P. 1
PENGERTIAN KEHAMILAN

PENGERTIAN KEHAMILAN

|Views: 229|Likes:
Published by Ady Sanjaya Putra

More info:

Published by: Ady Sanjaya Putra on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2014

pdf

text

original

PENGERTIAN KEHAMILAN : 1.

Kehamilan adalah hasil pertemuan inti sel ovum dengan spermatozoa yang membentuk zigot (manuaba, 1998 : 198) 2. Kehamilan adalah penyatuan antara sel mani dengan sel telur yang akan membentuk zigot (sinopsi ons, 1998 : 18) 3. Kehamilan ialah penyatuan sel telur dan sperma yang menimbulkan terbentuknya individu baru (kamus istilah kedokteran, 1005 : 245) 4. Kehamilan adalah proses bertemunya sel mani (sperma) sewaktu persetubuhan yang bergerak memasuki rongga rahim kemudian bersatu dengan sel telur sampai dengan lahirnya bayi / janin. (Rustam Muchtar 1998 : 17) 5. Kehamilan adalah masa yang dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin (Saifudin 2002 : 89) kehamilan merupakan suatu proses alamiah dan bukan merupakan keadaan yang perlu dikhawatirkan, oleh karena itu ada tanda – tanda dan gejala yang dapat dirasakan oleh ibu pada saat kehamilan. 1. Kehamilan triwulan I antara 0 – 12 minggu Merupakan periode penyesuaian terhadap kenyataan bahwa ia hamil penerimaan ini merupakan tugas psikologis yang paling penting dalam TM I sebagian besar wanita bersikap ambivalent tentang kehamilan apalagi bagi yang belum siap hamil ketidaknyamanan yang terjadi pada TM I akan membuat seseorang untuk menolak kehamilannya. 2. Kehamilan triwulan II antara 13 – 24 minggu Disebut juga periode kesehatan karena pada trimester wanita merasa sehat dan terbebas dari ketidaknyamanan dan kehamilan normal selain itu juga disebut fase batiniah yaitu dorongan psikologis wanita untuk menunjukkan identitas bunya untuk janin yang dikandungnya.

Mengidam (ingin makanan khusus) . (GH. Wiknjo Sastro. Amenorhoe (tidak mendapat haid) Penting diketahui tanggal gari pertama haid terakhir untuk menentukan usia kehamilan dan perkiraan partus.3. Setelah persenyawaan tersebut maka sel telur disebut zygote yang akan masuk dan akan menenemkan diri ke dalam endometrium sehingga tumbuh dan berkembang menjadi janin. Kehamilan triwulan III antara 25 – 36 minggu Berkaitan dengan resiko yang dihadapi dalam kehamilan maupun persalinan dan upaya untuk mempersiapkan dan waspada terhadap sesuatu yang terjadi. Mual (nausea) dan muntah (emesis) Pengaruh estrogen dan progesterone terjadi pengeluaran asam lambung yang berlebihan menimbulkan awal muntah terutama pagi hari yang disebut “ Morning Sickness “ dalam bahasan yang fisiologis keadaan ini dapat diatasi akibat mual muntah nafsu makan berkurang. (Manuaba 2002 : 125) 3. rumus perkiraan partus menurut Naegeleb bila siklus haid ± 28 hari adalah tanggal ditambah 7 bulan dikurangi 3 dan tahun ditambah 1. 1999) TANDA DAN GEJALA KEHAMILAN A. Tanda – tanda persumtif 1. 2. PROSES KONSEPSI Kehamilan terjadi kalau ada pertemuan atau persenyawaan antara sel telur dan spermatozoa yang sudah berada dalam tuba fllopi dan berhasil menembus dinding sel telur yang diliputi korona radiata.

9. Miksi sering karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar. Dinding perut . Perubahan payudara Perubahan warna pada payudara misalnya puting susu menjadi gelap serta perubahan pada areola mamae primer dan sekunder. gejala ini akan menghilang pada triwulan kedua kehamilan pada akhir kehamilan gejala ini kembali karena kandung kemih tertekan oleh bagian terbawah janin. (Varney 2002 : 84) Payudara menjadi tegang dan membesar karena pengaruh estrogen dan progesteron yang merangsang duktus dan alveoli payudara. Tidak tahan suatu buah – buahan 6. (Mansyoer 2001 : 253) 5. Pigmentasi kulit a. (Mochtar 2003 : 43) 4. b. Pingsan dan mudah lelah Pingsan sering dijumpai bila berada ditempat ramai pada bulan – bulan pertama kehamilan lalu hilang pada kehamilan 18 minggu. Sekitar pipi Cloasma gravidarum karena keluarga melapnophose stimulating hormone hipofisis anterior menyebabkan pigmentasi kulit.Ibu hamil sering meminta makanan atau minuman tertentu terutama pada bulan – bulan pertama. Saluran kencing 8. (Mansyoer 2001 : 253) 7.

Tanda piskacek 6. Uterus membesar 3. betis. (Manuaba 2002 : 126) B. pembuluh darah menites sekitar payudara. Vena Penekanan pada vene – vena (varies) dapat terjadi pada kaki. strie nigra. (Mochtar 2003 : 45) 11. Tanda – tanda Kemungkinan Hamil 1. Tanda ehadwick 5. putting susu makin menonjol. c. dan vulva biasanya dijumpai pada triwulan akhir.Biasanya terdapat strie lividae. Sekitar payudara Hiperpigmentasi areola mamae. Epulsi Hipertropi gusi disebut epulsi dapat terjadi bila hamil. Reaksi kehamilan positif (Mochtar 2003 : 45) C. Teraba ballottement 8. linea alba dan linea nigra. Perut membesar 2. (Manuaba 2002 : 126) 10. Tanda hegar 4. Braxton hicks 7. Tanda Pasti Hamil .

(Manuaba 1998 : 108) 4. otot rahim hyperplasia dan hypertropi menjadi lebih besar. lunak dan dapt mengikuti pembesaran rahim karena pertumbuhan janin. (Rustam. (Sastrawinata 1983 : 143) 3. 2003 : 35) 2. Ovarium dengan terjadinya kehamilan ovarium mengandung corpus luteum gravidarum akan meneruskan fungsinya sampai terbentuknya plasenta yang sempurna pada umur kehamilan 6 minggu.1. A. Uterus Rahim yang gemuk besarnya sejempol / beratnya 30 gram akan mengalami hypertropi dan hyperplasia sehingga menjadi 1000 gram saat mengalami kehamilan. hingga warna selaput lendirnya membiru (tanda Chadwick) kekenyalan atau elastisitas vagina bertambah artinya daya regang bertambah sebagai persiapan persalinan. Perubahan Fisiologis 1. 2. Vagina Pembuluh darah dinding vagina bertambah. PERUBAHAN PADA WANITA HAMIL Kehamilan melibatkan perubahan fisik maupun emosional dari ibu serta perubahan social didalam keluarga. Payudara . Pada auskultasi terdengar DJJ (denyut jantung janin) dengan funduskup DJJ baru terdengar pada kehamilan 12 minggu. Pada palpasi dirasakan bagian bawah janin dan ballottement serta getaran janin.

Saluran Karena pengaruh ekstrogen pengeluaran asam lambung semakin meningkat yang dapat menyebabkan Pengeluaran air liur yang berlebihan .Selama kehamilan payudara bertambah besar dan tegang berat dapat teraba moduli – moduli akibatnya pertropi kelenjar aveoli bayangan vena lebih membiru. Sirkulasi Darah Volume darah semakin meningkat dimana jumlah serum darah lebih besar dan pertumbuhan sel darah. Sitem Pernapasan Pada kehamilan juga terjadi perubaha system respirasi untuk dapat memenuhi kebutuhan O2 disamping itu terjadi desakan – desakan diafragma karena dorongan rahim yang membesar pada umur kehamilan 32 minggu sebagai kompensasi terjadinya desakan – desakan rahim dan kebutuhan O2 yang meningkat. yang disebut “hemodelusi” dengan puncaknya pada usia kehamilan 32 minggu. kalau diperas air susu colostrums berwarna kuning. Protein darah jumlah protein albumin dan gamaglobin menurun dalam triwulan pertama dan meningkat secara bertahap pada akhir kehamilan. Hitung jenis hemoglobin hemofokrit cenderung meningkat untuk memenuhi kebutuhan transport O2 yang sangat diperlukan selama kehamilan. 5. ibu hamil biasanya akan bernapas lebih dalam sekitar 20 – 25%. 7. (Rustam 1998 : 37) 6. hyperpigmentasi pada putting susu da alveola payudara.

Trimester pertama Merupakan periode penyesuaian terhadap kenyataan bahwa ia hamil. Meskipun beberapa wanita mengalami peningkatan . 10. akan spontan setelah menerima kehamilan. terutama wanita yang sebelumnya mengalami pengguguran.- Daerah lambung terasa panas Terjadinya mual dan pusing di pagi hari Progesterone menimbulkan gerak usus makin berkurang dan dapat menyebabkan obstipasi 8. Fraktus Urinarius Karena pengaruh desakan hamil tua dan turunnya kepala bayi maka terjadi gangguan miksi dalam bentuk sering kencing desakan tersebut menyebabkan metabolism air seni pun akan bertambah. pada muka claosma gravidarum. Metabolism Dengan terjadinya kehamilan metabolism tubuh mengalami perubahan yang mendasar dimana kebutuhan nutrisi makinn tinggi untuk pertumbuhan janin dan persiapan pemberian ASI. 9. Perubahan Psikologis 1. alveola mamae. linea nigra. Sebagian besar wanita bersikap embivalen terhadap kehamilannya. (Ida Gede 1982 : 110) B. Kulit Hiperpigmentasi ini terjadi adanya strie gravidarum lividae atau albican. TM I juga merupakan waktu pengungguhan kehamilan. papilla mamae.

Trimester ketiga Disebut periode penunggguan yang waspada. Maternal dan Neonatal. 2002. 1998. Jakarta .Prof. Trimester kedua Disebut periode kesehatan umumnya wanita merasa sehat dan terbebas dari ketidaknyamanan dari kehamilan. Kapita Selekta Kedokteran jilid 1. Media Actalopius : Jakarta Manuaba Ida Bagus Prof. 3. Varney Midwever. Sinopsis Opstetri jilid 1. DAFTAR PUSTAKA Mochtar R. EGC : Jakarta Mansjoer Arief dkk. karena wanita tersebut sadar terhadap kehadiran bayinya. EGC : Jakarta Prawiroharjo S. 2005. 2.seksual umumnya TM I merupakan kebutuhan untuk komunikasi yang terbuka dan jujur. terhadap gelisah bahwa bayi tersebut akan dating setiap hari. 1997. 2002. Yayasan Bina Pustaka : Jakarta Varney. Dr. Ilmu kebidanan Penyakit Kebidanan dan BK.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->