Sejarah

Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.[2] Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.

Etimologi
Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (‫ : شجرة‬šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (‫ .) ت اري خ‬Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi. Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis. Menilik pada makna secara kebahasaan dari berbagai bahasa di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi.

Pengertian menurut para ahli

J.V. Bryce

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

W.H. Walsh

Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada halhal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Roeslan Abdulgani

Jumlah perubahan-perubahan. kejadian. 3.Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut. untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan. unik. kejadian. atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. Yamin Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.  Peristiwa yang unik Peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya. Dalam kehidupan manusia. Ali Moh. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan. Cerita tentang perubahan-perubahan. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia.  Moh. 2.  Peristiwa yang abadi Peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.  Peristiwa yang penting Peristiwa sejarah mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak. . mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut: 1.  Ibnu Khaldun (1332-1406) Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu. dan penting.[3] Dari beberapa uraian di atas dibuat kesimpulan sederhana bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi.  Moh.

keterangan mengenai zaman ini diperoleh melalui bidang-bidang seperti paleontologi. perlu klasifikasi yang baik untuk memudahkan penelitian. Sebenarnya. antropologi. Karena tidak terdapat peninggalan catatan tertulis dari zaman prasejarah. Will Durant. Salah satu contoh yaitu bangsa Mesir sekitar tahun 4000 SM masyarakatnya sudah mengenal tulisan. Zaman prasejarah dapat dikatakan bermula pada saat terbentuknya alam semesta. Dalam pemilahan tersebut. Para pengkritik tersebut melihat sejarah sebagai sesuatu yang tidak ilmiah karena tidak memenuhi faktor-faktor keilmuan. dan Ariel Durant menulis sejarah dalam lingkup umum. pendapat ini kurang bisa diterima akal sehat karena sejarah mustahil dapat diulang walau bagaimana pun caranya karena sejarah hanya terjadi sekali untuk selama-lamanya. dibuktikan dengan adanya prasasti yang berbentuk yupa yang ditemukan di tepi Sungai Mahakam. misalnya sosiologi. artinya sejarah hanya dipandang sebagai pengetahuan belaka. Inilah sebabnya Immanuel Kant yang disebut-sebut sebagai Bapak Sosiologi mengejek sejarah sebagai "penata batu-bata" dari fakta-fakta sosiologis. maka sejarawan mungkin akan terjebak ke dalam falsafah ilmu lain. sekitar abad ke-5. Berakhirnya zaman prasejarah atau dimulainya zaman sejarah untuk setiap bangsa di dunia tidak sama tergantung dari peradaban bangsa tersebut. Masa Pra-sejarah Prasejarah atau nirleka (nir: tidak ada. terutama faktor "dapat dilihat atau dicoba kembali". Walau mendapat tantangan sedemikian itu. contohnya. Berdasarkan negara (nasional). kebanyakan sejarawan memiliki keahlian dan spesialisasi masing-masing. Zaman prasejarah di Indonesia diperkirakan berakhir pada masa berdirinya Kerajaan Kutai.G. dinosaurus biasanya disebut hewan prasejarah dan manusia gua disebut manusia prasejarah. sedangkan sejarah adalah zaman setelah adanya tulisan. astronomi. . harus diperhatikan bagaimana cara penulisannya seperti melihat batasan-batasan temporal dan spasial tema itu sendiri. Kalimantan Timur. Ada banyak cara untuk memilah informasi dalam sejarah. Wells. Bila beberapa penulis seperti H. Hal ini menimbulkan suatu pengertian bahwa prasejarah adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan. bukan sebagai ilmu. Jika hal tersebut tidak dijelaskan. Berdasarkan wilayah (geografis). Batas antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. biologi. Banyak orang yang mengkritik ilmu sejarah. geologi. ilmu sejarah terus berkembang dan menunjukkan keeksisannya dalam tataran ilmu. sehingga pada saat itu. arkeologi.Klasifikasi Karena lingkup sejarah sangat besar. Berdasarkan topik atau pokok bahasan (topikal). antara lain:      Berdasarkan kurun waktu (kronologis). namun umumnya digunakan untuk mengacu kepada masa di mana terdapat kehidupan di muka Bumi. leka: tulisan) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa di mana catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Berdasarkan kelompok suku bangsa (etnis). bangsa Mesir sudah memasuki zaman sejarah.

totemisme dan monoisme b). yaitu Dinamisme. mempunyai kemampuan memanfaatkan alam sekitar . yaitu segala hasil akal dan budi manusia Adat istiadat. yaitu kepercayaan bahwa hewan-hewan tertentu disekitar kita memiliki kekuatan tertentu (gaib) Monoisme. Pola susunan masyarakat Macapat f). Kemampuan berlayar. istilah-istilah yang perlu anda ketahui: Masyarakat adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya (yang diwariskan dari generasi ke generasi). Sepuluh unsur kebudayaan asli Indonesia yaitu: a). Bercocok tanam padi di sawah b). Pertanian.Melalui ceritera dongeng b). Mengenal seni membatik e). yaitu kepercayaan kepada arwah nenek moyang Dinamisme. Mengenal seni gamelan d). yaitu: . Budaya. masyarakat prasejarah mengenal dinamisme.Melalui adat istiadat keluarga . Mampu membuat barang-barang dari logam h). Memiliki kemampuan yang tinggi dalam pelayaran i). yaitu kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan di dalam suatu masyarakat dan diakui semua pihak yang ada di dalam masyarakat yang bersangkutan. Masyarakat prasejarah mewariskan masa lalunya dengan cara: a). animisme. mengenal sistem gotong royong sebagai kewajiban c). Pengetahuan. Animisme. Mengenal masyarakat yang teratur 2. mengenal sistem persawahan d). Tradisi Masyarakat Indonesia Masa Pra Sejarah (belum mengenal tulisan) a). Bahasa. seperti wayang . mengenal seni berlayar dan menjadi nelayan e). Sistem kepercayaan. totemisme dan monoisme. Mengenal pengetahuan astronomi j). yaitu kepercayaan terhadap kekuatan tertinggi yaitu Tuhan. yaitu . animisme. yaitu kepercayaan bahwa benda-benda disekitar kita memiliki jiwa atau kekuatan Totemisme.Cara Masyarakat Prasejarah mewariskan masa lalunya. Mengenal permainan wayang c). memiliki alat untuk berkomunikasi f). Sistem kemasyarakatan.Melalui adat istiadat masyarakat . Melalui Masyarakat. identitas dan berinteraksi dalam suatu hubungan sosial yang terstruktur. wilayah. Melalui Keluarga.Melalui kepercayaan masyarakat. Mengenal alat tukar dalam perdagangan g).Melalui pertunjukan hiburan.

Terjadinya Kota Banyuwangi. contoh: bahasa. Upacara. Atau ceritera tentang asal usul alam semesta. dll. Kesenian. Teknologi. benda-benda untuk keperluan hidup dll. Alasan utamanya bahwa semuanya berawal dari pelayaran dan perdagangan. menenal pertunjukan hiburan j).Folklore lisan. yaitu ilmu tentang kesusasteraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci. manusia dan bangsa yang dikaitkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti mendalam. Contoh: kerajinan tangan. Contoh: Legenda Gunung Tangkuban Perahu. Pulau Samosir dll. Wujudnya ada 2 yaitu: .g). yaitu rangkaian tindakan atau perbuatan yang terikat pada aturan-aturan tertentu berdasarkan adat istiadat. manusia tidak hidup sendiri h). agama dan kepercayaan Contoh: Upacara penguburan mayat. Organisasi Sosial. Perkembangan sejarah masyarakat Indonesia sangat dipengaruhi oleh kebudayaan dari India. . yaitu syair-syair yang dinyanyikan atau ditembangkan dengan irama yang indah dan menarik. yaitu semua peninggalan yang hanya didapat dari ucapan. yaitu ceritera pada masa lampau yang masih memiliki hubungan dengan peristiwa-peristiwa sejarah atau dongeng-dongeng. upacara perkawinan. Jejak-jejak Masa Prasejarah di Indonesia Jejak-jejak masa prasejarah artinya adalah sesuatu benda atau adat istiadat yang ditinggalkan oleh masa lalu dan masih dapat dilihat dan dirasakan oleh manusia pada masa sekarang Wujud jejak-jejak prasejarah antara lain: a). yaitu semua benda-benda hasil kebudayaan manusia. mengenal sistem barter dalam perdagangan 3. pakaian.Folklore non lisan. Ekonomi. Lagu-lagu Daerah. Masa Sejarah a). . e). b) Mitologi. Folklore. Contoh: Mitos tentang Nyai Loro Kidul c). kehidupan para dewa dan makhluk halus salam suatu kebudayaan. Masa Sejarah Yang dimaksud dengan masa sejarah adalah masa dimana manusia sudah mengenal tulisan atau zaman ketika sudah ditemukan bukti tertulis yang sezaman. yaitu adat istiadat tradisional dan ceritera rakyat yang diwariskan secara turun temurun akan tetapi tidak di bukukan. teka-teki dan puisi rakyat. Dimana dengan intensitas hubungan antara kebudayaan Indonesia dan India mau tidak mau karena kebudayaan India lebih maju saat itu maka memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kebudayaan di Indonesia. d). mengenal teknik pengecoran logam i). Legenda.

Selanjutnya raja menurunkan kekuasaannya kepada keturunannya 2. yaitu gambar-gambar. kepemimpinan di Indonesia adalah suku-suku yang dipegang oleh seorang kepala suku kemudian berkembang menjadi kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Kitab. Yaitu pembagian masyaraka dalam kelas-kelas tertentu.Bersifat istana sentris . 3. dll.Berisi perihal politik.Berkembangnya tulisan yaitu sansekerta dengan huruf Pallawa .Ditulis dalam kitab-kitab . Ada kasta Brahmana. Perkembangan penulisan Sejarah di Indonesia 1).Dibuat untuk membangkitkan semangat perjuangan Indonesia dalam melawan penjajah .Tujuannya adalah untuk memperkokoh kekuasaan mereka di Indonesia . Masa sejarah Hindu-Budha dan Islam .Berkembangnya seni bangunan. .Sarana propaganda untuk mengendurkan perlawanan pribumi .Pengaruh kebudayaan India tersebut antara lain dalam bidang: 1.Tulisan berupa kejayaan kerajaan-kerajaan pada masa lalu 4).Berkembangnya seni hias. Bidang Sosial Di Indonesia berkembang sistem kehidupan sosial berdasarkan kasta. 3. yaitu hasil tulisan para pujangga kerajaan pada masa lalu yang menceritakan kondisi masyarakat dan kerajaan pada masa itu. yaitu kebudayaan Indonesia menyadur kebudayaan India. Masa Kolonial .Dibuat oleh orang-orang Eropa . sosial dan agama pada masa itu 2). yaitu dengan dibangunnya candi. Pemerintahan Sebelum berhubungan dengan India. Masa Pergerakan Nasional . Prasasti. yaitu surat berharga yang dapat dijadikan sebagai bukti atau keterangan yang diinginkan dari dokumen tersebut. Ksatria.Bersifat Eropa sentris 3). Waisya dan Sudra. yaitu tulisan yang terdapat pada sebuah batu yang dibuat atas perintah raja yang tujuannya untuk memperingati bahwa telah terjadi peristiwa besar pada masa itu 2. c.Berpusat pada masalah-masalah pemerintahan dan raja-raja yang berkuasa .Mengungkapkan tentang sejarah yang pernah terjadi dalam kehidupan bangsa Indonesia .Tujuannya agar rakyat bersemangat dalam mengisi pembangunan C. Dokumen. Masa Indonesia Merdeka .Berorientasi pada masa depan Indonesia . Bidang budaya .Berkembangnya kesusasteraan. Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Sejarah Penelitian sejarah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mengungkap kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lalu dengan menggunakan metode ilmiah dan langkah-langkah yang sistematis sehingga hasil yang didapat dapat . Rekaman tertulis dalam tradisi sejarah Indonesia berwujud: 1. kuil. Contoh Cerita Ramayana dan Mahabarata b). atau relief di dinding-dinding candi .

kegiatan menghimpun jejak-jejak sejarah atau dokumen-dokumen sejarah agar dapat mengetahui segala bentuk peristiwa atau kejadian-kejadian pada masa lalu. Peninggalan sejarah. Sumber-sumber sejarah di dapat dari: 1. Kuil. tombak dll. yaitu pemeriksaan terhadap keaslian atau outentitas dari data. c). Latar Belakang Munculnya Peristiwa Sejarah. yaitu lokasi dimana terjadi peristiwa sejarah yang dimaksud 4. Monumen Peninggalan sejarah. 3. yaitu hal-hal apa saja yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa sejarah yang terjadi. b). Historiografi. Tempat Peristiwa Sejarah. Sumber-sumber Sejarah Sumber sejarah dibagi menjadi 3 yaitu: 1. 2. yaitu peninggalan sejarah yang didapat dari peninggalan-peninggalan tertulis yang mencatat peristiwa-peristiwa penting pada masa lalu. Tujuannya adalah untuk mengenang peristiwa yang pernah terjadi di tempat tersebut Contoh: Monumen Lubang Buaya. yaitu pemeriksaan terhadap peristiwa dan bukti yang ditemukan berdasarkan pandapat dari luar sumber tersebut. Sumber benda. Verifikasi / kritik sumber. a). 3. Tahap-tahap Penelitian Sejarah 1. Pelaku sejarah. Yaitu kegiatan penulisan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk laporan ilmiah atau buku. Interpretasi. 3.dipertanggungjawabkan kepada masyarakat umum. Adalah suatu proses/kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan sejarah Indonesia . dll. Tugu Muda. yaitu kegiatan pemeriksaan terhadap kebenaran laporan tentang suatu peristiwa sejarah.Kritik Intern. yaitu sumber sejarah yang di dapat dari peninggalan benda-benda kebudayaan. yaitu orang yang tidak secara langsung mengalami peristiwa sejarah akan tetapi hanya melihat atau mendengarkan cerita dari orang lain. merupakan tahap akhir dari penelitian sejarah. yaitu hal-hal apa saja yang mengakibatkan terjadinya peristiwa tersebut. 2. Ada dua macam yaitu: .Kritik Ekstern. 2. Pengaruh dan akibat dari Peristiwa Sejarah. Kronologi Sejarah Indonesia. Sumber tertulis. makan. Sumber Lisan. yaitu kegiatan penafsiran terhadap suatu peristiwa atau memberikan pandangan tertulis terhadap suatu peristiwa sejarah 4. yaitu orang yang mengalami sendiri peristiwa sejarah 2. yaitu bangunan tugu yang dibangun sebagai tanda bahwa di tempat tersebut pernah terjadi suatu peristiwa penting. Heuristik. keris. yaitu keterangan yang didapat langsung dari para pelaku sejarah atau dari saksi yang menyaksikan dengan kepala sendiri atau pemberitahuan dari orang lain mengenai peristiwa yang terjadi pada masa lalu. masjid. Saksi sejarah. Monumen Jogja Kembali. 5. . 3. Contoh: Candi. atau laporan yang di dapat itu sendiri. Jejak-Jejak Masa Lampau Jejak-jejak masa lampau dapat berupa: 1. yaitu benda-benda budaya manusia dari masa yang telah lampau.

yang disusun berdasarkan urutan-urutan peristiwa dari masa lampau hingga sekarang Kronologi Sejarah Indonesia secara garis besar adalah sebagai berikut: .Masa Kolonialisme Jepang di Indonesia .Masa perkembangan dan pengaruh Hindu-Budha .Masa Indonesia Merdeka .Masa perkembangan dan pengaruh Islam .Masa prasejarah .Masa Pergerakan Nasional .Masa Kolonial di Indonesia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful