Tips Memberi Makanan Gizi Seimbang Untuk Anak

Kamis, 16 Februari 2012 03:20 | Ditulis oleh Seksi Informasi | Tips Memberi Makanan Gizi Seimbang Untuk Anak Tips Tumbuh Kembang “Mumpung masih kecil, Saya membiarkan anak saya makan apa saja asalkan bersih dan membuatnya kenyang. Supaya dia gemuk dan sehat,” ucap Fifi (28 tahun), ibu seorang anak usia 5 tahun. Kutipan tersebut bisa jadi mewakili pandangan banyak orang tua berkaitan dengan pola makan anak. Pandangan ini jelas salah kaprah, karena alih-alih menjadi sehat, anak malah bisa terkena kurang gizi, kegemukan dll. Disinilah peran penting pola makan sehat dan seimbang, yang Anda dikenal dengan norma : Pedoman Umum Gizi Seimbang. Berikut ini Tips memberikan makanan gizi seimbang untuk buah hati Anda:

1. Berikan anak aneka ragam makanan untuk menjamin kelengkapan gizi yang dibutuhkan. 2. Berikan makanan yang memenuhi kecukupan energi untuk menunjang aktifitasnya seharihari. 3. Pilihlah makanan berkadar lemak sedang dan rendah lemak jenuh. Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin A, D, E, dan K , serta menambah lezatnya hidangan. 4. Gunakan garam beryodium, karena sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit gondok, kretin dan menjaga kecerdasan anak. 5. Berikan makanan yang kaya zat besi, untuk mencegah anak menderita kurang darah/anemia gizi. 6. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 4 bulan dan tambahkan makanan pendamping ASI sesudahnya. 7. Biasakan anak untuk makan pagi, karena bermanfaat untuk memelihara ketahanan fisik dan daya tahan tubuhnya. 8. Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya. 9. Ajak anak untuk melakukan aktifitas secra teratur, karena dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, serta meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot. 10. Berikan anak makanan yang aman bagi kesehatan. Makanan yang aman adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya. 11. Bacalah lebel pada makanan yang dikemas. Semua keterangan rinci pada label makanan yang dikemas sangat membantu Anda saat memilih dan menggunakan makanan tersebut, sesuai kebutuhan gizi dan keadaan kesehtan buah hati Anda.

Sumber : http://tipsanda.com Terakhir Diperbaharui (Senin, 20 Februari 2012 02:21)

PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG,, Apaan tuh? Udah tau kalo 4 Sehat 5 Sempurna itu udah kuno?? Belum?? Wah, ketinggalan nih.. udah sejak 12 tahun yang lalu loh.. Jadi ceritanya begini: Konferensi Gizi Internasional yang dilakukan di Roma pada tahun 1992 merekomendasikan agar setiap negara menyusun Pedoman Gizi Seimbang (PGS) untuk mencapai dan memeliharan kesehatan dan kesejahteraan gizi (nutritional well-being). Indonesia saat itu menghadiri dan menandatangani rekomendasi tersebut. Jadilah Indonesia menyusun PGS tersebut dan menjabarkannya sebagai 13 pesan dasar yang disebut Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Kemudian PUGS ini dikeluarkan oleh Direktorat Gizi, Depkes pada tahun 1995. Jadi sekarang umurnya udah 12 tahun tho.. Ketigabelas pesan dasar gizi seimbang tersebut adalah: 1. Makanlah aneka ragam makanan, yaitu makanan sumber zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), serta zat pengatur (vitamin dan mineral). 2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dari tiga sumber utama, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kCal energi, 1 gram protein akan menghasilkan 4 kCal energi, sedangkan 1 gram lemak akan menghasilkan 9 kCal energi. Tuh, gede banget kan dari lemak.. 3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi. WHO (1990) menganjurkan agar 55 – 75% konsumsi energi total berasal dari karbohidrat kompleks dan paling banyak hanya 10% berasal dari gula sederhana. 4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner. 5. Gunakan garam beriodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI). GAKI dapat menghambat perkembangan tingkat kecerdasan anak, penyakit gondok, dan kretin (kerdil). Dianjurkan untuk mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari. 6. Makanlah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia. Sumber yang baik adalah sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging. Tapi utamanya dari lauk hewani. Why? Karena zat besi dalam lauk hewani dalam bentuk heme (diserap 5x lebih tinggi daripada nonheme). 7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 4 bulan. Pemberian ASI secara eksklusif ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Tapi sekarang

udah diperbarui loh.. Bukan hingga umur 4 bulan, tetapi hingga umur 6 bulan, setelah itu perlu diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI). 8. Biasakan makan pagi (sarapan) untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja. Jangan bilang lagi diet (ngurusin badan) buat alasan ngga sarapan, karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak sarapan justru meningkatkan suatu hormon yang memicu pertambahan berat badan. Ditambah lagi tidak makan pagi memberi efek “kelaparan” sehingga makan siang jadi double size, ‘tul ngga? 9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya, yaitu minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya, agar proses faali dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan seimbang. 10. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur untuk mencapai berat badan normal dan mengimbangi konsumsi energi yang berlebihan. 11. Hindari minum minuman beralkohol. Anda yang suka minum minuman beralkohol, ingat bahwa liver (hati) Anda itu beresiko terkena kanker! 12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan, yaitu bebas dari cemaran bahan kimia dan mikroba berbahaya, yang dapat menyebabkan sakit. Waspadalah dalam memilih jajanan anak; perhatikan warnanya, apabila terlalu ngejreng, bisa jadi pewarna yang digunakan bukan pewarna makanan. 13. Bacalah label pada makanan yang dikemas, untuk mengetahui komposisi bahan penyusun (ingridien), komposisi gizi, serta tanggal kadaluarsa. Bagi yang ingin tahu apa saja yang dikonsumsi oleh anak Anda, coba perhatikan kandungan snack yang dimakannya. Anda paham Monosodium Glutamat alias MSG kan? Too much of it, kecerdasan anak Anda bisa menurun. Untuk ingredien yang sama, Anda yang hipertensi juga mesti hati-hati. Sodium = natrium. Anda ingat rumus kimia garam dapur kan? Benar, Nacl atau Natrium Chlorida. Sifat natrium atau sodium ini adalah menyerap / mengikat air. Apabila jaringan Anda tinggi natrium, air akan terserap ke jaringan; air dalam pembuluh darah berkurang, darah semakin kental. Inilah faktor dominan hipertensi. Jadi, buat Anda yang diet rendah garam, si natrium ini perlu dikurangi; termasuk yang ada pada makanan instan dan makanan awetan. Beberapa singkatan yang lazim digunakan dalam label antara lain : - MD = makanan yang dibuat di dalam negeri - ML = makanan luar negeri (import) - Exp = tanggal kadaluarsa, artinya batas waktu makanan tersebut masih layak dikonsumsi. Sesudah tanggal tersebut, makanan tidak layak dikonsumsi - SNI = Standard Nasional Indonesia, yakni keterangan bahwa mutu makanan telah sesuai dengan persyaratan - SP = Sertifikat Penyuluhan

htm .Nah. next session saya akan bahas lebih lanjut lagi mengenai ini.com/kesehatan/news/senior/gizi/0212/19/gizi4. Jakarta: PT Primamedia Pustaka.kompas.. dihapal? Diterapkan dong. Negara-negara lain juga punya PUGS. Sunita. OK deh. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama... 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Penuntun Diet edisi baru. itulah PUGS-nya Indonesia. Hidup Sehat. Almatsier. Soekirman. et. Ikuti 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. 2004.net. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2002. G. Sekarang udah kenal kan? Udah kenal terus apa. tapi ga sebanyak poinnya kita. REFERENSI: Almatsier. al. www.gizi. Sunita. 2006. Sianturi. http://www.

3.Sumber zat pembangun Sedang zat pembangun diperoleh dari ikan. Pedoman disusun dalam rangka memenuhi salah satu rekomendasi Konferensi Gizi Internasional di Roma pada tahun 1992. Oleh karena makanan yang beraneka ragam yang mengandung protein. usia. 2002).Sumber energi/tenaga Zat gizi ini digolongkan ke dalam 2 jenis yaitu zat tepung atau pati dan zat gula. tinggi badan dan juga aktifitas seseorang. Pengelompokan bahan makanan disederhanakan. ayam. lemak. Tiap makanan dapat saling melengkapi dalam zat-zat gizi yang dikandungnya. yaitu sebagai: 1. . mie. kacang-kacangan dan sebagainya. Sedangkan sumber zat gula adalah gula. 2. yaitu didasarkan pada tiga fungsi utama zat-zat gizi. ubi. daging. dan yang semisal dengannya. dalam rangka memasyarakatkan gizi seimbang. PUGS merupakan penjabaran lebih lanjut dari pedoman 4 sehat 5 sempurna yang memuat pesan-pesan yang berkaitan dengan pencegahan baik masalah gizi kurang. susu.Sumber zat tepung diperoleh dari beras. Hal ini dapat dicapai dengan mengkonsumsi beraneka ragam makanan tiap hari. sereal/gandum/roti. Oleh karena itu setiap individu sangat berbeda dalam menerima konsumsi makanan.Sumber zat pengatur Zat pengatur diperoleh dari sayur dan buah-buahan. dan hamper semua jenis buahbuahan. talas. bihun. baik kualitas (fungsinya). singkong. telur. Tujuan PUGS merupakan alat untuk memberikan penyuluhan pangan dan gizi kepada masyarakat luas. madu. PUGS merupakan susunan makanan yang menjamin keseimbangan zat-zat gizi. karbohidrat serta beberapa mineral lain yang dibutuhkan tubuh dari beragam jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pengertian Gizi seimbang Gizi seimbang merupakan aneka ragam bahan pangan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. maupun masalah gizi lebih yang selama 20 tahun terakhir mulai menampakkan diri di Indonesia (diambil dari Almatsier. maupun kuantitas (jumlahnya).GIZI SEIMBANG Kebutuhan gizi tiap orang berbeda-beda dan hal tersebut berhubungan dengan jenis kelamin. sukun. jagung. kentang. berat badan. Di samping itu keanekaragaman makanan juga harus diperhatikan karena pada dasarnya setiap jenis makanan tertentu tidak mengandung semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga perlu beberapa makanan lain untuk mendapatkan komposisi makanan sesuai yang dianjurkan. Direktorat Gizi Depkes pada tahun 1995 telah mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS).

Dasar kerucut menggambarkan sumber energi/tenaga. yaitu golongan bahan pangan yang paling banyak dimakan.Sumber energi diperlukan tubuh dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan kebutuhan zat pembangun dan zat pengatur.Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energy Sering diasumsikan oleh banyak orang ketika kita diet lemak kemudian sama sekali tidak boleh mengkonsumsi lemak padahal tetap saja lemak dibutuhkan sebagai sumber asam lemak essensial. vitamin dan mineral. sedang kebutuhan zat pengatur diperlukan dalam jumlah yang lebih besar dari pada kebutuhan zat pembangun (diambil dari Almatsier. Sumber vitamin.Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energy Dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat kompleks (biji-bijian. E. K. biji2an). Karbohidrat kompleks akan lebih baik dan nikmat jika dikonsumsi bersama makanan yang merupakan sumber unsur gizi lain seperti protein. Dapat diterjemahkan bahwa makanan ada jenis makanan sumber makanan pokok(KH). dapat resiko kegemukan atau dyslipidemia pada orang2 yang mempunyai kecenderungan kearah tersebut. Energi didapat dari makanan sumber Karbohidrat. dan Protein. mineral serta serat (seperti dalam sayuran dan buah-buahan. 2002). Konsumsi lemak dan minyak dianjurkan tidak melebihi 20% dari total kalori. Karena tidak ada satu jenis makananpun yang mengandung lengkap unsur gizinya kecuali ASI. lemak/minyak. dilipidemia merupakan faktor resiko . sumber Protein (hewani dan nabatai). untuk membantu penyerapan vitamin A. Jika kelebihan Energi akan menghasilkan obesitas(kegemukan) sementara kekurangan energy menyebabkan kekurangan gizi seperti marasmus dan kwashiorkhor. serat. mineral. Lemak. 2. Sumber lemak (hewani dan Nabati). 4. D. Sebaiknya pula 50-60% dari kebutuhan energy diperoleh dari karbohidrat kompleks. konsumsi lemak yang berlebihan khususnya lemak/minyak jenuh dari hewan. vitamin. sedangkan bagian atas menggambarkan sumber zat pembangun yang secara relatif paling sedikit dimakan tiap harinya. Dengan mengkonsumsi makanan yang beragam diharapkan dapat saling melengkapi kebutuhan karbohidrat. bagian tengah menggambarkan sumber zat pegatur. ubi-ubian.Makanlah makanan yang beraneka ragam. PUGS memuat 13 pesan dasar yang diharapkan dapat digunakan masyarakat sebagai pedoman untuk mengatur makanan sehari-hari yang seimbang dan aman guna mencapai dan mempertahankan status gizi dan kesehatan yang optimal. tepung-tepungan) disbanding karbohidrat sederhana seperti gula dan makanan manis. 3. Pesan dasar tersebut antara lain : 1. Ketiga golongan bahan makanan dalam konsep dasar gizi seimbang tersebut digambarkan dalam bentuk kerucut dengan urutan-urutan menurut banyaknya bahan makanan tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh. lemak.Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energy Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energy untuk bisa beraktivitas seharihari. Sehingga konsumsi lemak itu dibatasi dan dibolehkan asal dengan catatan2 tertentu. Dislipidemia adalah kenaikan kadar lemak(kolesterol atau trigliserida) dalam darah. Sumber karbohidarat sederhana sebaiknya dikonsumsi ketika kita akan atau sedang melakukan aktivitas dan jumlahnya tidak melebihi 34 sendok makan gula per hari.

7. penderita anemia terlihat lemah. lesu dan pucat bahkan pada ibu hamil dapat menjadikan perdarahan saat melahirkan.terjadinya penyakit jantung coroner dan stroke. serta mencegah osteoporosis pada lansia. mencegah obesitas (mempertahankan berat badan normal). Penggunaan garam beryodium dapat mencegah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY). dan tidak diragukan lagi kebenarannya karena sudah banyak dibuktikan selanjutnya dapat dibaca ulang pada notes-notes saya seputar ASI dan ASI eklusif. Namun penggunaan garam yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena garam mengandung natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan seperti hati. pertumbuhan badan serta perkembangan kecerdasan. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia gizi besi. letih.Gunakan garam beryodium Garam beryodium adalah garam natrium yang diperkaya dengan kalium yodida. sebanyak 30-80 ppm. memperlambat proses menua. Sebaiknya konsumsi garam tidak melebihi 6 gram atau 1 sendok the perhari. 10. Minumlah air bersih sampai dua liter perhari. lakukanlah kegiatan fisik dan olahraga yang teratur Kegiatan fisik dan olah raga sangat dianjurkan untuk meningkatkan kebugaran. sedangkan sayuran hijau kacang-kacangan sumber zat besi nabati(nonheme-iron). 6. 9. dan meningkatkan produktivitas kerja. Karena dengan sarapan dapat menyumbangkan 25% total kebutuhan energy dalam sehari. sehingga metabolism tubuh kita dapat berjalan lancar karena fungsi air sebagai pelarut unsur gizi(spt vitaminvitamin larut air B. Sehingga . aman dan cukup jumlahnya Air minum harus bersih dan bebas kuman hal ini dapat diperoleh jika air bersih dididihkan dahulu atau diproses dengan alat(air minum dalam kemasan). karena kandungan gizinya yang lengkap. dan C). Konsumsi air yang cukup dapat menghindari dehidrasi dan akan menurunkan resiko infeksi serta batu ginjal.Minumlah air bersih. 5. daging merupakan sumber zat besi hewani(heme-iron). Manfaat ASI eklusif jikadikupas sangat banyak dan panjang. meningkatkan fungsi jantung. bahkan dengan sarapan maka akan mengurangi resiko terjadinya obesitas. meningkatkan ketahanan saat bekerja. pada anak-anak makan pagi akan memudahkan konsentrasi belajar sehingga prestasi bisa lebih ditingkatkan. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan ASI adalah makanan terbaik dan tepat untuk bayi. Makanan pendamping ASI (MPASI) hanya boleh diberikan setelah usia bayi lebih dari 6 bulan dan pemberiannya bertahap menurut umur.Makanlah makanan sumber zat besi Zat besi/Fe merupakan salah satu unsur penting untuk membentuk haemoglobin(Hb) atau sel darah merah. telur. 8. memperlancar aliran darah.Biasakan makan pagi Makan pagi atau sarapan sangat bermanfaat karena memelihara ketahanan fisik. dan mengandung zat anti bodi(kekebalan) sehingga dapat digunakan sebagai imunisasi alami. dan otot. paru.

bahan kimia berbahaya(missal timbal peroksida). 11. jika da masalah silahkan hubungi AHLI GIZI terdekat. yaitu di usia 6 bulan. 13. Konsumen yang berhati-hati danmemperhatikan label tersebut akan terhindar dari makanan yang rusak. tapi dengan mengantungi rangkuman tadi cukup untuk kita mengarungi lautan dunia pangan dan kesehatan yang semakin beragam. maksudnya halal saja tidak cukup sehingga unsur2 dalam makanan tersebut juga aman dan tidak membahayakan kesehatan. Penanaman pola makan anak sudah bisa di mulai sejak ia di perkenalkan pada makanan padat. Masih banyak lagi efek negative alcohol. rokok. agar anak mempunyai disiplin makan. tanpa zat gizi lain. jika dijabarkan sebenarnya ilmu gizi itu sangatlah luas. misalnya ubi. susunan zat gizi. Ini dilakukan untuk penganekaragaman menu makanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan memenuhi kebutuhan gizi serta mempertahankan swasembada pangan. Padahal banyak sumber karbohidrat lain yang dapat di konsumsi selain beras. kehalalan makanan. serta jenis narkoba lainnya oleh karena itu harus dihindari karena akan membawa resiko untuk terjadinya berbagai penyakit degenerative. tetapi bukannya tidak bisa. Selain itu makanan juga harus diolah dengan baik sehingga unsur gizi dan citarasanya tidak rusak. baik waktu makan . dan kanker. dan tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat. vaskuler. Demikian sedikit pencerahan tentang ilmu gizi yang terangkum dalam 13 pesan dasar gizi seimbang. tanggal kadaluarsa.sering kita mendengar diet tanpa disertai olah fisik sama dengan bohong. kerusakan saraf otak dan jaringan. anak mempunyai daya ingat yang kuat sehingga apa yang sudah di kenalkan di usia dini akan terus di kenal di usia selanjutnya. Beras merupakan sumber karbohidrat dan menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia yang diolah menjadi nasi sejak dahulu dan sudah menjadi kebiasaan turun-temurun. jenis dan ukuran bahan yang digunakan. keduanya harus seiring sejalan agar berjalan sukses sesuai keinginan. ONE DAY NO RICE Di kota depok di himbau agar tidak makan nasi dalam 1 hari di hari selasa. dan makanan yang berbahaya. tambahan bahan aditif yang digunakan dan keterangan penting lain. 12. Semoga bermanfaat. Makan nasi adalah kebiasaan sejak kecil. serta menyebabkan kecanduan. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan Makanan yang aman adalah makanan yang bebas dari kuman penyakit. gandum dan lain-lain. penyakit gangguan hati. Pada usia ini.Hindari minum-minuman beralkohol Alkohol hanya mengandung energy. tidak bergizi. Oleh karena itu sangatlah benar jika dalam Al Quran disebutkan dalam surat 2 ayat 168 bahwakita disuruh makan makanan yang halal lagi thayyib(baik). Selain itu konsumen dapat menilai halal tidaknya makanan tersebut. Bacalah label pada makanan yang dikemas Label pada kemasan makanan yang dikemas harus berisikan komposisi. Penanaman ragam makanan termasuk jamjam makan perlu di tananmkan di usia dini. Kebiasaan mengonsumsi alcohol menyebabkan kurang gizi. singkong. karena itu agak sulit untuk merubahnya.

Crackers. 7. Bihun 3. Biskuit meja 4. No.5 gelas 1 gelas ¾ gelas 4 gelas 1 potong sedang 2 potong sedang 1 potong besar 10 sendok makan . Berikut adalah daftar bahan penukar karbohidrat. Nama bahan makanan Berat tiap satuan penukar Ukuranrumah tangga 1. BAHAN MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT Golongan bahan makanan ini umumnya digunakan sebagai makanan pokok atau makanan jajanan. Mi kering 14. Makaroni 11. Jadi himbauan ONE DAY NO RICE sebaiknya di tanamkan pada anak usia dini. Satu satuan bahan makanan penukar mengandung 181 kalori dan 4 gram protein. Bubur beras 6. Beras setengah giling 2. Roti putih 16. Jawawut 9.maupun jenis makanannya. Mi basah 13. Tape singkong*) 19. Singkong*) 17. Maizena *) 12. Jagung 8. Talas *) 18. Tepung sagu*) 50 gram 50 gram 50 gram 50 gram 400 gram 50 gram 50 gram 50 gram 200 gram 50 gram 50 gram 250 gram 50 gram 100 gram 80 gram 100 gram 200 gram 100 gram 50 gram ½ gelas 1 gelas 4 gelas ¾ gelas 1/5 gelas 5 gelas besar ½ gelas ½ gelas 4 buah sedang ½ gelas 9 sendok makan 2. Bulgur 5. Nasi beras 15. Kentang 10.

Tepung beras 21. Ubi *) 50 gram 50 gram 60 gram 50 gram 40 gram 50 gram 150 gram 12 sendok makan 12 sendok makan 10 sendok makan 8 sendok makan 7 sendok makan 1.20.½ gelas 1 buah sedang Keterangan : Bahan makanan yang diberi tanda*) kurang mengandung protein sehingga pemakaian bahan makanan ini perlu ditambah satu satuan penukar bahan makanan sumber protein. Tepung terigu 24. Hardiono Ardi] . [Penulis dr. Tepung jagung 22. Tepung gaplek*) 23. Cantel 26. Tepung hunkwee 25.

Konggres tersebut membahas pentingnya gizi seimbang untuk menghasilkan kualitas SDM yang handal. Meningkatkan kemandirian keluarga dalam upaya perbaikan status gizi untuk mencapai hidup sehat. Sejarah Gizi Seimbang Pada tahun 1992 diselenggarakan konggres gizi internasional di Roma. Pola pertumbuhan dan status gizi merupakan indikator kesejahteraan. Meningkatkan ketersediaan komoditas pangan pokok dengan jumlah yang cukup. yang kemudian setelah adanya . Oleh karena itu. Hasilnya adalah rekomendasi untuk semua negara menyusun PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang). 4. 2. Adapun tujuan program pangan dan gizi yang dikembangkan untuk mencapai Indonesia Sehat 2010 adalah : 1. 3. pada tahun 1950 pernah diperkenalkan pedoman 4 sehat 5 sempurna. Meningkatkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memantapkan ketahanan pangan tingkat rumah tangga. Meningkatkan pelayanan gizi untuk mencapai keadaan gizi yg baik dengan menurunkan prevalensi gizi kurang dan gizi lebih. kualitas memadai dan tersedia sepanjang waktu melalui peningkatan produksi dan penganekaragaman serta pengembangan produksi olahan. Masalah gizi menyebabkan kualitas SDM menjadi rendah. perlu adanya program gizi yang berguna untuk mendorong kedua hal tersebut. Sebenarnya di Indonesia.Gizi Seimbang Pengantar Masalah kesehatan masyarakat di Indonesia adalah masalah gizi kurang dan gizi lebih.

Kedua. sumber zat pengatur yaitu sayuran dan buah-buah digambarkan bagian tengah kerucut. sumber zat tenaga yaitu padi-padian dan umbi-umbian serta tepung-tepungan yang digambarkan di dasar kerucut. 2. Ketiga. Ekonomi (terjangkau dengan keuangan keluarga) Sosial budaya (tidak bertentangan) Kondisi kesehatan Umur Berat badan Aktivitas . 6. Pengertian Gizi Seimbang Gizi Seimbang adalah makanan yang dikonsumsi oleh individu sehari-hari yang beraneka ragam dan memenuhi 5 kelompok zat gizi dalam jumlah yang cukup. Menu seimbang : menu yang terdiri dari beranekaragam makanan dengan jumlah dan proporsi yang sesuai. Populer dengan istilah “TRI GUNA MAKANAN”.konggres gizi internasional di Roma dikembangkan PUGS pada tahun 1995. 5. Pertama. tidak berlebihan dan tidak kekurangan (Dirjen BKM. 2002). sumber zat pembangun. 3. sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan (Almatsier. 4. Slogan 4 sehat 5 sempurna merupakan bentuk implementasi PUGS dan terdapat 13 pesan dalam PUGS. Faktor yang Mempengaruhi Penyusunan Gizi Seimbang 1. 2001) Peranan berbagai kelompok bahan makanan tergambar dalam piramida gizi seimbang yang berbentuk kerucut. makanan hewani dan hasil olahan. yaitu kacang-kacangan. digambarkan bagian atas kerucut.

setengah dari kebutuhan energi Dua kelompok karbohidrat adalah karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Kebiasaan makan (like or dislike). Golongan karbohidrat kompleks: padi-padian (beras. protein dan lemak. Makanlah aneka ragam makanan. Bila kelebihan tersebut berlanjut maka akan timbul penyakit (hipertensi. 12. Makanlah makanan sumber zat besi. pada orang dewasa dengan penghitungan IMT (Indeks Massa Tubuh). Makanlah makanan sumber karbohidrat. Bacalah label pada makanan yang dikemas. Lakukan aktivitas fisik secara teratur. 3. 13 Pesan Umum Gizi Seimbang 1. penurunan BB dan kekurangan gizi lain. 9. Biasakan makan pagi. 8. 2. Minumlah air bersih. 4. sagu dan pisang. Sedangkan untuk menutupi kekurangan energi. 10. balita dan usia sekolah dengan menggunakan KMS. DM. Pesan 3: Makanlah makanan sumber karbohidrat. Idealnya. ada zat tenaga. 13. Bila keadaan ini berlanjut sebabkan penurunan daya kerja/ produktivitas kerja. Golongan karbohidrat sederhana : gula (menyebabkan mudah lapar). setengah dari kebutuhan energi. Pesan 1: Makanlah aneka ragam makanan Makan makanan yang beranekaragam sangat bermanfaat untuk kesehatan. zat pembangun dan zat pengatur. Ketersediaan pangan setempat. Pemantauan berat badan dilakukan pada bayi. diambilkan cadangan energi dari jaringan otak/ lemak. aman yang cukup jumlahnya. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Makanan harus mengandung unsur zat gizi yang diperlukan tubuh baik kuantitas maupun kualitas. Hindari minuman yang beralkohol. Pesan 2: Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi Kebutuhan energi dapat tercukupi dengan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat. gandum). jagung. 11. Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya. Karbohidrat kompleks penyerapannya lebih lama sehingga tidak membuat mudah lapar. 7. prestasi belajar dan kreativitas. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. 5. dll). 8. kentang) serta tepung. Apabila energi yang diperoleh dari makanan sumber karbohidrat kompleks (selain gula) melebihi 60% .7. Gunakan garam beryodium. Kelebihan energi disimpan dalam bentuk lemak/ jaringan lain. 6. jantung. dan pada lansia dengan KMS Usila. Pembatasaan konsumsi gula dianjurkan sampai 5% dari jumlah kecukupan energi atau ± 3 – 4 sendok makan setiap hari. Tanda kecukupan energi dapat dipantau dengan keadaan berat badan yang normal. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi. ubi jalar. umbi-umbian (singkong.

memecahkan masalah dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru. vitamin dan mineral sulit dipenuhi. Tiga golongan lemak: lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda (paling mudah dicerna).atau 2/3 bagian dari energi yang dibutuhkan. maka kebutuhan protein. Anjuran pemberian yodium : Anak SD (daerah endemik berat) 1 kapsul / tahun . Konsumsi lemak dan minyak kurang sama dengan 10% dan tidak lebih dari 25 % dari kebutuhan energi. Sedang makan ikan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Sesuai Keppres No. Indonesia kehilangan 140 juta IQ point akibat GAKY . Dasar penghitungan klasifikasi pengurangan point IQ adalah : Kretin (GAKY berat) Gondok Bayi di daerah GAKY GAKY bentuk lain 50 poin 5 poin 10 poin 10 poin Catatan : Rata-rata IQ manusia normal = 110 IQ dibawah 80 point tergolong bodoh IQ point merupakan ukuran kemampuan seseorang dalam hal berpikir. dan lemak yang mengandung asam lemak jenuh (sulit dicerna). lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (mudah dicerna). Pesan 4: Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi Adapun guna lemak dan minyak adalah untuk meningkatkan jumlah energi. Komposisi konsumsi lemak nabati: hewani= 2 : 1 Kebiasaan mengkonsumsi lemak hewani berlebihan menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner. oleh karena lemak ikan mengandung asam lemak omega 3. K dan menambah lezat hidangan. Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal: berasal dari nabati. kecuali minyak kelapa. membantu penyerapan vitamin A. kretin dan penurunan IQ. 69 tahun 1994 menyatakan bahwa kekurangan yodium dapat mengakibatkan GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium). gondok. Sedangkan makanan sumber asam lemak jenuh: berasal dari hewani. D. Asam lemak omega 3 berperan mencegah terjadinya penyumbatan lemak pada dinding pembuluh darah. Pesan 5: Gunakan garam beryodium Garam beryodium yang dianjurkan adalah garam dg KIO3 (Kalium iodat) sebanyak 30-80 ppm. E.

mempertahankan daya tahan tubuh. MP-ASI: makanan/ minuman pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya. vitamin A. Bagi anak-anak adalah kemampuan belajar turun. Pesan 6: Makanlah makanan sumber zat besi Fe merupakan unsur penting untuk pembentukan sel darah merah. Zink (Zn) dan asam folat.Wanita usia subur (WUS) Ibu hamil Ibu menyusui 2 kapsul / tahun @ 200 mg 1 kapsul / tahun 1 kapsul / tahun selama menyusui Konsumsi garam beryodium ± 6 gram per hari/ 1 sendok teh. Insidensi atau angka kejadian AGB di Indonesia : tidak lebih sama dengan 63% bumil dan 55% balita. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk melancarkan transportasi zat gizi dlm tubuh. Pesan 7: Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya ASI merupakan makanan terbaik bayi. Pesan 9: Minumlah air bersih. kadar Hb kurang dari normal. Sumber utama zat besi adalah bahan pangan hewani dan kacang-kacangan serta sayuran berwarna hijau tua. mengatur suhu tubuh. Kegagalan ASI Eksklusif sebabkan jumlah sel otak berkurang 15-20%. perdarahan dan kematian. Program pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi ibu hamil adalah 1 TTD selama 90 hari. Mutu garam baik dengan Tes Kit Yodina. melancarkan dlm buang air besar dan buang air kecil. Sedangkan resiko tidak membiasakan makan pagi adalah gangguan kesehatan yang berupa menurunnya kadar gula darah. aman yang cukup jumlahnya Air yang kita minum harus bersih dan aman (bebas dri kuman). . lemah lesu. Kebiasaan makan pagi. ikan dan telur. pusing dan penglihatan berkunang-kunang. mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh. Zat besi Fe pangan asal hewani/haeme lebih mudah diserap (10-20%) daripada zat besi pangan asal nabati/non haeme (1-2%). Resiko AGB bagi ibu hamil adalah BBLR.25 mg asam folat. Untuk balita dapat diberikan preparat besi dalam bentuk sirup. Adapun Tanda-tanda AGB : pucat. Pesan 8: Biasakan makan pagi Manfaat makan pagi adalah untuk memelihara ketahanan fisik. Pemberian : 0-6 bulan (ASI Eksklusif = pemberian ASI saja tanpa makanan lain). Zat gizi yang membantu penyerapan Fe diantaranya protein hewani seperti daging. dengan kecukupan air minum dapat mencegah dehidrasi dan menurunkan resiko batu ginjal. Kebutuhan air minum ± 2 liter sehari/ 8 gelas sehari. Sedangkan bagi orang dewasa adalah penurunan produktivitas kerja. membantu memenuhi kecukupan gizi sehari-hari. vitamin C. Kekurangan Fe dapat berakibat Anemia Gizi Besi (AGB). Hasil warna garam yang bermutu baik adalah biru keunguan. Kandungan 1 TTD = 200 mg ferrosulfat = 60 mg besi elemental + 0. meningkatkan produktifitas kerja dan meningkatkan konsentrasi belajar.

Auliana. makanan tidak layak dikonsumsi Standart Nasional Indonesia (keterangan mutu makanan telah sesuai dengan persyaratan) SNI SP Sertifikat penyuluhan Referensi Almatsier. Pesan 13: Bacalah label pada makanan yang dikemas Label adalah keterangan tentang isi. aroma dan rasa berubah. Salah satunya dengan membiasakan jalan kaki dengan jarak tempuh ± 50-100 m. Sesudah tanggal tersebut. . Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat. berjamur. jenis kelamin. pekerjaan dan kondisi kesehatan. Gizi Dan Pengolahan Pangan. meningkatkan fungsi jantung. 1999. R. mencegah kelebihan berat badan. Kecuali. kerusakan saraf otak dan jaringan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.Pesan 10: Lakukan aktivitas fisik secara teratur Manfaat dari melakukan aktifitas fisik adalah meningkatkan kebugaran. bila makanan sengaja akan diolah dan diubah bentuk fisiknya). lewat tanggal kadaluwarsa dan rusak pada kemasan. S. memperlambat proses penuaan. Mitra Gama Widya. cara pengolahan yang tidak benar. Olahraga teratur disesuaikan dengan usia. tanggal kadaluwarsa dan keterangan penting lain. hilangnya zat-zat gizi yang penting. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. susunan zat gizi. meski mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup. kurang gizi. tapi tidak terdapat unsur gizi lain. Sedangkan efek samping minuman alkohol: sering buang air kecil. makanan juga harus layak konsumsi (aman untuk kesehatan). ukuran bahan-bahan yang digunakan. artinya batas waktu makanan tersebut masih layak dikonsumsi. jenis. Buku Panduan 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. Beberapa singkatan yang lazim digunakan dalam label antara lain: MD Makanan yang dibuat di dalam negeri ML Makanan luar negeri (import) Exp Tanggal kadaluarsa. 2002. Ciri makanan yang tidak sehat adalah berlendir. Pesan 11: Hindari minuman yang beralkohol Alkohol mengandung energi. terdapat zat/ bahan pengawet. Akibat kebiasaan minum minuman beralkohol adalah terhambatnya proses penyerapan gizi. paru dan otot. Jakarta. ketagihan dan hilang kendali diri. 2001. Syarat makanan aman adalah “wholesome” (zat-zat gizi tidak banyak yang hilang dan bentuk fisiknya masih utuh. Pesan 12: Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan Selain bergizi lengkap dan seimbang. Jakarta. penyakit gangguan hati.

P. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. EGC. Dan Menyusui Dengan Bahan Makanan Lokal. Peningkatan Gizi Bayi. Ibu Hamil. W. Hananto. Pusat Studi Kebijakan Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB). 2002.gizi. www. Anak. Perlu Paradigma Baru Untuk Menanggulangi Masalah Gizi Makro Di Indonesia. 2000.net. Sagung Seto. . 2005. Jakarta.Francin. Soekirman. Jakarta.

yaitu didasarkan pada tiga fungsi utama zat-zat gizi. Biasakan sarapan. telur. produktifitas kerja. diantaranya memelihara ketahanan fisik. 8. ubi kayu. dan meningkatkan konsentrasi. sereal/gandum. susu. kuning telur. Manfaat sarapan sangat besar. Minum alkohol dapat menghambat proses penyerapan gizi dan menyebabkan kerusakan hati dan syaraf otak. Kerucut dibawah ini merupakan susunan sumber makanan sesuai banyaknya porsi yang harus dimakan: GG *Staf instalasi gizi RSHS. Olahraga teratur. Zat pengatur diperoleh dari sayur dan buah-buahan. Sebaiknya diberikan hingga 2 tahun dengan jumlah yang disesuaikan. daging. Minumlah 6-8 gelas air putih setiap hari. 6. dan sayuran hijau. Konsumsi zat besi. sedang zat pembangun diperoleh dari ikan. Pengelompokan bahan makanan disederhanakan.5. Zat besi bisa didapat dari hati. Sumber energi diperlukan tubuh dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan kebutuhan zat pembangun dan zat pengatur. 10. yaitu sebagai: (1) sumber energi/tenaga. 9. kacang-kacangan dan sebagainya. sedang kebutuhan zat pengatur diperlukan dalam jumlah yang lebih besar dari pada kebutuhan zat pembangun (diambil dari Almatsier. dan (3) sumber zat pengatur. Penanggungjawab Klinik Gizi Rawat Jalan RSHS . 7. Berikan Asi. (2) sumber zat pembangun. kentang dan yang semisal dengannya. Hindari minuman beralkohol. kacang-kacangan. Laksanakan olah raga teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 45-60 menit. jagung. daging. Tiap makanan dapat saling melengkapi dalam zat-zat gizi yang dikandungnya. Minum cukup air. 2002). ayam. Sumber energi diperoleh dari beras.

Sejak tahun 2000-an sebenarnya Depkes mulai memperkenalkan panduan mengenai gizi yang baru. maka disadari bahwa kebutuhan gizi tidak dapat di sama ratakan untuk setiap orang di setiap usia. Hardinsyah. Tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. PGS juga menekankan proporsi yang berbeda untuk setiap kelompok yang disesuaikan . Ki-ka : moderator. SKM. Sehingga mungkin saja meskipun secara fisik terlihat normal.Gizi Seimbang untuk Setiap Usia 31-01-2011 | Bekti-medicastore. Hardinsyah. Berbeda dengan konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang. Prof. tetapi bila dilakukan pemeriksaan lebih lanjut akan terlihat kekurangan salah satu atau lebih zat gizi. maka masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui hal tersebut. Selain itu masalah gizi lebih seperti kegemukan & obesitas saat ini juga mulai banyak terlihat. Soekirman. Disamping itu. Tetapi karena kurangnya sosialisasi.PhD. yang juga disebut sebagai bapak gizi Indonesia. (3) pentingnya pola hidup aktif & olahraga serta (4) memantau berat badan ideal. Soekirman. dengan memperhatikan 4 prinsip yaitu (1) variasi makanan. MPS-ID. PhD. Dr. MPS-ID.com P ada sekitar tahun 1950-an di Indonesia terkenal konsep mengenai pedoman gizi yang disebut dengan 4 sehat 5 sempurna. SKM. Konsep tersebut dibuat oleh Prof. Pedoman gizi seimbang (PGS) sendiri adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis & jumlah yang sesuai dengan kebutuhan hidup. demikian juga kebutuhan gizi bagi ibu hamil/menyusui & orang lanjut usia. yang disebut dengan “Pedoman gizi seimbang” (PGS). sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok tersebut. MS. H. Ir. (2) pentingnya pola hidup bersih. dimana orang menjadi lebih jarang melakukan aktifitas fisik & mempunyai pola makan yang berubah (lebih banyak mengkonsumsi makanan yang manis & tinggi lemak). Oleh karena itu. jenis kelamin. pedoman gizi seimbang berprinsip bahwa tiap golongan usia.PhD & Dr. Sehingga bisa dibilang saat ini terjadi permasalahan ganda di masyarakat yaitu kasus gizi kurang yang banyak terjadi & kasus gizi lebih (kegemukan/obesitas). Dalam arti gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa. bertempat di Hotel Akmani. pada tanggal 27 Januari 2011 kemarin. Poerwo Soedarmo. Idrus Jus’at Prof. Hadir sebagai nara sumber adalah : Prof. Jakarta. Dalam acara tersebut juga dilakukan media edukasi mengenai gizi seimbang untuk setiap kelompok usia. Ir. kesehatan & aktifitas fisik memerlukan PGS yang berbeda. PhD. H. Soekirman dalam kata pengantarnya mengatakan saat ini terjadi perubahan gaya hidup di masyarakat. Idrus Jus’at & Prof. diselenggarakan acara konfrensi pers mengenai gizi seimbang & pembagian buku yang berjudul “Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang”. Prof. MS.

ibu hamil. 2 potongan sedang. prinsip PGS divisualisasi dalam bentuk tumpeng dengan nampannya yang disebut dengan “Tumpeng Gizi Seimbang” (TGS). yaitu remaja perempuan. Padahal kecukupan ibu hamil harus banyak mendapat perhatian karena berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak. Untuk mempermudah pemahaman mengenai PGS. Luasnya potongan TGS menunjukkan porsi konsumsi setiap orang per hari. anemia & kekurangan zat besi. Perbedaan lainnya adalah PGS tidak memperlakukan susu sebagai makanan sempurna. Yaitu suatu kesempatan singkat untuk melakukan sesuatu yang menguntungkan & harus dimanfaatkan. Kemudian diatasnya lagi ada golongan makanan sumber protein. yang dibagi menjadi golongan protein nabati & hewani (dianjurkan dikonsumsi 2-3 porsi/hari). Periode emas perkembangan otak anak sendiri dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. hipertensi. seperti mual & muntah secara berlebihan. Karbohidrat dianjurkan dikonsumsi 3-8 porsi/hari. artinya air putih merupakan bagian terbesar & zat gizi esensial bagi kehidupan.atau diseimbangkan dengan kebutuhan tubuh. Untuk mencegah masalah dampak kekurangan gizi. gula & garam yang dianjurkan untuk dikonsumsi seperlunya. melainkan ditempatkan satu kelompok dengan sumber protein hewani lainnya. 2 potongan kecil & di puncak terdapat potongan terkecil. sembelit. Di Indonesia. setiap negara di dunia memiliki visualisasi yang disesuaikan dengan kebudayaan masing-masing. Salah satu tantangan yang juga harus diperhatikan adalah tentang pemenuhan gizi seimbang pada periode tertentu. . yaitu : 1 potongan besar. Diatas bagian ini terdapat golongan sayuran (dianjurkan 3-5 porsi/hari) & buah (dianjurkan 2-3 porsi/hari) sebagai sumber serat. Dalam bidang gizi. kesempatan tersebut berkisar dari sebelum kehamilan sampai anak berumur sekitar 2 tahun. dalam sehari kebutuhan air putih yang harus dipenuhi minimal adalah 2 liter (8 gelas). Ibu hamil sering menghadapi beberapa masalah kesehatan. maka harus dilakukan upaya perbaikan gizi pada kelompok penduduk yang termasuk dalam window opportunity. Bentuk Visual Pedoman Gizi Seimbang Indonesia Tumpeng gizi seimbang (TGS) terdiri atas beberapa potongan tumpeng. vitamin & mineral. Potongan TGS dialasi oleh air putih. preeklamsia & eklamsia serta diabetes gestasional. yang juga dikenal dengan istilah window opportunity. Pada puncak tumpeng terdapat golongan minyak. ibu menyusui & bayi sampai anak usia 2 tahun. Pada potongan tumpeng bagian atas terdapat potongan besar yang merupakan golongan makanan pokok (sumber karbohidrat).

Kurang dan Lebih Berbicara masalah gizi. Seiring digunakannya secara resmi nama gizi (dari bahasa Arab yang artinya makanan menyehatkan) untuk terjemahan kata nutrition. Menyusul kemudian berbagai fakultas kedokteran dan kesehatan masyarakat menggunakan kata ‘gizi’ dalam ‘ilmu gizi’ maupun ‘jurusan gizi’. serta Bappenas pada Biro Kesehatan dan Gizi Masyarakat. Demi mencapai hal itu. 3 January 2012 | By : admin 2 Gizi mulai jadi perhatian serius pemerintah Indonesia sejak 1950. Oleh Poorwo Soedarmo. Akademi Pendidikan Nutrisionis/Ahli Diit (APN/AD) tahun 1956. menyusul kemudian Sekolah Ahli Diit (1953). didirikanlah Sekolah Djuru Penerang Makanan (SDPM) pada 1951. saat iniIndonesiamemiliki beban masalah ganda. hasil riset kesehatan . Masih sederhananya pengetahuan masyarakat tentang gizi. dan gizi lebih di sisi lain.Sehat Bugar dengan Gizi seimbang Tuesday. buta aksara dan miskin menjadi tantangan LMR. Adalah Poorwo Soedarmo yang mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR) mengemban amanat dari Menteri Kesehatan kala itu untuk melanjutkan penelitian tentang pola makan dan penyakit yang berhubungan dengan makanan. nama APN/AD berubah menjadi Akademi Gizi pada tahun 1965. kurang gizi disatu sisi. Disisi lain istilah ‘gizi’ juga diadaptasi oleh Departemen Kesehatan untuk Direktorat Gizi dan Puslitbang Gizi. Salah satu diantaranya Bagian Ilmu Gizi FKUI yang didirikan sejak 1958. Keduanya berpengaruh kepada kesehatan anak dan masyarakat. rendahnya pendidikan. prioritas utama yang dilakukan adalah dengan mendidik kader gizi yang dapat langsung berhubungan dengan masyarakat desa dan rumah sakit.

dan jenis kanker tertentu.5% pada remaja usia 13 – 15 tahun. .4% pada usia 16 – 18 tahun serta 21. 2. mengonsumsi karbohidrat (beras. Guna mencegah masalah gizi. sejak tahun 1990-an kampanye empat sehat lima sempurna ditingkatkan menjadi ’Gizi seimbang”. 12. Kendati memiliki prinsip yang mirip.dasar (Riskesdas) 2010 menunjukkan status gizi kategori kurus. dan menurunnya tingkat kecerdasan serta gangguan mental.2% pada anak sekolah usia 6 – 12 tahun. aktivitas fisik.2% anak sekolah berusia antara 6 – 12 tahun. Gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan. Hampir dipastikan tidak diketemukannya satu jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan untuk hidup sehat.9% usia 16 – 18 tahun. Pemerintah getol mengampanyekan menu 4 sehat 5 sempurna. daya tahan tubuh yang rendah sehingga mudah sakit (terutama penyakit infeksi). terjadi pada 13. gandum. 3.1% pada remaja (13 – 15 tahun) dan 8. dibutuhkan aneka ragam makanan untuk saling melengkapi kebutuhan gizi. umbi-umbian dan gula) hendaknya tidak melebihi setengah dari kebutuhan akan energi. 9. Mengonsumsi aneka ragam makanan. 13 Pesan Era 1950-an guna mencukupi gizi.7% menimpa usia diatas 18 tahun. diperlukan pemahaman dan penerapan gaya hidup sehat di antaranya dengan melaksanakan prinsip gizi seimbang.3% anak balita. Dalam gizi seimbang. Mengonsumsi sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. jagung. kebersihan dan berat badan ideal. 1. penyakit jantung. tekanan darah tinggi. Kekurangan gizi berhubungan erat dengan keterhambatan pertumbuhan tubuh (khusunya pada anak). Sebaliknya kelebihan gizi yang ditandai dengan berat badan berlebih dan kegemukan. berisiko terkena penyakit-penyakit kronis-degeneratif seperti diabetes. Mengonsumsi makanan guna mencukupi kebutuhan energi. kedua masalah tersebut – kurang atau lebih gizi – menurunkan kualitas sumber daya manusia. Kebutuhan energi tercukupi dengan mengonsumsi asupan yang mengandung energi tinggi seperti kabohidrat. 1. Baik kekurangan atau kelebihan gizi muncul antara lain karena perubahan gaya hidup yang salah satunya disebabkan karena asupan lebih rendah dari kebutuhan sehingga menyebabkan gizi kurang atau asupan lebih besar dari kebutuhan sehingga menyebabkan kegemukan. stroke. dan 10. mencakup 13 pesan kesehatan. Prinsip ini divisualisasi dalam bentuk tumpeng yang populer dengan istilah Tumpeng gizi seimbang (TGS). Kendati penting. Kekurangan dan kelebihan gizi sama-sama dapat berdampak negatif. Oleh karena itu pembangunan di bidang gizi merupakan investasi pembangunan bangsa. Kekurangan ini akan diisi oleh asupan non karbohidrat. protein dan lemak. Sementara itu obesitas (kegemukan) terjadi pada 14% anak balita. Artinya. diantaranya. 2.

Makan pagi sangat bermanfaat untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas/konsentrasi.4. mentega. Baca label pada makanan yang dikemas. Gizi buruk dan Konsumsi Tembakau Tidak Sulit Hidup Sehat Menjadikan Kulit Putih dan Sehat Cara Jitu Menghindari Madu Palsu . kekebalan. pewarna rodamin. semua makanan yang digoreng dengan suhu tinggi). 8. 2. Lakukan aktivitas fisik secara teratur. yaitu gizi. 5. Hindari minuman beralkohol dan rokok. melamine. Batasi konsumsi lemak dan minyak 25% dari kebutuhan energi. Minum Air bersih dalam jumlah yang cukup. Berikan bayi ASI. formalin. 3. Ini dapat menghindari terhambatnya proses penyerapan gizi oleh tubuh. Hindari mengonsumsi makanan dengan bahan tambahanan yang tidak direkomendasi untuk makanan seperti boraks. 11. Banyak terkandung dalam kacang-kacangan. Demikian juga asupan mengandung lemak dan minyak (daging berlemak. dan otot. hilang kontrol dan adiksi. merupakan unsur penting dalam pembentukan sel darah merah. 12. kandungan makanan dan label lain. 10. 13. ASI memiliki 3 kelebihan yang tidak didapat dari jenis asupan manapun. dan sayuran berdaun hijau. idealnya tidak lebih dari seperempat kebutuhan akan energi. *** Agus Sujatno. Mengonsumsi makanan yang aman bagi kesehatan. Staff YLKI Related posts: 1. Hal ini dapat meningkatkan kebugaran. kuning telur. Biasakan sarapan. paru. 6. Mengonsumsi sumber zat besi. serta menghindari berat badan berlebih. 9. Gunakan garam beryodium yang merupakan zat gizi mikro yang dibutuhkankan tubuh terutama untuk pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak melalui fungsi hormon tiroid. dan kejiwaan. Dalam sehari rata-rata perlu mengonsumsi 6 – 8 gelas air. Terutama yang berkaitan dengan tanggal kadaluarsa. daging. meningkatkan fungsi jantung. 4. Kebutuhan akan air bergantung umur dan jenis kegiatan. 7.

Ilmu Gizi adalah ilmu yang mempelajari cara memberikan makanan yang sebaik-baiknya agar tubuh selalu dalam kesehatan yang optimal. umur. jenis kelamin. Apabila konsumsi makanan sehari-hari kurang beranekaragam. kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lain sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang. Pada masa lampau. Selain itu. komposisi zat gizi setiap jenis makanan memiliki keunggulan dan kelembahan tertentu. Al Gizzai juga dapat diartikan sari makanan yang bermanfaat untuk untuk kesehatan. Contoh lain. maka akan timbul ketidakseimbangan antara masukan dan kebutuhan zat gizi yang diperlukan untuk hidup sehat dan produktif. maka terdapat lebih dari 45 jenis zat gizi. karena bernilai gizi tinggi. Apabila kelompok zat gizi tersebut diuraiakan lebih rinci. jenis aktivitas. Misalnya penyerapan yang optimum dari masukan vitamin A memerlukan kehadiran lemak sebagai pelarut dan menyangkut vitamin A ke seluruh bagian tubuh. Keterangan di atas juga berada saling ketergantungan antar zat gizi. setiap orang memerlukan 5 kelompok zat gizi (karbohidrat. menyusui. Secara alami. Jadi. Sedangkan bebarapa makanan lain kaya vitamin C tetapi kurang vitamin A. susu seringkali mendapat pujian. melainkan harus terdiri dari aneka ragam bahan makanan. Di samping itu. tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan. Dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beranekaragam. Kini saatnya memasyarakatkan adanya ketergantungan antar zat gizi atau antar bebagai jenis makanan. manusia memerlukan air dan serat untuk memperlancar berbagai proses faali dalam tubuh. diperlukan vitamin C yang cukup dlam makanan untuk meningkatkan penyerapan zat besi (Fe). sudah saatnya penilaian kualitas makanan yang didasarkan pada pengagungan terhadap kandungan zat gizi makanan-makanan tertentu mulai ditinggalkan. apabila cadangan mangan (Mn) di dalam tubuh kurang. vitamin. untuk mencapai masukan zat gizi yang seimbang tidak mungkin dipenuhi hanya oleh satu jenis bahan makanan. protein.13 Pesan Dasar Menuju Gizi Seimbang Gizi berasal dari bahasa arab “Al Gizzai” yang artinya makanan dan manfaat untuk kesehatan. Untuk hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Pemberian makanan yang sebaik-baiknya harus memperhatikan kemampuan tubuh seseorang untuk mencerna makanan. maka vitamin A juga tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh secara optimal. Setiap jenis makanan memiliki peranan masingmasing dalam menyeimbangkan masukan zat gizi . hamil. dan mineral) dalam jumlah yang cukup. lemak. Disisi lain makanan lain dinilai rendah karena kurang bergizi. Sesuai konsep keterkaitan antar zat gizi. Bebarapa makanan mengandung tinggi karbohidrat tetapi kurang vitamin dan mineral. dan kondisi tertentu seperti sakit.

ada 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. seperti bekerja. Cara mengetahui pertumbuhan berat badan balita dan usia sekolah dapat menggunakan KMS. Dari setiap kelompok dipilih satu atau jenis bahan makanan. Untuk maksud tersebut. adalah membiasakan mengkonsumsi hidangan sehari-hari dengan susunan zat gizi ang seimbang. lemak.sehari-hari. Oleh karena itu. sumber zat tenaga yaitu padi-padian dan umbi-umbian serta tepungtepungan yang digambarkan di dasar kerucut. belajar. kecuali bayi umur 0 – 4 bulan yang cukup mengkonsumsi hanya Air Susu Ibu (ASI) saja. sumber zat pengatur yaitu ayuran dan buah-buah digambarkan pada bagian tengah kerucut. protein. yakni “gizi kurang” dan “gizi lebih”. yaitu kelompok karbohidrat. yaiut kacang-kacangan. digambarkan ada bagian atas kerucut. Peranan berbagai kelompok bahan makanan secara jelas tergambar dalam logi gizi seimbang yang berbentuk kerucut (Tumpeng). tumbuh kembang dan produktif. kegiatan sosial dan kegiatan yang lain. Kebutuhan energi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sumber karbohidrat. agar dapat hidup dan melaksanakan kegiatan sehari-hari. Dalam lgo tersebu bahan makanan ikelompokkan berdasarkan fungsi utama zat gizi yang dalam ilmu gizi dipopulerkan engan istilah “Tri Guna Makanan”. dan mineral. Pertama. berolah raga. makanan hewani dan hasil olahan. sedangkan untuk mengontrol BB usia lanjut dapat menggunakan KMS usila dan orang dewasa dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan rumus sbb: Berat Badan (kg) IMT = ---------------------------------------------Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m) . Keseimbangan gizi diperoleh apabila hidangan sehari-hari terdiri dari sekaligus tiga kelompok bahan makanan. sumber zat embangun. Upaya menanggulangi masalah gizi ganda. Ketiga. berekreasi. setiap orang perlu mengkonsumsi aneka ragam makanan. vitamin. protein dan lemak. yang mampu membuat seseorang untuk hidup sehat. PESAN 1 MAKANLAH ANEKA RAGAM MAKANAN Tidak satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi. PESAN 2 MAKANLAH MAKANAN UNTUK MEMENUHI KECUKUPAN ENERGI Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi. Kecukupan masukan energi bagi seseorang ditandai oleh berat badan yang normal. Kedua.

5 Normal : 18. Seyogyanya menggunakan lemak dan minyak nabati. 3.0 – 18. Makanan sumber karbohidrat kompleks adalah padi-padian (beras. Konsumsi lemak dan minyak yang paling sedikit 10% dari kebutuhan energi. Kebijaksanaan ini berkaitan erat dengan masih tingginya kejadian Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAJY) di Indonesia. sagu. Konsumsi gula yang berlebih dapat mengurangi peluang terpenuhinya zat gizi lain. ubi jalar. Kurus Kekurangan BB tingkat berat : < 17. PESAN 6 MAKANLAH MAKANAN SUMBER ZAT BESI Zat besi adalah salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah. tidak mengandung zat gizi lain. gandum). yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Jika seseorang mengkonsumsi lemak dan minyak secara berlebihan akan mengurangi konsumsi makanan lain. kebutuhan zat gizi yang lain tidak terpenuhi.0 Kekurangan BB tingkat ringan : 17. kentang). E. umbiumbian (singkong. PESAN 4 BATASI KONSUMSI LEMAK DAN MINYAK SAMPAI SEPEREMPAT DARI KECUKUPAN ENERGI Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi. Sesuai Keppres No. . membantu penyerapan vitamin-vitamin A. 69 tahun 1994. semua garm yang beredar di Indonesia harus mengandung yodium. D. Sedangkan gula sebagai karbohidrat sederhana.0 – 27.0 PESAN 3 MAKANLAH MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT SETENGAH DARI KEBUTUHAN ENERGI Terdapat dua kelompok karbohidrat. Akibatnya. Kekurangan zat besi dalam makanan sehari-hari secara berkelanjutan dapat menimbulkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal dengan masyarakat sebagai penyakit kurang darah.0 Gemuk Kelebihan BB tingkat ringan : > 25. dan pisang.Dari rumus tersebut disimpulakan batas ambang IMT untuk Indonesia.0 Kelebihan BB tingkat berat : > 27. karena minyak nabati mudah dicerna oleh tubuh. jagung. seperti di bawah ini: Kategori : IMT 1. dan K. konsumsi lemak dan minyak dalam makanan sehari-hari tidak lbih dari 25% dari kebutuhan energi PESAN 5 GUNAKAN GARAM BERYODIUM Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan KIO3 (Kalium iodat) sebanyak 3080 ppm. 2. 5. serta menambah lezatnya hidangan. dan makanan lainnya seperti tepung. Dianjurkan. 4. Zat besi secara alamiah diperoleh dari makanan.5 – 25.

mengatur suhu tubuh. 4. melancarkan dalam proses buang air besar dan kecil.PESAN 7 BERIKAN ASI SAJA PADA BAYI SAMPAI 4 BULAN DAN TAMBAHKAN MP – ASI SESUDAHNYA Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi. sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik. Bagi anak sekolah. Pada usia 0-4 bulan. mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu. mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh. maka ASI harus diberikan kepada bayi sesegera mungkin setelah dilahirkan (dalam waktu 30 menit setelah lahir). karena produksi ASI pada periode tersebut sudah mencukupi kebutuhan bayi untuk tumbuh kembang yang sehat. karena gizi. 2. aspek kekebalan asapek kejiwaan. melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh. ada penelitian bahwa banyaknya jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya terjadi akibat pengemudi yang tidak sarapan. Bagi orang dewasa. makan pagi dapat memelihara ketahanan fisik. karena daya isap bayi pada saat itu paling kuat untuk merangsang produksi ASI selanjutnya. PESAN 8 BIASAKAN MAKAN PAGI Makan pagi atau sarapan sangat bermanfaat bagi setiap orang. Kegagalan pemberian ASI eksklusif akan menyebabkan berkurangnya jumlah sel-sel otak bayi sebanyak 15-20%. mengonsumsi cukup cairan dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Di Perancis. bayi hanya diberi ASI saja (pemberian ASI Eksklusif). Tidak ada satupun makanan lain yang dapat menggantikan ASI. PESAN 9 MINUMLAH AIR BERSIH YANG AMAN DAN CUKUP JUMLAHNYA Air minum harus bersih dan aman. 3. makan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran. Fungsi air dalam tubuh adalah : 1. dan dapat menurunkan risiko penyakit batu ginjal. terutama air minum. Untuk memenuhi fungsi tersebut di atas. air minum harus dididihkan terlebih dahulu. sehingga menghambat perkembangan kecerdasan bayi pada tahap selanjutnya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari ASI. cairan yang dikonsumsi orang dewasa. sekurang-kurangnya dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. berupa jalinan kasih sayang yang penting untuk perkembangan mental dan kecerdasan anak. PESAN 10 LAKUKAN AKTIVITAS FISIK SECARA TERATUR . Untuk mendapatkannya. Aman berarti bersih dan bebas kuman.

jenis dan ukuran bahanbahanyang digunakan. mencegah kelebihan berat badan. sehingga aman bagi kesehatan. Alkohol hanya mengandung energi. Karena dapat meningkatkan kebukaran. tanggal kadaluwarsa dan keterangan penting lain.Aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi setiap orang. serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat. susunan zat gizi. Makanan yang tidak bertentangan dengan keyakinan atau norma agama dikenal dengan istilah “halal”. meningkatkan fungsi jantung. Semua keterangan yang rinci pada label makanan yang dikemas sangat membantu konsumen pada saat memilih dan mengggunakan makanan tersebut. Seseorang yang sehat dapat melakukan aktvitas fisik setiap hari tanpa kelelahan yang berarti. . Orang ini akan mengatasai rasa hausnya dengan minum minuman beralkohol lagi. PESAN 11 HINDARI MINUM MINUMAN BERAKOHOL Seseorang yang minum-minuman beralkohol akan sering buang air kecil sehingga menimbulkan rasa haus. paru dan otot serta memperlambat proses penuan. sesuai kebutuhan gizi dan keadaan kesehatan konsumen. Makanan yang aman adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya. tetapi tidak mengandung zat gizi lain. PESAN 13 BACALAH LABEL PADA MAKANAN YANG DIKEMAS Label pada makanan yang dikemas adalah keterangan tentang isi. PESAN 12 MAKANLAH MAKANAN YANG AMAN BAGI KESEHATAN Selain harus bergizi lengkap dan seimbang makanan harus juga layak konsumsi.

yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. 2001). Jumlah ini hanya 16 % dari tambahan 500 kal yang dianjurkan. Rata-rata kandungan kalori ASI yang dihasilkan ibu dengan nurisi baik adalah 70 kal/ 100 ml.Prinsip Gizi Bagi Ibu Menyusui Gizi pada ibu menyusui sangat erat kaitannya dengan produksi air susu. dengan adanya variasi individu maka dianjurkan penambahan 15-20 gram protein sehari. Ibu menyusui disarankan memperoleh tambahan zat makanan 800 Kkal yang digunakan untuk memproduksi ASI dan untuk aktivitas ibu itu sendiri. tonus otot serta kebiasaan makan yang memuaskan. 2. susu dan jus buah. yang terpenting adalah makanan yang menjamin pembentukan air susu yang berkualitas dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya. maka berat badan bayi akan meningkat. Dianjurkan ibu menyusui minum 2-3 liter per hari. integritas kulit baik. Pengaruh makanan erat kaitannya dengan volume ASI yang diproduksi per hari.Faktor Yang Mempengaruhi Gizi Ibu Menyusui Faktor yang mempengaruhi gizi ibu menyusui adalah : 1. dalam bentuk air putih. Cairan Nutrisi lain yang diperlukan selama laktasi adalah asupan cairan. . Protein. 3. Pengaruh Status Gizi Bagi Ibu Menyusui Kebutuhan nutrisi selama laktasi didasarkan pada kandungan nutrisi air susu dan jumlah nutrisi penghasil susu. Kebutuhan Zat Gizi Ibu Menyusui Kebutuhan kalori selama menyusui proporsional dengan jumlah air susu ibu yang dihasilkan dan lebih tinggi selama menyusui dibanding selama hamil. Protein Ibu memerlukan tambahan 20 gram diatas kebutuhan normal ketika menyusui. Aktivitas. Rata-rata ibu menggunakan kira-kira 640 kal/ hari untuk 6 bulan pertama dan 510 kal/ hari selama 6 bulan kedua untuk menghasilkan jumlah susu normal. Ibu menyusui tidaklah terlalu ketat dalam mengatur nutrisinya. dan kira-kira 85 kal diperlukan oleh ibu untuk tiap 100 ml yang dihasilkan. Rata-rata ibu harus mengonsumsi 23002700 kal ketika menyusui (Dudek. 4. jika makan sehari seimbang. Suplementasi. Bila pemberian ASI berhasil baik. suplementasi tidak diperlukan kecuali jika kekurangan satu atau lebih zat gizi. Faktor.

masalah gizi pada ibu menyusui. 8. 5. makanan untuk ibu menyusui. gizi pada ibu menyusui. Kalori yang berasal dari gula. Memilih makanan yang bergizi tidak harus mahal.Vitamin dan mineral Kebutuhan vitamin dan mineral selama menyusui lebih tinggi daripada selama hamil. kebutuhan kalori ibu menyusui. pola makan ibu menyusui. Semua kalori tidak diciptakan setara. 2. gizi seimbang ibu menyusui. maka bayi juga. makanan ibu menyusui. Pendidikan Gizi Bagi Ibu Menyusui 1. Dampak Kekurangan Gizi Ibu Menyusui Kekurangan gizi pada ibu menyusui menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu dan bayinya. bayi mudah sakit. kebutuhan gizi ibu menyusui. Jadilah ahli efesiensi. komunikasi pada ibu menyusui. Kekurangan zat-zat esensial menimbulkan gangguan pada mata ataupun tulang. 3. Gangguan pada bayi meliputi proses tumbang anak. . gizi ibu hamil dan menyusui. Kata Kunci gizi ibu menyusui. gizi untuk ibu menyusui. Masalah Gizi pada ibu nifas. makanan saat menyusui. gizi seimbang untuk ibu menyusui. 7. gizi seimbang bagi ibu menyusui. Makanan olahan biasanya banyak kehilangan nilai gizinya sehingga akan mengurangi nilai gizi air susu. 6. gizi seimbang pada ibu menyusui. obat-obatan. nutrisi ibu menyusui. makanan yang baik untuk ibu menyusui. Buatlah setiap gigitan berarti. Makanlah makanan yang alami. Makan makanan yang bermanfaat untuk menghasilkan susu yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas dan mempercepat kondisi setelah melahirkan. Jangan melewatkan makan jika saat menyusui karena dapat memperpendek umur dan daya hidup. Memilih makanan yang mengandung kalori sesuai dengan kebutuhan. mudah terkena infeksi. hal ini akan bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Karbohidrat komplek kaya akan vitamin dan mineral. Yang manis tidak ada manfaatnya. nutrisi untuk ibu menyusui. sehingga menghasilkan air susu yang baik dan cukup. kopi atau merokok. Buatlah kebiasaan makan yang baik sebagai kebiasaan keluarga.bahkan menimbulkan masalah. Hal tersebut akan mempengaruhi produksi air susu dan menimbulkan gangguan pada ibu dan bayi. kurang bermanfaat. 4. Makanan buat ibu menyusui. makanan terbaik untuk ibu menyusui. konsumsi makanan yang manis dikurangi. Jangan minum minuman beralkohol. ibu menyusui. makanan dan minuman ibu setelah melahirkan. Karbohidrat adalah isu komplek. Jika anda kelaparan. MAKANAN BAGI IBU MENYUSUI. yang terpenting sesuai dengan kebutuhan nutrisi selama laktasi.