub tipe tersebut sering disebut juga dengan multiport repeater. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan). seperti wiring panel atau blok punch-down. 3. Pasisive hub.

Memerlukan alat pada central point untuk mem-broadcast ulang atau pergantian traffic jaringan (switch network traffic).  Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama denganhub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.M.  Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka computer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star. terletak pada hub. Hub dapat mendeteksi kesalahan dalam jaringan dan memisahkan komputer yang rusak tersebut dari jaringan dan memperkenankan jaringan untuk beroperasi kembali. Kekurangan dari penggunaan Topologi Star:    Memiliki satu titik kesalahan. Jika hub pusat mengalami kegagalan. Topologi Cincin (Ring) Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 45 . maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi. Kita hanya tinggal menambah kabel baru dari komputer kita ke lokasi pusat (central location) dan pasangkan kabel tersebut ke hub. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Keuntungan dari penggunaan topologi star:  Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point. 4. Intelligent hub merupakan hub yang dilengkapi dengan microprocessors yang selain memiliki fitur sebagai tambahan untuk mengulang sinyal jaringan juga melakukan monitor yang terpusat dan manajemen terhadap jaringan. jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.  Pusat dari jaringan star merupakan tempat yang baik untuk menentukan diagnose kesalahan yang terjadi dalam jaringan. Bila kapasitas dari hub pusat sudah melebihi. maka kita tinggal mengganti hub tersebut dengan hub yang memiliki jumlah port yang lebih banyak.

dengan komputer terakhir terhubung ke komputer yang pertama. jika akan dilakukan penambahan atau pengurangan komputer dalam jaringan tentu saja akan mengganggu keseluruhan jaringan. setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya. Bagaimana Jaringan Ring Bekerja Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya dalam ring. jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio. dan setiap computer mengirim apa yang diterima dari komputer sebelumnya. atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. ring adalah jaringan yang aktif. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Penempatan kabel yang digunakan dalam ring menggunakan desain yang sederhana. Tidak ada akhir pada ring. Tetapi sayangnya. Pada topologi ring. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi. Beberapa jaringan ring melakukan token passing. Setiap komputer yang mengirimkan apa yang diterimanya. Pesan-pesan mengalir melalui ring dalam satu arah.M. Pesan singkat yang disebut dengan token Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 46 .

Lalu asal pengirim pesan akan membuat token yang lain dan menaruhnya di dalam jaringan. Topologi Mesh Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Lalu setiap komputer secara berurutan akan menerima token tersebut dan mengirimkan informasi ke komputer selanjutnya sampai komputer dengan alamat yang dituju dicapai atau token kembali ke computer pengirim (asal pengirim pesan). Komputer penerima akan membalas pesan ke asal pengirim pesan tadi mengindikasikan bahwa pesan sudah diterima. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] dijalankan melalui ring sampai sebuah komputer menginginkan untuk mengirim informasi ke komputer yang lain. Jadi susunannya. 5. dan token tersebut akan terus berputar sampai ada komputer lain yang menangkap token tersebut dan siap untuk memulai pengiriman. Sulit untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan topologi ring. maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan. dengan menambahkan alamatnya dan menambah data. Menambah atau mengurangi komputer akan mengacaukan jaringan. Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan. dan mengirimnya melalui ring. karena setiap komputer mempunyai hak akses yang sama terhadap token. Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 47 . Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang. Kekurangan dari penggunaan Topologi Ring     Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi. setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.M. Komputer tersebut lalu mengubah token tersebut. Keuntungan dari penggunaan Topologi Ring   Tidak ada komputer yang memonopoli jaringan.

Terjaminnya kapasitas channel komunikasi. Topologi ini cocok untuk digunakan pada sistem yang kecil. karena jumlah hubungan yang disambungkan semakin banyak jumlahnya. Jadi jika terdapat 5 komputer. Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot. Keuntungan dari Penggunaan Topologi Mesh    Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance. Kerugian dari Penggunaan Topologi Mesh Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 48 . Jadi jika ada n peralatan (komputer) yang akan kita sambungkan. maka perhitungannya adalah n(n1)/2.M. karena memiliki hubungan yang berlebih. Jadi jika komputer yang terhubung semakin banyak maka semakin banyak pula hubungan yang akan diatur. Instalasi Mesh Kebanyakan jaringan yang menggunakan topologi mesh akan mengalami kesulitan dalam instalasi jika peralatan yang terhubung jumlahnya bertambah banyak. tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung. maka hubungan yang akan dibuat sebanyak 5(5-1)/2 atau 10 hubungan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] terhubung sangat banyak.

Aturan ini merupakan sebuah panduan desain untuk jaringan komputer yang meliputi jumlah repeater dan segmen pada sebuah jaringan dengan topologi tree. Hal ini berarti bahwa dalam collision Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 49 . Collision domain adalah bagian dari jaringan dimana paket data dapat bertabrakan satu dengan yang lain ketika sedang melakukan pengiriman melalui shared device atau melalui repeater.  Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.jumlah repeater yang dibutuhkan untuk dapat bergabung ke dalam satu segmen collision domain 3 .M. hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memahami konsep collision domain dan propagation delay. Sedangkan Propagation delay adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyalurkan sel pada media fisik dari sumber ke tujuan.jumlah segmen jaringan 4 . Aturan 5-4-3 juga disebut sebagai "The IEEE way" (sebagai lawan dari "The Ethernet way). Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]  Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.jumlah segmen jaringan yang telah aktif (transmisi) yang perangkat yang terpasang 2 . khususnya ketika menggunakan ethernet vers lama.jumlah collision domain Karena dua elemen terakhir dari aturan asli mengikuti dari yang lain.jumlah segmen yang tidak memiliki perangkat aktif yang terpasang 1. Aturannyasebagai berikut : 5 . 5-4-3-2-1 Rule Untuk memahami aturan ini. Propagation delay bergantung pada jarak antara sumber dan tujuan. Aturan 5-4-3-2-1 membatasi jangkauan terjadinya tabrakan domain dengan membatasi propagation delay ke jumlah waktu yang "reasonable". aturan ini kadang-kadang juga dikenal sebagai aturan "5-4-3".

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

domain harus ada paling banyak 5 segmen yang diikat secara bersamaan dengan 4 repeater, dengan 3 segmen yang mengandung pengirim aktif (yaitu terminal). Aturan 5-4-3 ini sering digunakan di Jaringan besar sehingga sering disebut "Large Networks : 5-4-3 Rule". Dikarenakan sebuah jaringan selalu terbatas dengan ukuran maksimal, jadi penggunaan Repeater, Hub, Kabel UTP 10 Base2, dan Kabel Coaxial merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam pengoptimalisasian utilitas jaringan.

Aturan 5-4-3 terdiri dari :
  

5 - Adalah Jumlah dari Segmen 4 - Adalah Jumlah dari Repeater 3 - Adalah Jumlah dari Populated Segmen

Contoh :

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP

50

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

Protokol Ethernet

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP

51

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

Pengenalan Protokol Ethernet
Protokol Ethernet diciptakan oleh perusahaan Xerox sekitar tahun 1970. Pada tahun 1980, perusahaan Xerox bersama dengan perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC) dan Intel menciptakan spesifikasi Ethernet versi-2 yang kompatibel dengan spesifikasi IEEE 802.3. Saat ini Ethernet menjadi protokol LAN yang paling populer dan banyak dipakai karena cara penggunaan yang mudah, dengan harga peralatan yang murah, namun tetap memiliki kemampuan tinggi. Pada mulanya protokol Ethernet hanya dapat dipakai dengan kecepatan 10 Mbps. Kemudian dikeluarkan jenis protokol Ethernet baru yang disebut Fast Ethernet yang sanggup bekerja dengan kecepatan 100 Mbps dan protokol Gigabit Ethernet dengan kecepatan 1000 Mbps atau 1 Gbps. Ada beberapa jenis protokol Ethernet yaitu: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, dan 100BaseTX. Protokol 10BaseT dan 100BaseTX yang menggunakan kabel UTP kategori-5 dan topologi jaringan star merupakan yang paling banyak digunakan saat ini menggantikan protokol 10Base2 dan 10Base5 yang menggunakan kabel koaksial.

10Base2 Jaringan 10Base2 menggunakan topologi bus, pada jaringan ini, komputer-komputer dihubungkan langsung secara berantai pada kabel koaksial tipe RG58 dengan konektor BNC sampai sepanjang 185 meter. Kabel koaksial dihubungkan ke network adapter yang berada di komputer. Hubungan dari network adapter ke kabel koaksial melalui konektor BNC tipe-T. Ujung akhir kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan bernilai 50 ohm. Jaringan 10Base2 ini mempunyai kelemahan, dimana jika ada masalah di suatu tempat, seluruh jaringan dapat berhenti berfungsi. Di samping itu melacak kesalahan-kesalahan jaringan yang menggunakan topologi bus ini sangat sulit. 10Base5

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP

52

Banyak network adapter dan hub yang diproduksi belakangan ini mempunyai kemampuan untuk mendeteksi secara otomatis kecepata 10 atau 100 Mbps. Cara memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 didasarkan pada kode warna tersebut dengan menggunakan tang khusus yang dinamakan crimping tool. Tipe protokol Ethernet ini sangat mirip dengan protokol 10Base2. Komputer-komputer dihubungkan ke hub dengan kabel copper unshielded twisted-pair (UTP) kategori-5 dengan konektor RJ-45. Setiap pasangan kabel diplintir untuk mengurangi ganggunan (noise) . Fast Ethernet bergantung pada jenis media/ kabel yang digunakan tergolong atas beberapa tipe sebagai berikut: 100BaseTX Protokol 100BaseTX ini mendukung penggunaan kabel UTP kategori-5 seperti yang digunakan oleh protokol 10BaseT sehingga dapat digunakan tanpa banyak mengubah distribusi perkabelan yang sudah ada. Sedangkan untuk menghubungkan kabel ke komputer digunakan suatu peralatan khusus yang disebut transceiver dengan konektor AUI. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pada mulanya protokol 10Base5 ini banyak digunakan sebagai tulang punggung (backbone) jaringan karena kemampuannya mendukung jarak sejauh 500 meter tanpa repeater. hanya jenis kabel yang digunakan adalah jenis thick koaksial tipe RG-8. atau 2. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 53 . Yang perlu diganti hanya hub dan network adapter yang mampu mendukung protokol 100BaseTX. karena memberikan kecepatan 10 kali lebih tinggi dibandingkan 10BaseT dengan harga yang relatif murah. Protokol ini cepat menjadi populer.M. 10BaseT Jaringan 10BaseT menggunakan topologi star seperti tampak. Fast Ethernet Protokol Fast Ethernet mendukung kecepatan 100 Mbps. Kabel UTP mempunyai empat pasang kabel yang diberi kode warna. Jaringan 10Base5 ini sekarang sudah jarang digunakan.500 meter menggunakan repeater. pada jaringan ini komputer-komputer dihubungkan ke suatu peralatan jaringan yang disebut dengan hub.

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

Kabel-kabel jaringan tidak perlu diganti karena 100BaseTX dapat berfungsi dengan baik dengan menggunakan kabel UTP kategori-5, seperti digunakan oleh jaringan 10BaseT. Saat ini kebanyakan network adapter yang diproduksi sudah mempunyai kemampu untuk mendeteksi kecepatan secara otomatis 10 atau 100 Mbps. Sama halnya dengan jaringan 10BaseT panjang kabel antara hub dengan hub atau hub dengan komputer adalah sepanjang 100 meter. 100BaseFX Tipe protokol ini mendukung penggunaan kabel serat optik dengan jarak maksimum 412 meter.

Gigabit Ethernet Gigabit Ethernet merupakan protokol jenis Ethernet terbaru yang mendukung kecepatan 1000 Mbps. Gigabit Ethernet bergantung pada jenis media yang digunakannya terdiri dari: 1000BaseTX Jenis protokol terbaru dari Ethernet yang menggunakan kecepatan 1000 Gigabit per second (Gbps) dan mendukung penggunaan kabel UTP kategori-5. Spesifikasinya mirip dengan protokol 100BaseTX. Saat ini Gigabit banyak digunakan sebagai backbone suatu jaringan karena harganya yang relatif murah dengan kemampuan tinggi. 1000BaseSX dan 1000BaseLX Kedua protokol ini mendukung penggunaan serat optik yang mampu meneruskan data sampai 550 meter untuk protokol 1000BaseSX dan 3000 meter untuk protokol 1000BaseLX, tergantung pada tipe dan mode serat optik yang dipakai. Jaringan ini juga banyak digunakan untuk tulang punggung (backbone) terutama pada jaringan model campus.

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP

54

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

MEDIA TRANSMISI

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP

55

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]

Pengertian Media Trasmisi
Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Kegunaan media transmisi
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

Karakteristik media transmisi
Karakteristik media transmisi ini bergantung pada:
   

Jenis alat elektronika Data yang digunakan oleh alat elektronika tersebut Tingkat keefektifan dalam pengiriman data Ukuran data yang dikirimkan

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP

56

Kabel ini berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya dipilin (twisted). Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Jenis media transmisi 1. Kabel UTP mudah dipasang. yaitu kabel STP dan UTP. a. Guided Transmission Media Guided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz ke atas. Kabel STP lebih tahan terhadap gangguan yang disebebkan posisi kabel yang tertekuk. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. Pada kabel STP attenuasi akan meningkat pada frekuensi tinggi sehingga menimbulkan crosstalk dan sinyal noise. Ada beberapa jenis kabel koaksial. Twisted Pair Cable Twisted pair cable terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP). Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut.dan crosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan. Kabel ini berisi dua pasang kabel (empat kabel) yang setiap pasang dipilin. Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensi elektris yang berasal dari media di sekelilingnya. Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded). dan harganya lebih murah dibandingkan jenis media lainnya. yaitu thick coaxial cab le (mempunyai Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 57 . ukurannya kecil.M. Coaxial Cable Kabel koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. maka sistem transmisi dengan menggunakan kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar. Ada dua macam Twisted Pair Cable. b.

Keunggulan kabel koaksial adalah dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telepon. dan Singlemode Step Index. bentuknya lebih ramping. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] diameter besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil). Open wire Open wire adalah kabel pertama yang dikenal untuk komunikasi data. Multimode Graded Index. data diubah menjadi sinyal cahaya sehingga lebih cepat. kapasitas transmisi yang lebih besar. d. Kelemahan serat optik antara lain biaya yang mahal untuk peralatannya. Kelemahan kabel koaksial adalah mempunyai redaman yang relatif besar sehingga untuk hubungan jarak jauh harus dipasang repeater-repeater. serta untuk perbaikan yang kompleks membutuhkan tenaga yang ahli di bidang ini.M. sifatnya yang tidak menghantarkan listrik juga merupakan kelemahannya karena memerlukan alat pembangkit listrik eksternal. Hal ini menyebabkan kabel ini mudah dipengaruhi oleh gangguan kualitas dari datakurang dapat dipertanggung jawabkan Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 58 . karena menggunakan penutup isolasi maka kecil kemungkinan terjadi interferensi dengan sistem lain. jika kabel dipasang diatas tanah. Selain merupakan keuntungan. c. dapat ditanam di dalam tanah sehingga biaya perawatan lebih rendah. Berdasarkan mode transmisi yang digunakan serat optik terdiri atas Multimode Step Index. sedikit sinyal yang hilang. Fiber Optic Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. dan tidak mudah terbakar. tenaga yang dibutuhkan sedikit. Jenis kabel ini dibuat dari tembaga yang tidak diberi isolator. rawan terhadap gangguan-gangguan fisik yang dapat berakibat putusnya hubungan. Keuntungan serat optik adalah lebih murah. memerlukan konversi data listrik ke cahaya dan sebaliknya yang rumit. memerlukan peralatan khusus dalam prosedur pemakaian dan pemasangannya.

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] terutama untuk sistem computer. termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36. Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua. biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas. Dahulu. SHF dan EHF. Gelombang mikro Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz). Satelit Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN. warnet dan penyedia layanan internet (ISP).M. Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan. a. dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary). 2. frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil. apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya. Kekurangannya adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 59 . dapat membawa jumlah data yang besar. kabel ini dipergunakan pada pengiriman telegram. yang meliputi kawasan UHF. b. dapat menjangkau permukaan bumi yang luas. Unguided Transmission Media Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang. meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial. Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima. keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. mudah dipindah-pindah. Gelombang radio Gelombang radio adalah media transmisi yang dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data. Gelombang radio digunakan pada band VHF dan UHF : 30 MHz sampai 1 GHz termasuk radio FM dan UHF dan VHF televisi. Inframerah Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas. 2. Untuk komunikasi data digital digunakan packet radio. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] ukuran yang besar. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh.M. biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal. d. atau Media penggantung yang lain. instalasi mudah. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 60 . tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari. Frekuensi yang digunakan antara 3 KHz sampai 300 GHz. dengan cara digantung Pada ketinggian tertentu menggunakan tiang-tiang telepon. tidak dapat menembus dinding. dengan kecepatan 4 Mbps. inframerah mudah dibuat dan murah. misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Jaringan atas tanah:     Jaringan yang dipasang diatas tanah. Cara Pemasangan 1. c. atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier. Kelebihan transmisi gelombang radio adalah dapat mengirimkan isyarat dengan posisi sembarang (tidak harus lurus) dan dimungkinkan dalam keadaan bergerak. Jaringan bawah tanah: Jaringan yang ditanam dibawah permukaan tanah.

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]  Memerlukan mutu isolasi lebih baik. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45.M. Berikut susunan warna kabel untuk tipe konektor RJ-45 Straight Through: 2. Berikut konfigurasi Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 61 . Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer kita di kantor lewat switch. atau PC ke AP Radio. RJ-45 Connector Configuration 1. tahan air. tahan kelembaban. Cross Over Configuration Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat. Straight Through Configuration Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. sebagai contoh koneksi antara PC to PC. Router to router.

Kabel Roll over Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk mengakses router dengan PC/laptop kita. maka kita tinggal membalik urutan menjadi coklat untuk urutan pertama di ujung kabel yang lain. Konfigurasi kabel jenis ini cukup simpel karena kita tinggal membalik urutan kabel yang kita pasang di satu sisi. Berikut deskripsi untuk memudahkan kita membuat kabel rollover. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 62 . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 3.M. Misal kita menggunakan standar 568B (standar untuk kabel straight through).

Wiring Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 63 .M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] WIRING A.

1. Kenapa kita masih perlu mempelajari cara membuat kabel jaringan ini? Padahal teknologi nirkabel sudah menjadi trend dikalangan masyarakat kita. Teknologi nirkabel memiliki kemampuan terbatas dalam melakukan maksimum transfer. Harga sekarang berkisar Rp. Pada kali ini sebagai project akhir pekan anda.Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). membuat kabel jaringan dengan menggunakan kabel UTP merupakan suatu hal yang wajib dikuasai. Sebenarnya membuat kabel jaringan bukanlah suatu hal yang sulit. kita harus tahu kabel tersebut digunakan untuk apa saja. jaringan bukan lagi hal yang tabu. Nah tentu saja menggunakan kabel jauh lebih cepat daripada nirkabel. Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin. Kantoran. Ketiga. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45. Penggunaan kabel jaringan sudah sangat luas sekali. Connector RJ45 . Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 64 .M. kita akan mempelajari bagaimana cara membuatnya. Pada zaman sekarang. 70. bahkan juga dirumah pribadi. Persiapan Wiring Kita persiapkan bahan-bahan dan alat yang kita perlukan. kita harus mengetahui jenis-jenis kabel jaringan. Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Suatu hal itu tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apalagi kalau anda seorang Network Administrator. Warnet. misalnya di Labor Sekolah. UTP Cable .000 / kotak dengan isi 100 buah. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pengenalan Wiring Bagi seorang teknisi jaringan. Mudah-mudahan andapun bisa menjadi teknisi jaringan yang handal. 2. Sedangkan menggunakan kabel sekitar 100 Mbps.RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Harga sekarang berkisar Rp. Yang kedua.200. yaitu sekitar 54 Mbps. 1.000 / box dengan panjang 300 Meter. Persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

dan putarlah stripper sampai kulit kabel terpotong. maka akan terputus. Harga sekitar Rp.Alat yang kita gunakan untuk memasang kabel jaringan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 3. Perhatikan Gambar dibawah ini. kemudian pindahkan kabel ke arah bagian A yang berfungsi untuk memotong kulit luar kabel. Jika lebih dari 100 meter. Cable Stripper – Digunakan untuk memotong benang halus yang ada didalam kabel dan juga bisa digunakan untuk memotong jacket pelindung kabel. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 65 . Gunakanlah Cable Stipper untuk melakukan hal ini.000. RJ45-Crimping-Tool . jika mengenai isi kabel didalam. Harga sekarang sekitar Rp. Cabletester – Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum. 4.000. Dlm melakukan hal ini kita harus berhati-hati. Pertama masukan ujung kabel pada bagian C. Peralatan ini memiliki multi fungsi. maka tingkat LOS (Loss of Signal) akan semakin tinggi. masukan jari kita ke bagian B.M. Biasanya sekarang sudah include dengan Crimping Tool. Potonglah kulit luar dari kabel (jacket) kira-kira 1/2 inchi dari ujung kabel. Yang jual terpisah juga ada. diantaranya bisa memotong kabel. 5. Setelah kabel pada posisinya. 75. (belum termasuk baterai) Cara Membuat Siapkan kabel UTP sepanjang yang kita ingin gunakan.. Yang penting harus perhatikan aturan panjang kabel. yaitu minimal 1 meter dan maksimal 100 meter. 75. membuka bungkus kabel (jacket) dan menjepit kepala konektor.

M. Setelah tersusun dengan rapi dan sesuai dengan urutan warnanya. susunlah kabel untuk ujung pertama dengan susunan pada gambar T568A dan ujung satunya lagi T568B (T568A – T568B) berikut sekema pemasangan secara Straightthrough Cable dan Crossover Cable. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 66 . hasil dari penjelasan di atas. pastikan bahwa ujung-ujung kabel tersebut rata. Untuk membuat kabel Straightthrough Cable dan Crossover Cable sebelumnya telah dibahas pada RJ45 Configuration. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Perhatikan gambar di bawah ini : Setelah bagian luarnya kita potong. Jika belum rata. susunlah 8 kabel warna warni tersebut dengan standard yang sudah ditetapkan (standard EIA/TIA). potonglah dengan menggunakan Crimping Tool.

jgn sampai ada kabel yang keluar dari jalur lempengan tembaga yang ada didalam konektor. Tekan kabel-kabel tersebut sampai mentok ke ujung dari konektor kita.M. Catatan : Klip konektor harus menghadap kebawah). Amati kembali sebelum melangkah lebih jauh. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Kemudian masukkan kabel-kabel yang sudah tersusun dgn rapi ke dalam konektor RJ-45. Klip Konektor harus menghadap kebawah Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 67 .

Lakukan hal yang sama pada ujung satu lagi.M. Cara penggunaannya sangat mudah sekali. lihat kembali urutan pada gambar diatas. kemudian hidupkan testernya. agar pin tembaganya menjepit dengan erat kabel UTP. masukkan kedua ujung konektor pada masing – masing port untuk RJ-45 pada tester. berarti pembuatan untuk jenis kabel Straight-through telah berhasil. Untuk menguji kabel Crossover Cable. Tahap terakhir adalah menguji hasil kerjaan kita dengan menggunakan network cable tester. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pastikan kabel sudah mentok di ujung konektor Kemudian. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 68 . masukkanlah konektor RJ-45 pada Crimping Tool dan tekanlah gagang dari crimping tool dengan cukup kuat. Jika semua lampu hidup secara berurutan pada kedua tester. perhatikan kedua bagian lampu indikator yang berjumlah 8 lampu plus 1 lampu indikator untuk grounding.

four-pair. Dan kabel koaksial tidak dikenali oleh kabel horizontal. Kabel Vertikal / Backbone Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 69 . Standar ini mengenal STP 150ohm. kabel konduktor padat. UTP. Standar ini juga menyediakan cara pemasangan kabel horizontal agar bisa diimplementasikan dengan menggunakan Fiber Opttic Multimode. tapi tidak merekomendasikan kabel ini untuk instalasi baru. 2. Kabel Horizontal Kabel yang sering di implementasikan dengan 100ohm.M. yaitu : 1. seperti yang sudah ditentukan dalam standar ANSI/TIA/EIA-568 untuk bangunan komersil. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Hasil Pemasangan yang benar/bagus Hasil pemasangan yang salah Jenis Kabel Kabel sendiri terdiri dari 2 macam.

Sedangkan konektor yang digunakan adalah ST untuk serat optik. dan frame relay    Kapasitas yang dibutuhkan dalam membangun jaringan backbone tergantung pada desain keluarannya Topologi dan teknologi yang akan digunakan perlu dipertimbangkan Topologi akan berpengaruh pada jumlah dan letak node. BNC untuk kabel RG-58. maupun keseluruhan desain akses backbone Backbone menyediakan banyak efisiensi yang tidak disediakan oleh jaringan meshed-access. atau bisa disebut dengan jalan tol dalam sebuah jaringan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Backbone merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam penggabungan beberapa jaringan lokal pada masing-masing lantai dari bangunan bertingkat dengan menggunakan satu jalur kabel utama dan khusus. meliputi jenis data. meliputi:         Penggabungan lalu lintas (mengeliminasi path (saluran) yang memilki tipe lalu lintas berbeda) Platform dengan bandwidth yang tinggi Rerouting dan redundancy Skala ekonomis Arsitektur untuk memperbaiki kerusakan atau gangguan sendiri Berbagi perlengkapan dan fasilitas antar berbagai lokas Routing yang cerdas Bandwidth dinamik dengan alokasi sumber daya Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 70 . desain saluran. kabel RG-58. Teknik backbone merupakan teknik yang paling banyak digunakan karena dapat mencega bottleneck yang terjadi pada server. IP. pelayanan. dan AUI untuk kabel RG-8.M. atau RG-8. Backbone merupakan jalan.  Hal yang perlu diperhatikan sebelum membangung jaringan backbone: Kebutuhan yang berkaitan dengan desain akses jaringan. Kabel yang digunakan biasanya adalah jenis serat optik. saluran utama.

M. kabel patch atau jumper yang digunakan untuk menghubungkan lalu lintas transfer data. sistem pengkabelan terdiri dari kabel backbone. dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut. dan sifatnya “broadcast”. dan fasilitas masuk dalam struktur sistem telekomunikasi kabel. b. Pada titik tertentu diadakan sambungan (tap) untuk setiap terminal. Secara sederhana pada topologi bus. satu kabel media transmisi dibentang dari ujung ke ujung. Suatu protokol akan mengatur transmisi dan penerimaan data. Pemakaian kabel coax (10Base5 dan 10Base2) telah distandarisasi dalam IEEE 802. ruang terminal utama. Teknik Pengkabelan Sistem kabel pada jaringan backbone harus menyediakan interkoneksi antara ruang peralatan komunikasi.3 Conduit Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 71 . semua terminal bisa menerima transmisi data. yaitu Protokol Ethernet atau CSMA/CD. Transmisi data dalam kabel bersifat “full duplex”. ruang telekomunikasi. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]    Topologi yang fleksibel dengan berbagai gaya desain Pengaturan jaringan yang terpusat maupun terdistribusi Fleksibilitas a. Topologi Jaringan Backbone Topologi bus sering juga disebut sebagai topologi backbone. Kabel backbone menghubungkan lalu lintas utama data. Wujud dari tap ini bisa berupa “kabel transceiver” bila digunakan “thick coax” sebagai media transmisi atau berupa “BNC Tconnector” bila digunakan “thin coax” sebagai media transmisi atau berupa konektor “RJ-45” dan “hub” bila digunakan kabel UTP. kemudian kedua ujung ditutup dengan “terminator” atau terminatingresistance (biasanya berupa tahanan listrik sekitar 60 ohm).

 Kaku Conduit Metal (RMC) Kaku Conduit Metal (RMC) adalah tabung berulir tebal. karena lebih murah dan lebih ringan dari GRC.  Tabung Logam Listrik (EMT) Tabung logam listrik (EMT). Jenis-jenis saluran Conduit Sistem konduit diklasifikasikan oleh tebal dinding. seperti Amerika Serikat NEC atau kode nasional atau lokal lainnya. itu diperluas ke semua jenis kabel interior dan oleh kopling awal abad ke-20 tujuan-dibangun dan fitting yang diproduksi untuk penggunaan listrik. atau dipecat tanah liat . Conduit dapat terbuat dari logam. Penggunaannya. serat . aplikasi umum nya adalah di dalam dan di industri konstruksi komersial. tetapi dapat digunakan dengan alat kelengkapan berulir yang penjepit untuk itu. kekakuan mekanik. dan bahan digunakan untuk membuat pipa. Conduit Fleksibel tersedia untuk tujuan khusus. Panjang saluran yang terhubung ke satu Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 72 . biasanya terbuat dari baja lapis.  Galvanzied Kaku Conduit (GRC) Saluran kaku Galvanized (GRC) adalah tabung baja galvanis. Conduit umumnya dipasang di lokasi pemasangan peralatan listrik.  Kaku Non-logam Conduit (RNC) Kaku non-logam Conduit (RNC) adalah tabung unthreaded non-logam. dengan dinding tabung yang cukup tebal untuk memungkinkan hal itu terjadi threaded.M. bentuk. dan rincian instalasi sering ditentukan oleh peraturan kelistrikan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Conduit adalah sistem perpipaan listrik yang digunakan untuk perlindungan dan routing kabel listrik . EMT sendiri mungkin tidak berulir. terkadang disebut tipis-dinding. Karena teknik ini memberikan perlindungan yang sangat baik untuk jaringan kabel interior. biasanya digunakan sebagai pengganti saluran kaku galvanis (GRC). Instalasi penerangan listrik awal memanfaatkan pipa gas yang ada untuk peralatan gas cahaya (dikonversi ke lampu listrik). stainless steel atau aluminium.plastik .

meskipun mungkin aluminium. di locales mengikuti AS National Electric Code (NEC). terutama di plafon gantung . EMT adalah lebih umum pada bangunan komersial dan industri dari dalam aplikasi perumahan. Disk pemotongan cukup dalam untuk memotong kumparan baju besi namun tidak begitu dalam itu bisa merusak konduktor di dalamnya. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] sama lain dan untuk peralatan dengan fiting penjepit tipe. Hal ini lentur sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bengkok dengan tangan dan sering fleksibel meskipun perlengkapan tidak. Cutting FMC memerlukan alat tangan khusus dengan abrasive rotary disk untuk membuat sayatan kecil ke ejekan sehingga gerakan memutar memisahkan segmen. FMC digunakan terutama di daerah kering di mana ia akan tidak praktis untuk menginstal saluran non-fleksibel EMT atau lainnya. membentuk tabung hampa di mana kabel dapat ditarik. Daerah lain mungkin memerlukan ikatan kawat untuk grounding peralatan. Pipa fleksibel tidak memelihara apapun tetap menekuk. namun di mana kekuatan logam untuk melindungi konduktor masih diperlukan. Peraturan Wiring bervariasi.  Fleksibel Metalik Conduit (FMC) Fleksibel metalik Conduit (FMC) dibuat melalui sebuah strip melingkar bergaris diri saling bertautan dari aluminium atau baja. Segmen pendek dari FMC disebut cambuk yang sering digunakan sebagai sirkuit “kuncir” antara perlengkapan dan kotak persimpangan .M. Kabel Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 73 . Hal ini tidak berulir karena bentuknya bergelombang-nya walaupun mungkin fitting. Rakitan Whip menyimpan banyak tenaga kerja berulang ketika instalasi memerlukan beberapa kuncir beberapa perlengkapan.  Listrik Non-logam Tubing (THT) Listrik non-logam Tubing (THT) adalah bergelombang tabung berdinding tipis yang tahan air dan tahan api. EMT umumnya terbuat dari baja lapis. Seperti GRC. Saluran fleksibel logam dilapisi dengan polimer tahan UV adalah cairan-ketat ketika diinstal dengan tepat kelenjar alat kelengkapan mengandung-ketat fitur cair seperti Orings . saluran metalik fleksibel dapat berfungsi sebagai konduktor grounding-peralatan.

umumnya digunakan dalam aplikasi komersial dan industri. Hal ini juga dikenal sebagai FNMC.M. karena panjang saluran aluminium akan memiliki sekitar sepertiga berat dari saluran baja berukuran sama-kaku. saluran mungkin dilapisi untuk mencegah korosi melalui kontak yang terkait dengan beton. fleksibel.  Saluran Alumunium Aluminium. dimana ketahanan yang lebih tinggi untuk korosi diperlukan. tetapi tidak kanal dan merupakan NEC terpisah Pasal – 360. mirip dengan saluran baja galvanis.lokasi tersebut akan termasuk pengolahan makanan tanaman.2 menggambarkannya sebagai: “Sebuah raceway yang melingkar di penampang. Interior permukaan bisa halus atau bergelombang. Interior permukaan bisa halus atau bergelombang. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] bonding di kontak langsung dengan interior saluran menciptakan resistensi yang lebih rendah landasan konduktor dari saluran saja.  Liquidting Fleksibel Metal Conduit (LFMC) Liquidtight Fleksibel non-logam konduit (LNFC) merujuk pada beberapa jenis tabung non-logam tahan api. Biaya tambahan aluminium agak diimbangi oleh biaya tenaga kerja lebih rendah untuk menginstal. Ia hanya datang dalam 1 / 2 “& 3 / 4″ ukuran perdagangan sedangkan FMC ini berukuran 1 / 2 “~ 4″ ukuran perdagangan. Mungkin ada tulangan yang tidak terpisahkan dalam dinding saluran. adalah saluran kaku. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 74 .  Fleksibel Metalik Tabung (FMT) Tabung Fleksibel metalik (FMT) adalah tidak sama dengan Fleksibel konduit metalik (FMC) alias “greenfield” atau “flex” yang Kode Listrik Nasional (NEC) Seni 348. Mungkin ada tulangan yang tidak terpisahkan dalam dinding saluran. karena logam bereaksi dengan alkali dalam semen . Hal ini juga dikenal sebagai FMC. metalik dan liquidtight tanpa jaket non-logam. dimana sejumlah besar air dan bahan kimia pembersih akan membuat saluran galvanis cocok.  Liquidtight Fleksibel Non-logam Conduit (LFNC) Liquidtight Fleksibel non-logam konduit (LNFC) merujuk pada beberapa jenis tabung non-logam tahan api. NEC 360. Aluminium tidak dapat langsung tertanam dalam beton . FMT adalah raceway.

Ini mungkin threaded.Berbagai fitting dibuat untuk saluran logam juga dibuat untuk PVC. Bahan plastik tahan air dan zat-zat korosif banyak. Karena bagian slip-fit tidak perlu diputar selama perakitan. dan biasanya lebih rendah biaya daripada bentuk-bentuk saluran. dengan berbagai tipis-dinding hanya sesuai untuk digunakan tertanam dalam beton. perunggu atau kuningan . Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]  Saluran Logam Intermediate (IMC) Intermediate Metal Conduit (IMC) adalah tabung baja lebih berat daripada EMT tetapi lebih ringan dari RMC. tetapi karena pipa adalah non-konduktif sebuah ikatan tambahan (grounding) konduktor harus ditarik ke dalam setiap saluran. PVC saluran mungkin air panas dan membungkuk di lapangan. harus dipasang sehingga memungkinkan untuk ekspansi dan kontraksi berjalan masing-masing. fitting persatuan khusus yang digunakan dengan saluran pipa berulir (Ericson) tidak diperlukan. Sebuah perakitan saluran ini.  Saluran Underground Diameter besar (lebih dari 2 inch/50 mm) saluran dapat diinstal bawah tanah di antara bangunan untuk memungkinkan pemasangan kabel listrik dan komunikasi. sering disebut bank saluran. Perawatan harus dilakukan ketika menginstal PVC bawah tanah dalam konfigurasi menjalankan beberapa atau paralel karena efek pemanasan saling kabel  Conduit Logam lainnya Dalam lingkungan korosi ekstrim di mana lapisan plastik pipa tidak mencukupi. dan nilai lebih berat cocok untuk penguburan langsung dan bekerja terkena. saluran dapat dibuat dari stainless steel . Sebuah bank saluran akan memungkinkan penggantian kabel yang rusak antara bangunan atau kekuasaan Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 75 .M. baik dapat langsung dimakamkan di bumi atau terbungkus dalam beton.  Saluran PVC PVC saluran adalah ringan di berat dibandingkan dengan bahan saluran lain. yang mengatur dengan cepat setelah perakitan dan mencapai kekuatan penuh dalam waktu sekitar satu hari. tersedia dalam tiga ketebalan dinding yang berbeda. Sejak saluran PVC memiliki tinggi koefisien ekspansi termal dari jenis lain. Sendi untuk perlengkapan dibuat dengan slip-on koneksi pelarut dilas. Dalam prakteknya Amerika Utara listrik.

biasanya PVC.M. Sedangkan saluran logam ini kadang-kadang digunakan untuk dimakamkan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] tambahan dan sirkuit komunikasi yang akan ditambahkan. tujuan-dirancang fitting yang digunakan untuk menghubungkan saluran.35 PVC 0. tanpa biaya penggalian parit. dengan ujung berulir kemudian dijamin dengan sebuah cincin (disebut mur pengunci) dari dalam kotak.89 0.89 0. Alat kelengkapan untuk saluran non-threaded baik dijamin dengan sekrup mengatur Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 76 .84 EMT 0.20 0. Telepon dan komunikasi sirkuit dipasang dalam saluran menembakkan-tanah liat. Kotak konektor bergabung saluran ke kotak persimpangan atau kotak listrik lainnya. Dahulu. dikompresi asbes serat dicampur dengan semen yang digunakan untuk beberapa instalasi bawah tanah. polietilena atau polystyrene plastik sekarang digunakan karena biaya lebih rendah. Perbandingan beberapa jenis saluran Sehubungan dengan saluran baja galvanis kaku.42 0. Sebuah konektor kotak khas dimasukkan ke dalam KO di kotak persimpangan.99 IMC 0.34 0.0 Aluminium 0.0 1.43 Exact rasio tenaga kerja instalasi.0 1. Ujung lain dari pas biasanya memiliki sekrup kompresi cincin atau yang memperketat turun ke saluran dimasukkan. berat badan dan biaya bahan bervariasi tergantung pada ukuran saluran.62 0.76 0. tetapi nilai untuk 3 / 4 inci (21 metrik) ukuran usaha adalah perwakilan.55 0. Alat Perlengkapan Wiring Meskipun kesamaan dengan pipa yang digunakan dalam pipa . 3 / 4 inci (21 metrik) ukuran Relatif Tenaga kerja Berat Biaya bahan RGS 1. sebagai baut akan dijamin dengan kacang.

seperti jaringan kabel dalam sebuah struktur yang lebih tua. gagasan itu adalah untuk menjaga air keluar. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 77 . dan kawat ditempatkan di dalam. Tidak seperti pipa air. saluran logam fleksibel biasanya menggunakan alat kelengkapan dengan penjepit di luar kotak. Alat kelengkapan untuk tujuan penggunaan umum dengan saluran logam dapat dibuat dari seng die-cast. dimana tidak praktis untuk mengebor melalui blok beton .M. saluran ini memiliki wajah terbuka dengan penutup dilepas. tidak masuk Dalam kasus ini. seperti Weatherhead terkemuka dari overhead listrik listrik ke meteran listrik . Kadang-kadang perlengkapan dianggap cukup konduktif untuk obligasi (elektrik bersatu) saluran logam ke kotak persimpangan logam (sehingga berbagi Teman-tanah sambungan kotak).plastik raceway sering digunakan untuk telekomunikasi pengkabelan. tetapi di mana alat kelengkapan kuat dibutuhkan. di saat lain. mereka terbuat dari aluminium tembaga-bebas atau besi cor. tetapi di mana melalui dinding akan sulit atau memerlukan renovasi . Permukaan Mounted Raceway Jenis saluran “dekoratif” dirancang untuk memberikan jalan estetis dapat diterima untuk jaringan kabel tanpa menyembunyikannya di dalam atau di balik dinding. alat kelengkapan telah gasket . Ini digunakan tempat kabel tambahan diperlukan. Keuntungan  Hal ini memungkinkan seseorang untuk menambahkan kabel baru ke yang ada bangunan tanpa menghilangkan atau memotong lubang ke drywall atau reng dan plester . jika saluran tersebut harus kedap air. Couplings menghubungkan dua potong saluran bersama. seperti kabel telanjang akan.ring landasan digunakan yang jumper ikatan dari bushing ke sekrup landasan di kotak. dijamin ke permukaan. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] atau dengan kacang kompresi yang mengelilingi saluran tersebut.  Hal ini memungkinkan sirkuit untuk locatable mudah dan dapat diakses untuk perubahan masa depan sehingga memungkinkan upgrade usaha minimal.

di mana integritas rangkaian tindakan dapat diterapkan di luar untuk menjaga kabel internal operasional selama disengaja api . bukan menarik mereka melalui pipa. dimana fireproofing harus melindungi lingkungan dari kebakaran kabel.M. Cable tray sangat berguna dimana perubahan ke sistem kabel diantisipasi. Setiap perawatan eksternal harus mempertimbangkan efek terhadap derating ampacity. Trunking Istilah ini trunking digunakan di Inggris untuk wireways listrik. sistem cable tray digunakan untuk mendukung berisolasi kabel listrik yang digunakan untuk distribusi listrik dan komunikasi. Mini Trunking adalah istilah yang digunakan di Inggris untuk bentuk-faktor kecil (biasanya 6mm untuk 25mm persegi atau persegi panjang belah) PVC cara kawat. Dalam Utara “melalui kawat” American praktek atau “lay-dalam wireways” adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk produk serupa. di mana mereka menjadi penetrants . Cable tray digunakan sebagai alternatif untuk membuka sistem kabel atau saluran listrik. tetapi ini tidak pernah digunakan tertutup di tembok atau dinding. Standar ini BS476 Inggris juga mempertimbangkan kebakaran internal. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Kekurangan  Penampilannya mungkin tidak diterima oleh semua pengamat. Proteksi kebakaran Pasif Saluran adalah relevansi untuk kedua firestopping . Kabel tray biasanya digunakan untuk manajemen kabel dalam konstruksi komersial dan industri. dan fireproofing . Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 78 . Cable Tray Dalam sistem kabel listrik bangunan. karena kabel baru dapat diinstal dengan meletakkan mereka dalam baki. umumnya persegi panjang di cross section dengan tutup dilepas.

fungsi mereka yang paling umum adalah untuk jaringan komputer. dan perangkat akses jaringan. seperti komputer pribadi. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Wiring Closet Wiring closet adalah sebuah kamar kecil umum ditemukan pada bangunan institusional. seperti sekolah dan kantor. Banyak jenis tempat koneksi jaringan batasan jarak antara peralatan. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 79 . seperti router.M. di mana sambungan listrik dilakukan. Pembatasan ini mungkin memerlukan beberapa wiring closet pemasangan kawat di setiap lantai gedung besar. Sementara mereka digunakan untuk berbagai tujuan.

Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] WIRELESS Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 80 .M.

Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 81 . jenis-jenisnya. Melihat trend maraknya perusahaan yang menawarkan HotSpot Area di area publik seperti tempat perbelanjaan (mall). yaitu: □ Berbasis Ad-hoc. mengandalkan teknologi ini teknologi tersebut mulai banyak di tinggalkan karena beberapa keterbatasannya. seperti besarnya biaya yang harus di keluarkan oleh organisasi jika menggunakan teknologi ini (wired network). Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pengenalan Wireless Teknologi jaringan saat ini telah berkembang dengan pesat. Saat ini kalau kita perhatikan mulai banyak perusahaan yang mulai menerapkan teknologi tanpa kabel (wireless) atau yang biasa di sebut dengan Wireless Fidelity (WiFi). selain itu teknologi ini juga tidak flexibel karena sangat tergantung pada kabel. dan bahkan hampir semua lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi sudah menyediakan HotSpot are untuk mahasiswa mereka sebagai bagian dari fasilitas penunjang program belajar mengajar mereka.M. Jenis Konfigurasi Wireless LAN (WLAN) Secara umum terdapat 2 jenis konfigurasi untuk jaringan berbasis WLAN. serta bagaimana sisi keamanan jaringan ini yang merupakan isu yang sangat perlu untuk diperhatikan ketika kita ingin beralih menggunakan teknologi ini. cara kerjanya. restoran. hanya Kalau pada era tahun jaringan untuk membantu manusia jaringan saat dalam komputer 80-an teknologi berbasis kabel. perpustakaan. kaffe. Sehingga perlu kiranya kita mengetahui tentang teknologi ini (WiFi). Berbagai macam teknologi telah dikembangkan berkomunikasi. Hal ini dapat kita lihat banyaknya perusahaan yang menawarkan Hotspot Area (area yang terdapat jaringan internet berbasis WiFi) yang dapat di akses oleh semua orang baik itu secara gratis maupun dengan cara registrasi ke penyedia layanan tersebut.

Access Point (AP) menggunakan SSID untuk menentukan lalu lintas paket data mana yang di peruntukkan untuk Access Point tersebut. untuk melayani perangkat komputer di dalam jaringannya. Untuk WLAN membedakan perbedaan antara jaringan WLAN satu dengan jaringan lainnya. maka standar IEEE 802. Karena banyaknya jenis-jenis jaringan WLAN yang ada di pasaran. Dengan penanda ini maka dapat di bedakan antara jaringan WLAN satu dengan lainnya sebab jaringan WLAN satu dengan yang lain pasti memiliki nomor penanda SSID yang berbeda pula. satu ata lebih Access Point (APs) menghubungkan jaringan WLAN melalui jaringan berbasis kabel. maka 802.M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Pada jaringan ini.11 menggunakan Service Set Identifier (SSID). maka Access Point memerlukan koneksi ke jaringan berbasis kabel terlebih dahulu. komunikasi antara satu perangkat komputer satu dengan yang lain dilakukan secara spontan/ langsung tanpa melalui konfigurasi tertentu selama sinyal dari Access Point dapat di terima dengan baik oleh perangkat-perangkat komputer di dalam jaringan ini. Jadi pada jenis jaringan ini. Pada jaringan ini.  Berbasis Infrastruktur.11 menetapkan antarmuka (interface) antara klien WLAN (wireless client) dengan jaringan Access Point-nya (network APs). Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 82 .

11 juga membagi jenis frame-nya menjadi 3 (tiga) kategori.11a digunakan untuk mendefiniskan National jaringan Information wireless yang menggunakan frekuensi 5 GHz Unlicensed Infrastrusture (UNII). scientific. 802.11g.4GHz.M. 802. standar 802.11 juga menentukan tiga jenis transmisi pada lapisan fisik untuk model Open System Interconnection (OSI). yaitu: control. dan infrared. Standar 802.11 membolehkan device (perangkat) yang mengikuti standar 802. Standar 802. Misalnya untuk industrial. 802. dan medical (ISM) beroperasi pada frekuensi radio 2.11 dan standar Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 83 . Kecepatan jaringan ini lebih cepat dari standar 802.11a. frequency-hopping spread spectrum (FHSS). yaitu: direct-sequence spread spectrum (DSSS).11 untuk berkomunikasi satu sama lain pada kecepatan 1 Mbps dan 2 Mbps dalam jangkauan kira-kira 100 meter. Jenis lain dari standar 802. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Standar 802.11. yaitu: 802. dan management.11a Standar 802. Selain pembagian frekuensi diatas.11b.11 nanti akan di kembangkan untuk menyediakan kecepatan transfer data yang lebih cepat dengan tingkat fungsionalitas yang lebih baik dari yang ada saat ini.11 juga menentukan frekuensi yang dapat digunakan oleh jaringan WLAN. data. Saat ini terdapat beberapa jenis varian dari standar 802.

11a dengan standar 802.11a adalah karena beroperasi pada frekuensi radio 5 GHz sehingga tidak perlu bersaing dengan perangkat komunikasi tanpa kabel (cordless) lainnya seperti telepon tanpa kabel (cordless phone) yang umumnya menggunakan frekuensi 2. Untuk menggunakan standar 802.4 GHz.11 dan 802.11 dan 802. Perbedaan utama yang lain antara standar 802.11b menggunakan frekuensi 2. Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 84 . Standar 802.11b karena pada standar 802.11b. dan 24 Mbps. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] 802.4 GHz.11a menggunakan frekuensi radio 5 GHz sementara pada standar 802. Walaupun standar 802. ternyata tetap tidak kompatibel dengan standar 802. Kecepatan ini dapat lebih cepat lagi jika menggunakan teknologi yang tepat.11 atau 802.11b pada lapisan Media Access Control (MAC). 12 Mbps. perangkat-perangkat komputer (devices) hanya memerlukan dukungan kecepatan komunikasi 6 Mbps.11b adalah bahwa pada standar 802.M.11a juga mengoperasikan channel/ saluran 4 (empat) kali lebih banyak dari yang dapat dilakukan oleh standar 802.11a. Kelebihan dari standar 802.11a memiliki kesamaan dengan standar 802.11b pada kecepatan transfer sampai 54 Mbps.11a menggunakan jenis modulasi tambahan yang disebut Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) pada lapisan fisik di model OSI.

11b merupakan standar yang paling banyak digunakan di kelas standar 802.11. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Walaupun standar 802. Standar 802. Standar ini merupakan pengembangan dari standar 802.4 GHz dan berkomunikasi pada kecepatan hingga 11 Mbps. Access point tersebut di buat sedemikian rupa sehingga dapat di gunakan pada 2 (dua) jenis standar yaitu pada standar 802.11.11b.11a tidak kompatibel dengan standar 802. Standar 802. Standar ini hanya menggunakan satu jenis frame yang memiliki Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 85 .11b tanpa saling mempengaruhi satu sama lain.11 untuk lapisan fisik dengan kecepatan tinggi. beberapa vendor/ perusahaan pembuat perangkat Access Point berupaya menyiasati ini dengan membuat semacam jembatan (bridge) yang dapat menghubungkan antara standar 802.11b Standar 802. Standar 802. Penyebabnya adalah karena pada kenyataannya bahwa gelombang frekuensi 5 GHz memiliki kelemahan pada jangkauan. Standar 802.M. medicine (ISM) 2. scientific. 802.11b pada perangkat access point buatan mereka. Hal ini disebabkan karena standar ini memerlukan lebih banyak Access point untuk mencapai kecepatan komunikasi yang tertinggi.11a dan 802. Ini lebih cepat daripada kecepatan 1 Mbos atau 2 Mbps yang ditawarkan oleh standar 802.11a.11b juga kompatibel dengan semua perangkat DSSS yang beroperasi pada standar 802.11a merupakan pilihan yang amat mahal ketika di implementasikan.11a dan standar 802.11b digunakan untuk mendefinisikan jaringan wireless direct-sequence spread spectrum (DSSS) yang menggunakan gelombang frekuensi indusrial.11b hanya berkonsentrasi hanya pada lapisan fisik dan Media Access Control (MAC).

11a yaitu menyediakan jalur komunikasi kecepatan tinggi hingga 54 Mbps. frekuensi yang digunakan pada standar ini sama dengan frekuensi yang digunakan standar 802.11g data modulasi OFDM kecepatan transfer berkecepatan tinggi. Hal ini tidak dimiliki oleh standar 802. Standar 802.518 byte jik di hubungkan secara silang (cross) dengan perangkat access point sehingga dapat juga berkomunikasi dengan jaringan berbasis ethernet (berbasis kabel).M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] lebar maksimum 2.11a.4 GHz dan juga dapat kompatibel dengan standar 802. Seperti menggunakan standar 802.11g Standar 802. Standar ini menyediakan metode untuk perangkat-perangkat tersebut untuk mencari (discover). dan autentikasi satu sama lain.346 byte.11g dapat secara otomatis berganti ke Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 86 .11b yaitu frekuensi gelombang 2. Tidak seperti perangkat-perangkat pada standar 802.11. perangkat-perangkat pada untuk memperoleh standar 802. Standari ini juga menyediakan metode untuk menangani tabrakan (collision) dan fragmentasi dan memungkinkan metode enkripsi melalui protokol WEP (wired equivalent protocol). dapat dibagi lagi menjadi 1.a.11b. perangkat-perangkat pada standar 802.11a. Standar 802. Namun. Namun. asosiasi.11g pada dasarnya mirip dengan standar 802.11b hanya menekankan pada pengoperasian perangkat-perangkat DSSS saja.

11g yang mencoba berpindah ke jaringan 802.11b atau bahkan sebaliknya adalah masalah interferensi yang di akibatkan oleh penggunaan frekuensi 2. Wireless. ternyata 802.M. Namun masalah yang mungkin muncul ketika perangkat-perangkat standar 802. atau Unguided media ini dibagi menjadi sebagai berikut : a. Gelombang mikro b. Gelombang radio d.11b.4 GHz.4 GHz merupakan frekuensi yang paling banyak digunakan oleh perangkat-perangkat berbasis wireless lainnya.11b. Seperti yang telag di bahas di BAB Media Transmisi. Dibandingkan dengan 802. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] quadrature phase shift keying (QPSK) untuk berkomunikasi dengan perangkatperangkat pada jaringan wireless yang menggunakan standar 802. Karena seperti dijelaskan di awal bahwa frekuensi 2. Satelit c.11a.11g memiliki kelebihan dalam hal kompatibilitas dengan jaringan standar 802. Inframerah Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 87 .

dan Wiring Closet. 12 Desember 2011 Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 88 . Dari http://ingeyulensa.html#more.M.blogspot.blogspot.html. Cable Tray.wikipedia. Dari http://pcforlearn. Dari http://pcforlearn. Topologi Bus. Protokol Jaringan. Perbedaan Model Referensi OSI dan TCP/IP.blogspot. Wiring. Dari http://pcforlearn.html. 13 Desember 2011 WIKIPEDIA  Wikipedia (2011).org/wiki/Topologi_bus.com/2011/10/5-4-3-2-1-5-4-3-rule-aturan-5-4-3-2-15. Novel Helybra (2008). 15 Desember 2011  Inge Yulensa Lilolio (2010). 15 Desember 2011  Mirna Rizki Lestari (2011). 5-4-3-2-1 Rule.com/2008/09/pengenalan-protokol-jaringan.blogspot.com/2010/07/about-jaringan-komputer. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Daftar Pustaka BLOGSPOT   Computer (2011).blogspot.html.html. 15 Desember 2011  Mr. Dari http://mirnarizki37.com/2011/10/network-device. 12 Desember 2011  Computer (2011).com/2011/07/perbedaan-model-referensi-osi-layerdan.com/2011/11/wiring-pengkabelan-jaringan. Conduit.blogspot. Dari http://novelhelybra.html. Jaringan Komputer.com/2010/10/conduit-cable-tray-dan-wiringcloset. Dari http://revanfaredha. Network Device. 15 Desember 2011 Computer Around Us (2010). Dari http://id. 15 Desember 2011  Computer (2011).blogspot.html.

wikipedia.wikipedia.org/wiki/Topologi_cincin. 15 Desember 2011 OTHER SITE    Shvoong (2010).org/wiki/Duplex. Metode Komunikasi Duplex.angelfire.wikipedia. Dari http://id. Metode Komunikasi Simplex.html. Mung (2009). Konfigurasi Konektor.wikipedia. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A]     Wikipedia (2011).Dari http://www. Dari http://id. 13 Desember 2011 Wikipedia (2010).org/wiki/Media_transmisi.org/wiki/Model_OSI.htm. 12 Desember 2011 Wikipedia (2011). Open Wire.wikipedia.com/2009/02/personal-area-network-pan.wordpress. Dari http://www. Dari http://id.wikipedia. 12 Desember 2011 Wikipedia (2011). Personal Area Network. Dari http://id.shvoong. Jaringan Backbone.com/2007/07/10/rj-45-connector-configuration/.org/wiki/Transmission_Control_Protocol/Internet_Protocol. 12 Desember 2011 WORDPRESS  Riyantoro (2007).com/id/myhoney/chap-3.org/wiki/Jaringan_komputer. Topologi Ring.mrmung. TCP/IP. 13 Desember 2011    Wikipedia (2011).wikipedia. Dari http://id.org/wiki/Simplex.M. 14 Desember 2011 Wikipedia (2011). Dari http://id.com/internet-andtechnologies/2070906-jaringan-backbone/#ixzz1eE7jZOwk. Jaringan Komputer. 12 Desember 2011 Wikipedia (2011). 15 Desember 2011 Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 89 . Dari http://riyantoro. OSI. Dari http://id. Dari http://id. Media Transmisi. 15 Desember 2011 Mr. 15 Desember 2011 Chapter 3.

pdf komunikasi_data.pdf 60 .pdf model_referensi_OSI_7_Layer.pdf Jaringan Komputer. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] BOOK and E-BOOK         Sofana.pdf Komunikasi Data 2.TEKNOLOGI JARINGAN TANPA KABEL _WIRELESS_. Teori & Modul Praktikum Jaringan Komputer. Bandung : Penerbit Modula. Iwan (2011). bab8-Media Transmisi.M.pdf Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 90 .pdf ghanoz-2480-topologi-jaringan1.

M. Farisy Maulana Yusuf [XI TKJ A] Materi Instalasi LAN | OSI dan TCP/IP 91 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful