MAKALAH BIOLOGI DASAR SEL JARINGAN ORGAN RESPIRASI DAN FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN

DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 KELAS IA NAMA-NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
1.ALBERTINA SESARIA 2.CEMING L. W. GEGO 3.CELINA CERIU KANTUS 4.AGNES HELVITA 5.ADRIANUS F. DAUNG 6.BASILIUS P. EMANAN 7.AGUSTINA MINDANG 8.ARDIANUS S. REKONG 9.ADELAIDA DAONG

1

Kami juga menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih banyak kekurangan. kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur atas Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. 2 . karena atas segala berkat dan rahmatNya. Dalam menyusun makalah ini kami mengalami banyak tantangan. Tidak lupa pula kami mengucapakan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah Biologi Dasar dan semua pihak yang telah membantu kami dalam membuat makalah ini. Sebagai manusia yang penuh keterbatasan. maka kami mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini.namun berkat bantuan Tuhan dan sumber –sumber yang kami ambil sebagai acuan untuk menambah wawasan kami dalam menyelesaikan makalah ini. kami juga mengharapkan agr makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca demi menambah wawasan dan pengetahuan.

................................................16 DAFTAR Pustaka................................................i Kata Pengantar.............ii Daftar Isi............................Saran.......................................iv C.............13 F.......iv B.............................................................................................................................Metode Penulisan........Jaringan........................................................Fotosintesis pada tumbuhan.iii BAB I PENDAHULUAN A..............................................Kesimpulan....................17 Iv 3 ..............................................................................Respirasi................................................................................Bagian Sel...................................................Organ........................................7 D.........................................................Tujuan Penulisan....................................................................................................Latar Belakang........................16 B.........................................................................................iv BAB II ISI A...........................................................15 BAB III PENUTUP A...................................................................................................................................DAFTAR ISI Halaman Judul..............1 B.......................................................................................9 E...........Pengertian Sel..............................................................................................................................................2 C......................................

bunga. yaitu respirasi aerob dan anaerob. dan fotosintesis pada tumbuhan agar pembaca dapat mengerti tentang tumbuhan. dan segala bentuk benda yang hidup di permukaan bumi ini.Tujuan Penulisan Tujuan penulisan kami adalah menjelaskan tentang sel. Salah satu yang dipelajari adalah tentang tumbuhan.Metode Penulisan Kami menggunakan buku-buku panduan untuk menyelesaikan makalah ini.organ. Fotosintesis merupakan proses pengubahan zat organik. struktur dan fungsi yang sama. biji. jaringan. akar.Sel adalah unit terkecil dan fungsional makhluk hidup.Organ pada tumbuhan meliputi batang.BAB I PENDAHULUAN A. daun. ada dua bentuk respirasi. Respirasi pada tumbuhan. air dan karbondioksida oleh klorofil menjadi zat organik (karbohidrat) dengan menggunakan energi matahari. respirasi. organ. dan buah. jaringan.Latar Belakang Pada umumnya biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup.Dalam makalah ini kami membahas tentang sel. respirasi. B. C. 1 4 .fotosintesis pada tumbuhan. Jaringan merupakan sekelompok sel yang mempunyai asal.

Dia mengatakan bahwa.Max Schultze dan Thomas Huxley.Pengertian Sel Sel berasal kata Latin cella yang berarti ruangan kecil.yang didalamnya terdapat cairan (protoplasma) 3. Adapun pendapat para ahli mengenai defenisi sel yaitu: 1.lapisan dalamterdiri atas lemak (lipid).Walter Flemming dan Eduard Strasburger.Selaput plasma Selamput plasma tersususn atas lipoprotein .artinya hanya bisa dilalui oleh airdan zat-zat tertentu yang terlareut.Rudolf Virchow.Bagian Sel 1. yaitu sel merupakan kesatuan reproduksi dari makhluk hidup. sehingga memunculkan teori sel baru. B. Dia berpendapat bahwa bahwa sel merupakan. sel berasal dari sel yang telah ada(omnis cellula-cellula) 5. Dia berpendapat bahwa setiap makhluk hidup tersusun oleh sel 2. menurutnya sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan yang menunjukan. bahwa aktifitas yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup tercermin dalam aktifitas dalam sel 4.Fungsinya mengatur transportasi zat-zat dari dan kedalam zat. dia berpendapt bahwa.suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh membran.lapisan luar terdiri atas protein. mengamati pembelahan sel pada reproduksi sel.selaput plasma bersifat semipermiabel.Matias Scheiden. 2 5 .Robert Brown.BAB II ISI A.

3.enzim pencernaan.anak inti. plasma inti. disebut sitoplasma.dan benang kromatin. Nukleus terdiri atas. sehingga proses repirasi lebih efekt.2. 4. Sesuai dengan fungsinya sebagai tempat respirasi sel. Hasil oksidasi pada mitokondria terbentuk ATP 5. Lisosom juga merupakan tempat pembentukan enzim. 8. Plasma yang terdapat didalam sel dan terletak antara dinding dan inti sel.Inti sel (nukleus) Fungsinya sebagai pusat pengaturan seluruh proses yang terjadi di dalam sel. seperti leukosit.Lisosom Organel ini hanya terdapat pada sel hewan saja. Ribososm berfungsi mensintesis protein. 6. monosit dan limfosit(sel darah putih) 7.Retikulum Endoplasma Merupakan saluran-saluran halus dan berlekuk-lekuk. Krista berguna untuk memperluas bidang permukaan. dan dinding lapisan sebelah dalam berlekuk-lekuk yang disebut krista. Mitokondria tersebuat mempunyai struktur sel yang berdinding rangkap. selaput inti.Mitokondria Berfungsi sebagai tempat repirasi sel.Plasma sel Nukleoplasma adalah plasma yang terdapat didalam nukleus(inti).Ribosom Terdapat di retikulum endoplasma dan berupa butir-butir halus. 3 6 . berfungsi menghubungkan nukleus dengan sitoplasma. maka di dalam mitokondria terdapat enzim-enzim yang berperan dalam reaksi kimia dalam Kreb Cycle (Daur Kreb).Aparatus golgi (Badan golgi) Berfungsi untuk proses pengeluaran dari sel atau ekskresi sel. Dan banyak terdapat pada sel-sel yang menyelenggarakan imunitas.Badan golgi banyak ditemukan pada sel-sel kelenjar.

kristal karbonat. 10.Asam-asam organik. C. teubromin pada buah coklat. kristal silikat. Butir-butir aleuron.Jaringan Jaringan merupakan kumpulan sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. misalnya. nikotin.Jaringan meristem Jaringan meristem adalah jaringan yang terdiri dari sekelompok sel-sel yang mempunyai sifat selalu membelah diri 4 7 .Vakuola(Rongga Sel) a. solanin pada umbi kentang.Jaringan Pada Tumbuhan Pada tumbuh-tumbuhan jaringan dapat dikelompokan menjadi beberapa macam.Kristal-kristal. Kedua sentriol akan jadi bintang kutub dan di antara keduanya terbentuk serat gelendong(benang gelendong). Senyawa organik. papain.9. Butir-butir amilum. zat-zat tersebut adalah:alkaloida yang artinya senyawa kimia yang dapat bersifat racun dan mempunyai sifat-sifat fisiologi. kedua sentriol ini berfunsi kalau sel membelah..kafein. yaitu. kinin pada kulit kina. tein pada daun teh. a. Adapun macam-macam jaringan diantaranya yaitu: 1.Pada sel tumbuhan Dalam vakuola terdapat air sel dengan zat-zat yang larut dan mengendap di didalamnya. piperi. Sentrosom mengandung dua sentriol. kristal oksalat.Sentrosom Sentrosom hanya terdapat pada sel hewan saja.

yaitu a. Menurut fungsinya jaringan permanen dibagi menjadi: 1. merupakan jaringan penunjang yang banyak terdapat pada tumbuhan yang masih muda. b. 2.Jaringan pelindung Jaringan pelindung merupakan jaringan yang berfungsi untuk melindungi jaringan lainya.tempat menyimpan cadangan makanan. b.Jaringan kolenkim.Jaringan penunjang terdiri dari dua macam yaitu a.Dinding sel mengalami penebalan sellulosa yang biasanya terdapat di sudut-sudut selnya. 5 8 .sel umumnya berukuran besar dan berdinding tipis.b. 3.Jaringan permanen Jaringan permanen merupakan jaringan meristematis kembali dan terbentuk oleh adanya diferensiasi dari sel-sel meristem.Jaringan penunjang atau jaringan penyokong Jaringan penunjang merupakan jaringan berfungsi untuk menunjang agar tumbuhan dapat berdiri dengan kuat.banyak mengandung rongga-rongga antarsel c.sel mengandung kloroplas d. Sel jaringan parenkim mempunyai sifat-sifat.Jaringan dasar atau jaringan parenkim Jaringan parenkim merupakan jaringan yang terbesar. yang terdapat pada tubuhan.

yaitu a. trakea. antara xilem dan floem bersatu membentuk suatu ikatan pembuluh angkut.Floem (pembuluh tapis) Floem umumnya terdirei dari sel-sel yang masih hidup. Sel-sel penyusun xilem yaitu trakheid.Xilem(pembuluh kayu) Sel-sel xilem merupakan sel-sel yang mati dan berdinding zat lignin.organ dapat memiliki satu atau lebih fungsi tertentu. b.mengangkut hasil asimilasi dari daun keseluruh tubuh tumbuhan. b.4.Organ pada hewan dan manusia Organ merupakan bagian tubuh yang tersusun oleh beberapa jaringan yang terorganisir dan saling berkaitan satu dan yang lainnya.mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun Jaringan pengangkut terdiri dari. a. 1. D.Jaringan pengangkut Jaringan pengangkut berfungsi untuk jalur transportasi. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun. Organ-organ akan membentuk sistem organ dan antara organselalu terjadi adanya koordinasi. dan parenkim xilem. 6 9 . Floem berfungsi untuk mengangkut hasil asimilasi dari daun keseluruh bagian tubuh tumbuhan.pada bagian samping sel floem terdapat sel yang hidup yang disebut sel pengiring.Organ Berbagai jaringan bersatu dengan fungsi tertentu membentuk suatu alat tubuh atau organ.

dan sebagai pembiak vegetatif.pertumbuhan akar dikontrol oleh aktivitas meristem aplikal ujung dasar. sebagai alat penyimpananan cadangan makanan. cabang akar.Organ organ tubuh mempunyai bentuk dan posisi tertentu di dalam tubuh.Struktur morfologi akar Struktur luar akar terdiri dari batang akar.Struktur Anatomi Akar a.Epidermis Epiderimis akar berkembang dari protoderma.Sel epidermis akar berbentuk pipih dan berdinding tipis. menyerap air dan zat makanan.pada beberapa tumbuhan akar juga menjadi tempat menyimpan cadangan makanan. 2.misalnya pada ketela pohon. memperkokoh berdirinya batang.Organ pada tumbuhan Pada tumbuhan tingkat tinggi(kormofita) mempunyai organ yang paling lengkap a. sedangkan akar tunggang terdapat pada kelompok tumbuhan dikotil. Akar serabut terdapat pada golongan tumbuhan monokotil.Bagian paling ujung dari akar adalah titik tumbuhyang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra).Pada daerah dekat ujung akar sel-sel epidermis ini termodifikasi menjadi rambut akar.Akar Fungsi akar yaitu. rambut akar.Akar merupakan tempat masuknya air dan mineral dari tanah menuju ke seluruh bagian tumbuhan. Posisi organ di dalam tubuh disesuaikan dengan fungsinya sebagai pembentuk sistem organ tertentu.sistem perakaran dapat di bedakan menjadi menjadi dua.yakni akar serabut dan akar tunggang. 1. dan tudung akar.Pada tumbuhan tingkat tinggi. 7 10 . 2.

sedangkan kuncup ketiak disebut kuncup aksilar. 1. juga sebagai penyimpan bahan cadangan makanan.sel korteks sering mengandung zat tepung tepung atau kristal.dan perisikel.floem.jaringan pengangkut xilem. Korteks terdiri dari sel. sebagai alat transportasi zat makanan dari akar ke daun dan sebaliknya.Korteks Korteks merupakan daerah antara epidermis dengan silinder pusat. sebagai alat pembiakan vegetatif. Sel.Silinder Pusat (stele) Stele terletak di sebelah dalam lapisan endodermis. sehingga dapat tumbuh membesar karena mempunyai kambium. Sedangkan tumbuhan monokotil (berkeping satu) tidak mengalami pertumbuhan sekunder karena tidak berkambium. b.Stele pada akar tersusun oleh jaringan.sel yang tebal yang menandai batas korteks.Pita caspari mencegah air untuk masuk melintasi dinding sel. c.Batang Fungsi batang yaitu.Pada sel endodermis mudah terdapt penebalan dinding oleh zat suberin atau lignin mengelilingi dinding radial. 8 11 .Untuk masuk ke silinder pusat air melewati endodermis yang dindingnya tidak menebal yang disebut sel penerus air. Pada tumbuhan dikotil (berkeping dua) mengalamipertumbuhan sekunder.b.Endodermis Endodermis terdiri dari selapis sel. Penebalan ini disebut pita caspary. d.sel parenkim yang tersusun melingkar.Struktur morfologi batang Bagia dari ujung batang dan daunnya disebut kuncup terminal.

Stele tersebut disusn oleh xilem primer.Struktur Primer Batang  Struktur primer batang monokotil Struktur primer batang monokotil terdiri dari epidermis pada bagian luar dan pada bagian dalam dan terdiri atas ikatan pembuluh.merupakan bagian luar yang akan membentuk epidermis.  Prokambium terletak dibagian tengah sel.  Struktur primer batang dikotil  Epidermis merupakan jaringan berupa sel pipih yang berfungsi melindungi jaringan didalamnya.berdinding tipis .  Kortek. empulur dan skelerenkim.  Stele (silinder pusat).utamanya adalah menyimpan cadangan makanan. 9 12 .Lapisan luar dari stele dibatasi oleh perisikel atau perikambium .selnya lebih panjang.merupakan jarungan yang terletak dibawaepidermisyang tersusun dari sel-sel parenkima yang berbentuk bulat.merupakan bagian terdalam dari batang .floem primer.kambium vaskular dan empulur.2.Jaringan ini akan membentuk jaringan pembuluh xilem dan floem serta kambium vaskular.  Meristem dasar merupakan jaringan yang akan membentuk ampulur dan korteks. 3.Struktur anatomi batang  Protoderma.dan bervakuola besar .

dan berkas pembuluh angkut. Pada dasarnya daun terdiri dari epidermis. sebagai alat penguapan.sedangkan kearah dalam fe4logen akan membentuk feloderma atau parenkima gabus.  Kambium vaskular.merupakan jaringan kompleks. merupkan jaringan yang bersifat meristematis dan terbentuk dari prokambium .  Empulur .sebagai alat penyimpan bahan makanan.merupakan jaringan floem yang letaknya lebih dalam dari jaringan prtimer .yang dibentuk oleh jaringan kambium kearah luar  Xilem skunder. c.pertumbuhan xilem skunder terus menerus menyebabkan pembentukan jari-jari xilem semkin besar.jaringan xilem primer . 13 .merupakan jaringan kompleks karena tersusun oleh xilem dan trakeid. 4 Struktur sekunder batang  Floem skunder.merupakan jaringan xilem yang dibentuk oleh jaringan kambium kearah kedalam. parenkim.gabus merupakanjaribgan yang dibentuk oleh felogen(kambium gabus) kearah luar . sebagai alat perkembangan vegetatif.  Fleom primer.bagian dari batang yang tersusun oleh sel-sel parenkima sebagai tempat penyimpanan makanan. yang terbentuk pada pertumbuhan primer .Daun Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesa.merupakan jaringhan majemuk atau kompleks karena tersusun oleh beberapa macam sel yang mampu mengangkut zat organik hasil fotosintesis dari daun kebagian lain tumbuhan. Xilem primer.  Gabus dan kambium dasar.

Parenkim terdiri dari jaringan tiang(jaringan pagar atau jaringan palisade) dan jaringan bunga karang(jaringan spons).Bunga Fungsi bunga sebagai alat pembentuk sel kelamin. kadang-kadang lapisan lilin atau rambut-rambut. dan putik.Epidermis daun terdiri atas selapis sel dengan dinding berlapis kutikula. :jika buah itu dibentuk oleh banyak bakal buah dari banyak bunga. Bunga lengkap yaitu bunga yang mempunyai kelopak. Pada tumbuhan angiospermae buah dan bijinyasangat beraneka ragam.Tumbuhan berumah dua. Bagian bawah putik yang mengandung bakal biji bakal buah yang kelak akan menjadi buahh  Buah tunggal  Buah agregat  Buah majemuk :jika buah itu dibentuk oleh hanya satu bakal buah. :jika buah itu ditentukan oelh bayak bakal buah dari satu bunga.tubuhan berumah satu. e.Buah dan biji Fungsi biji sebagai alat perkembangbiakan. benang sari.yaitu bila bunga jantan dan bunga betina tidak terdapat pada satu tumbuhan. dan juga te rdapat mulut daun (stomata).yaitu bila bunga jantan dan bunga betina tidak terdapat pada satu pohon. d. Pada jaringanpalisade terdapat lebih banyak klorfil. mahkota. 11 14 .

Danjalur anaerob tidak menghasilkan energi ATP lagi selain yang di hasil tahap glikolisis. Ada beberapa jenis tumbuhan yan g kegiatan respirasinya menurun apabila konsentrasi oksigen di udara berada di bawah normal.Bakteri. dan tumbuhan lainnya. bayam.Respirasi  . Pernapasan anaerob dapat berlangsung di udara bebas . Tetapi reaksi anaerob tidak memecah glukosa menjadi karbondioksida dan air sepenuhnya. tetapi itu cukup untuk organisme sel tunggal anaerob. Hasil energi jalur anaerob memang kecil.Jalur fermentasi digunakan oleh organisme terdedah dalam kondisi kekurangan atau bahkan tanpa oksigen. Tahap terakhir yang hanya menghasilkan koenzim yang penting untuk proses anaerob.Fermentasi sering pula di sebut sebagai peragian alkohol atau alkoholisasi.  Respirasi Aerob Respirasi aerob adalah suatu proses pernapasan yang membutuhkan oksigen dari udara.misalnya wortel.E.protista lain yang hidup dalam perut hewan takaran kaleng sel otot kita melakukan jalur anaerob ini.Respirasi Anaerob Jalur anaerob atau jalur fermentasi yaitu jalur metabolisme yang tidak membutuhkan oksigen. 15 .tetapi prosses ini tidak menggunakan oksigen yang tersedia di udara.

b. yaitu a. klorofil dalam membran granum menyerap cahaya merah dan nila yang memiliki gelombang panjang.Reaksi gelap Reaksi gelap yaitu reaksi yang tidak terjadi fotosintesis akibat akibat dari tidak dilalui oleh cahaya dan fungsi dari cahaya tersebut adalah mambuka stomata.F.Selama tahap ini. Energi ditangkap oleh klorofil dan digunakan untuk memecah molekul air. Proses tersebut terjadi di dalam kloroplast pada sel tanaman yang disebut mesofil Dalam proses fotosintesis yang terjadi di dalam kloroplas berlangsung melalui dua tahap. Energi untuk roses ini diperoleh dari energi matahari yang di dalam proses fotosintesis diubah menjadi energi bentuk lain(ATP) dan selanjutnya energi ATP diubah atau digunakan untuk sintesis komponen organik. Pemecahan ini disebut fotolisis. 16 .Reaksi terang Reaksi terang terjadi jika ada cahaya.Fotolisis mengakibatkan molekul air pecah menjadi hidrogen dan oksigen.Fotosintesis Pada Tumbuhan Fotosintesis adalah proses bagaimana tanaman membuat molekul makanan dengan menggunakan sinar matahari dari bahan dasar karbondioksida dan air. misalnya cahaya matahari.