P. 1
Presentation1 - Profesi Keguruan

Presentation1 - Profesi Keguruan

|Views: 2|Likes:

More info:

Published by: Miriam Glorya Merry Suluh on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2013

pdf

text

original

SERTIFIKASI PENDIDIK

Oleh Kelompok 10 : Christopher Mamahit Click to edit Master subtitle style Sweetly Mumek Miriam Suluh Marshel Rogi Thopan Kaunang
5/22/12

Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen. 5/22/12 .

   5/22/12 .Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional.

maka setiap pendidik memiliki hak tunjangan fungsional dari Pemerintah sebesar gaji pokoknya disamping penghasilan rutin lainnya. 5/22/12 .Dengan adanya sertifikat yang ada.

Namun.Perspektif sertifikasi ini akan meningkatkan mutu sekaligus kesejahteraan dosen/guru. keterbatasan anggaran Pemerintah. dan masih terbatasnya dosen/guru yang berpendidikan S1/S2/S3 sebagaimana 5/22/12 persyaratan kualifikasi akademik. untuk merealisasikannya terdapat banyak kendala. seperti belum adanya sistem dan regulasi pelaksanaan sertifikasi dosen/guru. .

pengembangan profesionalisme 5/22/12 .Menurut para ahli. profesionalisme menekankan kepada penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya. Maister (1997) dalam Ani M Hasan (2003:3). menyatakan bahwa profesionalisme bukan sekadar pengetahuan teknologi dan manajemen tetapi lebih merupakan sikap.

4. dan akhlak mulia. memiliki bakat. memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas. profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip sebagai berikut : 1. memiliki kompetensi yang 3.Menurut  Pasal 7 UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD). minat. 2. 5/22/12 . ketakwaan. keimanan. memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan. dan idealisme. panggilan jiwa.

memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan. 6. memiliki jaminan perlindungan 5/22/12 . memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja.5. 7. memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat. 8.

  5/22/12 . kompetensi. dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas. sehat jasmani dan rohani.Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik. sertifikat pendidik. serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (Pasal 45 UUGD).

Kualifikasi akademik dosen diperoleh melalui pendidikan tinggi program pascasarjana yang terakreditasi sesuai dengan bidang keahlian. Kualifikasi akademik dosen  minimum: lulusan program magister untuk program diploma atau program sarjana. dan lulusan program doktor untuk 5/22/12 program pascasarjana. .

dan lulus sertifikasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program 5/22/12 pengadaan tenaga kependidikan • • . memiliki jabatan akademik sekurangkurangnya asisten ahli.Menurut Pasal 47 UUGD. Sertifikat pendidik untuk dosen diberikan setelah memenuhi syarat sebagai berikut: • memiliki pengalaman kerja sebagai pendidik pada perguruan tinggi sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.

dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan.Sertifikasi pendidik bagi dosen harus dilakukan secara objektif. transparan. Transparan) mengacu pada proses sertifikasi yang memberikan peluang kepada para pemangku kepentingan pendidikan untuk memperoleh akses informasi tentang pengelolaan 5/22/12 . dan akuntabel. Objektif mengacu pada proses pemberian sertifikat pendidik bagi dosen yang imparsial. tidak diskriminatif.

finansial. dan akademik.Akuntabel merupakan proses sertifikasi yang dipertanggungjawabkan kepada para pemangku kepentingan pendidikan secara administratif. 5/22/12 .

2. transparansi.  obyektif. Sertifikasi dilakukan berbasarkan  prinsip-prinsip sebagai berikut : governance  Sesuai prinsip good yaitu partisipasi. Dilaksanakan secara terencana dan sistematis 3. keterbukaan. Berujung pada peningkatan mutu pendidikan nasional melalui peningkatan mutu dan 5/22/12 kesejahteraan dosen . dan akuntabilitas.1.

Sertifikasi pendidik akan memberikan nilai-nilai profesional dalam peningkatan mutu sekaligus kesejahteraan dosen Secara profesional.Secara Aksiologi. 5/22/12 . dengan sertifikasi pendidik memberikan pengakuan para dosen dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.

5/22/12 . sertifikasi pendidik akan meningkatkan kesejahteraan dosen dalam bentuk penerimaan tunjangan profesi.Secara ekonomis.  Dengan tambahan penghasilan ini akan memusatkan perhatian pada tugas-tugas akademik yang menjadi tanggung jawabnya.

5/22/12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->