Growth and Plant Hormones - Plant Biology Semua organisme hidup diawali dari bentuk yang sama yaitu

satu sel. Sebuah sel akan membelah dan menghasilkan beberapa sel, kemudian terus membelah dan berdifferensiasi menjadi sel dengan berbagai macam peran yang dibawa di dalam suatu organisme. Pertumbuhan tumbuhan dapat ditentukan dan tidak dapat ditentukan. Artinya, beberapa tanaman akan memiliki siklus pertumbuhan lalu mati, sementara tanaman lain dapat terus aktif tumbuh hingga ratusan tahun. Perkembangan mencakup pertumbuhan dan differensiasi dari sel menjadi jarngan, organ, sistem organ. Zat pengatur tumbuh dan enzim Informasi genetik mengatur sintesis dan perkembangan enzim yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme pada tumbuhan. Kebanyakan enzim merupakan protein yang diproduksi pada suatu bagian, yang artinya, enzim tidak ditransport dari satu bagian dalam organisme, ke bagian lain. Informasi genetik juga mengatur produksi dari hormon. Setiap sel pada tumbuhan mengandung satu set gen yang sama. Perbedaan pola dari ekspresi gen diantara beberapa macam sel menyebabkan differensiasi seluler yang akan membentuk keanekaragaman tipe sel. Proses lainnya yang menentukan perkembangan bentuk tubuh dan sistem tubuh disebut morfogenesis. Tiga proses pekembangan yaitu, pertumbuhan, morfogenesis, dan differensiasi sel berperan dalam membentuk tubuh tumbuhan. Gene Expression and Control of Cellular Differentiation Cells of a developing organism can synthesize different proteins and diverge in struchire and function even though they share a common genome. Ifa mahire cell removed from a root

meningkat . dan kondisi fisiologi dari sel. Keaktifan dari gen spesifik yang diperlukan dalam diferensiasi seluler bergantung pada posisi informasi dimana suatu sel ditempatkan. Proses ekspresi gen merupakan proses transformasi infomasi genetik melalui transkripsi dan translasi untuk pembentukkan protein. Jumlah protein yang dihasilkan tergantung pada jaringan. Contoh: 2 tipe sel berbeda dibentuk di dalam epidermis akar Arabidopsis: sel rambut akar dan sel epidermal tak berambut. ekspresi gen dan kontrol diferensiasi seluler sel dari organisme yang sedang berkembang dapat mensintesis protein yang memiliki struktur dan fungsi yang berbeda dan beranekaragam meskipun genome yang mereka share merupakan genome umum. Ifa mahire cell removed from a root or leaf can dedifferentiate in tissue culture and give rise to the diverse cell types of a plant. tingkat perkembangan organisme. then it must possess all the genes necessary to make any kind of plant cell (see Figure 20. Diperlukan adanya regulasi ekspresi gen pada sel yang tepat dan saat yang tepat.16). then it must possess all the genes necessary to make any kind of plant cell (see Figure 20. Ini berarti bahwa diferensiasi seluler bergantung pada kontrol dari ekspresi gen. Epidermal muda yang berhubungan dengan 2 sel yang berada di bagian bawah kortek akar akan berdiferensiasi menjadi sel rambut akar sedangkan epidermal muda yang berhubungan dengan satu sel kortek berdiferensiasi menjadi sel dewasa tak berambut Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan merupakan proses teratur . pertumbuhan dan perkembangan dapat dilihat sebagai hasil dari serangkaian gen yang diekspresikan secara diferensial. pengaturan transkripsi dan translasi yang dihasilakan dalam produksi protein spesific.16). Sel diasosiasikan dengan posisi sel epidermal.or leaf can dedifferentiate in tissue culture and give rise to the diverse cell types of a plant.

plastida. • Pertumbuhan. Materi genetik tumbuhan berada pada tiga organel sel yang terpisah yaitu.sintesis enzim2 yang mengkatalisis reaksi biokimia yang spesifik • yang diperlukan untuk tumbuh dan diferensiasi.terlibat dalam sintesis proteinis  Structural genes • Internal and external signals coordinate gene expression: • . tumbuhan harus mengendalikan ekspresi gen antara 3 organela tersebut. perkembangan dan respon terhadap lingkungan ditentukan oleh ekspresi gen yang terprogram  Regulation of gene expression • Turning on or off genes : • . nukleus.atau menurunnya ekspresi suatu gen dari suatu tanaman tertentu akan dipengaruhi oleh kondisi lingkunagn dimana tanaman tersebut berada dan oleh perkembangan dari tanamannya. Dengan demikian. dan mitokondria. • .one kind of signal or stimulus is converted into another by a • sequence of biochemical reactions inside the cell to amplify the • original signal and activate or repress genes •  Signal transduction pathways Gen menentukan kecepatan pertumbuhan dan seberapa besar pertumbuhan berlangsung Gen mengontrol *karakteristik kuantitatif *karakteristik kualitatif Ekspresi Gen Constitutive: genes expressed at constant level all the time .

mengkode enzim utama dalam jalur glikolisis beta-actin dantubulin. . housekeeping genes regulating basic cellular processes) GAPDH (glyceraldehyde-3-phosphate dehydrogenase).g. mengkode protein struktural yang membentuk cytoskeleton 18 or 28 S rRNA. Inducible: genes turned on in certain circumstances (at low level present in non-induced conditions = basal level) Repressible: genes turned off in certain circumstances All involved in regulation of transcription initiation….(e. subunits of the ribosome.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful