A.

Keadaan Geografi Perancis terletak antara 41° dan 51° Utara, di sisi barat Eropa, dan terletak di zona iklim sedang utara. Wilayah utara dan baratlaut memiliki iklim sedang, sementara gabungan pengaruh laut, garis lintang dan ketinggian menghasilkan berbagai iklim di seluruh Perancis. Di tenggara iklim Mediterania terjadi. Di barat, iklim didominasi laut dengan curah hujan tinggi, musim dingin sejuk hingga musim panas hangat. Di darat iklimnya lebih kontinental dengan musim panas yang panas dan berbadai, musim dingin yang dingin dan kurang hujan. Iklim Alpen dan wilayah pegunungan lainnya adalah alpen, dengan jumlah hari dengan temperatur di bawah nol hampir 150 per tahun dan salju menutupi hingga enam bulan.

Gambar 1. Peta Perancis Perancis memiliki luas sekitar 547.030 kilometer persegi, yang merupakan negara terluas di antara semua anggota Uni Eropa dan sedikit lebih besar dari Spanyol. Perancis memiliki berbagai macam landscape, mulai dataran pantai di utara dan barat hingga deretan pegunungan Alpen di tenggara yaitu Massif Central di tengah-selatan dan Pyrenees di baratdaya. Perancis juga memiliki beberapa sungai yang cukup panjang seperti Loire, Garonne, Seine dan Rhône, yang membelah Massif Central dari Alpen dan mengalir ke Laut

Perbukitan dan pegunungan menjulang di wilayah sebelah timur.5 ft di bawah permukaan laut). yakni:  Perbukitan Brittany-Normandy adalah daerah yang memiliki bentang alam berupa dataran serta perbukitan rendah. : Laut Tengah dan Spanyol. Dataran utara termasuk datar dan mencakup perbukitan yang berhutan serta plato. : Teluk Biscay. dan Selat Dover. Swiss.  Lembah Rhine adalah wilayah ini memiliki lereng-lereng terjal serta dasar dataran yang rata. Daerah ini memiliki pantai berpasir putih di pesisir dan bagian pedalamannya memiliki hutan pinus. besi dan baja. Wilayah ini sangat padat penduduk dan kota Paris terdapat di kawasan ini.  Plato Timur Laut adalah wilayah timur laut berbatasan dengan Belgia yang dipisahkan dengan Pegunungan Ardennes. Wilayah ini juga menjadi pemasok buah anggur yang penting untuk industri minuman anggur Perancis. : Belgia.Mediterania di Camargue yng merupakan titik terendah di Perancis (2 m / 6.  Dataran rendah Aquitania. Laut Utara. Perancis memiliki 10 wilayah daratan utama. Daerah teluk-teluk di wilayah ini merupakan pelabuhan-pelabuhan penting. Daerah ini mencakup hutan dan menjadi semakin tidak rata di bagian tenggara (Pegunungan Vosges). Wilayah ini kaya akan hasil tambang bijih besi. Luxembourg. dataran bergelombang dan bukit-bukit pasir.  Dataran Perancis Utara adalah wilayah yang memiliki lahan yang subur dan industri yang produktif. Dataran ini dialiri oleh Sungai Garonne dan berbagai anak sungai bermuara ke sungai tersebut. Daerah pesisirnya merupakan dataran subur yang cocok untuk perkebunan buah apel dan padang rumput untuk penggembalaan sapi perah. dan Italia. tengah dan bagian selatan. Jerman. Berikut ini adalah batas secara administrasi negara Perancis:     Sebelah Utara Sebelah Selatan Sebelah Timur Sebelah Barat : Selat Inggris. Wilayah utara dan barat sebagian besar terdiri atas dataran rendah. Perancis memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Berbagai pepohonan dan ladang anggur memenuhi wilayah ini dan lahan pertanian subur terbentang sepanjang Sungai Rhine. Sungai ini merupakan aliran penting di daratan Eropa. .

sekitar 8% dari total permukaan semua ZEE dunia.000 km² / 3.000 sq mi) dan sebelum Australia (8. atau Jepang ($6. Di wilayah ini terletak Gunung Mont Blanc (4. Perancis adalah negara ke-18 dunia dengan PDB per kapita dengan $ 40.3 miliar). Jerman ($12.000 sq mi). Britania Raya ($14.    Alpen Perancis dan Pegunungan Jura membatasi wilayah Perancis dengan Italia dan Swiss.807 m). Pemerintah mempertahankan pengaruh terhadap bagian penting dalam sektor infrastruktur.000 kilometer persegi (4.000 sq mi). tahun 2004 Perancis adalah pengekspor barang manufaktur terbesar kelima di dunia dan pengimpor terbesar keempat di dunia. Perancis tercatat 14 pada Indeks Pembangunan Manusia PBB dengan 0. Tanah di wilayah ini tidak subur kecuali di beberapa lembah di mana gandum rye dan berbagai tanaman pangan diproduksi.260.351.383. dan telekomunikasi.6 miliar). Tahun 2003. Perancis adalah penerima investasi langsung asing terbesar ke-2 di antara negara OECD dengan nilai $47 miliar. B. Menurut OECD. Pesisirnya merupakan daerah wisata yang ramai dikunjungi. Dataran Rendah Mediterania dan Lembah Rhone-Saone memiliki daerah pertanian yang produktif dan irigasi dipergunakan secara ekstensif. Dengan memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang cukup besar dan beberapa sektor yang cukup berkembang maka sistem ekonomi Perancis menggabungkan perusahaan pribadi ekstensif dengan intervensi pemerintah substansial. dengan luas 11.232. pesawat terbang. listrik. dengan kepemilikan mayoritas atas firma rel kereta api. Pada tahun 2010. setelah Luksemburg tapi di atas Amerika Serikat ($39.9 miliar). Banyak puncak di jajaran ini memiliki ketinggian lebih dari 3000 meter.  Corsica adalah sebuah pulau di Laut Mediterania yang berjarak sekitar 160 km di sebelah selatan daratan utama.591 per penduduk. pada tahun 2010.872 (pembangunan manusia sangat tinggi) dan 25 pada Indeks Persepsi Korupsi. Keadaan Ekonomi Perancis memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) terbesar kedua di dunia.178. Menurut IMF.000 km² / 4. Dataran Tinggi Tengah atau Massif Central adalah daerah yang jarang penduduknya.9 miliar). Pada . setelah Amerika Serikat (11. Pegunungan Pyrenees membujur di perbatasan antara Perancis dan Spanyol.035.

3). Merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia.8 miliar). 78. menempatkan Perancis sebagai investor langsung luar terpenting kedua di OECD. meskipun semakin dikurangi.8 miliar) dan Jerman ($2. OECD juga mencatat bahwa Perancis memimpin negara G7 menurut produktivitas (diukur sebagaimana PDB per jam bekerja). Jerman ($42. Sebagai hasil investasi besar dalam teknologi nuklir. yang rata-rata 30% di bawah AS. di atas Amerika Serikat ($46. Tahun 2004.6 miliar). karena produktivitasnya yang tinggi. Faktanya. banyak listrik yang diproduksi di .9% di Britania. menjadi dapat dibandingkan dengan PDB per kapita negara Eropa lainnya. atau Jepang ($32.1). yaitu:    Sekitar 9% penduduk aktif tidak memiliki pekerjaan. Dalam edisi 2005 OECD in Figures. PDB per kapita Perancis lebih rendah dari PDB per kapita AS. yang membawa kepada tiga masalah yang mengurangi ukuran penduduk yang bekerja. Perancis adalah sebuah negara maju.tahun yang sama. Britania Raya ($39. Perancis juga negara Barat yang paling independen energinya karena investasi besar dalam tenaga nuklir (tenaga nuklir di Perancis).8% penduduk Perancis berusia 15-64 tahun bekerja. bila dibandingkan dengan 80.3 miliar). Siswa menunda selama mungkin masuknya mereka ke dalam pasaran buruh.6). Jepang ($28.5).7. perusahaan Perancis menginvestasikan $57. yang PDB per kapitanya lebih rendah dari Perancis. Alasannya adalah bahwa banyak persentase kecil penduduk Perancis yang bekerja bila dibangingkan dengan AS. PDB per jam yang bekerja di Perancis adalah $47. Perancis memiliki industri dalam sektor penerbangan yang cukup penting yang dipimpin oleh konsorsium Eropa Airbus dengan Swedia yang memiliki pelabuhan antariksa nasional pribadi (Centre Spatial Guyanais). Perancis memiliki salah satu persentase terendah penduduk berusia 15-64 tahun yang bekerja di antara negara OECD.3 miliar di luar Perancis.0% di Jerman. dan 71. Fenomena ini disebabkan oleh hampir tiga puluh tahun pengangguran massal di Perancis. yang juga membuat Perancis produsen paling sedikit karbon dioksida di antara tujuh negara industri di dunia. setelah Amerika Serikat ($173. Tahun 2004 68. menerima lebih dari 79 juta turis asing per tahun termasuk pelancong bisnis. 77.0% di Jepang. Selain jumlah yang menunjukkan produktivitas per jam yang bekerja lebih tinggi daripada di AS. Pemerintah Perancis memberi berbagai insentif kepada pekerja untuk pensiun pada awal usia 50 tahunan. dan di atas Britania Raya ($55. dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) di dunia.2% di AS.

karet.negara itu dibangkitkan oleh pembangkit tenaga nuklir (78. yaitu sebagai berikut:    Merah Hijau Biru : mineral (besi) dan non-mineral dan hasil pertambangan lainnya : mesin. Peta Industri di Perancis Dari peta diatas dapat kita lihat persebran berbagai sektor industry di Perancis yang tersebar hampir diseluruh wilayah di negara tersebut. Gambar 2. Untuk keterangan persebaran berbagai sektor Industri di negara tersebut dapat disajikan menggunakan diagaram pie/lingkaran. Berikut ini adalah keterangan dari masingmasing sektor industri di Negara Perancis yang disimbolkan dengan symbol bidang berwarna. meningkat dari 8% tahun 1973. dan 75% tahun 1990). yang menginformasikan masing-masing luasan atau banyaknya beberapa sektor yang bergerak pada sektor industri pada masing-masing wilayah. karet sintetis (buatan). 24% tahun 1980. pupuk buatan . teknik listrik (barang-barang elektronik) : bahan kimia.1% pada 2006. kendaraan.

Muara Sungai Rance di Teluk St Malo tercatat sebagai proyek tenaga listrik pertama yang menggunakan Arus Pasang Surut di dunia. kendaraan. Komoditi tersebut kemudian dikembangkan dengan menggunkan tekhnologi yang cukup . minyak bumi dan teknologi pengolahan minyak menempati urutan ke-2 di dunia menyusul AS. c. industri karet asli maupun sintetis dan industr pupuk buatan digunakan 195. naik dari hanya 8% pada tahun 1973. Selain itu alat-alat telekomunikasi (termasuk satelit komunikasi). uranium dikembangkan untuk proyek tenaga nuklir di Marcoule. b. 24% pada tahun 1980. kendaraan. Mineral (besi) dan non-mineral dan hasil pertambangan lainnya. karet sintetis (buatan). Perancis adalah penghasil terkecil dari karbon dioksida diantara tujuh negara industri di dunia. pakaian. Industri besi dan baja menempati peringkat ke enem di dunia. Industri mobil menduduki peringkat ke-4 di dunia seperti Renault. aerospace dan pertahanan. teknik listrik (barang-barang elektronik) Pada industri yang bergerak pada mesin. Citroen. pembangunan kapal (kapal angkatan laut dan spesialis) merupakan salah satu produk andalan di negara tersebut Perancis adalah negara terkemuka dunia dalam energi nuklir. Karena investasi besar dalam tenaga nuklir. rumah global energi raksasa Areva. dan 75% pada tahun 1990. kulit : pengolahan makanan. dan mencatat surplus perdagangan sebesar $ 6. Limbah nuklir disimpan di situs di fasilitas pengolahan ulang. Perancis memiliki industri yang berkaitan dengan hasil pertambangan dan merupakan salah satu penyumbang terbesar bagi pendapatan di negara tersebut. yaitu: a. Mesin.  Coklat Kuning : tekstil. Pada sektor industri di pertambangan Perancis memiliki beberapa sumber daya alam yang cukup tinggi. dan barang-barang elektronik. EDF dan GDF Suez. karet.4 miliar. Berikut ini merupakan keterangan dari masing-masing komoditi/produk yang bergerak pada sektor industri dari peta persebaran industri di Perancis. Bahan kimia. tenaga nuklir sekarang menyumbang sekitar 78% dari produksi listrik negara. pupuk buatan Pada tahun 1994. dan Peugeot serta maju dalam kemampuan pembuatan perlengkapan pembangkit listrik tenaga nuklir.000. sudah tidak diragukan lagi. obat-obatan. seperti Ladang Lacq yang ada di pegunungan pyrenia merupakan sumber gas alam terbesar dan sebagai penghasil belerang terbesar ke-5 di dunia.

dan subsidi UE hampir mencapai $14 miliar telah bergabung untuk menjadikan Perancis produsen dan pengekspor hasil pertanian terdepan di Eropa. Selain itu negara ini juga terkenal sebagai pembuat keju seperti keju Camembert. jam. sedangkan di daerah pantai barat laut sebagai penghasil sapi perah. sapi. Perancis Tengah juga merupakan daerah peternakan biri-biri. Pengolahan makanan. negar ini juga merupakan penghasil peternakan terbesar seperti unggas. dan penghasil ikan terbesar yang berasal dari kawasan Boulogne Sur-Mer. pembuatan teknologi modern. dan merupakan salah satu produk yang cukup benyak memiliki tingkat permintaan ekspor cukup banyak/tinggi hal ini disebabkan kualitas dri produk itu sendiri dan produk tersebut telah memiliki lisensi secara internasional. dan parfum seperti Chanel. Dior. Givenchy dan kosmetik juga merupakan salah satu komoditi yang cukup diperhatikan oleh pemerintah. pakaian. Perancis juga diakui sebagai penghasil anggur terbesar ke-2 dunia setingkat di bawah Italia. Brie dan Roquefort. e. sehingga permintaan akan ekspor ke beberapa negara cukup tinggi. Dalam sektor pertanian dan peternakan Perancis termasuk lima negara produsen gandum terbesar di dunia. penghasil susu ke-3 dan penghasil daging ke-4 di dunia dan juga industri pangan lainnya. selain gandum gandum. .canggih dan kini komoditi tersebut merupakan salah satu produk yang dikembangkan melalui sektor industry dan memiliki permintaan eksport yang tinggi karena kualitas yang dihasilkan cukup baik. Tekstil. dan babi. d. Selain itu. Tanah subur yang banyak. kulit Industri lain yang memiliki konstribusi cukup banyak bagi pendapatan negara tersebut yaitu industr sepatu kulit.

html#energy.com/read/2822372 http://en.wikipedia.utexas.org/wiki/Geografi_Perancis .org/wiki/Kategori:Ekonomi_Perancis https://dev.org/wiki/Economy_of_France http://id.DAFTAR PUSTAKA      http://www.wikipedia.lib.wikipedia.kabarbisnis.edu/maps/thematic.html\ http://id.

ANALISIS NEGARA MAJU DI DUNIA MENDESKRIPSIKAN NEGARA MAJU PADA SEKTOR INDUSTRI DI NEGARA PERANCIS Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Geografi Regional Dunia Dosen Pengampu : Disusun Oleh : Radita Karnilasari K5409047 Pendidikan Geografi FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful