MAKALAH AGAMA Kenakalan Remaja Menurut Pandangan Islam

Oleh

Devita Rahmawati Sutrasno
2010/KU/296980/13725 Kelompok 1

FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA

B. Menjelaskan bagaimana cara menjalin hubungan yang harmonis terhadap keluarga dan sesama manusia 3. Tujuan Tujuan penulisan makalah ini ialah : 1. Bagaimana seharusnya kita bertingkah laku dalam sesama Islam agar terjadinya hubungan yang baik? C. Menjelaskan baik buruknya etika remaja Islam dalam kehidupan dan pengaruhnya dalam masyarakat . yaitu : 1. Ruang Lingkup Masalah Adapun ruang lingkup masalah dalam makalah yang berjudul “Kenakalan Remaja Menurut Pandangan Islam” ini. D. Bagaimana menurut pandangan para filsafat tentang kenakalan remaja dini? 2. . Bagaimana seharusnya etika Islam yang dianjurkan kepada remaja sekarang yang tercantum didalam Al Qur’an dan Hadits? 3. Metode Pembahasan Metode pembahasan makalah yang penulis pakai dalam menyelesaikan makalah ini yaitu Studi Pustaka. Oleh karena itu makalah ini akan membahas mengenai bagaimana Islam mengatur pergaulan remaja dan menanggapi kenakalan remaja. Menjelaskan bagaimana seharusnya berprilaku baik terhadap masyarakat dan lingkungan 2.BAB I PENDAHULUAN A. salah satu penyebab permasalahan remaja adalah karena semakin maju dan modernnya zaman sehingga orang tua kurang memperhatikan pergaulan remaja. Latar Belakang Dewasa ini permasalahan remaja semakin kompleks.

Menurut vitalisme yang dinilai baik adalah orang kuat yang mampu melaksanakan keinginannya agar dia ditaati oleh orang lain. Leibniz. Dons Scatus. Ajaran etika yang berpedoman bahwa kebaikan dari suatu perbuatan dapat dilihat pada sumbangannya untuk kebahagiaan hidup manusia. Wujud yang paling dalam hal kenyataan (hakikat) ialah kerohanian. utilitarisme dan vitalisme. Dua tokoh filsof yunani (plato dan aristoteles) bersepakat dalam I (satu) aliran. Fichte. theologisme. Galileo. yakni Perfektionisme yang menetapkan kebaikan dalam kaitan dengan . Hobbes dan Voltaire adalah naturalisme. Paham yang didukung oleh Prodicus. Aliran etika yang di sokong oleh Plato. 2. Dari kemauan yang baik itulah dihubugngkan dengan suatu hal yang menyempurnakannya yaitu “Rasa Kewajiban”. idealisme. Nilai-nilai Luhur Di Dalam Islam Ditinjau secara mendasar. Menurut hedonisme yang dipandang sebagai perbuatan baik adalah perbuatan-perbuatan yang mendatangkan kelezatan atau rasa nikmat. Grobius. Platinus. menurut Dr. Berkeley. Perbedaan yang menyolok antara etika Islam dengan teori-teori etika dalam berbagai aliran filsafat terdapat dalam menentukan konsep nilai yang paling fundamental. Paham ini disebut utilitarisme. dan Schelling adalah doktrin etis yang memandang bahwa cita-cita adalah sasaran yang harus dikejar dalam tindakan. yakni kebaikan. etika Islam berbeda dengan teori-teori etika menurut beberapa aliran filsafat seperti hedonisme. Hegel. Paham ini menilai baik dan tidak baiknya perbuatan seseorang dilihat dari adanya kesesuaian dengan naluri manusia. naturalisme. Tokoh utama aliran idealisme ialah Imanuel Kant (1725-1804). perfektionisme. Pokok-pokok pandangannya sebagai berikut : 1. Faktor yang paling penting mempengaruhi manusia ialah “Kemauan” yang melahirkan tindakan yang konkrit 3. Hamzah Ya’qub. Paham ini disebut idealisme. H.BAB II KENAKALAN REMAJA MENURUT PANDANGAN ISLAM A. Hedonisme adalah doktrin etis yang memandang kesenangan sebagai kebaikan yang paling utama dan kewajiban seseorang ialah mencari kesenangan sebagai tujuan hidupnya.

malu (haya’). Nilai-nilai luhur yang tercakup dalam etika islam. Aurot merupakan anggota tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang yang bukan mahramnya terutama kepada lawan jenis agar tidak boleh kepada jenis agar tidak membangkitkan nafsu birahi serta menimbulkan fitnah. kuat (kuwwah). Pakaian yang di kenakan tidak boleh ketat sehingga memperhatikan lekuk anggota tubuh. Etika Pergaulan Remaja dalam Pandangan Islam Islam telah mengatur perilaku dalam remaja. dipelihara. penyantun (hilm). Di samping aurot. pemaaf (afw). kebenaran (shidiq). memelihara kesucian diri (al-iffah). B. kasih sayang (alrahmah). kesabaran (shabr). Perilaku tersebut merupakan batasan-batasan yang dilandasi nilai-nilai agama.al-barr. Di pandang dari segi ajaran yang mendasari. pergaulan di dalam islam adalah pergaulan yang dilandasi oleh nilai-nilai kesucian. ukuran kebaikan dan ketidak-baikan bersifat mutlak. dan dilaksanakan oleh para remaja. Menjauhi perbuatan zina Pergaulan antara laki-laki dengan perempuan di perbolehkan sampai pada batas tidak membuka peluang terjadinya perbuatan dosa. rasa sepenanggungan (muwasat). Islam adalah agama yang menjaga kesucian. Perilaku yang menjadi batasan dalam pergaulan adalah : Menutup Aurat Islam telah mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menutup aurot demi menjaga kehormatan diri dan kebersihan hati. berterima kasih (syukur). sebagai sifat terpuji (mahmudah) antara lain: berlaku jujur (al-amanah). Dalam pergaulan dengan lawan jenis harus dijaga jarak sehingga tidak ada kesempatan terjadinya kejahatan seksual yang pada gilirannya akan . keadilan (‘adl). Aurot bagi laki-laki yaitu anggota tubuh antara pusar dan lutut sedangkan aurot bagi wanita yaitu seluruh anggota tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan. Dalam etika Islam. etika Islam tergolong etika Theologis. Oleh karena itu perilaku tersebut harus diperhatikan. jadi pedomannya adalah Al Qur’an dan Hadits Nabi Muhammas saw. berbuat baik kepada kedua orang tua (birul walidaini). berlaku hemat (al-ightishad) menerima apa adanya dan sederhana (qona’ah dan zuhud). dan juga tidak boleh transparan atau tipis sehingga tembus pandang.pengembangan berbagai kemampuan manusia. perlakuan baik (ihsan). keberanian (syaja’ah).

merusak bagi pelaku maupun bagi masyarakat umum. C. Meminta Izin Meminta izin di sini dalam artian kita tidak boleh meremehkan hak-hak atau milik teman apabila kita hendak menggunakan barang milik teman maka kita harus meminta izin terlebih dahulu Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda Remaja sebagai orang yang lebih muda sebaiknya menghormati yang lebih tua dan mengambil pelajaran dari hidup mereka. dan akhirnya menjurus pada perzinaan. Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tidak boleh bersentuhan secara fisik. dan yang paling penting adalah . juga telah mengatur tata cara pergaulan remaja yang dilandasi nilai-nilai agama. Saling bersentuhan yang dilarang dalam islam adalah sentuhan yang disengaja dan disertai nafsu birahi. Ajaran islam sebagai pedoman hidup umatnya. Laki-laki tidak boleh berdua-duaan dengan perempuan yang bukan mahramnya. Jika laki-laki dan perempuan di tempat sepi maka yang ketiga adalah syetan. b. Berarti dengan ucapan salam kita telah mendoakan teman tersebut. Tetapi bersentuhan yang tidak disengaja tanpa disertai nafsu birahi tidaklah dilarang. islam telah membuat batasan-batasan sebagai berikut : a. remaja juga harus menyayangi kepada adik yang lebih muda darinya. lalu berpegangan. dan suatu jalan yang buruk” Dalam rangka menjaga kesucian pergaulan remaja agar terhindar dari perbuatan zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. itu semua adalah bujuk rayu syetan. mula-mula saling berpandangan. Tata cara itu meliputi : Mengucapkan Salam Ucapan salam ketika bertemu dengan teman atau orang lain sesama muslim. Tata Cara Pergaulan Remaja Semua agama dan tradisi telah mengatur tata cara pergualan remaja. ucapan salam adalah do’a. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman dalam Surat Al-Isra’ ayat 32: Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina. Selain itu.

Mengajak untuk berbuat kebaikan Orang yang memberi petunjuk kepada teman ke jalan yang benar akan mendapatkan pahala seperti teman yang melakukan kebaikan itu. Berbicara dengan perkataan yang sopan Islam mengajarkan bahwa bila kita berkata. dengan cara membagi waktu menjadi 3 bagian yaitu : sepertiga untuk beribadah kepada Allah. sepertiga untuk dirinya dan sepertiga lagi untuk orang lain. Tak boleh saling membenci dan iri hati Rasa iri akan berdampak dapat berkembang menjadi kebencian yang pada akhirnya mengakibatkan putusnya hubungan baik di antara teman. dengan gaya yang wajar dan tidak bual. Kemudian sikap dasar remaja yang biasanya ingin terlihat lebih dari temannya sungguh tidak diterapkan dalam islam bahkan sombong merupakan sifat tercela yang dibenci Allah. Iri hati merupakan penyakit hati yang membuat hati kita dapat merasakan ketenangan serta merupakan sifat tercela baik di hadapan Allah dan manusia. . Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat Masa remaja sebaiknya dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat remaja harus membagi waktunya dengan subjektif dan efisien. penekanan perilaku yang baik sangat ditekankan agar teman bisa merasa nyaman berteman dengan kita. dan ajakan untuk berbuat kebajikan merupakan suatu bentuk kasih sayang terhadap teman.memberikan tuntunan dan bimbingan kepada mereka ke jalan yang benar dan penuh kasih sayang. dengan suara yang lembut. utamakanlah perkataan yang bermanfaat. Tidak boleh saling menghina Menghina / mengumpat hukumnya dilarang dalam islam sehingga dalam pergaulan sebaiknya hindari saling menghina di antara teman. Bersikap santun dan tidak sombong Dalam bergaul.

Penilaian cela tersebut didasarkan kepada bahaya buruknya yang diakibatkan bagi fisik dan mental Narkotika Di bidang kesehatan dikenal zat yang besar manfaatnya untuk pengobatan. Karna menentang tidak mau menurut perintah kedua orang tuanya dalam hal kebaikan. Perbuatan zina Menurut pengertian umum. menganiaya.D. Diantara perbuatan tercela seperti: judi. mencuri. Di antara perbuatan terpuji seperti: tolong-menolong dalam kebaikan. teristimewa untuk pembiusan. kasih sayang. adil. menepati janji. bersifat ramah dan pemaaf. Islam melarang segala bentuk hubungan-hubungan seksual diluar pernikahan. Anak durhaka Dalam hal ini Umar Hasyim berpendapat: anak durhaka ialah anak yang durhaka kepada orang tuanya. Perbuatan kekerasan Sering kita dengar atau dijumpai salah satunya anak-anak remaja melakukan perbuatan kekerasan seperti penganiayaan dan pembunuhan. membunuh dan perbuatan-perbuatan yang lain yang merugikan orang seperti: merusak lingkungan (tumbuh-tumbuhan. shidiq. Kenakalan Remaja Dalam Sorotan Islam Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW. perlakuan baik dan penyantun. merampok. dan menetapkan hukuman yang besar terhadap pelanggaran hukum yang telah ditentukan. menghilangkan rasa sakit yang digunakan oleh . menjaga kesucian diri termasuk kehormatan. Durhaka karna tidak mau berbakti / berbuat ihsan kepada kepada kedua orang tuanya. Khomar Termasuk salah satu minuman haram dan tercela dalam agama islam untuk diminum. telah memberi petunjuk tentang hal-hal yang diharuskan sebagai perbuatan terpuji dan hal-hal yang harus ditinggalkan sebagai perbuatan tercela. hewan dan bangunan). perbuatan zina adalah hubungan-hubungan seksual yang tidak sah. zina. Pada hakikatnya perbuatan tersebut melanggar nilai-nilai yang terpuji.

(muqoddimah sohih muslim) Sekolah yang kita lihat hari ini jarang yang mendidik untuk menjadi orang yang bertaqwa. Maka sangat penting bagi para orang tua untuk memilihkan lingkungan sekolah yang baik untuk anak-anaknya. Ada banyak faktor yang menyebabkan kenakalan ini terjadi. Bukhori) Orang tua adalah orang yang paling bertanggung jawab dengan akhlak dan prilaku anaknya.kedokteran rumah sakit yang ahli dalam menghitung takarannya bagi pemakai. atau majusi (HR. Maka lihatlah salah seorang di antara kalian. tapi sangat besar dampak negatifnya bagi pemakainya yang sangat berlebihan. pembinaan dari orang tua adalah factor terpenting dalam memperbaiki dan membentuk generasi yang baik. jika dia hidup dan berkembang di lingkungan yang buruk maka akhlanyapun akan seperti itu adanya sebaliknya jika dia berada di lingkungan yang baik maka ia akan menjadi baik pula. 3. (HR. Ahmad) 2. Pemerintahan atau Lembaga Pendidikan atau Sekolah Seorang tabi’in terkenal Muhammad bin sirin berkata : Sesungguhnya ilmi ini (ilmu sanad) adalah agama maka lihatlah dari siapa kamu mengambil agama kamu. Mereka hanya mengajarkan ilmu-ilmu dunia dan tidak mengajarkan ilmu-ilmu agama. Rasulullah SAW bersabda : Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW bersabda : seseorang itu atas din saudaranya. Faktor Lingkungan Lingkungan adalah faktor yang paling mempengaruhi prilaku dan watak anak. Yahudi atau Nasrani anaknya tergantung dari orang tuanya. siapa yang ditemani. setidaknya ada tiga faktor yang mempegaruhi prilaku seorang anak remaja. Pendidikan dan Pembinaan dari Orang Tua Rasulullah SAW bersabda : Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan firah. 1. . atau nasrani. Maka bapaknyalah yang menjadikan ia yahudi.

takabur. mereka saling menghormati. riba. Nash-nash agama telah menjelaskan bahwa perbuatan-perbuatan zalim. merampas merupakan perbuatan-perbuatan salah menurut pandangan agama. Salah satu prinsip yang harus disadari agar setiap orang dapat menyelenggarakan hubungan kemanusiaan disadari tersebut adalah kehormatan manusia. . Menurut H. Ahmad Azhar Basyir M. menjaga kehormatan manusia. Nabi Muhammad SAW berhasil membentuk masyarakat islam yang dapat hidup harmonis dengan orang-orang di luar islam. masyarakat susila dan hukum. saling tolong-menolong. tenggang rasa dan membina solidaritas yang kokoh tanpa membedabedakan ras dan anutan agama. rasa senasib dan diantara anggota-anggota dan kelompok-kelompok dalam masyarakat agar terlaksana pada akhirnya masyarakat Islam yang mulia yang menghubungkan silaturrahim dan mengikat tali kasih sayang.A ialah: Pergaulan antara manusia harus selalu memperhatikan nilai kehormatan manusia. Di antara tujuan-tujuan utama yang ingin dicapai oleh metode islam dalam jaminan sosial adalah menghilangkan kemiskinan dan kekurangan. tipu daya. bersikap kasar. kasih sayang.E. Manusia yang mudah tersinggung harga dirinya jika menghadapi perlakuan yang tidak sesuai dengan nilai kehormatannya. setia kawan. Perbuatanperbuatan salah tersebut dalam kenyataannya sering dilakukan oleh anak-anak remaja. Manusia berkerhormatan berarti manusia berharga diri. mengeratkan silaturahim. Dampak Horizontal Dalam Harmonisasi Hubungan Manusia Sejarah islam telah memberi petunjuk bahwa Nabi SAW berhasil mewujudkan suatu kehidupan sosial yang sehat. menghargai. sejalan tuntunan Al-Qur’an. kecintaan. setia kawan dan tolong-menolong anggota-anggotanya atas kebaikan diantara mereka untuk memperbaiki keadaan mereka dan masyarakat.

al barr.BAB III PENUTUP A. Untuk mengatsai kenakalan remaja harus dibentuk lingkungan yang baik. Setiap orang menginginkan agar kepadanya dilakukan secara manusiawi. Kenakalan remaja dalam sorotan Islam berupa perbuatan tercela yang telah digariskan sering dilakukan dan perbuatan baik yang telah dituntunkan kadang-kadang ditinggalkan. hendaknya dapat diterapkan juga dalam perlakuannya kepada orang lain. pembinaan dari orang tua dan pendidikan dari sekolah yang dapat menuntun remaja untuk menghindari kenakalan remaja. berlaku hemat (al iqtishad). kasih sayang. Islam juga memerintahkan untuk menutup aurat. akan tetapi anak-anak remaja pun berperan didalamnya. Tuntutan agar orang lain bertindak manusiawi terhadap dirinya. Kesimpulan Nilai-nilai luhur didalam Islam yaitu bersifat terpuji (mahmudah) antara lain berlaku jujur (al amanah). . Dari sini kita memperoleh pedoman bahwa dalam melaksanakan hidup bermasyarakat masing-masing anggota harus selalu menjaga kehormatan saudaranya. memelihara apa adanya dan sederhana (qana’ah dan zuhud) dan lain-lain. menhindari khomer dan narkotika serta menjauhi perbuatan zina sebagai awal proteksi dari pergaulan remaja yang bebas yang dapat menjerumuskan remaja. berbuat baik kepada orang tua (birrul waalidaini). Perbuatan melanggar terhadap kaidah-kaidah tersebut baik yang bersumber kepada Al Qur’an maupun hadits Nabi saw bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa. memelihara kesucian diri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful