SYARAT – SYARAT TEKNIS

Pasal 1

PENJELASAN PEKERJAAN Pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah : PEMBANGUNAN SALURAN DRAINASE SIMPANG EMPAT TANDUN MENUJU WONOSARI TENGAH , 1 UNIT ( SEPANJANG 302 M’ ). Pekerjaan ini terdiri dari : Parit Beton 302 M’

Pasal 2 PEKERJAAN PENDAHULUAN 1. Sebelum pekerjaan dimulai kontraktor harus menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan sehingga pekerjaan dilapangan berjalan dengan lancar. 2. Dalam menentukan titik nol pekerjaan dilapangan kontraktor agar berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait. 3. Mobilisasi bahan agar diperhatikan secara seksama sehingga proses kerja dilapangan tidak terhenti (kontiniu) namun tetap terjaga kualitas bahan dan hasil pekerjaan. 4. Pengukuran ulang oleh kontraktor agar dilakukan dengan teliti sehingga didapatkan kemiringan saluran dan arah aliran yang sesuai dengan bestek.

Pasal 3

MATERIAL DAN BAHAN A. SEMEN PORTLAND 1. Semen yang digunakan sadalah semen Portland Type I yang telah memenuhi standar untuk penggunaan konstruksi. 2. Semen harus disimpan ditempat yang terlindung dari cuaca luar dan dialasi dengan papan. B. AGREGAT HALUS (PASIR) 1. Pasir yang digunakan adalah pasir yang telah memenuhi standar konstruksi pada kandungan lumpurnya tidak melebihi 3%. 2. Pasir harus bersih dari kotoran sampah dan akar-akaran dan sewaktu menyimpan dilokasi pekerjaan harus dialas,

kolom dan sengkang diameter besi dan jarak disesuaikan pada gambar potongan dan detail parit. Besi yang digunakan adalah besi polos U-24 dengan diameter seperti pada gambar rencana. E. AGREGAT KASAR 1. Penggunaan material bata pecah sebagai agregat kasar tidak diperbolehkan dalam pekerjaan ini. Agregat kasar yang digunakan adalah agregat kasar (batu granit) yang telah memenuhi standar. Timbunan tanah yang didatangkan menggunakan tanah timbun yang baik tidak mengandung kotoran dan akar-akaran lalu dipadatkan (jika ada timbunan). . Pekerjaan cerocok kayu ∅ 6 – 8 cm panjang 3 meter ditanam sepanjang galian saluran yang akan dikerjakan. 2.C. cerocok dalam keadaan baru (basah). kolom dan sengkang. Tulangan yang telah selesai dirakit dan diikat dengan kawat bendrat namun belum terpakai sebaiknya disimpan ditempat yang terlindung dari cuaca luar untuk mencegah terjadi karat (korosi). dinding saluran. balok. 2. dinding saluran. Perakitan tulangan dikerjakan dengan mengunakan kawat ikat bendrat. BESI BETON 1. Pasal 5 PEKERJAAN PENULANGAN 1 2 3 Penulangan untuk pekerjaan lantai. Pasal 6 PEKERJAAN BETON 1 Pengadukan dan pengecoran harus dilaksanakan dengan sempurna (campuran sampai masak) yang dilaksanakan memakai Concrete Mixer (Mollen). CEROCOK 1. Besi harus disimpan ditempat yang terlindung dari cuaca luar sehingga pada saat besi dipergunakan benar-benar bersih dari kotoran dan korosi. 2. Pasal 4 PEKERJAAN TANAH DAN CEROCOK 1 2 3 Pembersihan dan penggalian saluran disesuaikan dengan bentuk dan ukuran saluran yang akan dikerjakan. balok. Cerocok yang digunakan pada kondisi kayu yang basah. Diameter cerocok Ø6 – 8 cm panjang 3 meter. D. Penulangan lantai kerja. 3.

25% 50%. Dinding saluran dipasang Pipa PVC dipasang pada jarak 1.5 meter pada dinding saluran. Pasal 7 PEKERJAAN DINDING SALURAN 1. tidak berasa tidak berbau dan tidak mengandung zat-zat yang dapat merusak beton. Sebelum Lantai kerja dituang harus di pasang plastik alas sehingga campuran air semen tidak dapat keluar. kolom dan sengkang disesuaikan dengan gambar rencana.LAIN 1. Penakaran campuran beton menggunakan tong kayu dengan volume yang sama dengan 1 ( satu ) zak semen. Kolom dan sengkang dipasang pada jarak per 3 (tiga) meter. Cor lantai kerja tebal 10 cm / sesuai dengan gambar kerja. 2012 Dibuat Oleh : KONSULTAN PERENCANA PT. 75% dan 100%. YASRA INTERNATIONAL FAKHRUR ROZI. Setelah pekerjaan selesai dilaksanakan pembersihan akhir terhadap pekerjaan tersebut. Ukuran balok. Bengkalis. Pasal 8 PEKERJAAN LAIN . Cor beton betulang tebal 20cm / sesuai dengan gambar kerja. AMd Pimpinan Cabang . Pengambilan foto-foto untuk dokumentasi pada saat pekerjaan 0%.2 3 4 5 6 7 Air yang digunakan dengan jumlah secukupnya. air harus bersih. 2.