P. 1
Dampak Positif Dan Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Globalisasi

|Views: 142|Likes:
Published by San Dan Ern

More info:

Published by: San Dan Ern on May 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Globalisasi

Dampak dari perubahan akibat globalisasi ialah terjadinya pergeseran nilai nilai kehidupan di dalam masyarakat.dan di sisi lain perubahan globalisasi ini mempercepat pola kehidupan bangsa seperti pranata-pranata terbentuknya lembaga sosial baru,seni serta ilmu pengetahuan dan teknologi.Dalam perubahan globalisasi tentunya membawa dampak tersendiri baik berupa pengaruh positif maupun pengaruh negatih yang diantaraanya sebagai berikut : Dampak Positif a. Perubahan Tata Nilai dan Sikap Adanya moderenisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional. b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dampak Negatif a. Pola Hidup Konsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. b. Sikap Individualistik Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. c. Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain. d. Kesenjangan Sosial Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus moderenisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Perilaku konsumtif. Di era globalisasi ini. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Mudah memenuhi kebutuhan. 2. Globalisasi dapat memperluas kawasan budaya. 3) Kebudayaan Pop Citra. 5. Mudah melakukan komunikasi. Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD/ VCD atau DVD. Dampak negatif Globalisasi: 1. 3. Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri.      Sisi negative globalisasi budaya: Akibatkan erosi budaya Lenyapnya identitas cultural nasional dan local Kehilangan arah sbg bangsa yang memiliki jati diri. entah leh tradisi maupun oleh kebiasaan-kebiasaan yan berlaku. Informasi yang tidak tersaring. tetapi part time job. gagasan. 4. kesempatan individu untuk menentukan dirinya sendiri dibatasi masyarakatnya. .  Semakin merebaknya gaya hidup konsumerisme dan hedonisme. dislokasi atau krisis social-budaya dalam masyarakat. Orang-orang sudah tidak mengandal kerja penuh di kantor. 6. Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi ). Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk. 5. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat. Akibat dari pengaruh globalisasi:  Disorientasi. berpikir sempit. 4. Membuat sikap menutup diri. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang. 2. Hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme Cenderung pragmatisme dan maunya serba instant. Perempuan telah masuk dunia kerja. Globalisasi dapat timbulkan dampak negative.  Berbagai ekspresi social budaya asing yang sebenarnya tidak memiliki basis dan preseden kulturalnya. Dampak positif Globalisasi 1. dan gaya hidup baru menyebar dengan begitu cepat keseluruh pelosok dunia lebih daripada sebelumnya.Pengaruh Globalisasi dalam Bidang Sosial-Budaya Pengaruh globalisasi mengubah bentuk kehidupan keseharian kita secara mendasar diantaranya adalah: 1) Meningkatnya Induvidualisme Dulu. kesempatan individu untuk mengatur dan menentukan yang terbaik bagi dirinya sendiri sangat terbuka lebar 2) Pola Kerja Pekerjaan-pekerjaan mengarah ke era perekonomian berbasis pengetahuan. Dampak Globalisasi dalam bidang Sosial Budaya : Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Pengaruh globalisasi sosial dan budaya. 3.

U n t u k m e w u j u d k a n s a t u t a t a n a n k e h i d u p a n b a r u a t a u k e s a t u a n k o . Sebaikya kita sebagai anggota masyarakat paling tidak harus pandai-pandai menyikapi secara bijaksana denganadaya perubahan proses globalisasi tersebut.proses globalisasi tersebut sulit terkotrol dalam prosesnya di masyarakat.Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan. atau proses sejarah.atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat s a t u s a m a l a i n .sehingga kita dapat mengambil atau memilah hal-hal apa saya yang sesuai seperti budaya di masyarakat kita ini. Di dalam proses globalisasi itu sendiri tentunya pasti membawa dampak baik secara keseluruhan maupun tidak.Dan globalisasi juga mecakup seluruh proses di dalam bidang kehidupan sehingga tidak nampak lagi adanya batas batas yang mengikat secara nyata. . Sehingga dapat saya simpulkan bahwa dampak golobalisasi itu adalah sebagai berikut a) G l o b a l i s a s i merupakan suatu proses ya n g mencakup k e s e l u r u h a n d a l a m berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batasyang mengikat secara nyata. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial. yang terjelma didalam kesadaran orang. c) B a h w a d a m p a k ya n g d i t i m b u l k a n e r a g l o b a l i s a s i p a d a a s p e k s o s i a l ya i t u t e r j a d i p e r u b a h a n c i r i k e h i d u p a n m a s ya r a k a t . serta melalui interaksi yang terjadi dimasyarakat.eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis.globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasa geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting atau dalam hal ini nilai-nilai budaya asli kurang penting.ekonomidan budaya masyarakat Akibat adanya dampak perubahan dalam globalisasi di di masyarakat telah banyak menimbulkan perubahan dimensi besar.sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Sehingga sulit untuk di saring atau di kontrol.karena kita tahu sendiri.dan dampak tersebut tentunya akan membawa dalam hal pengaruh perubahan globalisasi yang bersifat positif maupun bisa juga membawa hal dalam perubahan yang bersifat negatif di dlam suatu kehidupan masyarakat. kecuali sekadar definisi kerja ). b) Bahwa proses terjadinya globalisasi dalam aspek sosial terjadi dengan cara melalui media baik secara langsung maupun tidak langsung.ANALISIS Kata "globalisasi" diambil dari kata global yang maknanya ialah universal . sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.

com/post/detail/2761/dampak-positif-dan-dampak-negatif--globalisasi-danmodernisasi .abatasa.Diposkan oleh Dampak globalisasi dalam bidang sosial budaya di 02:16 0 komentar http://globalisasi-sosial-budaya.blogspot.com/ 21 Mei 2009 http://afand.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->