Wednesday, August 1, 2007

Pengertian Transfusi Darah

Transfusi Darah adalah proses pemindahan darah dari seseorang yang sehat (donor) ke orang sakit (respien). Darah yang dipindahkan dapat berupa darah lengkap dan komponen darah. TUJUAN TRANSFUSI DARAH
      

Memelihara dan mempertahankan kesehatan donor. Memelihara keadaan biologis darah atau komponen – komponennya agar tetap bermanfaat. Memelihara dan mempertahankan volume darah yang normal pada peredaran darah (stabilitas peredaran darah). Mengganti kekurangan komponen seluler atau kimia darah. Meningkatkan oksigenasi jaringan. Memperbaiki fungsi Hemostatis. Tindakan terapi kasus tertentu.

MACAM TRANSFUSI DARAH 1. Darah Lengkap/ Whole Blood (WB)
Diberikan pada penderita yang mengalami perdarahan aktif yang kehilangan darah lebih dari

25 %. 2. Darah Komponen

 

Sel Darah Merah (SDM) : Sel Darah Merah Pekat : Diberikan pada kasus kehilangan darah yang tidak terlalu berat, transfusi darah pra operatif atau anemia kronik dimana volume plasmanya normal. Sel Darah Merah Pekat Cuci : Untuk penderita yang alergi terhadap protein plasma.Sel Darah Merah Miskin Leukosit : Untuk penderita yang tergantung pada transfusi darah. Sel Darah Merah Pekat Beku yang Dicuci : Diberikan untuk penderita yang mempunyai antibodi terhadap sel darah merah yang menetap. Sel Darah Merah Diradiasi : Untuk penderita transplantasi organ atau sumsum tulang. LEUKOSIT/ GRANULOSIT KONSENTRAT : Diberikan pada penderita yang jumlah leukositnya turun berat, infeksi yang tidak membaik/ berat yang tidak sembuh dengan pemberian Antibiotik, kualitas Leukosit menurun. TROMBOSIT : Diberikan pada penderita yang mengalami gangguan jumlah atau fungsi trombosit. PLASMA dan PRODUKSI PLASMA : Untuk mengganti faktor pembekuan, penggantian cairan yang hilang. Contoh : Plasma Segar Beku untuk prnderita Hemofili.Krio Presipitat untuk penderita Hemofili dan Von Willebrand
http://utdd-pmijateng.blogspot.com/2007/08/pengertian-transfusi-darah.html

Donor Darah A. Pengertian Transfusi Darah Transfusi Darah adalah proses pemindahan darah dari donor yang sehat kepada penderita. Pada tahun 1900 Dr. Loustiner menemukan 4 macam golongan darah : 1. Golongan darah A 2. Golongan darah B 3. Golongan darah AB 4. Golongan darah O Selain itu tahun 1940 ditemukan golongan darah baru yaitu Rhesus Faktor positif dan rhesus faktor negatif pada sel darah merah (erythrocyt). Rhesus Faktor positif banyak terdapat pada orang Asia dan Negatif Pada orang Eropah, Amerika, Australia.

B. Jenis Donor Darah Ada dua macam donor darah yaitu : 1. Donor keluarga atau Donor Pengganti adalah darah yang dibutuhkan pasien dicukupi oleh donor dari keluarga atau kerabat pasien. 2. Donor Sukarela adalah orang yang memberikan darah, plasma atau komponen darah lainnya atas kerelaan mereka sendiri dan tidak menerima uang atau bentuk pembayaran lainnya. Motivasi utama mereka adalah membantu penerima darah yang tidak mereka kenal dan tidak untuk menerima sesuatu keuntungan. C. Syarat - Syarat Calon Donor Darah : 1. Umur 17 - 60 tahun 2. Berat badan 50 kg atau lebih 3. Kadar Hemogblin 12,5 g/dl atau lebih 4. Tekanan darah 120/140/80 - 100 mmHg 5. Nadi 50-100/menit teratur 6. Tidak berpenyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kencing manis, penyakit perdarahan, kejang, kanker, penyakit kulit kronis.

7. Tidak hamil, menyusui, menstruasi (bagi wanita) 8. Bagi donor tetap, penyumbangan 5 (lima) kali setahun. 9. Kulit lengan donor sehat. 10. Tidak menerima transfusi darah/komponen darah 6 bulan terakhir. 11. Tidak menderita penyakit infeksi ; malaria, hepatitis, HIV/AIDS. 12. Bukan pencandu alkohol/narkoba 13. Tidak mendapat imunisasi dalam 2/4 bulan terakhir. 14. Beritahu Petugas bila makan aspirin dalam 3 hari terakhir.

D. Proses Transfusi Darah 1. Pengisian Formulir Donor Darah. 2. Pemeriksaan Darah Pemeriksaan golongan, tekanan darah dan hemoglobin darah. 3. Pengambilan Darah Apabila persyaratan pengambilan darah telah dipenuhi barulah dilakukan pengambilan darah. 4. Pengelolahan Darah Beberapa usaha pencegahan yang di kerjakan oleh PMI sebelum darah diberikan kepada penderita adalah penyaringan terhadap penyakit di antaranya : a. Penyakit Hepatitis B b. Penyakit HIV/AIDS c. Penyakit Hipatitis C d. Penyakit Kelamin (VDRL) Waktu yang di butuhkan pemeriksaan darah selama 1-2 jam 5. Penyimpanan Darah Darah disimpan dalam Blood Bank pada suhu 26 derajat celcius. Darah ini dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen seperti : PRC Thrombocyt Plasma Cryo precipitat E. Manfaat Donor Darah 1. Dapat mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya. 2. Anda secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi Donor/tiap 3 bulan sekali ) yang meliputi : Tekanan Darah, Nadi, dan Suhu Tinggi Badan, Berat Badan (Body Mass Index) Haemoglobine, Penyakit Dalam Penyakit Hipatitis B dan Hipatitis C Penyakit HIV/AIDS 3. Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 orang pasien yang berbeda. 4. Darah anda dapat menyelamatkan jiwa orang lain secara langsung. 5. Pendonor yang secara teratur Mendonorkan Darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung sebesar 30 % (British Journal Heart) seperti serangan jantung Koroner dan Stroke. F. Pengambilan Darah 1. Oleh petugas yang berwenang. 2. Menggunakan peralatan sekali pakai. 3. 250-350 ml, tergantung berat badan. 4. Mengikuti Prosedur Kerja Standar. 5. Informed Consent : Darah diperiksa terhadap IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) ; Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, Sifilis).

Hal ini dimaksudkan agar ada kecocokan antara donor dengan resepien karena antara golongan donor darah dengan resepien tidak semua bisa saling memberi dan menerima. Dalam pelaksanaan transfusi darah.http://pmi. dan O. yaitu: . 8. Dalam hal ini. Jadi. Dengan rincian persen berbentuk cairan atau plasma dan persen sisanya adalah sel darah yang terbagi lagi menjadi sel darah merah. Berikut ini.go.5 persen mineral.1 persen sejumlah bahan organik seperti lemak. asam urat. secara keseluruhan darah manusia kira-kira seperdua belas dari badan atau ditaksir sekitar lima liter. dan asam amino. dan 0. sel darah putih.php?name=Transfusi_Darah_PMI_Tarakan&op=detil &mkode=1 Hukum Donor Darah 22 Mar 2009 10 Komentar by tafany in Masail Fiqhiyah Oleh Dina Nurita Sari Pengertian Transfusi/ Donor Darah Transfusi darah atau blood transfution (bahasa Inggris) adalah memindahkan darah dari seseorang kepada orang lain dalam rangka menyelamatkan jiwanya. kolesterol. Yang dimaksud dengan plasma darah adalah cairan yang berwarna kuning dan mengandung cairan yang berwarna kuning dan mengandung 91. B.tarakankota. urea. wanita lebih membutuhkan zat besi dalam kadar yang tinggi karena sebagiannya terbuang ketika menstruasi dan zat besi diperlukan lebih banyak bagi wanita untuk perkembangan janin dan pembuatan air susu. A.0 persen air. Darah adalah jaringan cair yang terdiri dari dua bagian. hal yang penting dan harus dicermati oleh pihak medis adalah golongan donor darah (yang menyumbangkan darah) dan golongan darah resepien (penerima darah). Sel darah merah memerlukan protein dan zat besi. Unsur ketiga dari darah manusia adalah sel darah putih. Unsur kedua dari darah manusia adalah sel darah merah. yaitu cairan yang disebut dengan plasma dan sel darah. dan butir pembeku (trambosit). komposisi golongan darah manusia secara medis.id/site/modules. Golongan darah manusia terdiri dari golongan AB.

Golongan darah AB dapat menerima semua golongan.. Fungsi ini berhubungan dengan fungsi sel pembeku (trambosit). dan O. oksigen. d. dan sebagian karbon dioksida. menyingkirkan karbon dioksida dan hasil buangan lainnya serta mengatur panas ke seluruh tubuh. Golongan darah A dapat menerima kepada golongan darah A. dan asam animo ke jaringan tubuh. Plasma darah berfungsi untuk perantara penyaluran makanan. Golongan darah O hanya dapat menerima kepada golongan darah O. menangkap organisme hidup dan menghancurkannya. Sel darah putih berfungsi untuk mengepung daerah yang terkena infeksi atau cidera. Golongan darah A dapat memberi kepada A. Sel darah merah bekerja sebagai system transport dari tubuh. Golongan darah B dapat memberi kepada B. Fungsinya Masing-masing unsur darah dalam tubuh kita memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Dilihat dari donor. d. asam urat. c. yaitu membekukan darah yang keluar dari anggota tubuh yang terluka atau cidera. dan AB. Setelah memahami fungsi darah bagi tubuh manusia.1. c. b. lemak. yaitu: a. Otak manusia membutuhkan darah yang . dan AB. dan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Golongan darah AB dapat memberi kepada AB. dan O. sehingga darah tersebut dapat tertahan. b. mengantar semua bahan kimia. menyediakan bahan pelindung tubuh dari serangan bakteri. menyegarkan cairan jaringan tubuh dimana melalui cairan ini semua sel tubuh dapat menerima makanan. yaitu: a. Golongan darah B dapat menerima kepada golongan B. Golongan darah O dapat memberi kepada semua golongan darah. Dilihat dari resepien. 2. Selain itu juga berfungsi untuk mengangkut bahan buangan seperti urea. Maka manusia tidak dapat hidup tanpa darah karena semua jaringan tubuh memerlukan darah. menyingkirkan kotoran.

maka sel otak akan mati. Jenis Donor Darah Ada dua macam donor darah yaitu : 1. 2. penyumbangan 5 (lima) kali setahun 9. kejang. Umur 17 – 60 tahun 2. Nadi 50-100/menit teratur 6. ginjal. Kadar Hemogblin 12. paru-paru.mencukupi dan teratur. . kanker. Jika tidak menerima darah dalam tempo lebih dari empat menit. Syarat-syarat Calon Donor Darah 1. hati. menyusui. Motivasi utama mereka adalah membantu penerima darah yang tidak mereka kenal dan tidak untuk menerima sesuatu keuntungan. Tidak hamil. Kulit lengan donor sehat. penyakit kulit kronis. kencing manis. Donor Sukarela adalah orang yang memberikan darah. penyakit perdarahan. Bagi donor tetap. plasma atau komponen darah lainnya atas kerelaan mereka sendiri dan tidak menerima uang atau bentuk pembayaran lainnya. menstruasi (bagi wanita 8.5 g/dl atau lebih 4. 7. Berat badan 50 kg atau lebih 3. Tekanan darah 120/140/80 . Donor keluarga atau Donor Pengganti adalah darah yang dibutuhkan pasien dicukupi oleh donor dari keluarga atau kerabat pasien.100 mmHg 5. Tidak berpenyakit jantung.

Penyakit HIV/AIDS c. 11. hepatitis. tekanan darah dan hemoglobin darah. Penyakit Hepatitis B b. 14. Pemeriksaan Darah Pemeriksaan golongan. 2. Pengambilan Darah Apabila persyaratan pengambilan darah telah dipenuhi barulah dilakukan pengambilan darah. HIV/AIDS. malaria. Proses Transfusi Darah 1. Tidak menderita penyakit infeksi . Penyakit Hipatitis C d.. Bukan pencandu alkohol/narkob 13.10. Pengisian Formulir Donor Darah. Pengelolahan Darah Beberapa usaha pencegahan yang di kerjakan oleh PMI sebelum darah diberikan kepada penderita adalah penyaringan terhadap penyakit di antaranya : a. Tidak menerima transfusi darah/komponen darah 6 bulan terakhir. Penyimpanan Darah Darah disimpan dalam Blood Bank pada suhu 26 derajat celcius. Beritahu Petugas bila makan aspirin dalam 3 hari terakhir. Penyakit Kelamin (VDRL) Waktu yang di butuhkan pemeriksaan darah selama 1-2 jam 5. 4. 3. Darah ini dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen seperti : PRC Thrombocyt Plasma Cryo precipitat . Tidak mendapat imunisasi dalam 2/4 bulan terakhir. 12.

Hepatitis B. 4. Darah anda dapat menyelamatkan jiwa orang lain secara langsung. Mengikuti Prosedur Kerja Standar. Mengganti kekurangan komponen seluler atau kimia darah. Tindakan terapi kasus tertentu. 2. Pendonor yang secara teratur Mendonorkan Darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung sebesar 30 % (British Journal Heart) seperti serangan jantung Koroner dan Stroke. Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 orang pasien yang berbeda. Meningkatkan oksigenasi jaringan. Hepatitis C. Berat Badan (Body Mass Index) Haemoglobine. 250-350 ml. Menggunakan peralatan sekali pakai.Manfaat Donor Darah 1. Tujuan Transfusi Darah        Memelihara dan mempertahankan kesehatan donor. Memperbaiki fungsi Hemostatis. tergantung berat badan. Nadi. . Sifilis). Pengambilan Darah 1. Oleh petugas yang berwenang. HIV. 4. Dapat mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya. Anda secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi Donor/tiap 3 bulan sekali ) yang meliputi : Tekanan Darah. 5. Memelihara dan mempertahankan volume darah yang normal pada peredaran darah (stabilitas peredaran darah). dan Suhu Tinggi Badan. 5. Informed Consent : Darah diperiksa terhadap IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) . 3. Penyakit Dalam Penyakit Hipatitis B dan Hipatitis C Penyakit HIV/AIDS 3. Memelihara keadaan biologis darah atau komponen – komponennya agar tetap bermanfaat. 2.

Karena menyumbangkan darahnya dengan ikhlas kepada siapa saja termasuk amal kemanusiaan yang amat dianjurkan oleh Islam. Karena dengan mendonorkan sebagian darahnya berarti seseorang telah memberikan pertolongan kepada orang lain. memberikan ketentuan hukum bahwa donor darah diperbolehkan jika dengan mendonorkan darahnya itu tidak . tidak ditemukan satu nash yang menjelaskan hukum donor darah. yaitu darah (benda najis). (QS. maka cara yang harus ditempuh untuk mendapatkan kejelasan hukumnya harus dilakukan ijtihad yang dilakukan secara jama’i (kolektif). orang sakit yang kekurangan darah harus dibantu dengan donor darah. Seperti halnya orang memberi makan kepada orang lapar yang terancam akan mati. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat AlMaidah ayat 32. sehingga seseorang selamat dari ancaman yang membawa kepada kematian. Artinya: “Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia. Dalam hal ini. Setelah diteliti. maka seseorang akan meninggal. Sebab jika tidak menggunakan sesuatu yang diharamkan. Al-Maidah ayat 32). Maka kebolehan donor darah itu sejalan dengan kaidah Ushul Fiqh yang artinya: “Pada asalnya hukum sesuatu itu tidak boleh sebelum ada dalil yang mengharamkannya”. maka tidak cukup ulama saja tapi juga dibutuhkan bidang ilmu kedokteran sehingga tidak terjadi hal yang dapat mengancam kesehatan si donor dan resepien. Jika demikian halnya. Kaidah “Bahaya tidak boleh dihilangan dengan bahaya yang lain”. Menyumbangkan darahnya kepada seseorang yang membutuhkan adalah pekerjaan kemanusiaan yang sangat mulia. Dilihat dari urgensinya. ternyata dalam Al-Qur’an tidak ada ayat dan Hadits yang secara jelas melarang memberikan donor darah kepada orang yang membutuhkan. maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”. donor darah dalam hukum Islam tidak lepas dari unsur kemashlahatan yang bersifat dharury. Karena masalah donor berhubungan dengan kesehatan.Hukum Transfusi Darah Kalau kita membuka lembaran Al-Qur’an dan Hadits. Maka tidaklah salah jika orang Islam menyumbangkan darahnya kepada orang beragama non-Islam yang sangat membutuhkan darahnya. yaiu menyelamatkan jiwa manusia dalam keadaan darurat.

perlu ketelitian dari pihak medis. (QS. maka menjual dan meminumnya hukumnya haram. Maka selain itu. ia tidak mengharapkan imbalan berupa materi dari resepien. Memperhatikan dua silang pendapat diatas. Berdasarkan Hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya: “Semua darah itu najis. Ini mungkin bisa terjadi jika resepien mendapatkan darah dari donor yang bersifat langsung diberikan oleh donor tanpa melalui pihak ketiga. Namun permasalahan yang kita temukan dilapangan si resepien yang membutuhkan darah seperti dirumah sakit. Imam Abu Hanifah dan Zahiri membolehkan menjual-belikan benda najis yang ada manfaatnya. mengalirkan darah diluar alasan darurat. Permasalahan bukan lagi donor atau resepien. tapi bagaimana sekarang hukum menjual-belikan darah yang menurut hukum Islam tergolong benda najis. daging babi (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah”. seperti marus yang untuk diminum. Firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 3 yang artinya: “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai darah. maka jual beli darah adalah sesuatu yang tidak pantas dan tidak etis. ia tidak mendapatkannya secara Cuma-Cuma. Ahmad dan Abu Daud). Kaidah Ushul Fiqh mengatakan: “Sesuatu yang diperbolehkan karena terpaksa harus disesuaikan dengan kadar dibutuhkannya”. Sebab jika hal ini diperbolehkan. maka orang yang menyumbangkan darahnya itu semata-mata untuk menolong orang lain yang memerlukannya. termasuk darah manusia”. Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya Allah jika mengharamkan sesuatu. Berarti niat pendonor hanya untuk kerja kemanusiaan. Dalam hal ini donor darah yang diberikan hanya sebatas untuk keperluan menolong resepien yang membutuhkannya. Oleh krena itu. maka darah dijadikan ajang bisnis oleh manusia. maka haram bagi seseorang untuk mendonorkan darahnya. Hukum Menjual-belikan Donor Darah Kalau kita kembali kepada pengertian istilah donor darah. maka mengharamkan juga harganya”. Berkaitan . Al-Maidah ayat 3).membahayakan pihak pendonor. seperti kotoran hewan seperti serbuk. (HR. Tapi ia harus membeli darah dengan cukup mahal. Benda yang diharamkan tidak boleh untuk dijual belikan. ayat Al-Qur’an menyatakan secara tegas bahwa darah termasuk benda yang diharamkan. Namun Imam Syafi’i mengharamkan jual beli benda najis termasuk darah . Secara analogis mazhab ini membolehkan jual beli darah karena besar manfaatnya bagi manusia untuk keperluan transfusi darah untuk keperluan operasi dan sebagainya. Tapi jika membawa bahaya atau mengancam keselamatan pihak donor.

ia tidak mengharapkan imbalan berupa materi dari resepien. Ke-15. Terutama dia menyulitkan orang yang tidak mampu untuk membayar sebuah darah karena darah itu mahal.com/2009/03/22/hukum-donor-darah/ . Yusuf.jual beli darah nampaknya sangat bertentangan dengan tujuan luhur dari donor darah. Dalam hal ini donor darah yang diberikan hanya sebatas untuk keperluan menolong resepien yang membutuhkannya. Mustafa Al-Babi Al-Halaby Wa Auladuhu. ini dalam hukum Islam diperbolehkan tapi jika darahnya itu diperjual belikan hukumnya haram. maka haram bagi seseorang untuk mendonorkan darahnya. Donor darah diperbolehkan jika dengan mendonorkan darahnya itu tidak membahayakan pihak pendonor. 1339. http://tafany. sehingga seseorang selamat dari ancaman yang membawa kepada kematian. Beirut : Maktabah Al-Islami.wordpress. Fiqhus Sunnah . 1994. Orang yang menyumbangkan darahnya itu sematamata untuk menolong orang lain yang memerlukannya. Sabiq. Lebanon : Dar Al-Fikri. Dr. Qardhawi. Karena kalau darah itu diperjual-belikan berarti dia telah menyulitkan orang yang membutuhkan darah. Alih Bahasa: Sri Yuliani Handoyo. Sayyid. Jakarta : PT. Rusyd. 1981. 1989. Selain itu. Tapi jika membawa bahaya atau mengancam keselamatan pihak donor. Cet. Karena dengan mendonorkan sebagian darahnya berarti seseorang telah memberikan pertolongan kepada orang lain. Saran Seharusnya PMI itu tidak boleh memperjual-belikan darah karena PMI itu mendapatkan darahnya dari orang yng ikhlas dan tidak membutuhkan berupa materi. Bidayatul Mujtahid. Berarti niat pendonor hanya untuk kerja kemanusiaan. Gramedia. Evelyn C. DAFTAR PUSTAKA Pearce. Ibnu.. Anatomi dan Fisiolog untuk para medis. PMI juga harus memberikan darah bagi orang yang membutuhkan dengan gratis atau percuma. Kesimpulan Menyumbangkan darahnya kepada seseorang yang membutuhkan adalah pekerjaan kemanusiaan yang sangat mulia. yaitu menyelamatkan jiwa manusia dari kebinasaan. Al-Halal Wa Al-Haram.

trombosit. tekanan darah rendah. Keadaan tersebut adalah hepatitis. Biasanya donor tidak diperbolehkan menyumbangkan darahnya lebih dari 1 kali setiap 2 bulan. sehingga transfusi lebih aman dibandingkan sebelumnya. dan contoh darahnya diperiksa untuk mengetahui adanya anemia. Tergantung kepada alasan dilakukannya transfusi. plasma segar yang dibekukan/bagian cairan dari darah atau sel darah putih). tetapi setelah itu rasa nyeri akan hilang. Transfusi diberikan untuk: . Tetapi masih ditemukan adanya resiko untuk resipien. akan lebih baik jika transfusi yang diberikan hanya terdiri dari komponen darah yang diperlukan oleh resipien. tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Biasanya ada sedikit rasa nyeri pada saat jarum dimasukkan.memperbaiki volume darah tubuh .memperbaiki masalah pembekuan. kehamilan. malaria. tetapi harus tetap waspada akan resiko ini dan sebaiknya transfusi hanya dilakukan jika tidak ada pilihan lain. Asma yang berat. PENGUMPULAN & PENGGOLONGAN DARAH. Penyumbang darah (donor) disaring keadaan kesehatannya. penyakit jantung. menyumbangkan darah adalah aman.Transfusi Darah DEFINISI Transfusi Darah adalah pemindahan darah atau suatu komponen darah dari seseorang (donor) kepada orang lain (resipien). Untuk yang memenuhi syarat. Keseluruhan proses membutuhkan waktu sekitar 1 jam. bisa diberikan darah lengkap atau komponen darah (misalnya sel darah merah.memperbaiki kekebalan . Teknik penyaringan darah sekarang ini sudah jauh lebih baik. seperti reaksi Alergi dan infeksi. Hepatitis. Jika memungkinkan. Memberikan komponen tertentu lebih aman dan tidak boros. anemia atau pemakaian obat tertentu. Meskipun kemungkinan terkena AIDS atau Hepatitis melalui transfusi sudah kecil. kelainan perdarahan.meningkatkan kemampuan darah dalam mengangkut oksigen . Denyut nadi. pembedahan mayor yang baru saja dijalani. kanker (kecuali bentuk tertentu misalnya kanker kulit yang terlokalisasi). AIDS dan kemungkinan tercemar oleh virus AIDS. untuk sementara waktu bisa menyebabkan tidak terpenuhinya syarat untuk menyumbangkan darah. Ditanyakan apakah pernah atau sedang menderita keadaan tertentu yang menyebabkan darah mereka tidak memenuhi syarat untuk disumbangkan. . tekanan darah dan suhu tubuhnya diukur. faktor pembekuan. pengambilan darahnya sendiri hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Jumlah trombosit yang terlalu sedikit (trombositopenia) bisa menyebabkan perdarahan spontan dan hebat. Faktor pembekuan darah adalah protein plasma yang secara normal bekerja dengan trombosit untuk membantu membekunya darah. DARAH & KOMPONEN DARAH. Pada keadaan tertentu. Seseorang yang membutuhkan sejumlah besar darah dalam waktu yang segera (misalnya karena perdarahan hebat). Darah lengkap juga bisa diberikan jika komponen darah yang diperlukan tidak dapat diberikan secara terpisah. Faktor pembekuan darah yang pekat bisa diberikan kepada penderita kelainan perdarahan bawaan. sel darah merah bisa dibekukan dan disimpan sampai selama 10 tahun. maka darah yang disumbangkan.48 liter. seperti hemofilia atau penyakit von Willebrand. Sebagai tindakan pencegahan berikutnya. apakah golongan A. pemeriksa mencampurkan setetes darah donor dengan darah resipien untuk memastikan keduanya cocok: teknik ini disebut crossmatching. yang bisa memperbaiki kapasitas pengangkut oksigen dalam darah. B. (misalnya untuk mengawetkan golongan darah yang jarang). AB atau O dan Rhpositif atau Rh-negatif. perdarahan karena suatu cedera tidak akan berhenti. Karena transfusi darah yang tidak cocok dengan resipien dapat berbahaya. hepatitis virus dan sifilis. . Komponen ini bisa diberikan kepada seseorang yang mengalami perdarahan atau penderita anemia berat. Darah yang didinginkan dapat digunakan dalam waktu selama 42 hari. bisa menerima darah lengkap untuk membantu memperbaiki volume cairan dan sirkulasinya. Plasma juga merupakan sumber dari faktro pembekuan darah. Yang jauh lebih mahal daripada PRC adalah frozen-thawed red blood cells. yang biasanya dicadangkan untuk transfusi golongan darah yang jarang. Transfusi trombosit bisa memperbaiki kemampuan pembekuan darah. Komponen darah yang paling sering ditransfusikan adalah packed red blood cells (PRC). Beberapa orang yang membutuhkan darah mengalami alergi terhadap darah donor. Jika obat tidak dapat mencegah reaksi alergi ini. Tanpa pembekuan.Standard unit pengambilan darah hanya sekitar 0. secara rutin digolongkan berdasarkan jenisnya. sebelum memulai transfusi. Darah segar yang diambil disimpan dalam kantong plastik yang sudah mengandung bahan pengawet dan komponen Anti pembekuan. Sejumlah kecil contoh darah dari penyumbang diperiksa untuk mencari adanya penyakit infeksi seperti AIDS. maka harus diberikan sel darah merah yang sudah dicuci.

Kadang jika seorang pasien mengalami perdarahan atau menjalani pembedahan. Pada keadaan tertentu. seorang donor hanya memberikan komponen darah tertentu yang diperlukan oleh resipien.Plasma segar yang dibekukan digunakan pada kelainan perdarahan. maka donor dengan aman bisa memberikan trombositnya sebanyak 8-10 kali dalam 1 kali prosedur ini. Transfusi dari komponen darah tertentu memungkinkan dilakukannya pengobatan yang khusus. Aferesis. Transfusi autolog. Plasma segar yang dibekukan juga digunakan pada perdarahan yang disebabkan oleh pembentukan protein faktor pembekuan yang tidak memadai. Antibodi (imunoglobulin). atau hanya menerima faktor pembekuan atau hanya menerima beberapa komponen darah lainnya. Pada transfusi tradisional. seorang donor menyumbangkan darah lengkap dan seorang resipien menerimanya. mengurangi resiko terjadinya efek samping dan bisa secara efisien menggunakan komponen yang berbeda dari 1 unit darah untuk mengobati beberapa penderita. yang merupakan komponen darah untuk melawan penyakit. sel darah putih ditransfusikan untuk mengobati infeksi yang mengancam nyawa penderita yang jumlah sel darah putihnya sangat berkurang atau penderita yang sel darah putihnya tidak berfungsi secara normal. Tetapi konsep ini menjadi luas. Jika resipien membutuhkan trombosit. PROSEDUR DONOR DARAH KHUSUS. Karena sebagian besar darah kembali ke donor. resipien bisa hanya menerima sel dari darah. Pada keadaan ini biasanya digunakan antibiotik. Tergantung kepada keadaan. secara selektif memisahkan trombosit dan mengembalikan sisa darah ke donor. darah lengkap diambil dari donor dan sebuah mesin akan memisahkan darah menjadi komponen-komponennya. Transfusi darah yang paling aman adalah dimana donor juga berlaku sebagai resipien. . juga kadang diberikan untuk membangun kekebalan pada orang-orang yang telah terpapar oleh penyakit infeksi (misalnya cacar air atau hepatitis) atau pada orang yang kadar antibodinya rendah. dimana tidak diketahui faktor pembekuan mana yang hilang atau jika tidak dapat diberikan faktor pembekuan darah yang pekat. darah bisa dikumpulkan dan diberikan kembali. resipien bisa menerima darah lengkapnya sendiri (transfusi autolog). karena hal ini menghilangkan resiko terjadi ketidakcocokan dan penyakit yang ditularkan melalui darah. Meskipun jarang. yang merupakan akibat dari kegagalan hati. Pada aferesis.

Misalnya sebulan sebelum dilakukannya pembedahan.Yang lebih sering terjadi adalah pasien menyumbangkan darah yang kemudian akan diberikan lagi dalam suatu transfusi. resipien harus diawasi secara ketat.kemerahan . Untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya reaksi selama transfusi.pembengkakan . meskipun darah dari anggota keluarga atau teman belum pasti lebih aman dibandingkan dengan darah dari orang yang tidak dikenal.pusing . bunyi mengi dan kejang otot. Setelah itu. maka transfusi harus dihentikan. maka pada awal prosedur. petugas secara perlahan memberikan darah kepada resipien. Pada beberapa resipien. Gejalanya berupa: . Yang lebih jarang lagi adalah reaksi alergi yang cukup berat. pasien menyumbangkan beberapa unit darahnya untuk ditransfusikan jika diperlukan selama atau sesudah pembedahan. Donor Terarah atau Calon Donor. Gejala yang jarang terjadi adalah kesulitan pernafasan. tetapi kesalahan masih mungkin . biasanya selama 2 jam atau lebih untuk setiap unit darah. Reaksi yang paling sering terjadi adalah demam dan reaksi alergi (hipersensitivitas). Anggota keluarga atau teman dapat menyumbangkan darahnya secara khusus satu sama lain. sedangkan reaksi yang berat dan fatal jarang terjadi. petugas dapat memeriksa setiap 30. jika golongan darah resipien dan darah donor serta faktor Rhnya cocok. yang meskipun jarang terjadi. Setelah diperiksa ulang bahwa darah yang akan diberikan memang ditujukan untuk resipien yang akan menerima darah tersebut. Karena sebagian besar reaksi ketidakcocokan terjadi dalam15 menit pertama. Sebagian besar transfusi adalah aman dan berhasil. TINDAKAN PENCEGAHAN & REAKSI.sakit kepala.gatal-gatal . Darah dari anggota keluarga diobati dengan penyinaran untuk mencegah penyakit graft-versus-host.demam . tetapi reaksi ringan kadang bisa terjadi.45 menit dan jika terjadi reaksi ketidakcocokan. Walaupun dilakukan penggolongan dan cross-matching secara teliti. dilakukan beberapa tindakan pencegahan. dengan mengetahui donornya akan menimbulkan perasaan tenang. yang terjadi sekitar 1-2% pada setiap transfusi. . tetapi lebih sering terjadi jika terdapat hubungan darah diantara donor dan resipien.

Resipien bisa mengalami kelebihan cairan. kegiatan donor darah merupakan sebagai ajakan untuk lebih peduli terhaadap tugas-tugas kemanusiaan." ucap Dada. reaksi ini bisa menjadi lebih hebat dan bahkan bisa berakibat fatal. Hal tersebut dikemukakan pada acara pelepasan penerima Satya Lencanaa Kebaktian Sosial Donor Darah sukarela 100 kali oleh Walikota Bandung Dada Rosada. Penyakit graft-versus-host merupakan komplikasi yang jarang terjadi. para pendonor telah menolong orang yang sedang kritis. Yang paling peka akan hal ini adalah resipien penderita penyakit jantung. pada tahun berikutnya kegiatan pendonor darah semakin baik dan banyak.com/f/13695-transfusi-darah/ DONOR DARAH DI BANDUNG BANDUNG. "Kota Bandung sudah ditetapkan sebagai Kota Donor Darah. tekanan darah rendah. http://indonesiaindonesia. Rabu (7/12) malam. Gejalanya berupa demam. Untuk memperkuat dugaan terjadinya reaksi hemolitik ini. kemerahan di wajah dan nyeri punggung yang hebat.Sebanyak 153 pendonor darah Kota Bandung akan menerima Satyalencana Kebaktian Sosial Donor Darah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa (13/12) depan di Jakarta.terjadi sehingga sel darah merah yang didonorkan segera dihancurkan setelah ditransfusikan (reaksi hemolitik0. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT. "Saya dan Pemkot Bandung memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepedulian bapak dan ibu karena telah menyumbangkan darah 100 kali. Kota Bandung akan mengirimkan perwakilan terbanyak untuk Palang Merah Indonesia tingkat Jawa Barat. sehingga transfusi dilakukan lebih lambat dan dipantau secara ketat. sehingga tahun berikutnya . (PRLM). Kadang terjadi kesulitan bernafas. di Pendopo Kota Bandung." katanya. Walikota Bandung Dada Rosada mengatakan. para penyumbang darah tersebut merupakan pahlawan kemanusiaan karena tanpa disadari mereka. Biasanya reaksi ini dimulai sebagai rasa tidak nyaman atau kecemasan selama atau segera setelah dilakukannya transfusi. Dada pun mengharapkan. dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah terdapat hemoglogin dalam darah dan air kemih penderita. dada terasa sesak. Menurut dia. Terlebih saat ini layanan kemanusiaan semakin meningkat baik dari Kota Bandung mupun luar kota Bandung. " Jadi keberadaan pendonor dan PMI tentunya sangat membantu Pemkot Bandung. Pada penyakit ini.. kemerahan. yang terutama mengenai orangorang yang mengalami gangguan sistem kekebalan karena obat atau penyakit. jaringan resipien (host) diserang oleh sel darah putih donor (graft). kerusakan jaringan dan syok. Meskipun sangat jarang terjadi.

Turut hadir dalam acara tersebut.harus semakin baik... “ tutur Dede Yusuf. dengan memperhatikan pola makan yang baik. H. "Keluarga Donor Darah (KDD) Pikiran Rakyat senantiasa turut serta mendukung kegiatan untuk memantapkan masyarakat dari kegiatan pendonoran darah.(A-194/A-89)*** Donor Darah Is Life Style… Posting 2011-04-15 Saat ini masyarakat Kabupaten Bandung.329 orang. Menurut Dede.”. Wakil Gubernur Jawa Barat. Direktur Bisnis Pikiran Rakyat H. pada tahun 2011 Bulan Dana PMI Kota Bandung berhasil mengumpulkan uang senilai Rp. pada umumnya tidak banyak mengetahui lokasi Unit Tranfusi Darah Daerah (UTDD) Kabupaten Bandung di Kopo Bihbul dan Markas PMI Jl. H. pada kesempatan talkshow ini bermanfaat juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai lokasi donor darah di kabupaten Bandung. evaluasi. Windu menghimbau kepada masyarakat untuk lebih sering melakukan kegiatan donor darah. karena dengan donor darah saya merasa menjadi lebih sehat. sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh mendonorkan darahnya ke PMI Kota Bandung.“ Setiap 3 bulan sekali saya rutin ikut kegiatan donor darah. PMI tingkat Jawa Barat nantinya akan mwlepas penerima Satya Lencana Kebaktian Sosial Donor Darah sukarela 100 kali sebanyak 219 orang. masyarakat harus disadarkan dengan mendonorkan darahnya akan .Dede Yusuf yang di dampingi Wakil Bupati Bandung. tuturnya pula. “ Oleh karena itu. Semoga makin banyak warga Kota Bandung yang dapat mendonorkan darahnya hingga 100 kali. Bagaimana kita bisa mengajak masyarakat untuk hidup sehat. berolahraga teratur dan mendonorkan darahnya secara rutin.Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Bandung. Nani Dada Rosada mengatakan. Windu Djajadiredja secara simbolis menyerahkan kaos Pikiran Rakyat kepada 200 pendonor darah yang akan menerima Satya Lencana Kebaktian Sosial Donor Darah sukarela 100 kali. Oleh karena itu. Dalam kesempatan itu." ucapnya. Untuk tingkat Nasional penerima penghargaan tersebut mencapai 1. Deden Rukman Rumaji. Dalam kesempatan itu. pengawasan dan kemitraan terus harus dilakukan.. Sementara itu." tuturnya. Dede Yusup dan Deden Rumaji ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Dede Yusuf menuturkan bahwa Pemerintah Pusat dan Daerah senantiasa bersama-sama bergandeng tangan untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan kesadaran masyarakatnya untuk mendonorkan darahnya.Alfathu-Soreang sebagai tempat kegiatan donor darah di wilayah Kabupaten Bandung. melebihi target hingga 106 persen. Pada kesempatan tersebut juga. 981 Juta.

Deden Rukman Rumaji mengungkapkan merasa bahagia dengan kehadiran Wakil Gubernur Jabar H. Jawa Barat. mudah-mudahan acara ini bisa dilakukan secara rutin di PMI Kabupaten Bandung.Jumlah pendonor darah saat ini masih perlu ditambah. 6 Juni 2011 21:06 WIB perbesar TRIBUNNEWS. untuk donor darah dalam sehari sekitar 60-100.”. ungkap Deden Rumaji. Sementara. Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Bandung. kebutuhan darah saat ini sudah mencapai rasio tiga banding satu. "Dalam satu hari permintaan darah rata-rata mencapai 300 labih.membuat pergantian darah menjadi baik. Sementara berdasarkan data yang diperoleh dari PMI Kabupaten Bandung. tanggap dan selalu dicintai oleh masyarakat. Sumber : Bagian Humas SETDA Kabupaten Bandung PMI Kota Bandung Gencarkan Donor Darah Senin. kita bisa menggelar donor darah bersama Wagub Jabar. BANDUNG . dalam Talkshow yang mengambil tema Donor Darah Is life Style (Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup) ini.. Ia berharap PMI Kabupaten Bandung tetap konsisten sebagai organisasi kemanusiaan yang professional. Sebab berdasar data Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. dr Benardi Wigena Kusuma. H. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan pemenuhan kebutuhan darah di PMI Kabupaten Bandung dapat tercapai." katanya Sementara Wakil Bupati Bandung. “ Ini adalah kesempatan yang indah. TNI. orang yang datang ke Markas PMI Kota Bandung di Jalan Aceh.COM. di sela ." ujar Kepala Seksi Pelayanan Donor PMI Kota Bandung.Dede Yusuf dalam acara donor darah yang di gelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bandung yang ke 370 Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2011. "Demikian pula dengan kondisi tubuh yang lebih segar sehingga banyak keuntungan bila menjadi donor darah. melibatkan masyarakat umum. Polri dan juga kalangan menengah ke atas.

Buat menjaga kestabilan stok darah.Dede Yusuf yang di dampingi Wakil Bupati Bandung. PMI Kota Bandung melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta. para siswa KAGUM School. di Jalan Setiabudi. Donor Darah Is Life Style… Jumat. H.kegiatan Donor Darah dan Periksa Mata Gratis di Hotel Banana Inn Hotel & Spa. karena dengan donor darah saya merasa menjadi lebih sehat.. 15 April 2011 Sedikitnya 16. Biasanya aksi donor darah di tempat-tempat tersebut diadakan tiga bulan satu kali. "Kali ini kami juga melibatkan jaringan KAGUM Hotels di Bandung.”. Pada kegiatan donor darah tiga bulan lalu di tempat yang sama. Dede Yusup dan Deden Rumaji ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. menghasilkan sekitar 70 labu. Kamis (14/04) Saat ini masyarakat Kabupaten Bandung.“ Setiap 3 bulan sekali saya rutin ikut kegiatan donor darah. Melalui kegiatan donor darah ditargetkan terkumpul 60 labu darah. namun hanya dapat terpenuhi sebanyak 4.000 labu darah per tahun dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Bandung. Dalam kesempatan itu. kegiatan donor darah dan periksa mata gratis. General Manager Banana Inn Hotel & Spa. Syafik Umar pada saat acara Talkshow dan Sabilulungan Donor Darah Seribu Labu. Bandung mendonorkan darahnya ke PMI Kota Bandung. Senin (6/6/2011). pada umumnya tidak banyak mengetahui lokasi Unit Tranfusi Darah Daerah (UTDD) Kabupaten Bandung di Kopo Bihbul dan Markas PMI Jl. serta warga sekitar hotel. "Saat ini kami masih memerlukan stok darah untuk persiapan memasuki Bulan Puasa. “ Oleh karena itu. Jl. Tetapi orang yang butuh darah tetap banyak. H. Wakil Gubernur Jawa Barat. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Jawa Barat. tuturnya pula. menjelaskan. Turut hadir dalam acara tersebut. pada kesempatan talkshow ini bermanfaat juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai lokasi donor darah di kabupaten Bandung. Terusan Al-Fathu – Soreang.500 labu. selama sebulan penuh akan jarang orang yang donor darah.. sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh mendonorkan darahnya ke PMI Kota Bandung.Alfathu-Soreang sebagai tempat kegiatan donor darah di wilayah Kabupaten Bandung. H. Polsek setempat. di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung." ujar Mustafa. Pendonor darah di Kabupaten Bandung bukan berarti kurang atau rendah ini disebabkan sebagian warga Kab. para mahasiswa di sekitar Jalan Setiabudi. Deden Rukman Rumaji." kata Bernardi. merupakan kegiatan rutin yang digelar sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar. Mustafa Rahmantono. “ . Sebab berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Bandung ." tambahnya.”. PMI terus berusaha menambah pasokan dengan giat menggelar donor darah.tutur Dede Yusuf. dia akan menargetkan darah dari kalangan nonmuslim. Dalam kesempatan itu. Sumber : Bagian Humas SETDA Kabupaten Bandung INILAH.Dede Yusuf dalam acara donor darah yang di gelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bandung yang ke 370 Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2011. Karena puasa. karena jumlah pendonor pasti akan berkurang. Bagaimana kita bisa mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Menurut Dede.COM. dengan memperhatikan pola makan yang baik. dalam Talkshow yang mengambil tema Donor Darah Is life Style (Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup) ini... puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak mendonorkan darahnya. TNI. "Kita akui setiap Ramadan stok labu darah akan menipis. H. seperti gereja-gereja. dia menegaskan pasokan darah akan tetap aman. Menurutnya. Ketua PMI Kota Bandung Nadi Sastrakusumah mengatakan. kita bisa menggelar donor darah bersama Wagub Jabar. mudah-mudahan acara ini bisa dilakukan secara rutin di PMI Kabupaten Bandung. selama bulan puasa setidaknya PMI membutuhkan 12 ribu labu darah. Meski hanya cukup untuk seminggu. "Demikian pula dengan kondisi tubuh yang lebih segar sehingga banyak keuntungan bila menjadi donor darah. "Kita akan gelar donor darah usai taraweh ke beberapa masjid. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan pemenuhan kebutuhan darah di PMI Kabupaten Bandung dapat tercapai. Ia berharap PMI Kabupaten Bandung tetap konsisten sebagai organisasi kemanusiaan yang professional. Dede Yusuf menuturkan bahwa Pemerintah Pusat dan Daerah senantiasa bersama-sama bergandeng tangan untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan kesadaran masyarakatnya untuk mendonorkan darahnya.Stok darah di PMI Kota Bandung hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 8 hari. tanggap dan selalu dicintai oleh masyarakat. masyarakat harus disadarkan dengan mendonorkan darahnya akan membuat pergantian darah menjadi baik. melibatkan masyarakat umum. PMI pun akan menggelar kegiatan donor darah saat malam hari. terutama ke kalangan nonmuslim. berolahraga teratur dan mendonorkan darahnya secara rutin. “ Ini adalah kesempatan yang indah.000 labu. Saat ini.Deden Rukman Rumaji mengungkapkan merasa bahagia dengan kehadiran Wakil Gubernur Jabar H. . Menurutnya. Sementara berdasarkan data yang diperoleh dari PMI Kabupaten Bandung." jelas Nadi saat ditemui di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana. Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Bandung. Tapi kita tetap menggelar donor darah. Dia menambahkan." katanya Sementara Wakil Bupati Bandung. ungkap Deden Rumaji. Polri dan juga kalangan menengah ke atas. jumlah labu darah hanya sekitar 3. Senin (1/8/2011) pagi.

dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya banyak terjadi kecelakaan saat mudik Lebaran. 18 Maret 2011 Bandung ." jelas dia. SMK Kencana adalah partner terbaik PMI. . "Saat Lebaran justru kebutuhan darah meningkat dari hari-hari biasanya.. ternyata program donor darah di SMK Kencana Kota Bandung merupakan aktifitas rutin ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja). Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Dalam setiap 3 bulan sekali sekolah ini selalu rutin mengelar acara donor darah. ”Kita selalu rutin dalam 3 bulan bikin acara donor darah. Karena biasanya banyak pemudik yang mengalami kecelakaan. terangnya saat ditemui Satugen seusai sosialisasi program Satugen beberapa waktu lalu. Menurut pengakuan Wakasek Kesiswaan SMK Kencana Kota Bandung. itu dilakukan karena menjelang Lebaran kebutuhan akan darah justru meningkat. (Satugen). PMR SMK Kencana Kota Bandung bekerjasama dengan PMI Kota Bandung selalu rutin mengelar acara donor darah dilingkungan sekolah dan sekitarnya. Pasalnya. karena sangat berbahaya. Karena itu saya imbau pemudik untuk tidak menggunakan motor. [gin] SMK Kencana Rekan Terbaik PMI SMK Kencana Bandung · Jumat.Donor darah bagi kalangan siswi SMK Kencana Kota Bandung adalah sesuatu yang tak asing lagi. Pendonornya bisa siswi asal sudah diatas 17 tahun. Kuswara. terutama pengendara motor. kalau masih kurang kami biasa minta ke warga sekitar”.Nadi mengakui.

Dengan teknik yang telah maju. Dengan kegiatan rutin donor darah ini diharapkan siswi di SMK Kencana bisa lebih peduli lagi terhadap sesama dan memiliki jiwa sosial. Soma dan Jl.</p> Hampir semua kita sepakat bahwa mendonorkan darah adalah perbuatan mulia. darah ini akan segera tergantikan . Padahal.2005). boleh dikata seperti digigit semut.2007) Jarum yang digunakan untuk menusuk pembuluh darah vena adalah jarum kecil. Tetapi. tekanan darah kita rendah. berbagai keraguan muncul. tambahnya. Lagipula. Bandingkan darah yang beredar dalam tubuh kita. yaitu sekitar 5 liter (Blood Center. proses donor darah adalah proses medis biasa. (Wikipedia. Biasanya. Untuk pengambilan darah sendiri biasanya hanya berlangsung sekitar lima belas menit. Darah yang diambil pun tidak banyak. Keraguan juga timbul saat kita merasa darah kita masih sedikit. kerapkali darah yang didonorkan tersebut menyelamatkan si penerima dari kematian. kengerian ketika pembuluh darah vena ditusuk dengan jarum dan ketika darah kita mengucur deras ke kantong darah.SMK Kencana Kota Bandung memang menargetkan donor darah banyak di dapat dari luar sekolah. risiko infeksi sangat kecil. Seluruh rangkaian proses donor darah dari pemeriksaan awal sampai pemulihan biasanya memakan waktu satu jam atau kurang. ketika kita diminta untuk mendonorkan darah kita. hanya 350 ml. 09 November 2009 Donor Darah <p>Your browser does not support iframes. Apalagi. Dengan demikian. Rasa nyeri yang timbul saat penusukan biasanya ringan. prosedur ini dapat dilakukan senyaman dan seaman mungkin. ”Warga sekitar Jl. untuk saat ini saya belum siap mendonorkan darah. Mungkin akan terlintas dipikiran kita. steril dan sekali pakai (disposable). Babakan Surabaya yang dekat SMK Kencana setidaknya bisa menyumbangkan darah setiap ada event 3 bulanan itu”. atau hemoglobin (Hb) darah kita kurang. Setelah jarum direkatkan dengan plaster ke lengan dan darah mengalir ke kantong darah. rasa nyeri biasanya tidak ada lagi. kita akan berkata. (Ade Indra) Senin. atau mungkin nanti kita akan pingsan.

misalnya. pada donor darah juga dapat timbul efek samping. efek samping tersebut jarang terjadi. polibetemiavera. berganti-ganti pasangan seks. Tanda vital baik: Tekanan darah sistol = 110 . Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi. epilepsi dan sering kejang. Dengan berbaring beberapa saat dan minum banyak air. Gejalanya adalah pusing. mual. Walaupun demikian. 8. Jarak penyumbangan darah minimal 3 bulan. morfinis. measles. tetanus toksoid. Denyut nadi teratur. Selain itu. pemakai jarum suntik tidak steril) 14.160 mm Hg dan diastol = 70 . 4. Syarat lain adalah seseorang tidak boleh menjadi donor pada keadaan (PMI. 2002) : 1. 10.5 derajat Celcius (oral) 3. Ketergantungan obat. defisiensi G6PD. Selain itu. petugas yang mendampingi kita saat donor darah sudah terlatih untuk mengatasinya. kolera. Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis. 5. Usia 17 tahun harus dengan ijin tertulis dari orangtua. Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan pada saat donor darah. sesudah tattoo/tindik telinga. tetanus difteri. Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi untuk mendapatkan HIV/AIDS (homoseks. yaitu 50 . Sedang hamil atau menyusui. 2. 7. atau sesudah operasi kecil 6. diperlukan pemberian cairan infus.oleh sel darah yang diproduksi sum-sum tulang. 2002) : 1. atau sesudah transplantasi kulit. atau pingsan. alkoholisme akut dan kronik. 2. Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah. Efek samping biasanya timbul akibat turunnya tekanan darah yang menyertai berkurangnya volume darah. sesudah transfusi. thalasemia. Pernah menderita hepatitis B Menderita tuberkulosis. beberapa syarat harus dipenuhi. Dalam jangka waktu 1 tahun sesudah operasi besar.5 gr % 4. sesudah persalinan. sifilis. untuk menjamin keselamatan pendonor dan penerima darah. Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk. 9. 12. 11.100 mm Hg. Kadar Hemoglobin (Hb) untuk wanita minimal = 12 gr % dan untuk pria minimal = 12. antara lain (PMI. Dalam jangka waktu 1 minggu sesudah gejala alergi menghilang.6 . 13.37.60 tahun dengan berat badan minimal 45 kg. Dalam jangka waktu 2 minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis. Suhu tubuh 36. proses donor darah dapat dihentikan. 3. dan tubuh diposisikan dalam posisi . gejala ini biasanya hilang. Pada kasus yang berat. sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies terapeutik. Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio. Sebagaimana prosedur medis lainnya.100 kali/ menit. Pendonor berusia antara 17 . influenza.

sifilis.Trendelenburg (telentang dengan kaki diangkat). Jadi. Beberapa keuntungan yang dapat kita ambil dari donor darah selain rasa bahagia dapat membantu orang lain adalah mengetahui golongan darah dan penyakit dalam darah kita. 2. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. hepatitis C. makan terlebih dahulu. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. 1. Pemeriksaan tersebut antara lain HIV/AIDS. kondisi tubuh sebelum mendonorkan darah mesti dipersiapkan. Meningkatkan produksi sel darah merah Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Selain itu mendonorkan darah membantu meregenerasi sel darah yang beredar dalam tubuh kita. dan istirahat yang cukup. Agar kita terhindar dari efek samping diatas. Selain membuat tubuh memproduksi darahdarah baru. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.catatandokter. 2005). karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Setidaknya setiap darah yang didonorkan akan melalui 13 pemeriksaan (11 diantaranya untuk penyakit infeksi) (Blood Center. http://www. . kita tidak akan mengalami kekurangan darah. dsb. ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan.com/2009/11/donor-darah. malaria.html Arti Pentingnya Donor Darah Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. yaitu dengan minum banyak tetapi hindari kopi. Menjaga kesehatan jantung Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah. Saat kita mendonorkan darah. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke.

or. 4. ayo… saatnya donor darah! http://b2w-indonesia. prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV. sifilis. ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. Sedangkan untuk kita. hepatitis B. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah. Bagi yang menerima donor darah. orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. 5. namun jika melakukan donor darah secara rutin. donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. Mendapatkan kesehatan psikologis Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Meskipun jarum suntik tampak mengerikan. Jadi jangan tunggu lama lagi. Mendeteksi penyakit serius Setiap kali kita ingin mendonorkan darah.id/bacanote/arti_pentingnya_donor_darah Donor darah Dari Wikipedia bahasa Indonesia.Hasilnya. sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa . Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun. Sebuah penelitian menemukan. hepatitis C. Oleh karena itu. 3. dan malaria. akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Setelah menginjak usia 18 tahun. namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Membantu penurunan berat tubuh Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. bisa membuat Anda tetap segar dan tampil lebih awet muda. ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah.

misalnya di pusat perbelanjaan. tetapi hanya 3% yang menyumbang darah setiap tahun". tempat ibadah.Proses donor darah. Dan setiap beberapa waktu. Palang Merah Australia menyampaikan bahwa "80% orang Australia akan membutuhkan transfusi darah suatu saat pada hidup mereka. Donor darah biasa dilakukan rutin di pusat donor darah lokal. Syarat donor darah Untuk dapat menyumbangkan darah.5 gr% . Biasanya bank darah memiliki banyak mobil darah. berat badan minimal 50 kg kadar hemoglobin >12. para calon pendonor dapat menyempatkan datang dan menyumbang tanpa harus pergi jauh atau dengan perjanjian. Menurut palang merah di Amerika Serikat. Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Dan menurut survei di Kanada. Pada acara ini. 97% orang kenal orang lain yang pernah membutuhkan transfusi darah. serta sekolah dan universitas. akan dilakukan acara donor darah di tempat-tempat keramaian. seorang donor darah harus memenuhi syarat sebagai berikut:[1]    calon donor harus berusia 17-60 tahun. Untuk menekankan pentingnya persediaan darah hasil sumbangan. 52% orang Kanada pernah mendapatkan transfusi darah atau kenal orang yang pernah. Selain itu sebuah mobil darah juga dapat digunakan untuk dijadikan tempat menyumbang. kantor perusahaan besar.

Ayo Donor Darah Salah satu kegiatan PMI yang paling dikenal masyarakat adalah donor darah. calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran. hamil. . dan pemeriksaan oleh dokter untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah. atau sedang menyusui.calon donor harus berusia 17-60 tahun. demi menjaga kesehatan dan keamanan darah. . barulah darah dan contoh darah diambil. Tidak membutuhkan persyaratan sulit untuk menjadi calon donor. epilepsi. Menyumbangkan sebagian darah untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan menjadi suatu sumbangan berarti dalam kehidupan sosial bermasyarakat.Jika berminat. begitu juga untuk yang belum setahun menato. atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa. Tunggu apa lagi.id/ina/program/Default.berat badan minimal 45 kg . epilepsi. pernah menerima transfusi kurang dari setahun.asp?act=detail&id_sub=59 . baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari. menindik. diabetes militus. HB. ayo ikut jadi donor darah! http://pmi. golongan darah. hemoglobin.tekanan darah 100-180 (sistole) dan 60-100 (diastole).Jika lulus. harus diingat. penyakit hepatitis.     tekanan darah 100-150 (sistole) dan 70-100 (diastole). hamil. begitu juga untuk yang belum setahun menato. atau sedang menyusui untuk sementara waktu tidak dapat menjadi donor. pernah menerima transfusi kurang dari setahun. Kriteria umum yang ditetapkan PMI adalah antara lain: . serta dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter. atau akupunktur. atau akupunktur. menandatangani formulir pendaftaranan tidak mengalami gangguan pada pembeku darah lulus pengujian kondisi berat badan. atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa. . diabetes militus. baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari. menindik. golongan darah.or. penyakit hepatitis. lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan seperti kondisi berat badan.Namun. . individu yang antara lain memiliki kondisi seperti alkoholik. calon donor tidak boleh dalam kondisi atau menderita sakit seperti alkoholik.

(halah). penyakit HIV/AIDS. Aksi sederhana ini akan . Tupperware mengajak Tuppy Lovers untuk memasang badge golongan darah pada avatar Facebook dan Twitter. Umum Tags: Review Blog. penyakit hepatitis A dan C. berat badan. mendonorkan darah banyak manfaatnya. tapi bagaimana untuk si pendonor darah apakah bermanfaat juga. Kalau untuk yang menerima donor darah pastinya sangat bermanfaat. dibawah ini manfaat donor darah sebagai berikut :            Mengetahui golongan darah tanpa dipungut biaya Pemeriksaan kesehatan teratur (tiap kali menjadi donor/tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah.. Dalam rangka ulang tahun Tupperware yang ke-20. Mau tau apa aja manfaat donor darah. 20 Juli 2011. Tips Blog Donor darah sangat bermanfaat karena setiap tetes darah yang kita sumbangkan dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima. Under Inspirasi.Manfaat donor darah dan Berpartisipasi kegiatan Donor Darah Posted By ilmuamal On Juli 20th 2011. nadi. penyakit dalam. suhu. tinggi badan. hemoglobin. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh Menurunkan resiko penyakit jantung (jantung koroner dan stroke (British Journal Heart) Menambah nafsu makan Menanamkan jiwa sosial Menjaga kesehatan jantung Meningkatkan produksi sel darah merah Membantu penurunan berat tubuh Mendapatkan kesehatan psikologis Mendeteksi penyakit serius Tertarik mau donor darah? Apa tipe golongan darah kamu? Yuk datang dan berpartisipasi langsung dalam kegiatan Donor Darah yang akan diadakan pada hari Jum’at..? Ternyata eh ternyata.

com . 2. Jadi. Mendapatkan kesehatan psikologis Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Menjaga kesehatan jantung Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. sifilis. donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. 4. Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Hasilnya. dan malaria.com/umum/manfaat-donor-darah-dan/ 5 Manfaat Jadi Donor DarahKOMPAS. kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru. Membantu penurunan berat tubuh Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah. Ikut Berpartisipasi http://ilmuamal. orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Mendeteksi penyakit serius Setiap kali kita ingin mendonorkan darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.Simbiosis mutualisme. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung. maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. 5. 3. sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah.blogdetik. Bagi yang menerima . sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. hepatitis C. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. hepatitis B. Sebuah penelitian menemukan. Saat kita mendonorkan darah. ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan: 1. prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV.secara langsung membantu mereka yang membutuhkan dengan memberi tahukan golongan darah kita. Meningkatkan produksi sel darah merah Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Oleh karena itu. karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang.

Tapi di lain pihak banyak orang yang sangat membutuhkan darah seperti saat operasi dan bahkan banyak yang meninggal karena kekurangan darah atau tidak ada persediaan darah yang cocok dengan golongan darahnya. ayo… saatnya donor darah! Ayo Donor Darah 0 Comments dan 0 Reactions   Share39 Sudah pernahkah anda mendonorkan darah? Beberapa orang sering takut untuk mendonorkan darah. Alasan utamanya adalah karena takut untuk ditusuk jarum atau takut terkena penyakit akibat donor darah. ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali.donor darah. Jadi jangan tunggu lama lagi. Sedangkan untuk kita. namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Setelah menginjak usia 18 tahun. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama. ini adalah "rambu peringatan" yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri. . Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun.

dsb. Dapat tidur nyanyak 6. Mengetahui golongan darah. 2.dan berikut ini adalah manfaat yang tubuh anda akan dapatkan setelah mendonorkan darah: 1. tanyakanlah pada diri anda. ini untuk anda yang baru pertama kali mendonorkan darahnya.5 gr % 7. sifilis. seperti pengukuran tekanan darah. dan tidak ada stok darah yang cocok dengan golongan darah kita. malaria. Hemoglobin Wanita minimal = 12 gr % Pria minimal = 12.6 ..seperti syarat dan hal-hal yang akan membuat anda tidak boleh mendonorkan darah[saya ambil dari www.palangmerah. hepatitis C. Setidaknya setiap darah yang didonorkan akan melalui 13 pemeriksaan (11 diantaranya untuk penyakit infeksi). Mungkin itu salah satu ilustrasi yang penulis dapat berikan. banyak bukan manfaat yang bisa kita dapatkan? Namun sebelum anda mendonorkan darah ada beberapa hal yang harus diperhatikan.60 tahun ( Pada usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat ijin tertulis dari orangtua.Marilah kita beralih pikir untuk sementara.160 mm Hg Diastole = 70 . Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor . umur 17 . yaitu sebagai berikut. dengan jarak penyumbangan sekurangkurangnya 3 bulan. Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali. Disaat seperti ini. ada syarat-syarat yang harus anda penuhi. Anda dapat mengetahui penyakit yang sedang anda derita.5o C (oral) 4. pernahkah anda mendonorkan darah? Jika anda belum pernah mendonorkan darah. dan pernapasan.37.hehehe] 3. Mencegah timbulnya penyakit jantung. Sampai usia tahun donor masih dapat menyumbangkan darahnya dengan jarak penyumbangan 3 bulan atas pertimbangan dokter ) 2. kenapa anda meminta untuk diberikan darah? Oleh karena itu. 4.Anda sekaligus dapat memeriksa keadaan fisik anda. Berat badan minimum 45 kg 3. 5.100 kali/ menit 6. Denyut nadi.org]. Tekanan darah baik .[lumayan kan. Temperatur tubuh : 36. maka dapat membantu jantung untuk bekerja lebih baik karena darah yang dialirkannya adalah darah yang bersih. denyut nadi. marilah kita donor darah sebelum diberikan pertanyaan seperti itu. Pasti kita merasa sangat sedih dan berusaha mencari darah untuk orang yang kita sayangi. Misalkan kita atau orang-orang yang kita sayangi berada di posisi orang yang sedang membutuhkan darah.100 mm Hg 5. Menambah nafsu makan Nah. Teratur 50 .mahal. 1.yaitu: Sistole = 110 . dibandingkan harus cek up ke dokter. Jika donor darah dilakukan secara teratur. Pemeriksaan tersebut antara lain HIV/AIDS.

pemakai jarum suntik tidak steril) Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan pada saat donor darah. 23. 8. 3. Pernah menderita hepatitis B Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah transfusi Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah tattoo/tindik telinga Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi Dalam jangka wktu 6 bulan sesudah operasi kecil Dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio. 7. 1. 2. 5.com/article/read/donor-darah .klikdokter. 21. 12.Dan berikut ini hal-hal yang membuat anda tidak boleh mendonorkan darah. 15. tetanus dipteria atau profilaksis Dalam jangka waktu 2 minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis epidemica. 17. 4. 18. 13.ripiu.com/article/detail/1291] http://www. Menderita epilepsi dan sering kejang. Sifilis Menderita tuberkulosa secara klinis. morfinis. 11. Alkoholisme akut dan kronik. ayo kita mendonorkan darah selain untuk membantu sesama juga untuk kesehatan kita ^^ *sriut[gambar saya ambil dari: http://www. Dalam jangka waktu 1 tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic Dalam jangka waktu 1 minggu sesudah gejala alergi menghilang. misalnya. 20. Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi untuk mendapatkan HIV/AIDS (homoseks. 22. 16. berganti-ganti pasangan seks. Dalam jangka waktu 1 tahun sesudah transpalantasi kulit. 6. cholera. Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah. 9. 19. polibetemiavera. tetanus toxin. Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk. measles. 14. defisiensi G6PD. Sedang menyusui Ketergantungan obat. thalasemia. Nah. Sedang hamil dan dalam jangka waktu 6 bulan sesudah persalinan. 10. influenza.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful