Pedoman Penulisan Laporan Skripsi/TA

Ver 2.1

STMIK SWADHARMA
JAKARTA 2007

A. Petunjuk Umum pelaksanaan Skripsi/TA
1. Hak dan Kewajiban Mahasiswa: 1. Hak: a. Mendapat 2 (dua) Pembimbing b. Mendapat bimbingan dari pembimbing yang telah ditunjuk c. Mendapat persetujuan dari pembimbing untuk mengikuti ujian/sidang Skripsi/TA, apabila telah dinyatakan layak uji oleh pembimbing d. Mengikuti Sidang Skripsi/TA sesuai dengan jadwal dan penguji yang telah ditunjuk e. Mendapat nilai dari hasil ujian/sidang Skripsi/TA f. Menentukan pemilihan konsentrasi studi g. Menentukan judul tulisan (judul tulisan harus sesuai dengan konsentrasi yang diambil) 2. Kewajiban a. Mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) dengan Matakuliah Skripsi/Tugas Akhir, dengan syarat minimal semester VII atau telah mengumpulkan 110 sks b. Membayar uang SKS dan bimbingan Skripsi/TA. (berlaku untuk 1 semester) c. Membayar uang ujian/sidang Skripsi/TA (berlaku untuk 1 kali sidang) d. Membuat laporan Skripsi/TA sesuai dengan buku pedoman yang telah ada dan sesuai arahan Pembimbing. e. Mengumpulkan draft Laporan Skripsi/TA kepada panitia sidang Setelah diperiksa dan disetujui pembimbing laporan Skripsi/TA (rangkap 4). Paling lambat seperti pada poin 5.5. untuk diujikan pada tanggal yang telah ditetapkan Panitia. f. Mengikuti uji Proposal Skripsi/TA pada awal bimbingan, yang diujikan oleh pembiming I. g. Mengikuti uji standarisasi ketrampilan komputer yang diselenggarakan oleh LPPM dan dinyatakan lulus. Sebagai prasyarat sidang Skripsi/TA h. Mengikuti ujian/sidang Skripsi/TA yang jadwalnya telah ditentukan oleh panitia sidang. 2. Pedoman bimbingan Skripsi: 1. Pada saat mengisi KRS, mahasiswa mengusulkan dosen pembimbing (2 orang pembimbing). 2. Penentuan pembimbing seorang mahasiswa ditentukan oleh panitia. 3. Mahasiswa dapat mengetahui pembimbingnya melalui kartu bimbingan yang diberikan oleh Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), setelah mahasiswa bersangkutan membayar uang bimbingan dan SKS. 4. Seminar proposal dilakukan oleh pembimbing I diawal bimbingan 5. Pertemuan dengan 1 pembimbing maksimum 2 kali seminggu 6. Minimum pertemuan dengan masing masing pembimbing 5 kali 7. Bimbingan per bab, 1 kali pertemuan maksimum membahas 2 bab

1

6. Jadwal Ujian/Sidang Kp & Skripsi selalu dimulai pada hari Senin. 4.d. Hak: a. apabila kartu bimbingan telah distempel nama pembimbing dan distempel lunas SKS dan biaya bimbingan. apabila mahasiswa bersangkutan tidak membawa kartu bimbingan. Menentukan bahwa seorang mahasiswa layak untuk maju ujian/sidang b. 6. dan setiap semester dijadwalkan minimal 6 kali ujian/sidang 5. Panitia membuat rekapitulasi mahasiswa yang akan diuji dan penguji KP & Skripsi serta waktu sidang dan tata tertib sidang paling lambat 1 hari setelah pendaftaran terakhir ditutup. Menentukan jadwal bimbingan kepada mahasiswa c. Sidang Skripsi/TA dan penilaiannya 1. Pembimbing dapat membimbing mahasiswa. wajib menguji proposal Skripsi/TA pada awal bimbingan d. Menguji mahasiswa dalam ujian/sidang Skripsi/TA 2. Pedoman Pembimbing Skripsi/TA 1. tidak membawa progres tulisannya. Membuat jadwal Ujian/Sidang KP & Skripsi pada awal semester 4. Pendaftaran terakhir (pengumpulan laporan KP & Skripsi) selalu dijatuhkan pada hari Kamis sebelum ujian/sidang KP & Skripsi dilaksanakan. Kewajiban: a. SK panitia KP & Skripsi ditandatangani Ketua STMIK Swadharma setiap awal semester 2. diluar waktu yang telah dijadwalkan oleh pembimbing. 7. Sebagai pembimbing 1. Membuat rekap nilai sidang Skripsi/TA. Khusus mahasiswa Sabtu-Minggu dijadwalkan pada hari Sabtu/Minggu. Pedoman Panitia Ujian/Sidang KP & Skripsi/TA: 1. Hak dan Kewajiban Pembimbing: 1. 2. Setelah batas akhir pendaftaran (Jumat s. Pembimbing wajib menuliskan progres tulisan mahasiswa setiap akhir kali bimbingan yang dituliskan pada kartu bimbingan. melanggar aturan poin 2. 8. atau pembimbing sedang ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan. Pembimbing dapat menolak mahasiswa bimbingan. Membimbing mahasiswa dalam penulisan Skripsi/TA b.4. 5. panitia sidang dilarang menerima pendaftaran ujian/sidang KP & Skripsi. Minggu). dan hasilnya mahasiswa dapat melihat pada DNK sementara 3 hari setelah sidang selesai. Membuat daftar bimbingan setelah perubahan KRS berakhir 3. Mahasiswa dapat mengikuti sidang Skripsi/TA apabila telah memenuhi syarat sebagai berikut: Mendapat persetujuan dari pembimbing bersangkutan (2 orang pembimbing) Telah membayar biaya sidang Telah mengikuti (menyaksikan) sidang Skripsi/TA minimum 2 judul sidang Skripsi/TA dan mengikuti 1 kali seminar yang diadakan oleh STMIK Swadharma 2 . 9.3.

d.kelengkapan busana (sesuai dengan persyaratan) Nilai 68 – 79.99 dengan kriteria : . 100 yang terdiri dari : Nilai 0 – 55. Setiap Penguji/Pembimbing memberi penilaian dari rata-rata ketiga aspek berikut ini: 1.mampu mempresentasikan tanpa membaca buku atau layar presentasinya . Penguji sidang Skripsi/TA terdiri dari 2 orang Penguji dan 2 orang Pembimbing 3.Menggunakan alat bantu presentasi tambahan seperti laser pointer ataupun wireless presentation 3 . 100 Nilai 0 – 55.mampu menarik perhatian penguji untuk melihat dan mendengarkan presentasinya . dan ERD) Nilai 68 – 79.memenuhi kriteria sebelumnya .kecukupan materi yang disampaikan dan kedalaman penyajian .mampu menjelaskan demonstrasi hasil rancangan Nilai 80 – 100 dengan kriteria : . Memakai dasi dan Jas almamater Menggunakan baju putih lengan panjang dan rok hitam untuk wanita atau celana panjang hitam untuk pria.sopan santun dalam berpresentasi .konsistensi rancangan (DFD.memenuhi kriteria sebelumnya .estetika rancangan (rancangan memiliki GUI yang bagus) .99 tidak lulus Nilai 56 – 67.ketersediaan bahan presentasi .99 dengan kriteria : .d.intonasi suara yang jelas terdengar .Sudah lulus standarisasi ketrampilan komputer yang dikeluarkan oleh LPPM. rancangan input & output.kerapihan berbusana .99 dengan kriteria : .99 tidak lulus Nilai 56 – 67.memenuhi kriteria sebelumnya .pewarnaan dan animasi bahan presentasi yang baik .kompleksitas penulisan / judul . dengan rentang nilai 0 s. Materi penulisan. database.99 dengan kriteria : .memenuhi kriteria sebelumnya . Menggunakan Sepatu 2.kesesuaian sistematika penulisan berdasarkan pedoman .kemudahan user dalam menggunakan rancangan 2. dengan rentang nilai 0 s. Sikap/Presentasi.efisiensi rancangan (minimalisasi panjang dan jumlah record) Nilai 80 – 100 dengan kriteria : .

dengan rentang nilai 0 s. Pengetikan dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman atau Courier New berukuran 12 point. 6. dengan cara cukup mengulang sidangnya saja. Mahasiswa dinyatakan lulus sidang apabila mendapat nilai A. memperbaiki materi. Untuk halaman Lembar persetujuan. 4. 100 Nilai 0 – 55. Kata Pengantar. 9.Mampu menjawab secara baik diatas 70 % pertanyaan Nilai rata-rata tersebut akan digabung dengan hasil penilaian Penguji/Pembimbing lain. sedang untuk tepi yang lain berjarak 3 cm 3. Mahasiswa yang mendapatkan nilai C mempunyai hak untuk memperbaiki nilai. Mahasiswa yang mendapat nilai D wajib mengulang sidangnya saja.Mampu menjawab secara baik sampai dengan 40 % pertanyaan Nilai 68 – 79. Format Penulisan Laporan Skripsi/TA 1. Daftar isi dan Abstrak setiap lembarnya diberi halaman dengan menggunakan angka romawi (huruf kecil). Dosen Pembimbing yang berhalangan hadir untuk menguji maka nilainya adalah nilai rata rata dari penguji/pembimbing yang menguji. Konsekwensi dari pengulangan sidang mahasiswa bersangkutan diwajibkan membayar uang sidangnya saja. Penomoran halaman: a. dan bimbingan kembali).Mampu menjawab secara baik sampai 40 – 70 % pertanyaan Nilai 80 – 100 dengan kriteria : . dan rata margin kanan kiri (justified). B. 80 gram. jarak spasi baris 2 spasi. 7. dengan ukuran A4 dan menggunakan tinta hitam 2. biaya bimbingan dan biaya sidang. Konsekwensi dari perbaikan ulang tersebut maka mahasiswa bersangkutan wajib membayarkan SKS. dan C.99 dengan kriteria : . 4 .99 dengan kriteria : . dan hanya diberi kesempatan satu kali mengulang apabila masih tetap gagal maka mahasiswa bersangkutan wajib mengambil kembali matakuliah tersebut (mengisi KRS. Jenis huruf sesuai dengan jenis huruf yang digunakan pada halaman isi. Kertas HVS putih. 8.99 tidak lulus Nilai 56 – 67. Peserta sidang dianggap gagal mengikuti sidang apabila prototype gagal didemokan. diletakan pada tengah halaman dan pada bagian bawah halaman b.d. 7.3. Bidang pengetikan berjarak 4 cm dari tepi kiri. Untuk yang mendapatkan nilai E harus mengganti judul tulisan dan isinya kemudian baru dapat mengikuti sidang kembali dengan persyaratan seperti membuat laporan Skripsi/TA baru. Penguasaan. Apabila masih gagal maka sidang akan ditunda sampai semester selanjutnya. Sidang dapat diulang satu kali dengan jadwal yang telah ditentukan panitia. Untuk isi (bab 1 – 5) penomoran halaman diletakkan di kanan atas halaman kecuali jika ada judul bab maka halaman diletakkan pada bawah tengah halaman. 5. 4.

warna. Pengumpulan Laporan Skripsi/TA 1. Jika tidak sesuai jadwal yang sudah ditetapkan maka mahasiswa tersebut akan dikenakan sangsi berupa denda yang dibayarkan melalui Perpustakaan. Proses poin 8.1. dan layout cover ditentukan oleh Perpustakaan 4. 3. 1 (satu) kembali. Jumlah halaman isi (bab 1. Mahasiswa wajib mengumpulkan 1 hardcopy (Laporan Skripsi) kepada perpustakaan dan 1 softcopy (Laporan dalam bentuk software/disimpan didalam CD) yang diserahkan kepada Jurusan. Untuk hardcopy. Untuk halaman lampiran. adalah menyatakan halaman 1 pada lampiran. contoh: L-1. bentuk. 5 . 2. 2. dan 8. Laporan Skripsi yang sudah disidangkan dan sudah dinyatakan lulus dapat dijilid rangkap 2 dan ditandatangani asli oleh pembimbingnya. dan 5) minimal 50 halaman 6. dan diberi awalan L. penomoran diletakkan di bawah tengah halaman. dengan kata lain untuk penomoran lampiran dimulai dari no.2. Penulisan kutipan. 4. 5. Penomoran tidak bersambung dari halaman isi. dalam penulisan kutipan ini tidak ada catatan kaki untuk menyatakan publikasi referensi 8. harus dikerjakan tidak lebih dari 1 bulan setelah sidang selesai. 3.c.

yang diikuti lokasi dan tahun penulisan Skripsi/TA di atasnya.5. Pembatasan Masalah 1. Pendahuluan 1. Contoh dapat dilihat pada halaman 17 6 .4. Identifikasi Masalah 1. Kalimat-kalimatnya pendek. dan tahun dicetak tulisan tersebut. Perumusan Masalah 1. ketahu-dirian penulis. dan ucapan terima kasih kepada mereka yang telah membantu selama penelitian. terdiri dari beberapa alinea. (isikan tanggal persetujuan Skripsi/TA yang diajukan dalam Ujian/Sidang Skripsi/TA). tulisan syarat. Petunjuk penulisan Laporan Skripsi/TA: Laporan Skripsi/TA. …………………. Contoh dapat dilihat pada halaman 16 KATA PENGANTAR Berisi ucapan syukur kepada Tuhan YME karena telah terselesaikannya skripsi yang berjudul “………”. yang kemudian diikuti keterangan sebagai berikut : Skripsi/TA ini telah diperiksa dan disetujui Jakarta. namun tidak lebih dari dua halaman.B. Contoh dapat dilihat pada halaman 15 LEMBAR PERSETUJUAN Pada halaman tersebut dibuat judul Skripsi/TA serta nama dan nomor induk mahasiswa. Tujuan dan Kegunaan Hasil Penelitian 1. Judul KATA PENGANTAR dibuat simetris di batas atas bidang. Di akhir teks dicantumkan kata “Penulis” di kanan bawah.6.1. nama Sekolah.3. Latar Belakang Penelitian 1. nama Penulis. akan berisikan tulisan sebagai berikut: Lembar Persetujuan Kata Pengantar Abstrak Daftar Isi Daftar Tabel (jika ada) Daftar Gambar (jika ada) Daftar Istilah (jika ada) Bab I. Metodologi Penelitian Bab II Landasan Teori Bab III Objek Penelitian Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan Bab V Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka Lampiran lampiran Berikut ini adalah keterangan atau rambu rambu dalam membuat isi dari sebuah Skripsi/ TA COVER Terdiri dari judul Skripsi/TA. Dicetak pada sampul depan (hard cover) dengan warna sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Perpustakaan dan pada halaman pertama. tanpa garis bawah dan pembubuhan titik.2.

nama Penulis. nama Pembimbing. DAFTAR GAMBAR. Kesimpulan utama dan saran yang digunakan Jangan sekali kali mencantumkan informasi ataupun kesimpulan yang tidak dibahas dalam laporan Skripsi/TA. Jurusan. Contoh dapat dilihat pada halaman 20 DAFTAR TABEL. Pada awal abstrak dicantumkan Judul Skripsi. halaman isi. Hasil yang diperoleh 4. Contoh dapat dilihat pada halaman 19 DAFTAR ISI Halaman ini memaparkan semua judul bab dan subbab dalam suatu daftar yang disusun secara vertikal. yang mencakup 4 paragraf dengan kerangka karangan sebagai berikut. DAN DAFTAR ISTILAH (jika ada) Daftar ini memberikan petunjuk yang memungkinkan pembaca dengan cepat dan tepat dapat mengetahui tabel. kata kunci. Metode yang digunakan 3. Contoh dapat dilihat pada halaman 21 7 . Abstrak hendaknya tidak lebih dari 200 kata dan tidak menyebutkan acuan. Masalah utama yang diteliti dan ruang lingkupnya 2. data jumlah halaman untuk halaman romawi. 1.ABSTRAK Halaman ini menyajikan intisari laporan Skripsi/TA kepada pembaca. dan halaman lampiran sedangkan pada akhir abstrak disebutkan rentang tahun dari daftar pustaka yang digunakan. gambar dan istilah apa saja yang ada dalam Skripsi/TA dan di halaman berapa kita dapat melihatnya.

4 Perumusan Masalah Setelah masalah yang akan diteliti itu ditentukan. 1.2 Identifikasi Masalah Identifikasi masalah merupakan penjabaran dari tema sentral masalah menjadi beberapa submasalah yang spesifik. 1. Penelitian diharapkan dapat memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian peneliti terdorong untuk menjawab kedua pertanyaan berikut : (1) Bila dilakukan penelitian. antara apa yang diperlukan dan apa yang tersedia. Kemungkinan-kemungkinan masalah yang timbul dari tema / topik / judul : masalah I. Masalah atau permasalahan ada kalau ada kesenjangan (gap) antara apa yang seharusnya dan apa yang ada dalam kenyataan. Mengembangkan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang bersumber dari masalah yang dipilih. masalah III. Secara logis. yang dirumuskan berupa kalimat tanya. Memberikan batasan yang jelas bagian mana dari masalah yang akan dikaji dan bagian mana yang tidak. maka masalah yang akan diteliti itu dirumuskan secara spesifik. peneliti melihat fenomena/gejala tersebut dalam suatu keadaan yang secara kondisional dan situasional mengisyaratkan suatu tingkat kegawatan atau kerawanan tertentu. masalah II.Yakni mengemukakan beberapa masalah yang mungkin timbul dari tema penelitian. antara harapan dan kenyataan. dan supaya masalah dapat terjawab secara akurat. dan sebagainya. Menetapkan/memilih masalah dari kemungkinan-kemungkinan yang ada. Masalah harus selalu dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. dan sejenisnya dengan itu. 1. apa dampak-dampak negatif yang akan berlangsung berlarut-larut. Merumuskan permasalahan dalam bentuk pertanyaan penelitian. Banyak sekali kesenjangan mengenai pengetahuan dan teknologi. teknologi yang ada tidak memenuhi kebutuhan. atau dengan kata lain dapat menutup atau setidak-tidaknya memperkecil kesenjangan tersebut. apa dampak positif yang dapat diamalkan (2) Bila tidak dilakukan penelitian. informasi yang tersedia tidak cukup. 8 . Dengan lain perkataan ada hal-hal spesifik yang dipertanyakan terkait dengan masalah yang dihadapi. Apa yang dimasalahkan harus dapat dirumuskan secara jelas dan operasional. dan seterusnya. bukan pernyataan.3 Pembatasan Masalah Menetapkan satu atau dua masalah dari kemungkinan yang telah diidentifikasikan serta ruang lingkupnya.1 Latar Belakang Penelitian Latar belakang penelitian mencerminkan dinamika proses pemikiran mengapa fenomena/gejala yang dijumpai menggugah niat untuk melakukan penelitian.BAB I : PENDAHULUAN 1.

Kegunaan hasil penelitian ada dua hal. yaitu membantu memecahkan dan mengantisipasi masalah yang ada pada objek yang diteliti. Buku buku yang dikutip harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka. pilihan metode penelitian. dan rumusan masalah dapat terjawab secara akurat maka sekarang kegunaanya apa. Tujuan-tujuan apa yang hendak dicapai dalam penelitian itu. sehingga betul-betul didapat data yang valid dan reliable. angket) dicantumkan kalau nantinya tidak dapat dilaksanakan.5 Tujuan Penelitian Dan Kegunaan Hasil Penelitian Tujuan penelitian di sini tidak sama dengan tujuan sampul Skripsi/TA. Yang perlu diperhatikan di sini adalah teknik pengumpulan data mana yang paling tepat.6 Metodologi Penelitian Menjelaskan cara melaksanakan kegiatan penelitian mencakup sifat pendekatan dari disiplin ilmu yang bersangkutan. yang merupakan tujuan formal (misalnya untuk memenuhi salah satu syarat untuk mendapat gelar akademik). wawancara. Ensiklopedi. dan Menguraikan apa yang hendak dicapai dengan melakukan penelitian. Kegunaan praktis. Seluruh teori yang ada hendaknya diambil/dikutip dari buku buku referensi atau buku tambahan tidak termasuk Kamus. Jangan semua teknik pengumpulan data (observasi. Contoh cara mengutip adalah sebagai berikut: 9 . Diharapkan dengan membaca ini maka hubungan antara permasalahan. BAB II : LANDASAN TEORI Pada bagian ini berisi : (1) Kerangka Teori . maka mahasiswa harus dapat menyusun suatu peta hubungan antar variabel atau teori yang telah dibahas. Kegunaan hasil penelitian merupakan dampak dari tercapainya tujuan. Selain itu konsekuensi dari mencantumkan ketiga teknik pengumpulan data itu adalah: setiap teknik pengumpulan data yang dicantumkan harus ada datanya. Memang untuk mendapatkan data yang lengkap dan objektif perlu penggunaan berbagai teknik. tetapi tujuan di sini berkenaan dengan tujuan peneliti dalam melakukan penelitian. Tujuan penelitian berkaitan erat dengan: Perumusan masalah yang dituliskan.Teori-teori yang dikemukakan berasal dari sumber-sumber teori dan dari hasil penelitian (2) Kerangka Berpikir Dari hasil teori dan temuan yang dikemukakan pada bagian kerangka teori. mutakhir. lengkap. data yang terkumpul dan teknik analisis serta hasil penelitian akan menjadi lebih jelas. teknik pengumpulan data dan analisis data. tetapi bila suatu teknik dipandang telah mencukupi maka teknik yang lain bila digunakan akan menjadi tidak efisien. yaitu untuk mengembangkan ilmu.1. dan catatan kuliah. dan sejalan dengan permasalahan. yaitu : Kegunaan teoritis. Kalau tujuan penelitian dapat tercapai.Disajikan teori yang relevan. 1. .

menyatakan bahwa ……………… Menurut Murdick Robert G & Raymond Mc Leod (2003:55) analisis adalah ………………. Contoh 1 : BAB III : TINJAUAN UMUM PT.1 Umum 3. pengorganisasian.1 Umum 3. pengarahan. guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan Stoner James AF (1998:4). Skripsi/TA diharapkan membahas mengapa hasil-hasil penemuan tersebut diperoleh seperti itu. Kenneth E.2 Struktur Organisasi 3. Seperti yang telah disebutkan pada hak mahasiswa bahwa mahasiswa berhak menentukan tema tulisan yang selaras dengan konsentrasi yang dipilihnya.3 Cara Kerja Virus XYZ BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Dalam bagian ini disajikan penemuan dan pembahasannya. 10 . BAB III : OBJEK PENELITIAN Menyajikan gambaran umum tentang aspek-aspek yang terkait dengan masalah yang akan diteliti. Dan jika pengarang buku tersebut dikarang oleh lebih dari dua orang dapat dituliskan sebagai berikut: Zulkifli Amsyah dkk (2001: 209) menyatakan bahwa System terpadu adalah ……………. yaitu : ………………… Menurut Raymond Mc Leod dalam buku Jogiyanto HM.3 Deskripsi Pekerjaan Contoh 2 : BAB III : PROGRAM PEMBASMI VIRUS XYZ 3. Kendall (1996: 8-9) mengklasifikasikan penelitian bisnis ke dalam tiga daerah subjek.Jika pengarang buku lebih dari satu atau dua orang dapat dituliskan sebagai berikut: Manajemen adalah proses perencanaan. Maka pada bab IV ini mahasiswa dapat mengacu dalam menuliskan isi dari bab IV sesuai koridor yang disebutkan di bawah ini.2 Deskripsi Virus XYZ 3. (2001:15). ABC 3. dan pengendalian usaha usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya lain yang ada dalam organisasi.

Rancangan MM 1. Konsentrator e. Analisis Lokasi 2. Rancangan Jaringan 1. Rancangan Tampilan 3. Rancangan Audio/Movie/Animasi/Grafik dan Text Untuk kelayakan isi tulisan dinilai dari beberapa hal berikut ini: 1. Rancangan Logika 2. Harus interaktif 3. Analisis Kebutuhan Aplikasi MM 2. Minimal ada 3 unsur Multimedia (Audio. Perangkat Keras a.1. Sistem Operasi untuk server b. Sistem Operasi untuk client 4. Server b. Layout jaringan pada ruangan atau gedung dan skala 2. Menampilkan estetika yang baik dan penyampaian pesan tercapai 4. Harus ada unsur pemrograman 11 . Media Transmisi d. Konsentrasi Multimedia (MM) Isi dari bab IV mempunyai koridor sebagai berikut: A. Workstation c. Konfigurasi Jaringan a. Hak Akses / User 5. IP Address b. Estimasi biaya (Harga rata-rata) Untuk kelayakan isi tulisan dinilai dari kompleksitas jaringan yang dapat mengakomodasi parameter di atas 2. Konsentrasi Jaringan Komputer Isi dari bab IV mempunyai koridor sebagai berikut: A. Kondisi yang ada saat ini 1. Movie. Grafik dan Text) 2. Host name c. Analisis kebutuhan untuk implementasi jaringan B. Perangkat Lunak a. Animasi. Analisis pertukaran data 4. Network Interface Card (NIC) 3. Analisis SW/HW / Jaringan. Analisis Pengguna MM B. Kondisi yang ada saat ini 1. jika sudah ada 3.

mengurutkan d. Saran harus dapat terukur. Tabel Transaksi (Kamus data) c. jangan memberikan saran yang normatif. Rancangan Database a. Memuat unsur summarize periodikal 2. Kamus data input. Menu (Graphics User Interface) b. Adanya deviasi c. Output (layout) Sedangkan untuk kelayakan penulisan dibuat beberapa kriteria berikut ini: 1. Untuk konsentrasi Sitem Informasi Akuntasi (SIAK) Dapat memberikan report untuk keperluan operasional a.1 Kesimpulan Memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan di tujuan penulisan berupa pembenaran dari apa yang telah ditemukan sebelumnya. Input (GUI) c. Filtering item c. Menyortir. Mengklasifikasikan b. Adanya standar pembanding b. Rancangan Input (Kamus data) 4. Struktur Menu (Dekomposisi Diagram) 6. Rancangan Tampilan a. Rancangan sistem menyeluruh (DFD) 2. Manipulasi BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN 5. Analisis kebutuhan informasi (output) B. Untuk konsentrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dapat memberikan report untuk keperluan manajerial a. Rancangan Sistem 1. Relasi Tabel (Entity Relational Diagram) 5. 12 . Konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi (SIAK) dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Isi dari bab IV mempunyai koridor sebagai berikut: A. Tabel Master (Kamus data) b. Memungkinkan penilaian d. Rancangan Output (Kamus data) 3.2 Saran Berupa alternatif cara-cara perbaikan terhadap hal-hal di lapangan atau implikasi yang ditimbulkan oleh apa-apa yang diamati dalam penelitian. Data Flow Diagram (DFD) Sistem yang berjalan 2.3. output 3. Kondisi yang ada saat ini 1. penolakan temuan sebelumnya atau penemuan sesuatu yang baru yang belum ditemukan sebelumnya. 5.

3 dan seterusnya. 1994 Allen. Jujun S. Atlantic Monthly.id/admin/analisa sistem. Halaman ini tidak diberi nomor. Jakarta : P. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Pupoler. kamus dan ensiklopedi.R. A. D.or..linux. Jakarta : Pusat Antar Universitas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.html. “The Declining Middle”. Menganalisis Sistem. maka mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan dari perusahaan / instansi yang bersangkutan.linux.htm. Usahakan untuk tidak menggunakan buku yang terlalu tua (di bawah tahun 1990). Analisa perbandingan Class Based Queuing (CBQ) dan Hierarchical Token Bucket (HTB) untuk menajemen Bandwith pada jaringan TCP/IP. 2005. diakses pada World Wide Web: http://pemula.trib. 13 . Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif Memenangkan Persaingan dengan Sistem Teknologi Informasi. Nyoman dkk. dan Griffiths. Jumlah judul pustaka minimal 15 judul tidak termasuk catatan kuliah.F. Jakarta : Penerbit Sinar Harapan. Setiap lampiran diberi nomor 1...pdf#search=’jurnal%20jaringan’ Katriena.. Balai Pustaka. diakses pada World Wide Web: http://www. 2006 LAMPIRAN Lampiran dapat terdiri dari beberapa buah. Lampiran didahului oleh satu halaman yang hanya memuat kata LAMPIRAN di tengah halaman. Metode Beda Hingga untuk Persamaan Differensial Parsial. Part six/test and result. yang kalau dimasukkan dalam penulisan akan mengganggu kelancaran pengutaraannya. M. listing program dan sebagainya. Daftar pustaka terdiri dari makalah dan buku yang diterbitkan dan lazimnya dapat ditemukan di perpustakaan.M. 1995 Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Flory.DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka berisi semua pustaka yang dipergunakan dalam menyiapkan dan menyelesaikan penulisan pada umumnya dan pada Bab 2 khususnya.or. Kutter. Basarudin. July 1993 Mitchell. Yogyakarta : Andi Offset.id/docs/jurnal_cbq_htb. Terjemahan : T. 2001 Bogi.com/kombucha. Bob.FAQ. diakses pada World Wide Web: http://efnet. 2. 1999 Suriasumantri.N. Contoh : Hariyanto. Untuk penulisan Skripsi/TA yang menggunakan perusahaan / instansi sebagai objek penelitian. Referensi yang diambil dari website di tulis setelah referensi buku.. Susunan daftar pustaka sebaiknya dibuat urut abjad. Jogiyanto. penurunan rumus. C. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Lampiran dapat memuat keterangan tambahan.

dan usahakan tidak lebih dari 15 menit. 2.Tip Berpresentasi Persiapan sidang untuk mahasiswa: 1. Usahakanlah dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan penguji. Setelah di copy kemudian cek apakah bahan presentasi dan aplikasi yang dibuat. Ambilah poin poin pentingnya saja sehingga dalam satu tampilan max ada 8 baris tulisan 3. dan jangan bersilang tangan di dada. sehingga jika terjadi kesalahan anda tidak panik 5. suara yang lantang dan jelas. berjalan dengan baik. sehingga sempat mengcopykan bahan presentasi dan software yang anda buat ke dalam komputer yang telah disediakan panitia. Menyiapkan bahan presentasi Persiapan Presentasi: 1. Latihlah ber-presentasi dengan teman teman saudara. Ingat ada sebuah nilai yang sangat dipengaruhi dari cara berperilaku di depan penguji. Persiapan bahan presentasi: 1. jelas. dan sopan saat ber-presentasi. tidak bertele-tele. 3. Gunakan pewarnaan yang jelas (gunakan warna yg kontras antara tulisan dan background) dan huruf yang besar sehingga tulisan mudah dibaca. sehingga harus menunggu tulisannya keluar. Gunakan Software Power Point sebagai media presentasi 2. Tidak terlalu banyak animasi. 4. Yang perlu diperhatikan saat presentasi: 1. 5. nilai tersebut adalah nilai sikap dan presentasi (lihat poin penilaian sidang). 4. Membawa fotocopy tulisan Skripsi/TA nya 2. 4. Jangan memasukkan tangan ke dalam saku celana atau rok. Penyajian untuk poin 1 di atas tidak menyalin dari apa yang telah dituliskan di makalah (kecuali DFD). jangan mematut diri di dalam ruang sidang. Usahakan anda menguasai software untuk presentasinya. Berbicaralah yang lantang. Materi yang harus ditampilkan pada saat presentasi minimum adalah: Latar belakang Pembatasan masalah Perumusan masalah DFD level nol sistem berjalan DFD level nol sitem usulan Analisa Kesimpulan dan saran 2. Usahakan telah rapih dari luar ruang sidang. Datanglah pagi hari. 14 . Gunakan Flash Disk Sebagai media penyimpan 3. jangan bertolak pinggang.

CONTOH PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL BERBASIS LINUX PADA LPK SEMOGA PANDAI TUGAS AKHIR Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu (S1) Program Studi Teknik Informatika Disusun Oleh : NAMA : PANDU ILMUWAN NIM : 07210001 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STMIK SWADHARMA JAKARTA 2007 15 .

Juli 2007 Ir.Kom Dosen Pembimbing II ii 16 . M.CONTOH Lembar Persetujuan PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL BERBASIS LINUX PADA LPK SEMOGA PANDAI Oleh : NAMA : PANDU ILMUWAN NIM : 07210001 Telah diperiksa dan disetujui Jakarta. M.MSi Dosen Pembimbing I Ahmad Fitriansyah. Indra Hiswara.

4. Bapak Tegadiyanto selaku Kepala LPK Semoga Pandai. Bapak Ahmad Fitriansyah. Orang tua dan keluarga dirumah. Bapak Ir. selaku dosen Pembimbing II. MKom. 6. Banyak hambatan dan rintangan yang terjadi pada Penulis didalam menyusun skripsi ini. Indra Hiswara. Khususnya kepada : 1. MSc. Penulis tetap menyadari skripsi ini masih jauh dari sempurna. Yogasetya Suhanda. 2. 5.CONTOH KATA PENGANTAR Pertama-tama Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Perkenankanlah Penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu didalam tugas menyusun skripsi ini. khususnya untuk adikku atas printernya. 7. Sehingga selesai juga skripsi ini. yang mana Penulis memberi judul pada skripsi ini “Implementasi Jaringan Komputer Lokal dengan Sistem Operasi Linux pada LPK Semoga Pandai”. selaku Ketua STMIK Swadharma. Oleh karena itu Penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna kesempurnaan skripsi ini. Meskipun tugas penyusunan skripsi ini telah selesai. Seluruh Staff LPK Semoga Pandai yang tidak bisa disebut satu persatu. Walaupun demikian itu semua merupakan tantangan yang harus dihadapi. karena atas rahmat dan hidayah-Nya Penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. selaku dosen Pembimbing I. 3. MMSi. Mas Agus. iii 17 . Manajer Maintenance LPK Semoga Pandai. baik secara langsung maupun tidak langsung. baik dari segi materi. penyajian maupun bahasannya. Bapak Ir.

Jakarta. Serta teman-teman yang telah memberikan dorongan semangat kepada Penulis. Semoga Allah SWT memberikan pahalanya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingannya. Akhir kata dengan kerendahan hati Penulis. Juli 2007 Penulis iv 18 .8. semoga skripsi dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca dan semua pihak yang berkepentingan.

MKom. Indra Hiswara. ternyata dengan menggunakan jaringan komputer lokal. Server yang digunakan adalah Server Pentium IV 3. Sedangkan untuk peripheral di installkan 3 unit printer deskjet. Pandu Ilmuwan (07210001) Skripsi.4 GHz. Nurul Fikri cabang Bekasi sebagai salah satu lembaga pendidikan. saat ini belum mempunyai jaringan komputer yang memadai sehingga untuk berkomunikasi antara satu bagian dengan bagian yang lain masih menggunakan media diskette atau cetakan.. jika seorang pengambil keputusan ingin membuat sebuah keputusan maka yang bersangkutan harus menunggu sampai data selesai dicetak atau menunggu sampai selesai sebuah file disimpan ke dalam diskette. 2007 Kata kunci : Komunikasi data. Dari hasil wawancara dan studi langsung ke lapangan. dan Jaringan (xi + 66 + 77 Lampiran) Data dapat tersaji dengan cepat adalah idaman dari setiap pengambil keputusan. Selain itu dengan keterbatasan dana yang ada Operating System yang diusulkan juga hendaknya yang shareware sehingga dalam kasus ini di installkan Linux sebagai OS-nya. seseorang bisa mendapatkan data dengan sangat cepat walaupun data tersebut ada di unit yang lain.CONTOH ABSTRAKSI PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL BERBASIS LINUX PADA LPK SEMOGA PANDAI Ir. terlihat bahwa Lembaga ini memerlukan sebuah jaringan komputer lokal. Kendala ini sangat dirasakan. Ahmad Fitriyansyah. Dan keamanan koumputerlah yang harus diutamakan dalam membuat sebuah jaringan. Sebagai hasil dari penilitian ini. Penginstalasian kabel menggunakan topologi bus dan perangkat lainnya seperti Hub dibutuhkan sebanyak 3 unit yang masing masing memiliki 16 port.. dan Workstation berjumlah 42 stattion yang masing masing menggunakan pentium IV 2. MMSi. dan 1 buah Scanner. 1 unit printer Laser Jet. Daftara Pustaka (1999 – 2005) v 19 . Jurusan Teknik Informatika. Tentunya dari keuntungan yang diperoleh ini juga terdapat kerugian yaitu ada pihak pihak yang tidak berwenang bisa mendapatkan data dari komputer yang sudah dijaring.2 GHz.

2.. 1. 1. …………………………………………………………………. 3.. 2.. ……………………………………………………………………… Objek Penelitian ……………………………………………………. 4.…………………………………………………………………. 1 1.1 ………………………………………………………………….2 …………………………………………………………………. vi Daftar Tabel (jika ada) ……………………………………………………………. Daftar Istilah (jika ada) ……………………………………………………………. ……………………………………………………………………… Hasil Penelitian dan Pembahasan …………………………………..1.CONTOH Daftar Isi Halaman Lembar Persetujuan ………………………………………………………………....1 Kesimpulan ……………………………………………………. vi 20 .3 Pembatasan Masalah ………………………………………….. (Judul dan isi tergantung masalah yang diteliti) 4.. …………………………………………………………………. iii Abstrak …………………………………………………………………………….2 Saran……………………………………………………………. Bab II Bab III Bab IV Bab V Daftar Pustaka ……………………………………………………………………… Lampiran 1 …………………………………………………………………………. Kesimpulan dan Saran 5. 5.5 Tujuan dan Kegunaan Hasil Penelitian ………………………...2 …………………………………………………………………. 1. 1.. Lampiran 2 …………………………………………………………………………. v Daftar Isi …………………………………………………………………………. ii Kata Pengantar ……………………………………………………………………. ………………………………………………………………………. Bab I Pendahuluan ……………………………………………………….4 Perumusan Masalah …………………………………………… 1.6 Metodologi Penelitian ………………………………………… Landasan Teori…………………………………………………….2 Identifikasi Masalah …………………………………………. (Judul dan isi tergantung masalah yang diteliti) 3. 2. vii Daftar Gambar (jika ada) ………………………………………………………….1 .1 Latar Belakang Penelitian ……………………………………….

Nama ruangan / pemakai jaringan………………………………………. Setting user……………………………………………………………….. Tabel 4. Perbandingan harga………………………………………………………..CONTOH DAFTAR TABEL halaman Tabel 2. Penomoran address tiap class……………………………………………. vii 21 .1. Nama ruangan dan kebutuhan kabel dari server…………………………. dan gateway…………………………………….1. Penomoran IP. Tabel 4. Subnet. Tabel 4. Keuntungan dan kerugian jenis topologi………………………………… Tabel 3.2. Tabel 4.1.2.3. Tabel 2.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful