KATA PENGANTAR

Segala Puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan taufig dan hidayahnya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas resume yang telah di berikan oleh tutor UT kepada penulis walaupun dalam penyusunannya masih banyak sekali kekurangan baik dari isinya maupun dari segi susunan bahasannya. Shalawat serta saalam semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan kepada junjunan Nabi Muhamad SAW, yang tak lain mudah. Mudah sampai kepada kita.

...........2 Faktor.......... Hakikat dan faktor-faktor dalam pemilihan metode mengajar............................. Hubungan pengalaman belajar dengan metode belajar......................................faktor yang perlu di perhatikan dalam memilih metode belajar.1 1........................................................... Jenis – jenis metode belajar..................1 Hakikat metode mengajar dalam pembelajaran................4 Kegiatan Belajar 3 2.....1 Kegiatan Belajar 2 1........1 1..............................................................................10 .Daftar Isi Modul 5 : PEMILIHAN METODE BELAJAR Kegiatan belajar 1 1.......

diantaranya : a. B. yang banyak melibatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru. 2. Karakteristik bahan pelajaran/ materi pelajaran ada beberapa aspek dalam materi pelajaran. hukum. SMK dan seterusnya. Aspek Konsep (Concept). Memungkinkan siswa belajar dalam pemecahan masalah. HAKIKAT METODE MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN Metode mengajar merupakan salah satu komponen yang harus digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena untuk mencapai tujuanpembelajaran maupun dalam upaya membentuk kemampuan siswa diperlukan adanya suatu metode atau cara mengajar yang efektif. misalnya SD. A. a. ketentuan dan prosedur yang harus ditempuk. SMA. diantaranya. Aspek Prinsip (principle). 4. dalil. SMP. merupakan subtansi isi pelajaran yang berhubungan dengan pengertian. label. Tujuan pembelajaran (Instruksional) adalah tujuan yang harus dalam suatu pokok bahasan tertentu. b. atribut. data-data yang memiliki esensi objek dan waktu. disikapi dan atau dilakukan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran ada beberapa tingkatan dalam tujuan pembelajaran. .KEGIATAN BELAJAR 1 Hakikat dan faktor – faktor dalam pemilihan Metode Mengajar Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan. seperti nama dan tahun yang berhubungan dengan peristiwa. c. diantaranya berikut ini: 1. Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam metode mengajar ini. Tujuan pembelajaran atau kompetensi siswa Tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar merupakan pernyataan yang diharapkan dapat diketahui. c. Tujuan bidang studi adalah tujuan yang harus dicapai oleh suatu mata pelajaran atau suatu bidang studi. Aspek fakta (fact) merupakan subtansi isi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa lalu. Memungkinkan siswa selalu ingin menguji kebenaran sesuatu. karakteristik. Harus dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni. merupakan subtansi isi pelajaran yang berhubungan dengan aturan. Tujuan institusional adalah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu lembaga pendidikan. 3. FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN METODE BELAJAR 1. atau ide dan gagasan sesuatu. Harus dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa 2. b.

e. Waktu yang digunakan Ada beberapa metode mengajar yang dianggap relatif banyak menggunakan waktu. yang benar dan salah. seperti metode pemecahan masalah dan inkuiri. dan berpikir ilmiah. Aspek nilai (value). . berpikir taktis. merupakan substansi materi pelajaran yang berhubungan dengan pembentukan kemampuan menyelesaikan persoalan. Penggunaan metode ini kurang tepat jika digunakan pada jam pelajaran yang alokasi waktunya cukup angkat. merupakan subtansi materi pelajaran yang berhubungan dengan aspek perilaku yang baik dan buruk. permasalahan. 3. Aspek Keterampilan intelektual (mtelectual skills). Aspek keterampilan psikomotor (psychomotor skills) merupakan substansi materi pelajaran yang behrubungan dengan pembentukan kemampuan fisik. berpikir inovatif. berpikir logis. yang bermanfaat atau tidak bermanfaat bagi orang banyak. f. berpikir sistematis.d. berpikir kritis.

METODE DISKUSI Metode mengajar diskusi merupakan cara mengajar yang dalam pembahasan dan penyajian materinya melalui suatu problema atau pertanyaan yang harus diselesaikan berdasarkan pendapat atau keputusan secara bersama. Sulit bagi yang kurang memiliki kemampuan menyimak dan mencatat yang baik. Relatif memerlukan waktu yang cukup banyak b. b. Proses pembelajaran ada pada otoritas guru. Bahan pelajaran sudah dipilih/ dipersiapkabn sehingga memudahkan untuk mengklarifikasi dan mengkaji aspek-aspek bahan pelajaran. c. b. 2. 1.KEGIATAN BELAJAR 2 Jenis – jenis Metode mengajar Metode mengajar merupakan cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar yang efektif dalam pembelajaran. A. Apabila siswa tidak memahami konsep dasar permasalahan maka diskusi tidak akan efektif. Materi pelajaran dapat menjadi lelah luas d. Menghayati permasalahan c. Materi pelajaran lebih cenderung pada aspek ingatan f. Keunggulan a. Yang aktif hanya siswa tertentu saja . 1. Metode ini dianggap ekonomis waktu dan biaya karena waktu dan materi pelajaran dapat diatur oleh guru. Peran guru lebih banyak sebagai sumber pelajaran e. METODE CERAMAH (LECTURE) Metode ceramah merupakan suatu cara penyajian bahan atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan dari guru. Kelemahan a. Keunggulan a. Target jumlah siswa lebih banyak. Merangsang siswa untuk berpendapat d. c. Bertukar pikiran b. B. Kelemahan a. Kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi secara total d. Kemungkinan menimbulkan verbalisme c. Mengembangkan rasa tanggung jawab 2.

Hanya menimbulkan cara berpikir konkret saja b. Sangat bergantung pada aktivitas siswa c. Banyak orang yang kurang menyenangi simulasi D. Dapat mengetahui hubungan yang struktural 2. Jika jumlah siswa banyak dan posisi siswa tdak diatur maka demonstrasi tidak efektif. . Melalui kegiatan kelompok dalam simulasi dapat membina hubungan personal yang positif e. METODE SIMULASI Metode simulasi merupakan salah satu metode mengajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok.C. Dapat membiasakan siswa untuk memahami permasalahan sosial d. Bergantung pada alat bantu sebenarnya d. Dapat membangkitkan imajinasi 2. b. b. Aktivitas siswa cukup tinggi dalam pembelajaran sehingga terlibat langsung dalam pembelajaran c. Dapat melakukan pekerjaan berdasarkan proses sistematis d. 1. Relative memerlukan waktu yang cukup banyak. Dapat mengembangkan rasa ingin tahu siswa c. Siswa dapat melakukan interaksi sosial dan komunikasi dalam kelompoknya. c. Keunggulan a. 1. Cenderung memerlukan pemanfaatan sumber belajar d. Kelemahan a. METODE EKSPERIMEN Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinay melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses. b. Keunggulan a. Sering terjadi siswa kurang berani dalam mencoba atau melakukan praktik yang demonstrasikan E. Kelemahan a. Siswa-siswa dapat memahami bahan pelajaran sesuai objek sebenarnya. METODE DEMONSTRASI Metode demonstrasi merupkan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukan secara langsung objek atau cara melakukan sesuatu sehingga dapat mempelajarinya secara proses.

Memberikan kesempatan pada siswa untuk memperoleh pengalaman nyata. Kelemahan. 1. Mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah b. Dapat menumbuhkan rasa senang. Membangkitkan rasa ingin tahu siswa b. Mengoptimalkan kemampuan siswa 2. METODE PEMECAHAN MASALAH Pemecahan amsalah merupakan salah satu cara yang harus banyak digunakan dalam pembelajaran karena metode pemecahan masalah merupkan metode mengajar yang banyak mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Waktu yang digunakan relatif lama b. Memerlukan alat dan biaya b. Kelemahan a. Membuat pembelajaran bersifat actual d. Sangat sedikit sekolah yang memiliki fasilitas eksperimen d. Memerlukan pengawasan dan bimbingan ekstra ketat G. a. Membangkitkan sikap ilmiah siswa c. Keunggulan a. Mengembangkan kemampuan kritis c. Guru dan siswa banak yang belum terbiasa melakukan eksperimen F.1. Kelemahan a. Keunggulan a. Bahan pelajaran tidak bersifat logis dan sistematis c. Memerlukan bimbingan dari guru . Keunggulan a. Memerlukan alokasi yang cukup banyak b. Mempelajari bahan pelajaran yang actual dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat d. METODE KARYAWISATA Pembelajaran outdoor hampir identik dengan pembelajaran karya wisata 1. Memerlukan waktu relative lama c. praktis konkret b. minat dan motivasi terhadap objek tertentu 2. Membina kebiasaan belajar kelompok maupun individu 2.

bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan pekerjaan dan tugas. Pengalaman belajar (learning experience) merupakan suatu proses kegiatan belajar untung mencapai kegiatan pembelajaran. Metode simulasi berdampak terhadap pengalman belajar siswa seperti berinteraksi. Metode ceramah berdampak terhadap penalman belajar tentang proses pemahaman suatu konsep. memperaktikan keterampilan secara proses. bekerja sama metode eksperimen berdampak terhadap pengalaman belajar seperti menemukan suatu konsep dan membuktikan sesuatu secara proses. berkomunikasi dalam kelompok. . Metode demonstrasi akan berdampak terhadap pengalaman belajar seperti memperhatikan proses yang sistematis. menggunakan alat dan bahan yang sebenarnya. bermain peran. Metode diskusi berdampak terhadap pengalaman belajar seperti.KEGIATAN BELAJAR 3 Hubungan pengalaman belajar dengan Metode mengajar Hasil belajar siswa atau prestasibelajar siswa akan diperoleh setelah siswa menempuh proses atau pengalaman belajarnya. fakta bahkan prinsip-prinsip. Setiap pemilihan dan penggunaan metode mengajar akan berdampak terhadap pengalaman siswa dalam pembelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful