CARA MEMBUAT BRIKET ARANG DARI DEDAUNAN, SAMPAH, SERBUK GERGAJI DSB.

Bila kita membakar daun, sampah, kayu di udara terbuka secara sempurna, artinya sampai api dan baranya padam, maka yang tersisa adalah abu. Abu tidak bisa dibakar, meskipun kadang-kadang masih berwarna hitam dan agak keras sehingga disebut arang. Memang ada kerancuan istilah atau kosakata antara arang (abu hitam, yang sudah tak bisa dibakar), zat arang (C, atau karbon, kayu, sebagai bahan bakar) dan zat asam arang atau Oksigen (O2) berupa gas, terdapat sekitar 22% di udara bebas, berupa senyawa didalam bensin (C6H12O6), getah, ter dsb. Reaksi kimia pembakaran kayu (C ) atau arang di udara bebas, oksigen diambil dari udara adalah: C + O2 CO2 + Panas + abu◊ Masyarakat pedesaan biasa membuat arang untuk membakar sate, untuk anglo dsb. Caranya, kayu dibakar dalam ruang tertutup agar udara atau oksigen tidak bisa masuk. Selama pembakaran, asap dan api keluar menghalangi udara atau oksigen masuk. Yang terbakar adalah getah, ter dan senyawa lain di dalam kayu yang sudah mengandung Oksigen. Karena C sebagai unsur kayu murni tidak kebagian Oksigen, tidak bisa terbakar, maka pada akhir pembakaran ini diperoleh arang atau karbon murni. Atau biasanya disebut arang aktif yang sangat baik sebagai pengisap bau, gas, racun, pemurni air untuk akuarium air laut, penjernih air minum dsb. Sekarang minyak tanah makin sulit dan mahal, termasuk gas elpiji kadang-kadang sulit dicari, arang makin mahal, maka mari memanfaatkan sampah, rerumputan, daun kering, koran dan kertas bekas, ampas kelapa, kulit kacabg dsb.

Cerita di bawah menurut urutan nomor pada gambar: 1.Ambil drum minyak atau drum bekas aspal. Bagian atas dilubangi diameter 25 cm, bawah

Satu sendok kanji diberi air panas mendidih. Briket arang ini dapat dipakai untuk memasak sate. 6. diameter 20 cm.terbuka. tanpa bau. digulung menjadi silider tinggi 30 cm. Sisa adonan serbuk arang dapat dicetak atau dikepal tangan. Tengah cetakan dipasang bambu.Masukkan dedaunan kering. Atas ditutup seng atau tegel. siram sedikit minyak tanah dan dibakar. tanpa asap. Tidak perlu terlalu halus. efisien karena didning arang berfungsi sebagai isolator panas. dedaunan dimasukkan sedikit-sedikit agar pembakaran kontinyu. Setelah padat. diameter 5 cm. Satu sisi bawah diberi jarak 5 cm untuk alur udara masuk tungku. 7.Kita memperoleh arang. api mengecil dan padam. atau pipa pralon.Tumbuk. Bagian kosong pada tungku arang diisi adonan arang yang masih basah agar semua tungku terisi penuh. udara tidak masuk. Drum digulingkan. siram air. seperti gambar. dapat dicampur saat menumbuk adonan arang.Dapur briket bioarang sampah susunan bata segera dinyalakan dengan memasukkan serutan bambu yang sudah menyala. dinding seng dilepas. ampas kelapa. menghalangi udara atau oksigen masuk. kulit kacang tanah.Siapkan susunan batu bata ukuran 10 x 5 x 20 cm sebagai tungku arang dan disusun seperti gambar. suhu pembakaran sangat tinggi karena semua gas yang . agar dedaunan yang membara tidak jadi abu. Selama proses padam. 2. Selama pembakaran. Memadamkan kompor ini sangat mudah dan sangat aman. berarti daun sudah jadi arang. sehingga memasak lebih cepat. 3. panjang sekitar 40 cm. sulit dinyalakan. Cukup menutup saluran udara masuk di bawah dengan abu atau pasir. ikat dengan kawat halus atau tali rapia. dijemur. Briket batu bara kualitas rendah yang berbau menyengat saat dibakar. Hasilnya. panasnya dipakai mengeringkan bagian serbuk arang yang masih basah sehingga menyalakan selanjutnya menjadi lebih mudah. Masukkan briket arang silinder. batang tengah dicabut pelan-pelan. Masukkan adonan encer lem dari kanji. Dari bawah tertutup pasir. Bila sudah terisi sekitar separuh drum. agar tercampur merata. tidak mengotori panic. Api akan membara sepanjang saluran tengah. Koran. boleh dimasukkan ranting atau briket arang kepalan. sambil diaduk dengan besi atau kayu. empulur batang pisang dsb. potongan karton dsb. Semua panas menuju bagian bawah panci. biasanya panas belum tinggi. Sebelumnya bagian bawah briket digores sebagai alur udara masuk. seperti kompor gas. pertama siram sedikit minyak tanah. Adonan arang yang lengket dimasukkan dalam cetakan dan ditekan sampai padat. briket arang silinder dijenur selama 2 hari sampai kering betul. Pada waktu awal. disemen dengan tanah liat atau tanah sawah. Termasuk serbuk gergaji. anglo dsb. panjang 60 cm. Agar lebih mudah menyala. Ukuran lubang tungku tengah untuk bioarang adalah 20 x 20 x 30 cm. ditaruk diatas pasir agar udara tidak bisa masuk. Campur serbuk gergaji. Suhu sangat tinggi. 4. kulit kacang dsb. 5. tanpa asap.Siapkan terlebih dahulu cetakan dari seng talang lebar 30 cm. Api dan asap keluar dari lubang atas.

termasuk Pengabdian Masyarakat berjudul: Membudayakan Tungku Bioarang dari sampah kota dan dedaunan kering. serbuk gergaji dsb. 4. dedaunan kering dengan kertas Koran.000 judul. tidak mudah pecah. Membuat briket arang dari sampah yang sangat mudah dinyalakan. Lumayan 50 juta rupiah per judul disiapkan Pemerintah untuk tahun 2009. dan banyak lagi yang lain. ekonomis (tidak ada yang dibeli. Rezki lain yang tersembunyi. diajukan sebagai bahan Riset para Dosen. akan terbakar sempurna menjasi CO2. efisien. silakan gambar hasil lukisan tangan saya di atas dijadikan MURAL atau gambar di tembok. kecuali batu bata). Membuat beriket arang berbentuk silinder dari sampah dan dedaunan agar keras. 2. agar masyarakat bisa belajar sambil menunggu lampu merah di perempatan jalan. bagi 10. Judulnya boleh: 1. kaleng bekas dsb. H2O dan api (panas). Membuat tungku bioarang dari sampah dengan pot bunga. Bila perlu dapur susunan bata buat sendiri dari tanah liat. Briket silinder dapat dibuat dalam jumlah tidak terbatas dan dijual. PEMBUATAN BRIKET ARANGDARI SERBUK GERGAJI . menghasilkan uang dalam jumlah tidak terbatas. 3.berbau yang sebetulnya masih berupa bahan bakar. Suatu lapangan kerja. Asal tidak membuat jalan macet. Menghitung kalori campuran bioarang dari sampah. Jadi inilah tungku yang sangat aman. Atau bagi Para Seniman.

. Selain itu penggunaan briket arang dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli minyak tanah atau gas elpiji.Lem kanji Proses pembuatan media tumbuh jamur adalah sebagai berikut : .Pengarangan Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar). oleh karena itu rantai pelepasan energi dimaksud diperpanjang dengan cara memanfaatkan serbuk gergaji sebagai bahan pembuatan briket arang. kayu adalah sumber bahan bakar yang paling banyak dipakai karena mudah didapat dan sederhana penggunaannya. Peralatan a. karena selama ini serbuk gergaji kayu yang ada hanya dibakar begitu saja. . 2. Bahan . Namun dewasa ini tekanan terhadap hutan sangatlah berat sehingga mengurangi persediaan kayu sebagai bahan bakar.Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat bila pembuatan briket arang ini dikelola dengan baik untuk selanutnya briket arang dijual. Dalam upaya pemanfaatan limbah serbuk gergaji.Tempurang kelapa .. Untuk itu diperlukan alternatif penggantiannya. Cetakan briket c.Dengan memanfaatkan serbuk gergaji sebagai bahan pembuatan briket arang maka akan menningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara. Cara Pembuatan Briket Arang : 1.Pengayakan .Bahan pembuatan briket arang mudah didapatkan disekitar kita berupa serbuk kayu gergajian. Manfaat Briket Arang Dengan penggunaan briket arang sebagai bahan bakar maka kita dapat menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan.Pendahuluan Pada awal perkembangannya. Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh b.. Oven.Serbuk gergaji . dan salah satunya adalah pembuatan briket arang. dimana serbuk gergaji merupakan bahan yang masih mengikat energi.

Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh. selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan dikempa. Sangrila Jakarta Pusat Rabu (13/2). “Kami menjadi pilot project buat sekolah lain.5 juta. Hasil penelitian Usman dinyatakan berhasil dan berguna buat banyak orang. Pencetakan Briket Arang Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata. Caranya sangat mudah dan hasil penelitian saya ini bisa diadopsi masyarakat Jakarta.” katanya.5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa. program pengolahan sampah dedaunan menjadi sebuah briket diajarkan kepada siswa. Usman memperoleh hadiah Rp 17. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2. Briket itu ternyata berbahan bakunya bisa dari mana saja. ” tutur Usman. ide membuat briket dedaunan ini muncul tahun 2006. guru SMAN 17 Palembang. “Jadi buat masyarakat jika banyak sampah daun-daunan sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Anda tak perlu keluar uang atau pusing mencari minyak tanah atau gas. Di SMA 17 Palembang.Pencampuran media Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % dan arang tempurung kelapa 10 %. dengan demikian. Usman teringat dengan batu bara. Sumatra Selatan. Gagasan itu terealisasi tahun 2007 dan dilombakan diajang Indonesia Toray Science Foundation ( ITSF ) yang di gelar tiap tahun Sebagai orang yang banyak menggeluti dunia Biologi. Saat itu juga Usama langsung bereaksi dan meyakini bahwa sampah dedaunan bisa juga dijadikan briket. Sarjana Biologi dari Universitas Sri-Wajaya ini merupakan salah satu dari 10 peraih penghargaan dalam bidang pendidikan sains. Ditemui usai penerimaan penghargaan di Ball Room Hotel. . Jangan juga cuma dibuat pupuk kompos.Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Usman menjelaskan. Briket dari sampah dedaunan ini merupakan hasil penelitian usman (26). . ++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++ SAMPAH BISA JADI BRIKET Jangan buang atau bakar daun yang berjatuhan! Sampah organik itu ternyata bisa diolah menjadi briket atau bahan bakar padat untuk memasak. Ternyata sampah dedaunan bisa dibuat menjadi briket.

tahukah Anda. sedangkan briket sampah relatif lebih bersih. Lantas muncullah ide pembuatan briket sampah. “Hasilnya memang sedikit. Cetakan itu dikeringkan 1-2 hari dan hasilnya siap untuk memasak. Jawa Tengah. Cara pembuatan briket . Rendaman harus ditutup rapat sehingga terjadi penguapan. Bedanya. residu dan asap briket batu bara sangat mengotori udara. 4. biji buah gayam. Caranya dengan merendam biji-bijian dari satu jenis buah itu dicampur alcohol selama 24 jam atau sehari penuh. Kumpulkan sampah daun di halaman rumah 2. meniru briket batu bara yang lebih dulu dikenal masyarakat Nepal. jakarta. yang sekarang mengajar di SMAN 1 Bulukumba. biji buah banci.Sementara itu. asal Sidoarjo. cara memproduksi briket sampah itu terbilang mudah. Biasanya untuk tukang sate. dan biji kelor bisa dijadikan bahan bakar nabati. Tak berasap. Arif Kusmianto (40). Cara buat briket sampah 1. Selanjutnya dilakukan proses destilasi yang bertujuan untuk memisahkan penguapan tadi yang kemudian dibakar. Campuran sampah daun. tak beresidu. Menurut arif.php? option=com_ content&task= view&id=89& Itemid=1 ++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++ INOVASI KOMPOR SAMPAH Sampah adalah benda tak berguna. id/bangunpraja/ index. biji rambutan. karena sebagian berubah menjadi seperti minyak nabati yang bisa digunakan untuk bahan bakar ataun lilin. Sampah dibakar bersama campuran lem kanji dan arang batok kelapa. Sumber : – Warta Kota http://selatan. Hasil pembakaran dicetak ke dalam pipa paralon. 6.go. 3. mempersembahkan hasil karya berupa bahna bakar nabati dari biji-bijian. Foundation for Sustainable Technologie (FoST) –nama LSM itu– melirik potensi yang terkandung dalam sampah yang menumpuk dan mengotori jalan dan sungai di Kathmandu dan kota-kota lain di Nepal. lem kanji. dan batok kelapa jangan sampai jadi arang. Tapi. Selain itu. 5. Sulawesi Selatan. Lamanya pembakaran tergantung dari volume sampah daun. sampah bisa dijadikan bahan bakar pengganti minyak? Bahan bakar berbentuk briket itu pertama dikembangkan oleh kelompok aktivis lingkungan hidup Nepal.

. Kemudian bubur sampah tadi dicetak. yang tahan untuk sebulan penuh. Kita tunggu saja nanti. Cara menggunakan Untuk pembakaran. daun. Tak ada bahan kimia yang digunakan. FoST juga memperkenalkan kompor khusus yang disebut rocket stove (kompor roket) berbentuk tabung dengan garis tengah sekitar 10 cm. Ada yang berbentuk cakram dengan lubang di tengahnya. Baterai yang digunakan. ampas tebu. serbuk gergaji. Ada juga yang dicetak dengan genggaman tangan. Pada bagian bawahnya dipasang kipas angin bertenaga baterai untuk membantu pembakaran.5 volt itu. Saat ini. material tersebut dimasukkan ke sebuah tong berisi air yang dipanaskan. bambu. FoST mengembangkan 10 jenis briket sampah. Lalu sampah-sampah itu dihancurkan dan diaduk laiknya membuat bubur kertas. Apa Indonesia bakal turut menggunakan teknologi tepat guna ini? Saya harap begitu. dan sampah organik lainnya. Cukup praktis. Setelah dipilah. dua buah baterai 1. Ukuran garis tengahnya 5 cm dengan tebal 5 cm pula. ada juga yang berbentuk tablet.Sampah-sampah yang digunakan sebagai bahan mentah briket adalah sampah kertas.