REAKSI ASAM PIRUVAT

A. PENGERTIAN Piruvat adalah suatu senyawa kimia yang penting dalam biokimia. Senyawa ini merupakan hasil metabolisme glukosa yang disebut glikolisis. Sebuah molekul glukosa terpecah menjadi dua molekul asam piruvat, yang kemudian digunakan untuk menghasilkan energi. Jika tersedia cukup oksigen, maka asam piruvat diubah menjadi asetil-KoA, yang kemudian diproses dalam siklus Krebs. Piruvat juga dapat diubah menjadi oksaloasetat melalui reaksi anaploretik yang kemudian dipecah menjadi molekul-molekul karbon dioksida. Nama siklus Krebs ini diambil dari ahli biokimia Hans Adolf Krebs, pemenang Hadiah Nobel 1953 bidang fisiologi, karena ia berhasil mengidentifikasi siklus tersebut). Jika tidak tersedia cukup oksigen, asam piruvat dipecah secara anaerobik, menghasilkan asam laktat pada hewan dan manusia, atau etanol pada tumbuhan. Piruvat diubah menjadi laktat menggunakan enzim laktat dehidrogenase dan koenzim NADH melalui fermentasi laktat, atau menjadi asetaldehida dan lalu etanol melalui fermentasi alkohol. Asam piruvat juga dapat diubah menjadi karbohidrat melalui glukoneogenesis, menjadi asam lemak atau energi melalui asetil-KoA, menjadi asam amino alanin dan juga menjadi etanol.
ASAM PIRUVAT

Nama sistematis Nama lain

asam 2-oksopropanoat asam α-ketopropionat

1

asetil lipoamid akan diubah menjadi asetil KoA. Jalur reaksi asam piruvat ditunjukan pada gambar halaman 4. 3.06 g/mol 1. piruvat dioksidasi (dekarboksilasi oksidatif) menjadi Asetil-KoA. C. Selanjutnya dengan adanya KoA-SH.250 g/cm³ 11. 2.asam asetilformat asam piroasemat Pyr Rumus kimia Massa molar Densitas Titik lebur Titik didih SMILES C3H4O3 88. PEMBENTUKAN REAKSI ASAM PIRUVAT Rangkaian reaksi kimia yang terjadi dalam lintasan oksidasi piruvat adalah sebagai berikut: 1. selanjutnya TDP lepas. piruvat didekarboksilasi menjadi derivate hidroksietil tiamin difosfat terikat enzim oleh komponen kompleks enzim piruvat dehidrogenase. TEMPAT BERLANGSUNG REAKSI ASAM PIRUVAT Dalam jalurnya. suatu kelompok prostetik dihidroksilipoil transasetilase untuk membentuk asetil lipoamid.8 °C 165 °C CC(C(O)=O)=O B. dengan hasil sampingan berupa lipoamid tereduksi. Produk sisa yang dihasilkan adalah CO2. Reaksi ini dikatalisir oleh berbagai enzim yang berbeda yang bekerja secara berurutan di dalam suatu kompleks multienzim yang berkaitan dengan 2 . Hidroksietil tiamin difosfat akan bertemu dengan lipoamid teroksidasi. Dengan adanya TDP (thiamine diphosphate). yang terjadi di dalam mitokondria sel.

Secara kolektif. enzim tersebut diberi nama kompleks piruvat dehidrogenase dan analog dengan kompleks -keto glutarat dehidrogenase pada siklus asam sitrat. Jalur ini merupakan penghubung antara glikolisis dengan siklus Kreb’s. Jalur ini juga merupakan konversi glukosa menjadi asam lemak dan lemak dan sebaliknya dari senyawa non karbohidrat menjadi karbohidrat. 3 .membran interna mitokondria.