P. 1
Jawaban Kuis Dan Soal 3J

Jawaban Kuis Dan Soal 3J

|Views: 806|Likes:
Published by Dimas Hendra

More info:

Published by: Dimas Hendra on May 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

soal KUIS 3J dan 3K

NASKAH QUIZ AUDIT KEUANGAN SEKTOR KOMERSIAL.

1. APA YANG DIMAKSUD DENGAN KERTAS KERJA PEMERIKSAAN. APAKAH KERTAS KERJA DIPERSYARATKAN DALAM SEMUA AUDIT. *catatan yang dipersiapkan dan disimpan oleh auditor yang isinya meliputi prosedur audit yang diterapkan, pengujian yang dilakukan, informasi yang diperoleh serta kesimpulan yang dicapai dalam penugasan audit.Kertas Kerja harus ada dalam semua audit karena Informasi yang tercantum dalam kertas kerja merupakan catatan utama pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh auditor dan kesimpulan-kesimpulan yang dibuatnya mengenai masalah-masalah yang signifikan 2. APA TUJUAN SURAT PENUGASAN (ENGAGEMENT LETTER ) . SUBYEK/ISI APA YANG TERCAKUP DALAM SURAT PENUGASAN. *Tujuan: Menjelaskan tentang syarat-syarat pekerjaan audit yang akan dilaksanakan oleh auditor. *Isi Yang tercantum dalam Surat penugasan: -Tujuan audit atas laporan keuangan. -Tanggung jawab manajemen atas laporan keuangan. -Lingkup audit, termasuk penyebutan undang-undang, peraturan, pernyataan dari badan profesional yang harus dianut oleh auditor. -Bentuk laporan atau bentuk komunikasi lain yang akan digunakan oleh auditor untuk menyampaikan hasil perikatan. -Fakta bahwa karena sifat pengujian dan keterbatasan bawaan lain suatu audit, dan dengan keterbatasan bawaan pengendalian intern, terdapat risiko yang tidak dapat dihindari tentang kemungkinan beberapa salah saji material tidak dapat terdeteksi. -Akses yang tidak dibatasi terhadap catatan, dokumentasi, dan informasi lain apa pun yang diminta oleh auditor dalam hubungannya dengan audit. -Pembatasan atas tanggung jawab auditor. -Komunikasi melalui e-mail.

Penyelesaian Audit 4. Perencanaan awal b. Memperoleh informasi mengenai kewajiban hukum klien d. *Fase:Perencanaan. APA TUJUAN MENGGUNAKAN PROSEDUR ANALITIS PADA TAHAP PERENCANAAN SUATU AUDIT ? DAN APA PULA TUJUAN PADA TAHAP PENELAAHAN AKHIR ? Tujuan Pada Tahap Perencanaan: untuk membantu menentukan sifat. Memperoleh informasi mengenai latar belakang c. DOKUMENTASI PERENCANAAN APA YANG DIPERLUKAN DALAM SETIAP AUDIT? a. 5. luas.Pengujian. dan membantu auditor mengambil “pandangan objektif” akhir pada laporan keuangan yang telah diaudit. dan penetapan waktu prosedur audit Tujuan Pada Tahap penelaahan Akhir: sebagai review akhir atas salah saji yang material atau masalah keuangan.3. SEBUTKAN TIGA AREA AUDIT DIMANA PROSEDUR ANALITIS DAPAT DIGUNAKAN DAN MENGIDENTIFIKASI AREA DIMANA AUDITOR DISYARATKAN UNTUK MENGGUNAKAN PROSEDUR TERSEBUT. Melaksanakan prosedur analitis pendahuluan .

misalnya mengenai kompetensi bahan audit.sebuah cek dari satu rekening bank dgn segera disimpan di rekening kedua untuk dikredit sebelum akhir periode . Mengembangkan rencana audit dan program audit 6. Resiko Usaha:tingkat resiko bahwa auditor atau kantor akuntan publik akan menderita kerugian yang diakibatkan hibungannya dengan klien . FAKTOR2 APA YG PERLU DIPERTIMBANGKAN AUDITOR DALAM MENILAI BUKTI YG DIPEROLEH DARI PENGUJIAN PENGENDALIAN.walaupun laporan audit yang diberikannya sudah pantas 9. Risiko audit yang dapat diterima ( Acceptable Audit Risk ) b. Risiko bawaan ( Inherent Risk ) c.efektivitas struktur pengendalian intern klien.e.sehingga akan memperbesar Acceptable Audit risk 10. BEDAKAN RISIKO AUDIT DENGAN RISIKO USAHA/BISNIS. Menentukan materialitas dan menetapkan resiko audit yang dapat diterima dan resiko bawaan f. Kitting:Mentransfer uang dari satu bank ke bank lainnya dan mencatat transaksi tersebut dengan tidak benar. 8. APA YANG MERUPAKAN TIGA KOMPONEN UTAMA DARI MODEL RISIKO AUDIT ? Tiga Komponen utama Model Resiko Audit: a. APA YANG DIMAKSUD DENGAN KITTING. Risiko pengendalian ( Control Risk ) BAGAIMANA RISIKO KESALAHAN PENYAJIAN KARENA KECURANGAN MEMPENGARUHI MODEL RISIKO AUDIT TERSEBUT Kesalahan Saji karena kecurangan akan mengakibatkan Resiko pengendalian semakin besar.? *Memahami Bisnis dan Industri Klien: -Industri dan Lingkungan Eksternal -Operasi dan Proses Bisnis -Manajemen dan Tata Kelola -Tujuan dan Strategi -Pengukuran dan Kinerja 7. Memahami struktur pengendalian intern dan menetapkan risiko pengendalian g. PENGETAHUAN APA TENTANG USAHA KLIEN DIPERLUKAN DALAM SUATU AUDIT. Resiko Audit:Suatu tingkat ketidakpastian tertentu dalam pelaksanaan audit.Ketika mendekati tgl neraca.

Jenis Subsequent: a. ADA BERAPA JENIS SUBSEQUENT EVENTS TERSEBUT. B) TERLALU TINGGI ? A. disertai dengan saran-saran perbaikan dari Auditor 13. JELASKAN APA YG AKAN TERJADI APABILA JUMLAH RUPIAH DARI MATERIALITAS DITETAPAN : A) TERLALU RENDAH ? .dlm melakukan transfer tsb penggelap uang memastikan bahwa cek disimpan pada saat2 terakhir shg tidak di kliring oleh bank pertama hingga akhir periode BAGAIMANA CARANYA AUDITOR MEYAKINKAN DIRINYA BHW KITTING TELAH DAPAT DIDETEKSI DAN TDK BERPENGARUH THD LAPORAN KEUANGAN. Terlalu Rendah:Sesuatu yang standarnya dianggap tidak material akan dianggap material dan akan mengakibatkan SELAIN . isinya memberitahukan kelemahan dari pengendalian intern perusahaan (baik material maupun immaterial weaknesses) yang ditemukan selama pelaksanaan pemeriksaan. APA SEBABNYA SUATU PERUSAHAAN MEMERLUKAN PROSEDUR PENGENDALIAN LINGKUNGAN PENGENDALIAN DAN SISTEM AKUNTANSI ? 14. KENAPA AUDITOR PERLU MEMERIKSA PETTY CASH DAN MELAKUKAN CASH OPNAME.akuntansi. PADAHAL JUMLAHNYA KECIL-KECIL. Auditor mendata semua transfer antar bank yang dilakukan beberapa hari sblm dan stlh tgl neraca serta menelusuri masing2 ke catatan akuntansi agar pencatatannya benar 11. JELASKAN DENGAN CONTOH SEPERLUNYA AGAR PERBEDAANNYA MENJADI JELAS. SIAPAKAH YANG MENERBITKAN MANAGEMENT LETTER ITU Management Letter diterbitkan oleh Auditor APA SAJA ISINYA DAN ADAKAH PENGARUHNYA THD LAPORAN KEUANGAN. Peristiwa kemudian yang mempunyai dampak langsung pada laporan keuangan dan memerlukan penyesuaian b. URAIKAN LANGKAH-LANGKAH YG AUDITOR GUNAKAN DALAM MENERAPKAN KONSEP RISIKO AUDIT. 15. Peristiwa kemudian yang tidak berdampak langsung pada laporan keuangan tetapi pengungkapannya dianjurkan 12. Karena potensi penggelapan dan ekspektasi klien bahwa auditor tidak akan memeriksa akun tersebut walaupun jumlahnya tidak material 16.

JELASKAN APA SEBABNYA KECURANGAN YANG DILAKUKAN OLEH MANAJEMEN SENIOR SECARA POTENSIAL JAUH LEBIH SERIUS BAGI AUDITOR DARIPADA AKTIVITAS KECURANGAN YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN. DEFINISIKAN MODEL RISIKO AUDIT DAN JELASKAN SETIAP ELEMEN DARI MODEL TERSEBUT. sebelum memperhitungkan keefektifan pengendalian internal. *Faktor yang mempengaruhi resiko bawaan:          Sifat bisnis klien Hasil audit sebelumnya Penugasan awal versus penugasan berulang Pihak-pihak yang terkait Transaksi nonrutin Pertimbangan yang diperlukan untuk mencatat saldo akun dan transaksi dengan tepat Unsur-unsur populasi Faktor-faktor yang berkaitan dengan pelaporan keuangan yang curang Faktor-faktor yang berkaitan dengan misapropiasi aktiva 18. CR(Control Risk) mengukur penilaian auditor mengenai apakah salah saji yang melebihi jumlah yang dapat ditoleransi dalam suatu segmen akan dicegah atau terdeteksi secara tepat waktu oleh pengendalian internal klien  BAGAIMANA MODEL TSB MEMBANTU AUDIT DALAM PERENCANAAN AUDIT? 19. TETAPI SULIT 20. AKAN DITERAPKAN DALAM PRAKTEK. JELASKAN APA SEBABNYA KONSEP MATERIALITAS ADALAH PENTING. APAKAH AUDITOR INDEPENDEN DISYARATKAN UNTUK MENGGUNAKAN PEKERJAAN YG DILAKUKAN OLEH AUDITOR INTERN ? .17. BAGAIMANA TINGKAT RISIKO AUDIT MEMPENGARUHI AKUMULASI BUKTI AUDIT ? DAN FAKTORFAKTOR APA YANG MEMPENGARUHI PENAKSIRAN RISIKO BAWAAN. Karena Manajemen Senior mempunyai kewenangan untuk mengubah beberapa kebijakan perusahaan Untuk menutupi kecurangan yang dilakukannya sehingga sulit dideteksi oleh auditor 21. Model Rsiko Audit:model yang digunakan terutama dlam tahap perencanaan dalam menentukan berapa besar bahan bukti yang harus dikumpulkan dalam tiap siklus Elemen model resiko audit:   PDR(planned detection risk) risiko bahwa bukti audit untuk suatu segmen akan gagal mendeteksi salah saji yang melebihi salah saji yang dapat ditoleransi IR(Inherent Risk) mengukur penilaian auditor atas kemungkinan adanya salah saji (kekeliruan atau kecurangan) yang material dalam segmen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->