SATUAN LAYANAN PELAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

A. Topik Permasalahan /Bahasan B. Bidang Bimbingan C. Jenis Layanan D. Fungsi Layanan E. Tujuan Layanan / Hasil yang Ingin dicapai F. Sasaran layanan G.Uraian kegiatan dan materi layanan I. : Akibat Pergaulan Bebas : Pribadi : Bimbingan Kelompok : Advokasi :Agar siswa memahami akibat pergaulan bebas bagi remaja :Siswa kelas VIII :

Tahap Pembentukan PK :Selamat Pagi anak-anak..Selamat datang dalam kegiatan bimbingan kelompok ini.Apa kabar kalian hari ini AK : PK :Syukurlah,dan saya merasa senang sekali bisa berjumpa dengan kalian semua. Sekarang supaya kita lebih santai dan terasa lebih akrab,bagaimana kalau kita duduk dalam posisi lingkaran,ayo…setuju nggak? AK :……………….! PK :Nah sekarang kita sudah membentuk posisi yang lebih santai dan akrab,maka sebelum memulai kegiatan marilah kita berdoa menurut agama dan keyakinan kita masing-masing…berdoa mulai……..selesai. Selanjutnya begini! Rasanya seluruh peserta yang ada sudah saling mengenal dan karenanya perkenalan kita lakukan dengan cara perkenalan perumpamaan. Caranya begini! Peserta disebelah kanan saya akan memperkenalkan namanya dan menyatakankan perumpamaan dirinya.Contohnya,dia(menunjuk peserta disebelah kanan PK) akan menyebutkan: Nama saya …………..,saya umpama rembulan,menyenangkan bagi setiap orang yang memandangnya,memberikan cahaya dikala malam mendatang dan nuansa sendu bagi yang mengikat janji. Nanti begitu seterusnya secara berurut kepada peserta lain memutar ke kanan.Bisa di mengerti kan? AK PK AK PK :…………! :Ok mulai (menunjuk peserta di sebelah kanan PK. :………………………………………………………………… :Baaaagus sekali ,bapak senang,kalian sangat antusias. Oh ya!apakah ananda sudah tahu apa itu bimbingan kelompok,tujuannya,dan kegiatannya ?. :……………? :Bapak akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok adalah salahsatu bentuk layanan yang membahas masalah umum dalam kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok. :………….? :Tujuan diadakannya bimbingan kelompok adalah ;

AK PK

AK PK

khususnya komunikasi peserta layanan.Semua dilakukan secara aktif (semua peserta mengambil peran)..belajar. namun tetap mengikuti norma susila dan kesopanan. berbagai topik permasalahan dapat kita bahas secara kelompok. :Ananda sekalian!diantara kalian ada yang tahu apa yang di maksud dengan pergaulan bebas ? :……… :Ada lagi yang mau berpendapat…………….Bagai mana menurut yang lain? :……………….Saya akan memulai dari sebelah kanan saya. Ok ! sekarang kita mulai. baik masalah pribadi. Bagaimana…?apakah ananda sudah paham? :…….Nanti ia akan menyebutkan namanya..! PK.bimbingan kelompok bertujuan membahas topic tertentu.maupun karir. Apakah anak-anak Bapak siap melanjutkan ? AK :……………. : Ananda topik yang akan kita bahas. social. :…………. Tahap Kegiatan PK.Mohon tetpuk tangan yang meriah bagi kita semua. II. Tahap Peralihan PK :Untuk lebih jelasnya bapak akan mengulangi lagi apa bentuk kegiatan Bimbingan kelompok yang akan kita laksanakan. AK PK AK PK. terbuka(sesuai realita yang ada).! PK :Dalam kegiatan bimbingan kelompok . pada kesempatan ini adalah “ Akibat Pergaulan Bebas “ Topik ini sangat menarik.lantas yang disebelahnya akan menyebut nama yang telah dikenalkan sebelumnya serta namanya sendiri dan begitu seterusnya.dimana pergaulan bebas sudah mulai menggangu kehidupan kita AK :……….AK PK AK PK -secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosialisasi. -secara khusus.Kalian bias member tanggapan seluas-luasnya tanpa harus waswas akan di nilai jelek atau dipersalahkan. :Bagus sekali ya.yaitu berupa diskusi dan pemberian tanggapan mendalami masalah yang ada dan alternative pemecahannya oleh para anggota kelompok.atau memberikan penilaian terhadap jawaban yang salah.kalian sepertinya sudah banyak yang memahami apa itu pergaulan bebas.! :Oke kalau begitu untuk penyegaran kita melakukan sebuah permainan yaitu permainan rangkaian NAMA.? :Kegiatannya berupa diskusi dan pemberian tanggapan mendalami masalah yang ada dan alternative pemecahannya oleh para anggota kelompok.Pada pertemuan kali ini kita akan membahas topic yang sudah Bapak persiapkan III.Dan perlu Bapak tambahkan bahwa dalam kegiatan ini bukan bertujuan mencari siapa yang salah. .

...! :Kembali mari berikan tepuk tangan yang paling meriah...OK siap!mulai.... dapat kita simpulkan bahwa seseorang melakukan pergaulan bebas akan ... Dari pendapat beberapa teman tadi ....Kita sudah kembali segar..tetapi untuk lebih meriah bagaimana kalau pada putaran ini pada teman yang salah kita beri kesempatan untuk menampilkan kebolehannya .... :Bagus sekali... :Bagus!ada yang lain? :Dari berbagai pendapat.............mulai! :............... AK PK....sekarang.... Silahkan….saya ingin mengetahui pendapat anak-anak Bapak........ AK PK PK..... :.. ....... AK PK AK PK.. :. Setuju kita lakukan permainan ? :..Bagai mana siapa yang mau menanggapi terlebih dahulu? :.. AK PK... Ada yang mau berpendapat ? :....tetap mulai dari kanan saya.....tetapi pada setiap peserta berada pada hitungan ke tiga dari setiap hitung... : Dari beberapa pendapat teman ada yang mau menyimpulkan……… :.! :OK.ada yang berpendapat ? AK :……………………………… PK...(PK mengangat kedua tangannya dan cas pada setiap peserta....Sebelum kita mengakhiri kegiatan.......maka peserta tersebut harus menyebut dot.......... bagaimana kita lanjutkan…….. Apa manfaat yang dapat ananda rasakan dari proses kegiatan bimbingan kelompok yang telah kita lakukan ?....sekarang kita lanjutkan.bagai mana faham?Kalau sudah faham mari kita mulai..... AK PK. (setelah selesai putaran pertama)......2..... setuju ? OK.... AK PK IV....................... : Ananda kegiatan kita sampai pada tahap akhir…....bukan menyebut angka........ AK :Apa kesan dan pesan yang dapat ananda petik dari kegiatan kita pada hari ini?......Caranya adalah peserta akan menyebutkan nomor urutnya masing-masing...Bapak coba memberikan pertanyan.. Apa yang harus klita siapkan untuk mengantisipasi pergaulan bebas itu ?... Siapa yang bisa menyimpulkan apa itu pergaulan bebas .!!!!! :Bagaimana......! : Setelah kita tahu apa itu pergaulan bebas. dan begitu seterusnya.Dot.. sekarang Bapak meminta pendapat kalian apa akibatnya jika melakukan pergaulan bebas. :.baik!Permainan kita kali ini adalah adalah 1.masih semangat? Ok ! sekarang kita adakan permainan lagi untuk refreshing. :......................AK PK.. Tahap Pengakhiran PK....

selesai.. . M.a menurut agama kita masing-masing. -………………………………………………………………………………………….: G. 195802021978032015 . -…………………………………………………………………………………………. Ananda sekalian. kegiatan bimbingan kelompok kita pada hari ini kita akhiri sampai disini. 196607151990032014 Tembung Guru Pembimbing Junaidah Harianja S. Hj. Alat dan perlengkapan yang digunakan L.dan umumnya sangat antusias dengan kegiatan kita. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Laiseg : Keterlibatan siswa dalam proses kegiatan Laijapen : Siswa dapat bergaul secara baik dan sesuai etika Laijapang : Siswa dapat membentengi diri dari pergaulan bebas Tindak lanjut: -Konseling pribadi bagi yang tidak mampu mengupayakan perubahan bagi dirinya. -referal bagi guru BK di kelas selanjutnya.sekarang semua sudah memberikan kesan dan pesan. Untuk mengakhiri kegiatan marilah kita berdo. :OK.dan Bapak sayang pada kalian semua.Pd NIP. : Ruang Bimbingan kelompok/ ruang kelas : Disesuaikan :Guru BK.PK.w b. -…………………………………………………………………………………………. Keterkaitan layanan ini dengan layanan /kegiatan pendukung: Himpunan data ( data sosiometri ) untuk melihat hubungan sosial siswa didalam kelas N. -…………………………………………………………………………………………..Pd NIP. Berdo’a mulai…. Mengetahui : Kepala Sekolah. Penyelenggara layanan J.Sekali lagi Bapak sampaikan Bapak sangat bangga pada kalian. Pihak-pihak yang disertakan K.Arwidah Parinduri S. bapak mengucapkan terimaksih atas partisipasinya dan bapak akhiri dengan mengucapkan asalamualaikum ww. Tempat pelayanan H. Catatan Khusus: -…………………………………………………………………………………………. Waktu /tanggal I.Hari ini kita sudah banyak memanfaatkan waktu buat hal yang sangat bermanfaat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful