Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayayah Nya sehingga penyusun dapat menyusun makalah ini. Berbagai peran dan manfaat hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari membuat penyusun menyusun makalah kimia ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada: 1. Bapak Drs. Moh. Sulthon selaku kepala SMA Negeri 1 Malang. 2. Bapak Yuli Sasongko, S.Pd. selaku guru pembimbing mata pelajaran kimia. 3. Teman-teman yang membantu proses pentusunan makalah ini. 4. Pihak-pihak yang juga turut membantu dalam proses penyusunan makalah kami. Kami masih menyadari bahwa makalah kami masih banyak kekurangan. Karena itu, saran dan kritik yang membangun dari para pembaca sangat mambantu kami demi kesempurnaan makalah kami. Semoga makalah kimia ini dapat bermanfaat bagi penyusun dan pembaca.

Penyusun

Banyak orang tidak mengetahui bahwa minyak bumi yang merekan gunakan hingga saat ini didapat dari reaksi hidrokarbon. kita selalu berinteraksi dengan alam sekitar.BAB I PENDAHULUAN 1. Karena pentinganya pengetahuan tentang hidrokarbon dan minyak bumi. kita juga berhadapan langsung dan memanfaatkan berbagai energi di muka bumi. Dari ikatan interaksi tersebut. Akibatnya beberapa tahun terakhir cadangan minyak bumi semakin menipis. Salah satu energi di bumi yang paling banyak digunakan manusia adalah minyak bumi. Apabila tidak ada energi di bumi ini. Tetapi sering tidak disadari bahwa dari proses terbentuknya minyak bumi terdapat reaksi-reaksi kimia. Energi-energi tersebut sangat berarti dalam kehidupan kita. Selain jumlahnya melimpah. maka penyusun menyusun makalah kimia ini.1 Latar belakang Masalah Dalam kehidupan sehari-hari. Reaksi kimia tersebut adalah hidrokarbon. Terlebih lagi. maka tidak ada kehidupan di bumi ini. minyak bumi yang berbagai macam juga sangat membantu manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. . energi ini juga mudah diubah ke bentuk energi yang lainnya. Hal seperti itu membuat banyak orang sering mengabaikan pentingnya memanfaatkan minyak bumi dengan melakukan pemborosan.

Apakah kegunaan hidrokarbon ? 4.2 Rumusan Masalah Dari uraian pada latar belakang di atas. dapatlah penyusun merumuskan masalah sebagai berikut : 1.3 Tujuan Pembahasan Adapun tujuan pembahasan dalam makalah ini adalah : 1. Untuk mengetahui jenis-jenis hidrokarbon. Apakah yang dimaksud dengan hidrokarbon ? 2.4 Manfaat Pembahasan  Bagi Penulis Dapat memahami berbagai sifat-sifat hidrokarbon dan minyak bumi. 1. Apa saja jenis-jenis hidrokarbon ? 5. 4. Untuk mengetahui sifat-sifat hidrokarbon. Untuk mengetahui proses terjadinya minyak bumi. 2. Untuk mengetahui kegunaan hidrokarbon. . Untuk mengetahui pengertian hidrokarbon.  Bagi Masyarakat Dapat menyadari arti penting minyak bumi dan hidrokarbon sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 3. Bagaimana sifat-sifat hidrokarbon ? 3.  Bagi Pembaca Dapat menambah wawasan tentang hidrokarbon dan minyak bumi. Bagaimana proses terbentuknya minyak bumi ? 1.1. 5.

1. penyusun menggunakan sistematika studi literatur denagn menggunakan bahan-bahan tentang hidrokarbon dan minyak bumi yang relevansi. .5 Sistematika Penyusunan Dalam penyusuan makalah ini.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.