1. Perbedaan utama antara zaman prasejarah dan zaman sejarah terletak pada : a.Tulisan. d. Pemerintahan b. Comte e.

Tata kehidupan c. Epercayaan

2. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan tidak kurang dan tidak lebih, Pernyataan ini dikemukakan oleh: a. Spencer d. York Powell b. Comte e. Burry e. Dithley

3. Salah satu ciri utama peristiwa sejarah adalah peristiwa yang abadi, artinya: a. Peristiwa tersebut tidak berubah dan tetap dikenang sepanjang masa b. peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang kembali c. Peristiwa dapat dijadikan momentum d. Peristiwa mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak e. Peristiwa berguna bagi kehidupan masa yang akan datang 4. Berdasarkan pengertian sejarah secara Etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa Jerman dari kata geschicht, yang berarti: a. Masa lampau d. Masa lampau umat manusia b. Pohon c. Sesuatu yang telah terjadi

e. Peristiwa yang telah terjadi

5. Tujuan konsep periodesasi dalam ilmu sejarah adalah a. Mempermudah pemahaman sejarah b. Mempengaruhi berbagai peristiwa c. Mengelompokan peristiwa-peristiwa sejarah d. Menunjukan bukti dari suatu peristiwa sejarah e. Memahami perkembangan-perkembangan sejarah 6. Terjadinya pemisahan secara tegas antara sejarah ilmiah dan sejarah populer, sejarah ilmiah pembahasannya berdasarkan metode ilmiah, sedangkan sejarah populer pembahasannya berlandaskan kepada: a. Politik. d. kesusasteraan b. Ekonomi e. Kebudayaan c. Sosial

7. Kata kronik dapat ditemukan dalam sejarah dinasti-dinasti di negara a. Indonesia d. India b. Cina e. Persia c. Arab

Zoologi c. Agar selalu ingat akan peristiwa yang telah terjadi c. Bukti dan fakta sejarah yang diuraikan oleh pelaku atau saksi sejarah b. Interpretasi dalam penelitian sejarah mengandung pengertian a. Memberikan penafsiran terhadap suatu peristiwa sejarah e. Mpu sedah 13. Sejarah sosial c.Menhir adalah salah satu peninggalan zaman Megalitikum yang berfungsi: a. Kimiawi 11. Tempat pemujaan terhadap roh nenek monyang . Bukti dan fakta sejarah yang diuraikan oleh para ahli sejarah 12. Mpu Kanwa e. Mpu Panuluh b.Cara menentukan usia benda peninggalan budaya manusia berdasarkan lapisan tanah disebut: a. Sejarah Kebudayaan e.Bukti dan fakta dari sumber primer adalah a. Sejarah lokal 9. Agar suatu bangsa dapat belajar dari peristiwa sejarah e. Suatu peristiwa yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah yang lain adalah pengertian: a.Kitab Negara Kertagama berasal dari Kerajaan Majapahit yang ditulis oleh: a. Bukti dan fakta sejarah yang diuraikan dalam karya-karya sejarah d. Penelitian yang mendalam untuk menghimpun jejak-jejak sejarah c. Pemeriksaan terhadap kebenaran tentang suatu peristiwa d. Agar memahami perjalanan sejarah bangsa sendiri b. Bukti dan fakta sejarah yang diuraikan oleh yang bukan pelaku atau saksi sejarah c.Kesadaran sejarah sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa karena: a. Stratigrafi e. Mpu Prapanca c. Agar menjadi bangsa yang memahami sejarah d. Sejarah Nasional d. Arkeologi b. Mengumpulkan dokumen-dokumen sejarah b. Agar bangsa tersebut selalu mengenal para pahlawan 14. Mpu Tantular d.8. Sejarah Dunia b. Bukti dan fakta sejarah yang diuraikan dari peninggalan-peninggalan tertulis e. Mengumpulkan sumber-sumber sejarah 10. Tipologi d.

Polyteisme e. Mas kawin b. Adat Istiadat tradisional dan cerita rakyat yang dibukukan b. Perhiasan e. Kubur batu yang berbentuk kubus 15. Cita-cita masyarakat membangun kehidupan yang sejahtera e. Pebble SOAL ESSEY . Kbudayaan bandung e. Animisme d. Peti jenazah yang terbuat dari batu besar d. Artefak d. Nekara ini berfungsi sebagai: a. Atheisme c. Benda keramat 16. Sakofagus c.Di bawah ini yang bukan peninggalan kebudayaan Zaman Messolitikum adalah: a. Mereka sudah mampu memproduksi makanan sendiri (Food Producing) e. Prasasti e.Peralatan atau alat-alat yang dibuat oleh manusia untuk membantu kehidupannya disebut: a. Alat atau media untuk mintak hujan c. Meja tempat meletakan sesajian c. Kebudayaan toala b. Salah satu ciri zaman Neolitikum adalah: a. Abris Sous Roche 18. Dinamisme 20. Perkembangan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik c. Masyarakat masih sangat primitif dan sangat sederhana b.Nekara yang bentuknya sangat kecil yang merupakan peninggalan zaman perunggu yang disebut moko. Fosil b. Keinginan untuk mewujudkan tradisi masyarakat ke arah yang lebih baik d. Hidup berpindah-pindah (Nomaden) c. Kyokkenmoddinger d. Yang dimaksud dengan Folklore adalah: a. Kebudayaan Pacitan c.Dalam upaya menelusuri jejak sejarah indonesia para ahli melakukan penelitian terhadap Folklore. Pralatan dapur d. Monoteisme b. Mereka masih mendapatkan sumber bahan makanan yang disediakan oleh alam 19 Kepercayaan zaman Prasejarah yang menyatakan bahwa setiap benda mempunyai kekuatan ghaib disebut: a. Mereka masih bermata pencaharian berburu dan menangkap ikan d. Adat istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan turun temurun 17. Peti jenazah yang terbuat dari batu bulat e.b.

Poerwadarminta Jelaskan langkah-langkah dalam penelitian sejarah Jelaskan peninggalan-peninggalan Zaman Megalitikum Sebutkan krnologi sejarah Indonesia Jelaskan menurut saudara bagaimana yang dikatakan sejarah sebagai ilmu .J.S. Jelas kan pengertian sejarah menurut W. 2. 4.1. 3. 5.

Jorge Larrin 2. Panitia delapan d. Panitia sebelas b. 17 Agustus 1945 b. Dasar Negara d. Bentuk Negara c. dan Fleksibelitas 3. Panitia perancang UUD c. Ketuhanan Yang Maha Esa b. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia 5. Piagam Jakarta disusun oleh wakil golongan kebangsaan dan islam yang tergabung dalam a. dan Fleksibelitas b. Antoine Destut De Tracy e.1. 22 Juni 1945 e. Dimensi Realita. Dimensi Budaya. 18 Agustus 1945 c. Mufakat atau demokrasi e. Rancangan pembukaan UUD e. dan Idealisme e. Kebangsaan persatuan Indonesia c. dan Jiwa Bangsa d. Secara Yuridis Konstitusional dasar negara pancasila lahir pada tanggal: a. Pokok persoalan yang dibahas dalam sidang BPUPKI yang ke-2 adalah a. Ideologi adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide. Yang bukan merupakan prinsip-prinsip dasar negara yang diusulkan oleh Muhammad Yamin dalam sidang BPUPKI ke I adalah: a. Budaya. Idealisme. Hubungan antara negara dengan agama 4. Dimensi konseptual. Filosofis. Dimensi Realita. pendapat ini dikemukakan oleh: a. Louis Althauser b. Nicollo Machiavelly c. Nilai luhur. Dimensi Filosofis. Realita. Alfian mengatakan bahwa Pancasila dapat disebut sebagai Ideologi terbuka karena telah memenuhi tiga dimensi yaitu: a. dan Kontinuitas c. Karl marx d. 29 Mei 1945 . 1 Juni 1945 d. Wilayah Negara b. Panitia sembilan 6. Panitia dasar negara e. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab d.

Pelaksana kekuasaan legislatif dalam suatu negara b. Merupakan kekayaan rohani. Pluralisme pandangan dan kebudayaan ditiadakan d. Komisi Pemilihan Umum c. Mahkamah Agung d. Rusia b. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya d. Ideologi bersifat totaliter c. Sebagai media yang dijadikan Pemerintah untuk melaksanakan kekuasaannya b. Inggris c. Presiden sebagai kepala pemerintahan sekaligus sebagai kepala pemerintahan .Negara yang memperkenalkan Sistem Pemerintahan bercorak Parlementer untuk pertama kalinya adalah: a.Berikut ini yang bukan ciri-ciri Sistem Pemerintahan Presidensial adalah: a. Swiss 12. DPR b. pelaksana kekuasaan legislatif.7. eksekutif dan yudiakatif 10. Isi ideologi tidak hanya nilai-nilai dan cita-cita tetapi tuntutan konkrit dan operasional 9. Menyoroti kenyataan yang ada dan mengkritisi upaya perwujudan cita-cita yang terkandung Pancasila 8. Amerika Serikat d. Memberikan tekad untuk memelihara dan mengembangkan bangsa e. memelihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan c. Pelaksana kekuasaan eksekutif dalam suatu negara c. Salah satu ciri Ideologi terbuka adalah: a. Mahkamah Konstitusi e. pelaksana kekuasaan yudikatif dalam suatu negara d. Dibawah ini yang bukan fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara adalah: a. Mempersatukan bangsa. Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat b. Komisi Yudisial 11.Menurut UUD 1945. Prancis e. Pengertian pemerintah dalam arti sempit adalah: a. lembaga negara yang mengembangkan fungsi Yudicial Review atas undang-undang di Indonesia adalah: a. Pelaksana kekuasaan legislatif dalam sutu negara e. moral dan budaya masyarakat e.

Masa jabatan menteri sangat bergantung pada presiden e. Pemerintahan Oligarki e.b.Fungsi DPR adalah: a. 1950-1965 e. 1965-1988 c. Memutuskan apakah presiden bersalah e. Inisiatif. Pemerintahan Aristokrasi d. Dalam sistem check and balance di Indonesia antara eksekutif dan yudikatif. Mahkamah konstitusi mempunyai wewenang: a. 1945-1940 d. Presiden adalah pihak berwenang menyusun kabinet c. Hak menyatakan pendapat e. Angket dan Budget d. Pengawasan dan Anggaran b. memberikan pertimbangan pengangkatan duta 15. Peran eksekutif dan parlemen dibuat seimbang 13. Hak untuk menetapkan APBN d. 1950-1959 17. Legislasi. Legislasi. Hak untuk merubah undang-undang c. Pemerintahan Demokrasi c. Control. Hak untuk mengajukan rancangan undang-undang b.Yang dimaksud hak Inisiatif yang dimiliki oleh DPR adalah: a.1955-1965 . Pemerintahan Monarki 14. Legislasi dan Pengawasan b. Tirani adalah bentuk pemerintahan yang akan lahir sebagai reaksi terhadap a. menyetujui dan menolak perjanjian internasional b. Memberhentikan presiden dan wakil presiden d. Reviuw dan Anggaran c. Pemerintahan Oklokrasi b.Indonesia pernah menerapkan Sistem Pemerintahan Parlementer pada tahun a. Para mentri sekaligus sebagai anggota parlemen d. Mengawasi presiden c. Hak untuk mengadakan penyelidikan terhadap eksekutif 16.Menurut Polybius.

e. kekuasaan tertinggi ada ditangan elit yang memerintah untuk kepentingan kelompoknya 20. hak inisiatif g.Di bawah ini yang bukan termasuk lembaga negara berdasarkan amandemen UUD 1945 adalah: a. Abolisi b. Bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara tertinggi ada ditangan satu orang. Kekuasaan tertinggi ada ditangan rakyat dan pemerintahannya untuk kepentingan rakyat d. Jelaskan karakteristik sistem pemerintahan parlementer dan presidensial 3.Bentuk Peemerintahan demokrasi menurut Aristoteles adalah. Grasi d. Pelaksana pemerintahan 19. Jelaskan pengertian Ideologi menurut Nicollo Machiavelly 4. hak angket . Letak kekuasaan tertinggi b. hak Budget f. Jelaskan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 5. MPR e.Bentuk Pemerintahan adalah pengelompokan negara berdasarkan: a. Gambarlah teori siklus menurut Polybius mengenai bentuk pemerintahan 2. Bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara yang tertinggi ada ditangan rakyat yang pemerintahan nya untuk kepentingan penguasa c. Distribusi kekuasaan c. jelaskan pengertian a. Tujuan kekuasaan e. Cara pengisian jabatan kepala negara d. KPK SOAL ESSEY 1. Pengawasan. DPR b. hak interpelasi e. b. DPA c. Amnesti c. a. Kekuasaan tertinggi ada ditangan kelompok elit yang memerintah untuk kepentingan rakyat e. MA d. memerintah untuk kepentungan diri sendiri. Review dan Anggaran 18.

Manusia masih terpwngaruh oleh akal dan budi 4. Supaya dapat saling bekerjsama d. Sebagai makam orang-orang terkemuka c. Manusia masih terikat oleh karma dan nafsu d. Supaya dua kerajaan itu tetap menganut Agama Hindu dan Agama Budha b. Tempat wisata kaum raja d. Di undang oleh kepala suku untuk mengajarkan agama Hindu 5. Supaya mudah ditundukan kembali . Tempat meletakkan sesajian e. Candi Kidal b. Bagian ini mempunyai makna: a. penyebaran Agama Hindu di Indonesia dilakukan oleh kaum Brahmana karena kaum Brahmana: a. Tempat melakukan acara-acara keagamaan 2. Supaya tidak terjadi perang saudara diantara anak-anak Airlangga c. Yang mengetahui ajaran agama Hindu e. Yang merintis jalan ke Indonesia b.1. Manusia bersiap-siap masuk nirwana e. Candi Badut d. Di bawah ini yang bukan merupakan candi peninggalan aganma Hindu adalah: a. Maksud Airlangga membagi Kerajaan Medang Kemulan adalah: a. Manusia telah terbebas dari segala keinginan c. Untuk mengembalikan kejayaan Kerajaan Medang Kemulan e. Dalam teori Brahmana. Kamadhatu merupakan bagian candi yang paling bawah. Dalam Agama Budha Candi berfungsi sebagai: a. Manusia masih terikat oleh rupa dan bentuk b. Candi singasari c. Tempat pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa b. Candi Brobudur 3. Candi Dieng e. Memerintahkan kaum Ksatria untuk menduduki Indonesia c. Turut berlayar untuk menjaga keselamatan kaum pedagang d.

Tidak banyak lagi para pedagang yang berdagang di bandar kerajaan Sriwijaya b. Berikut ini yang bukan faktor penyebab keruntuhan kerajaan Majapahit adalah: a.Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan: a.6. Nuruddin arraniry b. Berkembangnya dengan pesat ajaran Agama Budha di kerajaan Sriwijaya c. Kerajaan Mataram Kuno terdiri dari dua Dinasti yaitu Sanjaya dan syailendra. Sri Maharaja Daksa b. Kerajaan Singosari merongrong wilayah taklukan kerajaan Singosari e. Amir Hamzah c. Terbunuhnya Tunggul Ametung 7. Kerajaan ini dipersatukan oleh: a. Syamsudin Pasai e. Sumber sejarah Kerajaan Singosari berasal dari kitab Pararaton yng menceritakan tentang: a. Amangkurat I c. Untuk mengusai Tanjung Pura d. Sultan Agung b. Abdurrahman b. Sri Maharaja Rakai Panangkaran e. Sri Maharaja Rakai Pikatan 9. Sri Maharaja Rakai Wawa d. Untuk menguasai Jawa Barat b. Pemerintahan raja-raja Singosari e.Keberadaan kerajaan Aceh dapat diketahui dari Kitab Bustanussalatin yang ditulis oleh: a. Pada Tahun 1275-1286. Sri maharaja Ratu sanjaya 11. Untuk menguasai Kerajaan Aceh e. Kerajaan Singosari melancarkan Expedisi Pamalayu dengan tujuan: a. Melemahkan posisi Kerajaan Sriwijaya 8. Mas Jolang . Pendirian kerajaan Singosari b. Hamzah Fansuri d. Untuk Menguasai Pahang c. Penyerangan kerajaan Kediri oleh Ken Arok d. Wilayah kekuasaannya banyak yang melepaskan diri d. Kerajaan Siam merebut wilayah tanah genting Kra di semenanjung malaya 10. Penetapan Ibu kota kerajaan Singosari c.

Pada tahun 1755 ditandatangani perjanjian Giyanti yang membagi kerajaan Mataram atas dua wilayah Yaitu: a. Kedua bangsa tersebut dapat membeli hasil rempah-rempah di maluku c. Membagi daerah maluku menjadi dua daerah kekuasan b.Tujuan Deandels membangun jalan sepanjang lebih kurang 1000 km dari Anyer ke Panarukan adalah: a. Cirebon dan Yogyakarta c.d. Islam tidak membedakan kedudukan seseorang dalam masyarakat d. Meningkatkan hubungan kedua bangsa tersebut d. Surakarta dan Yogyakarta d. Kerajaan Demak c. Mangkunegara dan Paku alam e. Mempercepat proses penjajahan terhadap bagsa Indonesia b. Amangkurat II e.Kerajaan Islam tertua di pulau jawa adalah: a. Para ulama merupakan perantara umat manusia dengan Tuhan yang dipujanya e. Yogyakarta dan Ponorogo 15. Penyebaran Islam dilakukan secara damai c. Kerajaan Pajang b. Untuk pertahanan dalam mengahadapi pasukan Inggris d. Martapura 12.Terjadinya pertikaian antara Bangsa Spanyol dan Bangsa Portugis di Maluku mengakibatkan dilakukan perjanjian Saragosa dengan tujuan: a. Kerajaan Jepara e.Di bawah ini yang bukan penyebab Agama Islam berkembang dengan pesat sekitar abad-13 adalah: a. Mempersempit ruang gerak perlawanan bangsa indonesia c. Kedua bangsa tersebut ditugakan untuk menyebarkan agama yang dianutnya 16. Ajaran Islam berupaya untuk menciptakan kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui kewajiban membayar zakat 13. Kerajaan Banten b. Untuk lalulintas hasil bumi yang di bawa ke Batavia . Kerajaan Jepara d. Surakarta dan Cirebon 14. Menentukan batas pengaruh kedua bangsa tersebut e. Islam bersifat terbuka dan penyebarannya dapat dilakukan oleh setiap orang muslim b.

jelaskan mengapa kerajaan sriwijaya disebut kerajaan Maritim 3. Siasat bumi hangus sebelum Belanda datang c. Beban pajak yang tinggi 20. Jelaskan tiori-tiori masuk dan berkembangnya agama Hindu pertama sekali di Indonesia 2.Di bawah ini yang bukan hak-hak istimewa yang dimiliki oleh VOC adalah: a. Hak untuk mengangkat pegawai-pegawainya e. Hak untuk mencetak dan mengedarkan uang sendiri 18. Kekuasaan kerajaan Mataram semakin Kecil c. Siasat menyerang Belanda ketika mereka lemah e. Perang dengan tanpa perlawanan b. Aceh boleh dikuasai oleh Belanda melalui perjanjian: a. Hak monopoli perdagangan b. Hak memiliki angkatan perang c. Traktat sumatera SOAL ESSEY 1. Pembuatan jalan melalui makam leluhur di tegalrejo b. jelaskan saluran penyebaran agama Islam pertama sekali di Indonesia 4. jelaskan sebab-sebab dibubarkannya VOC . Hak untuk mengangkat Gubernur Jenderal d. Perang diawali dengan penyucian diri d.Sebab khusus perang diponegoro adalah : a.Makna Puputan pada perang Bali melawan belanda adalah: a.e. Untuk memenuhi segala kebutuhan perang bangsa Belanda 17. Perjanjian Bongaya b. Kaum Bangsawan merasa dikurangi kekuasaannya d. Traktat London e. Perjanjian tuntang c. Perang habis-habisan yang di awali dengan penyucian diri 19. Perjanjian linggarjati d.

sebutkan 7 buah kerajaan yang bercorak Hindu-Budha . .5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful