P. 1
Testis Lengkap

Testis Lengkap

|Views: 34|Likes:
Published by Azhyumardi Nata

More info:

Published by: Azhyumardi Nata on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

pdf

text

original

Testis Testis merupakan alat reproduksi primer bagi hewan jantan karenamenghasilkan spermatozoo (jamak; spermatozoa).

Testis berbentuk bulatpanjang pada sapi, sumbu arah vertikal. Panjang testis sapi dewasaadalah 12 sampai 15 cm, diameter tengahnya 6 sampi 8 cm, dan beratnya300 sampai 500 gr (Widayati et al., 2008).Testis terletak di dalam skrotum yang merupakan suatu strukturyang mengatur panas. Sperma yang hidup dalam testis tidak akan dapatberkembang dalam lingkungan suhu tubuh hewan, oleh karena itu testisperlu turun dari dalam rongga tubuh, supaya testis selalu berada padakisaran suhu yang relatif sempit (Blakely and Bade, 1998). Mediastinum testis terletak di dalam testis, secara sentral septula testis berlanjut dengan jaringan ikat longgar dari mediastinum testis. Mediastinum testis kuda jantan, terbatas pada kutub kranial testis, tetapipada hewan piaraan umumnya menempati posisi sentral (Delmann, 1992).Testis dari sapi dan domba jantan berlokasi di sebelah crania fleksura sigmoid penis (yang berbentuk huruf S). Sumbu longitudinal darimasing-masing testis hampir vertikal, sehingga skrotum memanjang arahdorso ventral (Frandson,1992). Epididimis Epididimis berbentuk bulat panjang dan melekat pada testis.Epididimis terbagi menjadi 3, yaitu caput (kepala), corpus (badan), dan cauda (ekor). Caput epididimis menelungkupi testis. Epididimis berisiduktus, mulai caput berkelok-kelok rapat sekali. Panjang duktus epididimisbila direntangkan adalah 36 m pada sapi dewasa dan 54 m pada babidewasa (Widayati et al., 2008). Kepala epididimis melekat pada bagian ujung dari testis di manapembuluh-pembuluh darah dan saraf masuk. Badan epididimis sejajardengan aksis longitudinal dari testis dan ekor epididimis selanjutnyamenjadi duktus deferens yang rangkap dan kembali ke daerah kepala, dimana kemudian sampai ke korda spermatic (Frandson, 1992). Duktus

Duktus deferens (vas deferens) adalah pipa berotot yang padasaat ejakulasi mendorong spermatozoa dari epididimis ke duktus ejakulatoris dalam uretra prostatic (Frandson.. Duktus deferens berjalan ke atasmenempel pada corpus epididimis dan salurannya makin lurus. Diameter luar duktus deferens sekitar 2 mm dan berdinding yangmengandung muskulus yang tebal. 1992). dekatdengan caput epididimis makin halus dan bersama dengan pembbuluhdarah.kemudian masuk ke rongga perut dan makin keatas dindingnya makintebal dan diameternya makin besar membentuk ampulla (ampullae ductus deferant) (Widayati et al.deferens Duktus deferens terentang mulai dari cauda epididimis sampai ke uretra . 2008) Uretra Uretra . pembuluh limfe dan urat syaraf membentuk feniculus spermaticus .

mengitari uretra spongiosa dan gland penis(Dellman. bagian belakang dari vesica urinariaterdapat bagunan kecil (colcullus seminalis). daripermukaan di mana segmen spongiosa berlanjut ke gerbang luar uretra(Dellman.Menurut letaknya uretra dibagi menjadi tiga bagian. Segmen membranosa berawal dari daerahtersebut dan berakhir di uretra yang memasuki bulbus penis. berbentuksilinder panjang dan bersifat fibroelastik (kenyal).pars bulbouretralis dan pars penis..korpus spongiosum penis. yaitu pars pelvina. corpora kavernosa penis. 1992). bagian utama atau badan dan akar yang melekat pada ischial arch pada pelvis yang tertutup oleh otot ischiocavernosus (Frandson. glans atau alat gerakbebas. Penis Penis merupakan organ kopulatoris pada hewan jantan.Penis dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu. 1992). membranosa. Penis membentang kedepan dari arcus ischiadicus pelvis sampai ke daerah umbilicus padadinding ventral perut.. 2008). .mempunyai fungsi untuk menyalurkan sperma dan urin.Penis terdiri dari dua struktur erektil. 1992). Segmen prostat menjulur dari kandung kemih ke pinggir caudal kelenjar prostat. Penis ditunjang oleh fascia dan kulit (Widayati et al. 2008).Uretra hewan jantan dibagi dalam segmen prostat. Bagian depannya adalahmuara bersama dari ampula dan saluran kelenjar vesikularis (Widayati et al.dan spingiosa.

glandula vesikulosa. glandula prostata. Praeputium melindungi penis dari pengaruh luar dan kekeringan. 1992). 1992).Praeputium Praeputium adalah lipatan kulit di sekitar ujung bebas penis. sementara lapisandalam menyerupai membrane mucosa yang terdiri dari lapisan preputialdan lapisan penil yang menutup permukaan ekskremitas bebas dari penis(Frandson. Kelenjar tambahan Ejakulat mengandung spermatozoa dan cairan dari kelenjaraksesori yang terdiri dari sekreta epididimis dan kelenjar aksesori hewan jantan.Permukaan luar merupakan kulit yang agak khas. Kelenjar aksesori mencakup bagian duktus deferens berkelenjar . dan glandula bulbouretralis (Dellman. Fornik preaputii adalah daerah dimana preputii bertaut dengan penis tepat caudal dari gland penis. . Praeputium merupakan suatu invaginasi berganda dari kulit yangberisi dan menyelubungi bagian bebas penis sewaktu tidak ereksi danmenyelubungi badan penis caudal dari gland penis sewaktu ereksi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->