TUGAS AUDIT

Pherinda Eka Putri 1006724596 Putri Sarah Olivia 1006724614 Dhesta Sufian M 1006779525 Rr.Dewi Ratnasari

Untuk setiap pengendalian internal.Soal 8-29 A.sebutkan jenis aktivitas pengendalian yang spesifik sesuai pengendaliannya(missal dokumen dan catatan yang cukup atau pengendalian fisik terhadap asset dan catatan) .

Semua cek gaji yang rusak dan dibatalkan. Kemampuan untuk menambah pegawai atau mengubah tariff upah di arsip utama pegawai secara online dibatasi dengan kata sandi (password) untuk mengesahkan personel SDM. Pernati lunak pembukuan tidak akan menerima input data untuk nomor pegawai yang tidak tercantum dalam arsip utama pegawai. Personel memebutuhkan investigasi aplikasi pegawai dari pegawai baru. dikembalikan kepada bendahara untuk disimpan. Jenis Aktivitas Pengendalian Otorasi yang tepat atas transaksi dan aktivitas Pemisahan tugas yang memadai Dokumentasi dan catatan yang memadai Pengecekan terhadap pekerjaan secara independen Dokumentasi dan catatan yang memadai Dokumentasi dan catatan yang memadai Pengendalian fisik atas asset dan catatan-catatan Pengendalian fisik atas asset dan catatan-catatan Pengendalian fisik atas asset dan catatan-catatan Otorasi yang tepat atas transaksi dan aktivitas .No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pengendalian Internal Komputer menghitung pembayaran kotor dan bersih berdasarkan jam yang dimasukkan dan informasi dalam arsip utama pegawai. Pemberitahuan penghentian secara tertulis dengan alasan-alasan yang didokumentasikan sesuai dengan permohonan penghentian dan dibutuhkan persetujuan penjabat terkait. Pengesahan dari kepala departemen atau kepala bagian pada kartu kehadiran dibutuhkan sebelum menyiapkan gaji. Orang yang menyiapkan gaji. pembagian cek) atau memiliki akses terhadap arsip utama data gaji atau kas. dan personel pembukuan gaji melakukan akurasi matematis double-check dengan basis pengujian. pemberi kerja sebelumnya. Investigasi ini termasuk mengecek latar belakang belakang pegawai. dimasukkan sebelum permulaan data entri untuk persiapan cek. tidak melakukan tugas penggajian lain (pencatatan waktu. dan referensi. Semua cek yang tidak dibagikan kepada pegawai. Semua kartu kehadiran yag telah diberi nomor. dihancurkan dan disimpan dengan benar.

jelaskan tujuan audit terkait transaksi yang sesuai . Untuk setiap pengendalian internal.B.

dihancurkan dan disimpan dengan benar. dikembalikan kepada bendahara untuk disimpan. Semua cek yang tidak dibagikan kepada pegawai. Semua cek gaji yang rusak dan dibatalkan. pemberi kerja sebelumnya. Kemampuan untuk menambah pegawai atau mengubah tariff upah di arsip utama pegawai secara online dibatasi dengan kata sandi (password) untuk mengesahkan personel SDM. Pengesahan dari kepala departemen atau kepala bagian pada kartu kehadiran dibutuhkan sebelum menyiapkan gaji. Orang yang menyiapkan gaji. Personel memebutuhkan investigasi aplikasi pegawai dari pegawai baru. Pernati lunak pembukuan tidak akan menerima input data unutk nomor pegawai yang tidak tercantum dalam arsip utama pegawai. dimasukkan sebelum permulaan data entri untuk persiapan cek. dan personel pembukuan gaji melakukan akurasi matematis double-check dengan basis pengujian. Tujuan Audit Terkait Transaksi Akurasi Klasifikasi Klasifikasi Klasifikasi Kelengkapan Kelengkapan Kelengkapan Akurasi Kelengkapan Klasifikasi . Semua kartu kehadiran yag telah diberi nomor. pembagian cek) atau memiliki akses terhadap arsip utama data gaji atau kas.No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pengendalian Internal Komputer menghitung pembayaran kotor dan bersih berdasarkan jam yang dimasukkan dan informasi dalam arsip utama pegawai. Pemberitahuan penghentian secara tertulis dengan alasan-alasan yang didokumentasikan sesuai dengan permohonan penghentian dan dibutuhkan persetujuan penjabat terkait. Investigasi ini termasuk mengecek latar belakang belakang pegawai. dan referensi. tidak melakukan tugas penggajian lain (pencatatan waktu.

Hal ini mencegah adanya salah saji dalam data yang tidak semestinya masuk kedalam pelaporan gaji • D.jelaskan salah saji khusus yang mungkin dicegah jika pengendalian tersebut ada dan efektif 1. Pengesahan dari kepala departemen atau bagian kepala pada kartu kehadiran digunakan dalam pengendalian internal supaya tidak adanya otorisasi ganda kepada orang yang mengeluarkan gaji/cek gaji sehingga mencefah penggelapan asset perusahaan. Salah saji dalam kesalahan input data dalam komputer • Peranti lunak tidak akan menerima input data untuk nomor pegawai yang tidak tercantum dalam arsip utama pegawai. Salah saji dalam dokumen terkait • Semua kartu kehadiran diberi nomor . Jam kerja pegawai akan secara otomatis masuk ke dalam catatan historis computer yang mencegah user salah memasukan data tentang jam • 3. Untuk setiap pengendalian.hal ini dilakukan supaya dokumen data tentang kehadiran lengkap adanya dan tidak terjadi salah saji dalam pencatatan gaji pegawai Cek yang tidak dibagikan diserahkan kepada bendahhara atau dimusnahkan. • 2.C.jabarkan salah saji khusus yang bisa muncul dari ketiadaan pengendalian . Untuk setiap pengendalian internal.selum dimasukan sebagai data entri untuk persiapan cek.Hal ini adalah suatu bentuk pengendalian dalam mencegah inputan dari pihak-pihak yang ingin memodifikasi data computer. Salah saji khusus dalam penggelapan aset perusahaan (Kas) • Adanya pemisahan tugas antara orang yang menyiapkan gaji dengan orang yang memiliki akses terhadap arsip utama gaji akan mencegah satu atau lebih orang untuk melakukan pekerjaan ganda yang mengakibatkan pengambilan aset (kas) untuk kepentingan pribadinya atau kelompok.

E. vouching) 3) Observasi dan tanya jawab 4) Observasi dan tanya jawab 5) Observasi dan tanya jawab 6) Observasi dan tanya jawab 7) Pengujian analitis 8) Pengujian analitis 9) Pengujian transaksi 10)Pengujian saldo Soal 8-30 A. Salah saji khusus dalam penggelapan aset perusahaan (Kas) 2. Salah saji dalam kesalahan input data dalam computer 3.jelaskan satu atau lebih pengendalian yang tidak ada Mengidentifikasi satu atau lebih jenis pengendalian yang tidak ada: 1) Pengujian transaksi seharusnya dilakukan dengan benar 2) Pengujian transaksi seharusnya dilakukan dengan benarm turut disertakan dengan keterangan yang lengkap 3) Pengujian analitis dan pengujian transaksi harus diperhatikan lebih baik lagi 4) Pengujian analitis. serta observasi harus dilakukan dengan benar 5) Observasi dan tanya jawab terhadap pegawai .g.jelaskan satu tes audit yang bisa digunakan auditor untuk mengungkap salah saji akibat ketiadaan pengendalian Mengidentifikasi tes audit yang bisa digunakan auditor untuk mengungkapkan salah saji: 1) Pengujian saldo 2) Pengujian transaksi (e. pengujian transaksi.1. Untuk setiap salah saji. Salah saji dalam dokumen yang terkait dengan akun-akun di neraca dan laporan keuangan lainnya. Untuk setiap pengendalian.

5.jelaskan tujuan audit terkait transaksi yang belum dilakukan dan C. Keakuratan 2. 7. Untuk setiap salah saji. Tidak menambahkan uang untuk dirinya B. Kelengkapan Penetapan waktu Keterjadian Posting dan pengikhtisaran Keakuratan Keakuratan Posting dan pengikhtisaran baik Pengendalian Aktivitas pengendalian Informasi dan komunikasi Pemantauan Aktivitas pengendalian Informasi dan komunikassi Aktivitas pengendalian Penilaian risiko Aktivitas pengendalian seorang pegawai penggajian 8) Observasi dan tanya jawab. 4. 3.sarankan pengendalian apa yang membenarkan keakuratan (Jawaban Digabung) Soal 10-29 . 8. 6. Untuk setiap salah saji.6) Pengujian analitis 7) Observasi dan tanya jawab Nomor Tujuan audit yang kasus berhubungan dengan transaksi 1.

hanya kembali ke nomor 1 dimana Melinda tidak harus membebankan pekerjaan yang dapat ditanggung pemrogram kepada operator.Apa penilaian anda terhadap fungsi pemograman PT. tidak didapat adanya kekurangan. Melinda tidak harus bertanya kepada operator karena seharusnya pemrogram juga turut mengetahui apa yang terjadi dan apa yang harus mereka lakukan 2. Perubahan kecil yang terjadi diketahui untuk semua program aplikasi. Selanjutnya.Apa penilaian Anda tentang bagaimana Melinda memenuhi tanggung jawab manajemen SI nya? Sebutkan tugas yang ia lakukan untuk memeperkuat departemen.Pengendalian dan kekurangan apakah yang ada sesuai dengan laporan dari SI kepada manajemen senior ?Jika Anda menemukan kekurangan. agar kinerja SI berjalan meksimal sesuai dengan harapan.Megah Kurnia? Apa kekuatannya ?apa kekurangannya buatlah rekomendasi untuk pengenbanggannya. baik itu melalui sikap ataupun perbuatan yang dilakukannya seharihari terhadap para staff. 3. Hanya saja. seharusnya ada pembagian tugas . Tidak ada perubahan yang perlu dilakukan.berikan rekomendasi yang bisa disertakan dalam surat manajemen Dalam kasus Melinda.1. peningkatan lah yang perlu di lakukan oleh Melinda sebagai Manajer SI. karena stafnya terbatas hanya tiga orang dan mereka melakukan banyak pekerjaan. pembagian kerja/ pendelegasian terhadap operator terasa berat. Tetapi kekurangannya. Pengawasan dan kemampuannya dalam mendelegasikan setiap staff di dalam departemen SI yang kemudian dilaporkannya kepada Direktur Operasi merupakan pekerjaan yang patut mendapat apresiasi tinggi. Fungsi pemograman PT Megah Kurnia sudah cukup bagus karena tiga orang staf pemograman mampu bertanggung jawab untuk menjaga dan memperbaharui system dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan perusahaan.Yang mana dari tugasnya yang menjadi perhatian Anda ?Perubahan apa dalam tanggung jawab harian ia yang akan Anda lakukan ? Melinda Kho dapat dikategorikan sebagai seorang Independent Women yang memiliki ingritas tinggi untuk seorang manajer SI wanita.

yang jelas masing-masing staf dan perlu penambahan staf supaya semuanya seimbang dikerjakan. untuk proses di malam hari seharusnya ada tambahan staf karena kinerjanya lebih berat dan cukup rumit karena melakukan monitoring sekaligus pembetulan system. 4.petugas pengendalian data membagikan semua output ke berbagai departemen pengguna • • • • Kekuatan Pengendalian (+) .Apa penilaian Anda terhadap fungsi pengendalian data pada PT Megah Kurnia?apa kekuatannya ?Apa kkurangannya ?Buatlah rekomendasi untuk pngembangannya Tugas petugas pengendalian • Mengumpulkan semua output computer.termasuk laporan output dan daftar pengecualian Memerikasa input dari pengguna Mengkaji laporan pengecualian Menyiapkan formulir koreksi untuk pemrosesan ulang Setelah semua koreksi sudah terkumpul. 5.Apa penilaian Anda terhadap fungsi operasional SI pada PT Megah Kurnia ?Apa kekuatannya ?Apa kekurangannya ?Buatlah rekomendasi untuk pengembangannya Fungsi operasional SI PT Megah Kurnia berjalan sesuai dengan pembagian tugas yang diberikan tetapi kekurangannya.

Pemisahan tugastugas IT Keamanan Fisik dan Online Pengendalian Output Adanya sub bagian Pengendalian Data yang memudahkan organisasi untuk mengamakan akses data perusahaan dan berguna untuk jalannya operasi yang diinginkan Adanya pembatasan hak untuk mengubah dan merevisi daftar master serta arsip lainnya sebelum ada otorisasi dari atasan.ini diperlukan agar manajer atau pengawas audit tahu history dari setiap perubahan data Rekomendasi Manajer harus lebih mengawasi bagian Pengendalian data karena besar peluang untuk melakukan kecurangan pada divisi ini.terlebih lagi pada sub bagian ini hanya terdapat 1 karyawan adanya lampiran untuk setiap kegiatan .Petugas Pengendalian memberikan form khusus untuk setiap permintaan perubahan Petugas Pengendalian memepunyai peranan yang penting dalam perubahan output data Kekurangan (-) Pelaporan yang rutin ke pada manajer Record Perubahan Pengawasan pada pengendalian data kurang diawasi oleh manajer SI Tidak adanya lampiran untuk setiap kegiatan yang dilakukan Pengendali Data.

ini diperlukan agar manajer atau pengawas audit tahu history dari setiap perubahan data 6.Oleh sebab itu pengendalian dengan keterlibatan pengguna seperti adanya rekonsiliasi laporan output terhadap laporan input oleh pengguna dalam pengujian kuartalan .yang dilakukan Pengendali Data. Soal 11-26 1.Untuk setiap prosedur audit. identifikasi jenis-jenis bukti 3. Untuk setiap prosedur analisis atau prosedur pengujian terperinci saldo. identifikasi siklus transaksi yang sedang diaudit 2.Untuk setiap pengujian pengendalian atau pengujian substantive prosedur transaksi.sebutkan apakah ini pengujian pengendalian atau pengujian substantif 4.menurut kami sudah tepat dilakukan.Untuk setiap prosedur audit substantive transaksi.Untuk setiap prosedur audit.pengujian terperinci saldo atau sebuah prosedur analitis 5.Buatlah rekomendasi untuk mengembangkan pengendalian terhadap keterlibatan pengguna Keterlibatan pengguna dapat membantu dalam proses audit untuk mencapai tujuan konklusi yang mendekati ketepatan atau tepat.sebutkan tujuan audit terkait transaksi atau tujuan-tujuan yang dicapai 6.Untuk setiap prosedur audit.sebutkan tujuan audit terkait saldo atau tujuan-tujuan yang dicapai .

.

menjumlah ke prosedur bawah neraca analitis saldo percobaan utang dan membandingkan saldonya dengan buku besar. Tanya jawab Penjuala Dokumentas dengan manajer n dan i. Tanya dagang pada jawab neraca saldo dengan umur piutang klien. Memeriksa Dokumentas dokumentasi i. 6. 5. ulang. menelusuri prosedur masing-masing analitis kepada struk Pengujian Subtantif Prosedur Analisis Tujuan Audit Terkait Transaks i Klasifikas i Tujuan Audit Terkait Sado Klasifikasi Pengujian Pengendalian – Keterjadi an Perincian Saldo Akun Sesuai dengan Jumlah Arsip Utama yang Terkait Keberada an Pengujian Subtantif Terperinci saldo Akurasi Pengujian Pengendalian – Keterjadi an Perincian Saldo Akun Sesuai dengan Jumlah Arsip Utama yang Terkait Akurasi Pengujian Subtantif Prosedur Analisis Akurasi Pengujian Subtantif Prosedur Analisis Akurasi Akurasi . 2. untuk akuisi pengamatan transaksi . rekalkulasi Menggunakan Tanya jawab perangkat lunak dengan audit untuk klien. nya dengan pelaksanaan tahun lalu. Tanya setiap divisi penagih jawab dan an dengan membandingkan klien. Memilih sebuah Tanya jawab sampel ayat dengan jurnal akuisi dan klien. samping dari pelaksanaan jurnal ulang. dapat ditagih. rekalkulasi Menggunakan Piutang Dokumentas perangkat lunak usaha i. pengeluaran kas rekalkulasi dan melacak saldonya ke buku besar Menghitung Penjuala Dokumentas rasio gaji untuk n dan i. 3. Tanya sebelum dan jawab sesudah tanggal dengan neraca untuk klien.N o Proses Audit Siklus Transak si Jenis Bukti TOC/ST STOT/TODB/A RP 1. menentukan rekalkulasi apakah telah dicatat dalam periode yang sesuai. kredit apakah penagih pengamatan setiap piutang an . 4. Tanya audit untuk jawab menjumlah ke dengan bawah dan ke klien.

sebutkan elemen yang mana dari lima kategori aktivitas pengendalian yang bisa diterapkan(pembagian tugas.atau pemeriksaan independen terhadap performa B. Untuk setiap pengendalian.asumsikan bahwa pengendalian tidak ada atau tidak berfungsi Penerimaan dilakukan dengan pengcekan hitung ulang Penentuan harga serta catatan laporan atas akuisisi yang akurat Mengamati struk dari vendor dihitung ulang sbelum pembayaran dari perusahaan yang meng akuisisi Mengamati harga yang digunakan untuk akuisisi adalah daftar harga yang telah disetujui oleh pihak yang bersangkutan dan menguji laporan penerimaan diberi nomor sebagai bukti pendukung untuk akuisisi juga disertai penjelasan yang urut Mengamati tanggal struk dibandingkan Penyesuaian data .dokumen atau catatan yang cukup.sebutkan tujuan audit terkait transaksi yang mana yang bisa diterapkan (Jawaban digabung dengan nomor 1) Nomor pengendali an 1 2 3 4 5 Kategori aktivitas Pengecekan independen pada saat pelaksanaan Dokumen atau catatan yang memindai Pengendalian fisik atas aktiva dan catatan Pengecekan independen pada saat pelaksanaan Dokumen atau catatan yang memindai Tujuan audit yang berkaitan dengan transaksi Keakuratan Kelengkapan Keakuratan Penetapan waktu Posting dan pengikhtisaran 6 Pemisahan tugas Keakuratan 7 Otorisasi yang tepat Keterjadian 8 Otorisasi yang tepat Kelengkapan 9 Otorisasi yang tepat Keterjadian 10 Otorisasi yang tepat Kelengkapan C.sebutkan salah saji yang mungkin terjadi. Untuk setiap pengendalian.pemeriksaan fisik terhadap asset dan catatan.Soal 11-29 A.Untuk setiap pengendalian.otorisasi yang sesuai.

Untuk setiap pengendalian.asumsikan bahwa pengendalian tidak ada atau tidak berfungsi Salah saji yang dapat terjadi adalah • • • • Adanya salah saji dalam melaporkan penerimaan asset dank as dari perusahaan yang meng-akuisisi Adanya salah saji dalam menentukan nominal utang dalam buku besar Salah saji dalam pengklasifikasian akun-akun dalam jurnal dan laporan keuangan Salah saji dalam menuliskan nominal cek E.sebutkan salah saji yang mungkin terjadi.laporan keuangan pada perusahaan (pihak yang diakuisisi) Cek dan dokumen terkait dibandingkan dengan yang sudah diotorisasi Cek yang dikeluarkan memenuhi standar pengeluaran cek sebelum dimasukkan pada jurnal akuisisi dan menguji arsip master utang pada buku besar Mengamati semua cek yang ditandatangani oleh pihak manajer atau pemilik perusahaan Mengamati apakah semua dokumen pendukung dibatalkan setelah cek ditandatangani dan mengamati siapa yang yg menerbitkan cek setelah pendatatanganan D. identifikasikan prosedur audit subtantif untuk menentukan apkah salah saji muncul: 1) Subtantif transaksi 2) Prosedur analisis subtantif 3) Prosedur analisis subtantif 4) Subtantif transakti 5) Prosedur analisis subtantif 6) Prosedur analisis subtantif 7) Subtantif transakti .Untuk setiap salah saji yang mungkin terjadi.

yang ada dalam figure 6-9.5753113 13 3.667898 38 4. Berdasarkan perhitungan Anda.3091235 89 1.068107 87 B. .055957 18 0.Gunakan informasi itu untuk mengidentifikasi akun-akun yang anda yakini ada masalah penyajian yang material jumlahnya.844345 63 4.354129 59 83.nilailah kemungkinannya(tinggi. Hitung sekurangnya lima rasio yang berguna untuk menilai keberlangsungan menggunakan laporan keuangan Pinnacle Manufacturing.sedang atau rendah) Pinnacl Manufacturing akan gagal finansial dalam 12 bulan ke depan Kemungkinan kegagalan keuangan 12 bulan mendatang : kecil C.6843340 19 99.418591 59 2.297543 35 1.716304 01 0.82846 5 2006 0. Gunakan laporan Laporan Laba Rugi Pinnacle Manufacturing untuk menyiapkan laporan pendapatan ukuran biasa selama tiga tahun tersebut.3887668 97 0.012968 84 90.95510 45 2005 0. Rasio rasio kas rasio lancer rasio cepat rasio perputaran persediaan rasio jumlah hari penjualan persediaan 2007 0.8) Prosedur analisis subtantif 9) Prosedur analisis subtantif 10) Prosedur analisis subtantif Soal 6-40 A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful