BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Bagaimana suatu bangsa dapat mengenal bangsa lain? Ada beberapa cara yang menyebabkan suatu suku, bangsa, atau negara dapat mengenal budaya di luar suku, bangsa, atau negaranya sendiri. Pertama, melalui sarana perniagaan atau kehidupan ekonomi. Kontak perdagangan ini merupakan kondisi tak terelakkan dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang kian berkembang, saling memerlukan barang dan jual-beli benda. kontak ini merupakan awal terjadinya interaksi antar bangsa, terlebih setelah pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan sarana alat transformasi. Kedua, melalui penaklukan atau peperangan. Umumnya bangsa pemenang akan tampil sebagai penguasa, kadangkala diikuti dengan perubahan mendasar dalam hal sistem kebijakan pendidikan yang berlaku sebelumnya di negara yang ditaklukkan, meskipun kadang-kadang sistem dan kebijakan pendidikan sebelumnya ada yang tetap dipertahankan. Ketika terjadi imperialisme bangsa Barat terhadap negara berkembang, upaya pengenalan pendidikan kolonial dilakukan dengan tujuan asosiasi budaya, seperti yang pernah diterapkan olah Belanda terhadap Indonesia, Perancis terhadap Mesir, atau Inggris terhadap India, Malaysia, dan lainnya. Ketiga, adanya kontak antar negara melalui kerja sama bilateral yang bersifat mutual-cooperation, baik dalam bentuk pertukaran para ahli maupun pengembangan di bidang pengetahuan. Termasuk jalur ini adalah pertukaran diplomatik, budaya, pelajar, mahasiswa, guru, dosen, atau kerja sama luar negeri di bidang pendidikan.1
Abd. Rachman Assegaf, Internasionalisasi Pendidikan: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat, (Yogyakarta: Gama Media. 2003), hlm. 24-25.
1

1

Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas.sistem pendidikan yang ada di Inggris. Agar dapat mengetahui perbandingan antara sistem pendidikan di Inggris dengan sistem pendidikan di Indonesia. D. 2. Bagaimana sistem pendidikan yang dikembangkan di Inggris ? 2. maka dapat dirumuskan masalah yaitu : 1. Bagaimana pula perbandingan sistem pendidikan antara Inggris dan Indonesia ? C.Kontak antar negara dalam bentuk kerja sama pengembangan pendidikan secara langsung maupun tidak langsung akan sangat bermanfaat untuk memperluas cakrawala terhadap pendidikan nasional dan diharapkan dapat mengambil nilai-nilai positif dari negara tertentu untuk menunjang usaha peningkatan suatu kualitas pendidikan nasional. B. Alasan Memilih Judul Makalah Adapun alasan kami memilih negara Inggris karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara Inggris adalah satu-satunya negara yang 2 . Agar dapat mengetahui tentang sistem . Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah : 1.

3 . sistem pendidikan Inggris telah banyak mempengaruhi banyak negara dan adalah rumah untuk beberapa Universitas terkenal. Jadi. Perbandingan ini berguna untuk melihat persamaan dan perbedaan sistem pendidikan yang dikembangkan di kedua negara tersebut. Selain itu Inggris dikenal dengan standar pendidikannya yang tinggi.tidak pernah dijajah melainkan mereka selalu menjajah negara-negara lain. Apabila terdapat perbedaan maka perbedaan itu dapat kita pertimbangkan untuk bisa digunakan di negara Indonesia sebagai langkah awal untuk kemajuan pendidikannya. dapat ditarik kesimpulan apa yang menyebabkan negara Inggris ini tidak pernah terjajah sedikitpun dan seberapa besar pengaruhnya kepada negara bekas jajahan Inggirs ini.

juga kapal perangnya di masa silam. Sistem Pendidikan di Inggris 1. Profil Negara Inggris Sebelum kita membahas tentang pendidikan di Inggris. dan Irlandia Utara. Wales. hlm. Inggris adalah salah satu kerajaan yang tergolong tertua di benua Eropa. ada baiknya jika kita membahas tentang profil dari negara tersebut. 2 4 . 1968). Inggris adalah bangsa bahari yang mampu menguasai tujuh samudera itu dengan armada kapalkapal dagangannya. sehingga sering kali nama Inggris disamakan dengan keseluruhan negara tegrsebut atau disamakan dengan United Mahmud Junus. Perbandingan Pendidikan Modern Islam dan Intisari Pendidikan Barat.2 Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian lain yang membentuk menjadi satu dalam persatuan kerajaan Britania Raya (United Kingdom of Great Britain). 150-152.BAB II PEMBAHASAN A. Dalam sejarah perkembangannya Inggris telah berhasil membina bangsanya menjadi salah satu bangsa yang dapat menguasai tujuh samudra dengan semboyannya ”Rule the Waves” (kuasai gelombang samudera). (Djakarta: Al-Hidajah. Selain Inggris dalam Britania Raya tersebut terdapat pula negara lain yaitu: Skotlandia.

North East England. Sedangkan kota-kota besar di Inggris ada 8 yaitu: London. West Midlans.ciri pendidikan pribadi siswa. . 4 M. Newcastle upon Tyne. Manchester. hal ini benar. yaitu: Greater London. 1995).goverment) untuk bertanggung jawab mengatur sekolahnya sendiri yang berlangsung secara kolektif dari sejak tingkat dasar sampai tingkat tinggi. South West England and terakhir adalah South East England. wilayah Inggris meliputi dua pertiga dari Britania yang berbatasan dengan Skotlandia disebelah utara dan berbatasan dengan wales disebelah barat.395 km. Bangsa yang berjiwa bahari dan memiliki sifat. Pendidikan Abad Ke-20 dengan LB Kebudayaannya . Liverpool. Bristol. (Jakarta: Mutiara. Pendidikan Abad Ke-20 dengan LB Kebudayaannya.siswanya antara lain dengan memberikan “kedaulatan sendiri” (self. Negara ini pernah beberapa kali dikuasai oleh bangsa lain dan orang mempersatukan bangsa inggris sejak abad ke-9 adalah Egbert dari Wessex. Secara geografis. Di setiap jenis sekolah. 137. selalu nampak ciri. . East of England.sifat kesombongan (arogansi) itu ditempa melalui pendidikan yang menitik beratkan pada pembentukan kepribadian yang khas kepada generasi mudanya. Birmingham. hlm. 138. Said.Kingdom.4 3 M.3 Wilayah Inggris terbagi atas 9 (sembilan) bagian wilayah yang disebut propinsi. Said. Letak astronomis negara Inggris berada pada posisi 50 derajat sampai 60 derajat lintang utara dan 11 derajat-15 derajat bujur barat dengan luas wilayahnya 130.benar merupakan metode pendidikan yang dapat memberikan corak khas kepribadian mandiri pada masa dewasanya. Nort West England. Yorksire and The Humber. serta dengan Prancis disebelah selatan yang dipisahkan oleh selat Inggris. Leeds. 5 . dan Sheffield. hlm.

.hal baru. Dalam sistem kependidikan Inggris sebagaimana yang tercermin dalam berbagai jenis dan jenjang sekolah yang dikembangkan adalah menunjukkan bahwa pendidikan di Inggris lebih mementingkan spesialisasi keahlian dan keterampilan dalam berbagai lapangan hidup sesuai dengan bakat dan kemampuan murid. Sikap pendalaman kekhususan ilmu pengetahuan mereka dilandasi dengan pendidikan agama Kristen untuk memperkuat kepribadiannya. Said. Pengarahan demikian akan mempermudah siswasiswa untuk memilih langsung terjun ke dunia kerja atau meneruskan ke tingkat pendidikan tinggi. Demikian pula pengembangan bidang. Permulaan mengelola bidang pendidikan tersebut dilakukan 5 M. Akan tetapi sebaliknya. mereka dididik untuk berani meneliti dan menemukan hal. hlm.Mereka dididik untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui berbagai penelitian (discovery) dalam lingkungan hidupnya tanpa adanya rasa takut atau pun rasa malas. .5 Pemerintah di Inggris mula-mula enggan terlibat dalam pengelolaan pendidikan.bidang disiplin ilmu sosial dan humaniora serta arts (seni budaya) atau bahasa.Pemerintah Inggris pertama kali ikut mengelola bidang pendidikan baru terjadi pada tahun 1833. Penjurusan dalam pendidikan keahlian dan keterampilan merupakan suatu cara yang dapat menjadikan siswa lebih memperdalam ilmu yang menjadi jurusannya. Pendidikan Abad Ke-20 dengan LB kebudayaannya .benar telah di mulai secara terarah pada tingkat sekolah dasar dan menengah.muridnya pada pendidikan tingkat menengah. Pengembangan bidang teknologi praktis di tingkat menengah dan teknologi akademis di tingkat akademi dan perguruan tinggi benar. 6 . 140.

Pada pendidikan universitas. bebas dari campur tangan pemerintah pusat maupun dewan pendidikan daerah atau kementrian pendidikan dan urusan pendidikan daerah. Dalam pelaksanaan demokratis dalam kependidikan. baik negeri maupun swasta. Wewenang untuk menilai dan memberikan lisence melalui proses sertifikasi kepada guru-guru dan mengawasi pelaksanaan pembelajaran disekolah-sekolah diserahkan kepada gereja Inggris. Tud and Don Adams. Namun pada akhirnya pemerintah berhak mengawasi dan mencampurinya bilamana perlu.ciri khasnya masing.pemerintah dengan memberikan sejumlah kecil dana bantuan pada dua perkumpulan sekolah amal.masing secara otonom (mengatur dirinya sendiri). (IN.masing berdiri sendiri. 2005) Lebih lanjut dijelaskan bahwa pemberian dana publik untuk tujuan pendidikan dapat mempercepat perubahan kebijakan pemerintah. yaitu terbatas pada tingkat dasar atau menengah. masing. maka dibentuklah Select Committee of The Privy Council. Ketika jumlah sumbangan tahunan ditingkatkan.oleh karena universitas di Inggris langsung didirikan 7 . Perhatian pemerintah terhadap penyelenggaraan pendidikan ini selanjutnya membawa kepada upaya penetapan aneka peraturan yang menjamin keberadaan kepercayaan ortodoks dan kesetiaan kepada golongan yang berkuasa. Universitas bukanlah termasuk wilayah pemerintah. Sejak awal sumbangan hanya diberikan kepada sekolahsekolah yang direkomendasikan secara khusus oleh The National Society dan disetujui oleh institusi yang mendistribusikan dana tersebut. Inggris memberikan kebebasan kepada organisasi keagamaan untuk mendirikan sekolah dengan ciri. Sebelumnya pemerintah telah mengijinkan berdirinya yayasan pendidikan swasta dan sekali-kali memberikan bantuan dana kepada mereka.

b. . Matematika dan Sains. Pendidikan Abad Ke-20 dengan LB kebudayaannya . yang merupakan lembaga yang otonom. Tahun pertama dan kedua disebut infants dan tahun ketiga sampai ke enam disebut Junior. hlm. Siswa belajar mata pelajaran inti seperti Bahasa Inggris. hlm. Pestalozzi. Pendidikan Wajib Pendidikan wajib di Inggris meliputi sekolah dasar dan sekolah menengah.7 6 M. . dan sebagainya. Sistem Pendidikan di Inggris a. 158. . 7 8 . Perbandingan Pendidikan Modern Islam dan Intisari Pendidikan Barat . .6 2. Musik. Sekolah dasar di mulai dari usia 5 sampai 11 tahun dalam kurun waktu 6 tahun. Seni dan Olahraga.ahli kependidikan terkenal seperti Frobel. Juga ada pelajaran dasar seperti Sejarah. Geografi. 145. Pada level sekolah dasar ini tidak di adakan ujian bagi siswa mulai dari kelas satu sampai dengan kelas enam. kecuali ujian kemampuan yang dilaksanakan ketika anak berusia tujuh tahun. Mahmud Junus. Said. Terutama Jerman.oleh raja dengan keputusan raja (Royal Charter). Kalender Pendidikan Di negara kerajaan ini tahun ajaran berlangsung dari akhir September sampai akhir Juli dengan 2 bulan libur selama musim panas. banyak bermunculan ahli. Penekanan ada pada belajar secara praktikal dibandingkan menghafal. Sistem sekolahan di Inggris banyak terpengaruh oleh sistem pendidikan di daratan Eropa. Herbart.

Ditempuh selama 2 tahun. 8 9 . hlm. 3) Pasca Sarjana dan Doktoral Mahmud Junus. Dalam jenjang ini siswa akan belajar 3 sampai 4 subjek untuk ujian A Levels. Di setiap jenjang siswa memperdalam pelajaran mereka pada mata pelajaran inti dan ditambah setidaknya satu pelajaran bahasa asing. Education atau GCSE. Siswa yang akan lulus biasanya harus mengikuti ujian akhir. Program ini biasanya berlangsung selama tiga tahun dimana selama itu siswa dapat menyelesaikan pelajaran dan tutorial di bidang masingmasing. Pendidikan Pilihan 1) A levels A Levels adalah lanjutan dari sekolah menengah atas jika mereka ingin masuk ke bangku universitas.” 8 c. Setelah ujian siswa sekolah menengah dapat meninggalkan sekolah untuk bekerja. yang dikenal dengan “A Levels. mengikuti program training di sekolah kejuruan atau teknik. Perbandingan Pendidikan Modern Islam dan Intisari Pendidikan Barat . siswa di Inggris dapat memilih jurusan art dan sciences. . atau melanjutkan 2 tahun lagi untuk menyiapkan diri bagi ujian masuk universitas. Pada tahun ke-4 barulah mereka mempersiapkan diri untuk mengikuti ujianujian yang disebut General Certificate menyelesaikan of Secondary GCSE. 161-162. .Sekolah menengah dimulai dari umur 11 sampai 16 tahun dalam kurun waktu normal 5 tahun. 2) Program Sarjana Ditingkat sarjana.

Bagaimana hubungan antara pendidikan dan pekerjaan sebagaimana menyiapkan peralihan dari sekolah ke dunia kerja. Gelar yang mereka peroleh adalah Master Arts (MA) atau Master Science (MSc) dan Master setelah studinya. Meskipun Inggris tergolong Negara maju dalam industry dan teknologi. mereka in Business menyelesaikan tesis dan Administration (MBA) menyelesaikan semua studinya. meskipun tugas pokok sekolah (menurut pandangan mereka) bukanlah memberikan pendidikan Mahmud Junus. Problem – Problem Pendidikan di Inggris Problem – problem pendidikan di Inggris pernah dilaporkan oleh Persatuan Nasional Guru Inggris dan Wales yang pokok – pokoknya dikemukakan dalam kongres ke – 27 di Jakarta sebagai berikut : a. Oleh karena itu diusahakan agar hubungan antara sekolah dengan dunia kerja dipererat. di jenjang ini siswa harus membuat mengikuti ujian akhir. Seperti di Indonesia.9 3. Orang Inggris masih belum merasa puas tentang keharusan adanya hubungan antara sekolah dengan kebutuhan praktis bagi siswa. . hlm. Siswa pasca sarjana juga dapat meneruskan program doktoral atau PhD. dan sebagainya.problema yang tidak mudah dipecahkan. namun dalam masalah kependidikan juga masih dirasakan adanya problema. holding company.perusahaan. misalnya dengan perusahaan. .siswanya dalam memasuki dunia kerja. 9 10 . Perbandingan Pendidikan Modern Islam dan Intisari Pendidikan Barat .Jenjang ini dilaksanakan 1 sampai 2 tahun. 162.

c. Guru untuk hari esok harus mampu menjabarkan pengertian bagi siswanya tentang adanya kenyataan yang ada di dalam masyarakat bahwa di sana terdapat berbagai kepentingan yang terlatar belakang multirasial dan multikultural. Pengembangan sarana pendidikan. b.benar dapat dilaksanakan secara merata sampai kepada orang.kanaknya tidak mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan. Hal ini menyangkut sistem dan metodenya. Sekolah hanya membantu siswasiswanya bagaimana cara memecahkan masa peralihan yang sering menyulitkan itu. dan dilain pihak bila fasilitas itu dikurangi. Pendidikan guru untuk hari esok. d. yakni banyak guru yang menganggur. terutama bila di sejajarkan dengan pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi tersebut di satu pihak akan mengurangi tenaga guru itu sendiri. Profesi keguruan harus dipersiapkan secara matang melalui sistem pendidikan tinggi yang lamanya 4 tahun. Sehubungan dengan strategi ini. pendidikan guru harus ditingkatkan lagi mutunya. Pengembangan fasilitas atau sarana kependidikan ini akan memakan banyak biaya. sehingga harapan masyarakat luas untuk mendapatkan hasil kependidikan anaknya semakin dapat terpenuhi. yang perlu dipecahkan ialah bagaimana agar pendidikan sepanjang hayat tersebut benar. maka akan menimbulkan hambatan belajar dari siswa.kekaryaan yang berkaitan dengan lapangan kerja di perusahaan.perusahaan. juga akan membatasi pertumbuhan ekonomi di masa datang.orang berusia lanjut atau dewasa yang pada masa kanak. Rasa keterikatan dengan pendidikan sepanjang hayat. Siswa 11 . Sehubungan dengan masalah ini.

Perbedaan pada masa belajar dan jumlah pelajaran pada kedua negara tidak menjadi penyebab bebas buta aksara. (Yogyakarta: Laksbang Grafika. 11 10 12 .harus menjadi orang dewasa yang benar. Pendidikan Komperatif: Menuju Ke Arah Metode Perbandingan Pendidikan Antar Bangsa. Negara Inggris lebih baik dibanding dengan negara Indonesia.02 WIT. rasio guru dan konsekuensi yang harus diambil siswa jika tidak lulus Ujian Nasional.11 Adapun perbandingan sistem antara negara Inggris dan Indonesia dapat diambil dua point yaitu sebagai berikut : http://www. hlm.kurvaku. Perbedaan jumlah guru dan murid ini dapat mempengaruhi proses pendidikan yang dilaksanakan pada masing – masing negara.10 B.cc/2010/01/sistem-pendidikan-di-inggris.benar matang pandangan berfikirnya tentang masalah hak asasi manusia dan sebagainya. jam efektif. Yang menjadi salah satu faktor kenapa negara Inggris lebih baik dari negara kita yaitu Indonesia ( ditinjau dari bebas buta aksara ) adalah rasio antara guru dan murid. 164.co. jumlah mata pelajaran. Perbedaan tersebut terletak pada masa studi.html diakses : Minggu. Proses pendidikan yang dilakukan oleh Inggris tentunya akan lebih efektif jika dibandingkan dengan negara Indonesia. 2010). Arief Rahman. Perbandingan Sistem Pendidikan antara Indonesia dan Inggris Di dalam sistem pendidikan Indonesia dan Inggris terdapat jelas perbedaan. 25 Maret 2012 Pukul 11.

hlm. 1994) . Kalau di Indonesia siswa SD baru diperkenalkan dengan komputer itupun belum semuanya. sedangkan di negeri Putri Diana ini anak SD sudah diharuskan belajar jejaring sosial seperti twitter dan ensiklopedia online wikipedia.( Surabaya: Karya Abdi Tama.a. 13 . Biaya pendidikan di Indonesia padahal sudah gratis tetapi masih ada saja yang bayar sampai saat ini sedangkan di Inggris biaya sekolah sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah. Perbandingan Pendidikan. b. 37.12 12 Tajab.

maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Sistem pendidikan di Inggris sangat berbeda dengan Indonesia. 14 . Kesimpulan Berdasarkan uraian dalam pembahasan diatas. Adapun perbandingan sistem pendidikan antara Indonesia dan Inggris. bahkan mereka juga sudah diajarkan dengan yang namanya internet. Indonesia juga sudah jauh tertinggal. walaupun ada yang sama tetapi jika dilihat dari segi masa studi. Saran Sebaiknya. kita sebagai mahasiswa yang nantinya akan terjun kedunia pendidikan sebagai seorang pendidik maka dapat menerapkan beberapa hal yang dilakukan oleh Inggris dalam pendidikannya. tetapi itu hanya sebagian saja siswa yang diajarkan. mereka sudah diajarkan dengan yang namanya komputer serta cara penggunaannya. Sedangkan di Indonesia memang sudah ada di bangku SD diajarkan tentang komputer. 2. Di Inggris anak – anak yang berada di bangku SD misalnya.BAB III PENUTUP A. Misalnya hanya siswa dari kelas 4 sampai saja yang diajarkan tentang komputer. jumlah pelajaran dan sebagainya maka Inggris jauh lebih unggul daripada Indonesia. B. Dan bahkan hanya beberapa sekolah saja yang mengajarkan hal tersebut di tiap kecamatannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful