P. 1
PEDOMAN PKP, 2012 OK

PEDOMAN PKP, 2012 OK

|Views: 133|Likes:
Published by Adi Sucandra

More info:

Published by: Adi Sucandra on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

USULAN KEGIATAN

PRAKTEK KERJA PROFESI (PKP) MAHASISWA

JURUSAN / PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS RIAU 2012

3. merupakan kegiatan praktik kerja untuk meningkatkan kemampuan profesional terutama motorik mahasiswa. industri atau lembaga pemerintah. baik teknis lapangan maupun manajerial sehingga dapat memahami dan menghayati proses kerja secara nyata dalam proses produksi tanaman. Tujuan PKP (1) (2) (3) Meningkatkan kemampuan profesional mahasiswa sesuai kompetensinya memahami dan menghayati proses kerja secara nyata. dalam . PKP mahasiswa Jurusan/Program Studi Agroteknologi. 1. PENDAHULUAN 1. Meningkatkan kemampuan teknis lapangan dengan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tahapan yang ada di lokasi PKP.2 I. sesuai dengan tingkat tanggung jawab yang diterimanya. Pengertian PKP (Program Keterampilan Profesi) Dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa program studi Agroteknologi perlu adanya kegiatan Praktek Kerja Profesi (PKP).2. unit usaha atau perorangan) untuk mendalami aspek keteknikan. Kegiatan PKP juga dapat digunakan untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang ditemukan pada perusahaan. asisten/kepala afdeling atau organisasi yang ada di lokasi PKP. Hasil dari kegiatan PKP dilakukan pengkajian secara ilmiah sesuai dengan bidang profesi keilmuan mahasiswa program sarjana yang kemudian dituangkan dalam suatu tulisan ilmiah berupa laporan PKP. PKP adalah suatu kegiatan untuk menambah pengalaman kerja praktis dan keterampilan mahasiswa yang sesuai dengan bidang studinya dan kemampuan analisis mahasiswa berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Meningkatkan kemampuan manajerial dan analisis kegiatan di lapangan yang setara dengan tingkat mandor/mandor besar. (4) Melatih mahasiswa bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan lapangan. industri atau lembaga pemerintah. Dalam kegiatan PKP mahasiswa merupakan bagian terpadu (integral) dari sistem kerja di tempat PKP (perusahaan. manajemen dan teknologi.

Persyaratan Lokasi PKP . Persyaratan Mahasiswa Peserta PKP (1) Telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Jurusan/Program Studi Agroteknologi.1. Ruang Lingkup PKP (1) (2) (3) Mahasiswa memperoleh pengalaman kerja praktis di tempat PKP. (2) Telah mendapatkan izin penempatan dari perusahaan/lokasi tempat PKP. kelemahan.2. PROSEDUR PELAKSANAAN DAN EVALUASI PKP 2. II. (3) Mahasiswa dalam kondisi sehat. (4) Mahasiswa belajar bertanggungjawab terhadap seluruh tugas yang diberikan oleh perusahaan tempat PKP yang disesuaikan dengan proposal kegiatan yang telah disusun 1. peluang dan ancaman pada setiap kegiatan di lapangan. (2) Dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja staf dan karyawan perusahaan dengan adanya mahasiswa yang praktik PKP. (3) Memanfaatkan peserta PKP sebagai tambahan ”tenaga kerja”. Manfaat bagi Penerima PKP (1) Perusahaan atau institusi. Pada Mahasiswa melakukan kegiatan tempat PKP.5. 2. Fakultas Pertanian. Universitas Riau. teknis dan manajerial disesuaikan dengan kondisi nasional melalui pengembangan sumberdaya manusia. sehingga termotivasi untuk memiliki jiwa wirausaha (entrepreneur ship). memperoleh kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan kegiatan ini mahasiswa merupakan bagian integral dari sistem kerja di perusahaan tempat PKP.4.3 (5) Melatih mahasiswa menganalisis kekuatan. Mahasiswa melakukan penelaahan dan analisis mengenai potensi sumberdaya dan masalah-masalah yang ditemui. 1. serta analisis alternatif pemecahan permasalahan yang dihadapi di lapangan.

swasta. lokasi tempat PKP diprioritaskan pada lokasi yang memungkinkan untuk dilakukan supervisi/monitoring selama kegiatan PKP oleh Jurusan/Program Studi Agroteknologi.3. dosen pembimbing/dosen yang mewakilinya. hortikultura dan perkebunan. kelompok tani atau perorangan yang berbisnis dalam bidang pangan.4. Data primer adalah data yang bersumber dari hasil pengamatan langsung yang dilakukan mahasiswa sesuai aspek khusus yang akan dikaji/dianalisis lebih mendalam sesuai dengan tujuan PKP. Wilayah lokasi PKP ditentukan oleh Jurusan/Program Studi Agroteknologi. Pembimbingan Tiap mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi sebagai Koordinator PKP. setiap angkatan berjumlah 30 (tiga puluh) mahasiswa. 2. (3) Perusahaan memiliki organisasi dan manajemen perusahaan secara lengkap sesuai dengan . semesteran. baik laporan tahunan.4 (1) Kegiatan PKP dapat dilaksanakan di perusahaan-perusahaan negara. 2. fungsi-fungsi manajemen yang baku. (2) Perusahaan memiliki skala usaha minimal. Mahasiswa dapat mengajukan/mengusahakan lokasi PKP di luar wilayah Provinsi Riau. Jenis Data dan Metode Pengumpulan Data Data yang diperlukan agar mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang dihadapi di lapangan meliputi data primer dan data sekunder. di Surat Tugaskan (ST) oleh Ketua Jurusan dan di SK-kan oleh Dekan Faperta UNRI. penangkaran benih/bibit maupun produksi (panen/pasca panen). Peserta PKP Peserta PKP di PT. Dosen pembimbing bertugas memberikan pengarahan/layanan konsultasi pada waktu pembuatan rencana kerja PKP. mengadakan monitoring selama kegiatan PKP. koperasi. (4) Orientasi usahanya komersial/ profit . (2) Penentuan lokasi PKP diserahkan kepada mahasiswa atau Jurusan/Program Studi Agroteknologi. 2. baik pada aspek pra panen : budidaya. persiapan keberangkatan. bergantung pada komoditas yang diusahakan. Arara Abadi (BPPM) direncanakan terdiri atas 3 (tiga) angkatan. mengarahkan dan membimbing penulisan laporan/jurnal PKP.5. bukan bersifat hobby. Selain itu. ataupun bulanan. Instansi terkait. Data sekunder adalah data yang telah ada di perusahaan yang bersumber dari laporan manajemen.

sikap) mahasiswa selama melaksanakan PKP di lapangan yang mencakup penilaian kemampuan akademik. . serta pada saat pelaporan. minimal 1 (satu) kali selama kegiatan PKP berlangsung. Laporan PKP dibuat sesuai dengan ketentuan penulisan yang berlaku di Jurusan/Progtam Studi Agroteknologi. dosen supervisor memberikan layanan konsultasi bagi mahasiswa.8. 2.7.2. penilaian pelaksanaan PKP (konduite dari perusahaan dan hasil supervisi PKP). Penilaian tersebut berupa konduite (disiplin. melakukan penilaian terhadap kegiatan PKP mahasiswa. Pada waktu supervisi. Pembimbingan penulisan dan pemeriksaan laporan PKP dilakukan oleh dosen pembimbing. mahasiswa membuat/mengisi catatan kegiatan harian (jurnal). kemampuan kerja lapangan dan soft skill yang dimiliki mahasiswa. Pelaporan Selama kegiatan PKP. 2.5 2. yaitu penilaian pra PKP.8.6. Fakultas Pertanian UNRI dengan out line seperti tercantum pada Lampiran. Supervisi Supervisi dilaksanakan oleh dosen pembimbing atau dosen yang ditunjuk oleh Koordinator PKP. Penilaian Pelaksanaan PKP Penilaian pelaksanaan PKP dilakukan sepenuhnya oleh pembimbing lapangan (pimpinan peusahaan atau staf yang ditunjuk pimpinan perusahaan) atas kinerja yang dilakukan mahasiswa. 2. Penilaian Pra PKP Penilaian pra PKP terdiri atas : kehadiran dalam pertemuan persiapan PKP dan keikut sertaan serta keaktifan dalam mengikuti PKP di kebun percobaan Rimbo Panjang (RP) dan Simpang Panam (SP) 2. memperhatikan kondisi dan situasi tempat PKP serta menerima/menampung masukan saran dari pihak perusahaan tempat PKP.1. Penilaian Akhir PKP Penilaian akhir PKP terdiri atas tiga unsur. Jurnal tersebut diketahui/ditandatangani staf/asisten pembimbing lapangan pada tiap unit kegiatan atau waktu tertentu (sekurang-kurangnya per minggu).8.

di bawah pengawasan pembimbing lapangan (asisten kebun). . Metode PKP 3. (2) (3) (4) (5) Mengikuti semua kegiatan yang ada di lapangan (kebun). Bekerja seperti halnya karyawan perusahaan. Bagian Perkebunan (1) Mahasiswa peserta PKP diberi tanggung jawab sebagai karyawan.1. kecuali seizin pembimbing lapangan/pimpinan perusahaan setempat. 2012 (setelah ujian semester Genap. baik yang bersifat teknis maupun administratif. Di sela-sela kegiatan di lapangan. khususnya aspek budidaya tanaman.2. mahasiswa juga diberi tanggung jawab untuk mempelajari administrasi dan pengumpulan data sekunder di kantor. PELAKSANAAN PKP 3. Waktu Pelaksanaan PKP dilaksanakan selama 1 (satu) bulan setara dengan 135 jam kerja dengan bobot 3 (tiga) SKS. Menerima tugas sebagai pengawas/mandor atau melaksanakan kegiatan administrasi dan lapangan di bawah bimbingan asisten/staf perusahaan. oleh karena itu status jabatan tersebut disesuaikan dengan status yang berlaku di perusahaan tempat PKP.1. Selama melaksanakan PKP mahasiswa tidak boleh meninggalkan lokasi untuk keperluan di luar PKP. 3.2. 2012) Angkatan I : direncanakan Akhir Juni – Juli.6 III. 2012) disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan kondisi perusahaan. Januari – Februari 2013 (setelah ujian sm Ganjil. 2012 (setelah ujian semester Genap. PKP dilaksanakan untuk masing-masing angkatan sebagai berikut : Angkatan I : direncanakan Akhir Juni – Juli. Berdiskusi dengan para asisten/staf perusahaan mengenai semua aspek pengelolaan kebun. 2011/12) Angkatan II : direncanakan bulan. Status jabatan karyawan tersebut di atas mungkin berbeda di masing-masing perusahaan.

mahasiswa juga diberi tanggung jawab untuk mempelajari organisasi perusahaan.2. sekundr). . administrasi dan pengumpulan data sekunder yang berkaitan. Pada kegiatan PKP mahasiswa harus melakukan seluruh kegiatan yang ada dan dilakukan di perusahaan. industri atau lembaga pemerintah. baik analisis deskriptif maupun analisis kuantitatif. Bekerja di bawah pengawasan pembimbing lapangan yang ditunjuk.7 (6) (7) Mempelajari administrasi kebun/kantor dengan bimbingan kepala urusan administrasi atau asisten yang ditunjuk. baik dari aspek teknis maupun manajerial sehingga mahasiswa dapat memberikan rekomendasi perbaikan-perbaikan kepada perusahaan tempat PKP. Jika perlu dapat menggunakan alat uji statistika seperti ukuran distribusi: frekuensi. baik yang bersifat teknis maupun administratif. Mempelajari sistem administrasi produksi dan pemasaran komoditas yang dipelajari. (9) Berdasarkan hasil analisis data dan informasi tersebut. (8) Dari hasil kegiatan PKP yang dilaksanakan dan berdasarkan data dan informasi yang berhasil dikumpulkan (primer. persen. mahasiswa harus melakukan analisis. Berdiskusi dengan pelaksana kegiatan mengenai semua aspek pengelolaan usahatani. khususnya aspek budidaya tanaman di lapangan produksi.2. (2) (3) (4) (5) (6) Mengikuti semua kegiatan yang ada di lapangan. Jadwal dan jenis kegiatan yang ditangani disesuaikan dengan kegiatan yang ada di lapangan. atau hubungan input-out put: uji t-student. Menerima tugas atau melaksanakan kegiatan administrasi dari pembimbing lapangan. Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (1) Mahasiswa peserta PKP diberi tanggung jawab untuk berperan serta di lapangan produksi. mulai dari kegiatan persiapan tanam hingga penanganan pasca panen dan pemasaran hasil. Di sela-sela kegiatan di lapangan. regresi. korelasi). tetapi diharapkan selama PKP 1 (satu) bulan dapat mencerminkan variasi jenis kegiatan teknis dan manajerial di lapangan. mahasiswa harus dapat membahas permasalahan yang dihadapi (kelemahan atau kekuatan). ukuran pemusatan : rata-rata. dengan penekanan pada aspek khusus yang akan dikaji dan dianalisis sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. 3.

(9) Berdasarkan hasil analisis data dan informasi tersebut. karena apabila ada data yang tidak dimengerti atau informasi yang terlewat masih dapat didiskusikan di lapangan. Biaya Pelaksanaan PKP Biaya mahasiswa selama pelaksanaan PKP. pembahasan dan kesimpulan serta saran/rekomendasi. Penulisan laporan yang dilakukan di lapangan akan mempermudah mahasiswa.4. Semakin lama. Penulisan laporan sebaiknya dilakukan mulai saat PKP masih berjalan. ukuran pemusatan. Laporan PKP Secara umum penulisan laporan PKP sama dengan laporan kegiatan terstrukutur akademik lainnya. hanya ditambah dengan hasil kegiatan PKP. atau hubungan input-out put: uji t-student.5. mahasiswa harus dapat membahas permasalahan yang dihadapi (kelemahan atau kekuatan). Segera diselesaikan sesudah PKP selesai. Bila penulisan laporan ditunda-tunda. korelasi). semakin malas.8 (7) Jadwal dan jenis kegiatan yang ditangani disesuaikan dengan kegiatan yang ada di lapangan. diharapkan dapat ditanggung oleh perusahaan dapat berupa pemondokan. mahasiswa harus melakukan analisis. persen. makan ataupun honor. biasanya akan mengalami kesulitan dalam menulis karena banyak hal-hal rinci yang sudah terlupakan. Struktur tulisan (out line) dan format laporan PKP tercantum pada Lampiran. 3. Kegiatan ini harus mencerminkan variasi jenis kegiatan teknis dan manajerial di lapangan. 3. baik dari aspek teknis maupun manajerial sehingga mahasiswa dapat memberikan rekomendasi perbaikan-perbaikan kepada perusahaan tempat PKP.3. 3. . rata-rata. Waktu Penulisan Beberapa anjuran yang perlu diperhatikan dalam penulisan laporan PKP : Menulis naskah memerlukan waktu dan konsentrasi. regresi. baik analisis deskriptif maupun analisis kuantitatif (misalnya menggunakan ukuran distribusi: frekuensi. (8) Dari hasil kegiatan PKP yang dilaksanakan dan berdasarkan data dan informasi yang berhasil dikumpulkan.

2. TATA TERTIB PKP Tata tertib yang harus dipatuhi mahasiswa selama melaksanakan kegiatan PKP di lapangan adalah sebagai berikut : 1.9 IV. 7. berlaku. dan harus memberitahukan ke Koordinator PKP. (masalah keuangan) dan masalah sosial. Berpakaian sopan. Dapat bermasyarakat/bersosialisasi dengan karyawan tempat PKP. . 5. 6. Pada saat kembali dari lokasi PKP (setelah selesai PKP) tidak meninggalkan utang Menaati peraturan di lingkungan perusahaan tempat PKP. 4. tidak Tidak diperkenankan meninggalkan lokasi PKP. Tinggal di lingkungan perumahaan perkebunan/perusahaan tempat PKP. sesuai peraturan yang Berkelakuan baik dan membawa nama baik UNRI. 3. lokasi PKP karena ada keperluan yang darurat (penting) harus seizin pimpinan perkebunan/perusahaan tempat PKP. bagi mahasiswa tidak diperkenankan berambut gondrong. 8. Apabila terpaksa meninggalkan diperbolehkan tinggal di luar lingkungan perkebunan/perusahaan. Rambut ditata rapi.

Kewenangan dan Tanggung Jawab di Tingkat Mandor/Mandor Besar. Persiapan Tanam dan Penanaman. Pemanenan. Persiapan Bahan Tanam. Tugas Pokok dan Fungsi. Administratur/Manajer) PEMBAHASAN KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN . Kepala Tata Usaha/ Kantor. Asisten/Kepala Afdeling. Pengolahan Hasil) Aspek Manajerial (Fungsi-fungsi Manajemen. Struktur Tulisan (Out Line) dan Format Laporan PKP Jilid (Cover) Depan Halaman judul Lembar Persyaratan Lembar Pengesahan KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN PENDAHULUAN Latar Belakang Tujuan TINJAUAN PUSTAKA METODE PKP Tempat dan Waktu Metode Pelaksanaan Pengamatan dan Pengumpulan Data Analisis Data dan Informasi KEADAAN UMUM Letak Geografi atau Letak Wilayah Administratif (Lengkapi dengan Peta Kebun) Keadaan Iklim dan Tanah Luas Areal dan Tata Guna Lahan Keadaan Tanaman dan Produksi Struktur Organisasi dan Ketenagakerjaan PELAKSANAAN KEGIATAN PKP Aspek Teknis (Pembukaan dan Persiapan Lahan. Kepala Tanaman. Kepala Teknik/Pabrik. Pemeliharaan Tanaman.10 Lampiran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->