RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi : ALJABAR

3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar Indikator berbalik nilai. 2. Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai. A. Tujuan Pembelajaran 1. 2. Peserta didik dapat memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai. B. Materi Ajar 1. 2. 3. Mengenal perbandingan senilai. Mengenal perbandingan berbalik nilai. Memecahkan masalah perbandingan. : 3.4. Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah. : : : : : SMP/MTs Matematika VII/1 (Ganjil) 2 X 40 menit (1 kali pertemuan)

1. Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan

5) Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik yang berhubungan dengan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai. Kegiatan pembelajaran ini akan kita lakukan secara berkelompok yang anggotanya sudah dibentuk sebelumnya. Kegiatan Awal (10 menit) Fase I (Menyampaikan Tujuan dan Motivasi) 1) Mempersiapkan peserta didik. 2) Guru menyampaikan cakupan materi pelajaran yang akan dilakukan pada hari itu. Model dan Metode Pembelajaran Model Pembelajaran Metode Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif NHT : Diskusi. Oleh karena itu. Setelah selesai mengerjakan LKS bapak akan memanggil salah satu nomor untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. menyiapkan alat tulis. Langkah-Langkah Pembelajaran I. bapak berharap anak-anak semua bisa menemukan sendiri pengertian perbandingan senilai dan berbalik nilai”. meminta peserta didik menyiapkan buku pelajaran. membersihkan tulisan yang ada di papan tulis apabila papan tulisnya masih kotor. bapak berharap . menanyakan kabar siswa. “Anak-anak hari ini kita akan belajar tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai.” 3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari pada hari ini. Kerja Kelompok dan Pemberian Tugas D. Semua kelompok akan menerima LKS. mengatur tempat duduk siswa. Fase II (Menyajikan Informasi) 1) Guru menginformasikan secara garis besar pembelajaran hari ini dan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran.C. “Dengan mempelajari materi ini. “Anak-anak hari ini kita mempelajari materi tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai. dengan cara berdoa mengecek kehadiran siswa. 4) Guru memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan yang dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap materi yang akan dipelajari.

(konfirmasi) “Bapak ingin yang mempresentasikan LKS adalah anggota yang bernomor tiga.(elaborasi) 5.(disiplin dan kejujuran) 7. Kelompok dibimbing dan difasilitasi oleh guru. Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mengerjakan latihan (heads together/ berpikir bersama). 5) Siswa mendengar dan memahami penjelasan guru II. 3. 3) Siswa menerima LKS dari guru. Masing-masing siswa dalam kelompok diminta memahami dan mempelajari materi ajar pada LKS.” .semua anggota kelompok dapat memahami materi ini dengan baik karena nilai kelompok berasal dari nilai anggota kelompok yang maju. Kelompok yang mengalami kesulitan dibimbing guru. “ Fase III (Mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok belajar) 1) Guru menginstruksikan siswa untuk duduk dalam kelompok-kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya. 4) Guru menentukan alokasi waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas. Siswa mengerjakan latihan pada LKS 4. Siswa berhenti bekerja ketika waktu telah habis. Kegiatan Inti (50 menit) Fase IV (Membimbing kelompok bekerja dan belajar) 1. 2) Guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan menjelaskan tugas yang akan dikerjakan di dalam kelompok belajar. Memastikan siswa sudah memegang nomor. Guru menyebutkan salah satu nomor anggota. 6. Guru menyebutkan nomor kelompok dan meminta nomor anggota yang disebut maju mempresentasikan jawaban dari soal yang diberikan. (eksplorasi) 2. namun bapak ingin siswa dari kelompok rectangle yang maju.

dan kelompok terkompak adalah kelompok TRIANGLE” 2) Guru memberikan PR yaitu soal dalam buku paket halaman 322 no 1. “ Hari ini semua anak-anak bapak sudah belajar dengan rajin dan semangat. 3) Guru menutup pelajaran pada hari ini. F. 3) Guru memberikan beberapa soal kepada peserta didik yang harus dikerjakan secara individu . dan spidol. Alat dan Bahan Sumber Belajar : buku paket matematika kelas VII karangan M. Fase VI (Memberikan penghargaan) 1) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling bagus dalam menyampaikan presentasinya. 2) Guru bertanya kepada peserta didik apakah ada bagian yang kurang dipahami dari materi yang telah dijelaskan.III. bapak akan memberikan penghargaan kepada kelompok teraktif dan kelompok terkompak. Untuk kelompok teraktif jatuh kepada kelompok rectangle. Cholik Adinawan dan Sugijono. E. 4) Guru mengumpulkan lembar jawaban peserta didik. 3. dan 5. Penilaian Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen : : : tes tertulis tes uraian .Penerbit Erlangga Alat dan Bahan : karton. kertas. Sumber Belajar. Kegiatan Akhir (10 menit) Fase V (Evaluasi) 1) Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan pelajaran yang dipelajari pada hari ini.

000 Dit : harga 2 lusin buku ? Banyak buku 5 buah (2 x 12) buah 5 : 24 = 10. berapakah harga 2 lusin buku tulis? Jawab Alternatif Jawaban Dik : harga 5 buku = Rp 10.000 : x 5x = 24 x 10.000.000 x = harga buku Rp 10.000 Total Skor 2 34 4 Skor 2 .Soal Jika harga 5 buah buku tulis adalah Rp 10.000 x rupiah 4 8 10 4 Jadi harga 2 lusin buku tulis itu adalah Rp 48.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful