PENGAMATAN PLANTAE PENGAMATAN STRUKTUR LUMUT

A. Tujuan Mengetahui struktur gametofit dan sporofit Marchantia sp. (lumut hati) dan Polytrichum commune. B. Alat dan Bahan 1. Marchantia sp. dan Polytrichum commune. 2. Tempat lumut 3. Lup 4. Pinset 5. Alat tulis C. Cara kerja 1. Cari Marchantia sp./lumut hati atau Polytrichum commune yang ada di lingkungan sekolahmu. 2. Ambil beberapa lumut untuk beberapa kelompok. 3. Amati bagian-bagian gametofit seperti anteridiofor, arkegonia, arkegoni ofor, dan lainnya. 4. Gambar struktur gametofitnya. 5. Ambil bagian sprofitnya, amati dan gambar bagian-bagiannya. 6. Beri keterangan gambar tentang bagian-bagiannya. 7. Buat deskripsi/ciri-ciri lain dari Marchantia sp dan Polytrichum commune. 8. Buatlah charta metagenesis dari lumut yang kalian amati! 9. Buatlah laporan.

Pergiliran keturunan pada lumut

A. Tujuan : 1. Menjelaskan struktur tubuh lumut beserta fungsinya. 2. Mengamati dan mengkomunikasikan struktur saprofit dan gametofit lumut. 3. Membuat diagram pergiliran keturunan lumut. B. Alat dan bahan : 1. Mikroskop. 2. Kaca pembesar 3. Wadah/cawan tertutup plastic atau kantong plastik. 4. Pipet tetes 5. Air

Dengan menggunakan kaca pembesar. Amati tumbuhan tersebut kemudian tentukan akar. anteridium. Jelaskan fungsi dari masing-masing bagian itu. dll) C.6. Langkah kerja : 1. Tujuan : mendeskripsikan tumbuhan paku. Masukkan ke dalam wadah tertutup atau kantong plastic. dan arkegonium. daun. 5. keluarkan sehelai lumut hati Marchantia dan lumut daun Polytrichum. Ambil tumbuhan tu beserta tanah yang melekat. Pergilah ke pematang di tepi sungai atau ke tanah lembab di sekitar sungai. 2. amatilah : rhizoid. Jaga agar tidak mengering ddengan memberinya beberapa tetes air. dan spora (amati apakah homospora ataukah heterospora?) 4. mungkin dapat dijumpai bentukan seperti daun yang menjalar di atas permukaan tanah. Lumut hati Marchantia dan Polytrichum yang telah memiliki gamet. Buatlah gambar atau skema daur hidup lumut yang kalian temukan. batang. Di laboratorium atau di kelas. agar setiap kesempatan kalian dapat melihatnya (sesuaikan dengan petunjuk guru). C. Pergilah ke tumpukan batu atau pematang yang banyak ditumbuhi lumutyang berbentuk seperti beludru hijau. Alat dan bahan : 1. 3. Buat laporan dan kumpulan sebagai bahan portofolio. Ambil dengan mengorek-ngorek tumbuhan lumut agar terambil beserta tanah dibawahnya. Tumbuhan paku (semanggi. sporangium. . masukkan ke dalam wadah yang tertutup atau kantong plastik. Beri keterangan dan tempelkan pada dinding kamar atau kelas. Kaca pembesar 2. Hasil kegiatan ini dapat kalian gunakan sebagai bahan portofolio. Carilah sorus. Struktur Saprofit Tumbuhan Paku A. Gambar pada sehelai kertas manila. Langkah kerja : 1. 2. Ambilah tanaman paku yang daunnya berspora (di daun permukaan sebelah bawah tampak ada bintik-bintik kehitaman). beri sedikit air agar tidak mengering. cari pula tanaman suplir dan pakis (Nephrotepis) atau jenis paku yang lain. Gambarlah keseluruhan tumbuhan tersebut lalu gambarlah daun beserta tulang-tulang daunnya. B. 5. 4. Buatlah charta dari metagenesis paku yang kalian amati! 6. Perhatikan di atas tanah. Gambar dan sebutkan pula masing-masing fungsinya. suplir. 3. Carilah tumbuhan semanggi di pinggir sunga atau pematang. talus. gemma.