P. 1
Tentang Pabx System

Tentang Pabx System

|Views: 87|Likes:
Published by tabroni

More info:

Published by: tabroni on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/25/2012

pdf

text

original

tentang pabx system

PABX yang beredar di pasaran banyak jenisnya dengan kemampuan yang berbedabeda. Berdasarkan sistem kerjanya PABX dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: 1.PABX Analog. PABX analog mempunyai ciri khas pada bagian switching-nya, yaitu menggunakan electronic modular switch dengan cara kerja space division dan memanfaatkan komponen IC crosspoint sebagai media penghubungnya. 2.PABX Digital PABX digital identik dengan penggunaan digital switching sistem time division pada bagian penghubungnya, sehingga semua layanan komunikasi dilakukan oleh komponen switching yang digunakan oleh kompone IC crosspoint. 3.IP PABX PABX ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya, dengan penambahan pada bagian tertentu, terutama feature internet protocol (IP). Dengan feature tersebut, perangkat ini memiliki kemampuan yang sangat lengkap dibanding pendahulunya. Fitur IP tersebut terbagi menjadi dua, yaitu 1.IP PABX Untuk kebutuhan ini biasanya dibutuhkan sebuah modem berupa modem berupa IP gateway card, kemudian bagian ini disambungkan ke Hub atau switch, selnjutnya dihubungkan ke router. Kemudian dari router akan tersambung dengan network connection atau jaringan internet. 2 IP EXT Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebuah perusahaan untuk mengontrol cabangnya, di mana pada kantor cabang hanya terdapat sebuah IP phone berupa internet protocol proprietary telephone (IP IPT) yang langsung terkoneksi dengan jaringan internet.

Kemampuan PABX

atau transfering call. 2. dimana pada salah satu tempat hanya menggunakan doorphone dan tempat yang lain tetapa menggunakn pesawat telepon.Door opener .PABX merupakan switching equipment yang dapat menghubungkan antara dua tempat yang saling berkomunikasi dengan berbagai kemampuan (feature). baik berupa komunikasi suara via SLT ataupun teks/gambar via faksimile. 6. 7.Transferring call Transferring call adalah kemampuan untuk memindahkan atau mentransfer hubungan komunikasi (outgoing call atau incoming call) dari satu tempat ke tempat lain. Direct Inward System Access (DISA) Direct inward system access adalah kemampuan yang memberikan akses komunikasi bagi penelepon untuk langsung berkomunikasi dengan ekstension yang dituju tanpa melalui operator. CO online. 1. 5. ke nomor tujuan yang telah ditentukan (tentunya setelah diprogram) baik itu nomor extension lain di dalam layanan PABX atau ke luar layanan PABX seperti ke telepon seluler dan telepon rumah (PSTN). perangkat ini umumnya diletakkan pada ruangan front office atau meja kerja seorang operator telepon. Doorphone merupakan perangkat komunikasi hands free tanpa tombol dial an hanya menggunakn satu tombol.Message waiting Massage waiting adalah kemampuan pemberian pesan menunggu kepada extension yang sibuk ketika dihubungi sehingga setelah extension tidak sibuk maka secara otomatis akan menghubungi extension yang meneleponnya.Conference call Conference call adalah kemampuan untuk melakukan komunikasi lebih dari dua tempat (tiga sampai lima tempat). sehingga pembicaraan dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. 4. baik itu panggilan dari extension.Doorphone Doorphone adalah hubungan komunikasi antar tempat.Call forwarding Call forwarding adalah kemampuan untuk meneruskan panggilan. Feature atau kemampuan yang terdapat pada PABX merupakan bagian layanan komunikasi yang tidak dapat terpisahkan sehingga pengguna perangkat ini diberikan kemudahan dalam berkomunikasi secara global dapat diuraikan sebagai berikut. 3.

baik itu akses outgoing call atau programming. Jika tidak.Account code/password/PIN (Personal Indentification Number) Account code/password/PIN adalah kode yang digunakan untuk mengakses layanan komunikasi yang terdapat pada PABX. sehingga tidak semua orang mampu menggunakan CO line dan melakukan programming terhadap PABX tanpa password yang dimiliki. Caranya. 11. Aktivitas yang direkam berupa data nomor telepon tujuan.Call control software Call control software adalah sebuah alat yang digunakan untuk menetukan kemampuan sebuah PABX atau aktivitas komunikasi pada port extension. dan sebagainya.Station Message Detail Recording (SMDR) Station Message Detail Recording adalah kemampuan untuk merekam seluruh aktivitas yang dilakukan oleh PABX. dan lain-lain. 10. 12. hal tersebut tidak dapat dilakukan. siapa yang menelepon. baik outgoing call maupun incoming call.Back Ground Music (BGM) atau music on hold . Data tersebut dapat ditampilkan pada layar monitor sebuah PC atau dicetak menggunakn printer. 9.Door opener adalah sebuah perangkat pembuka pintu yang dikenalikan oleh PABX melalui saluran extension. setiap seseorang yang ingin mengakses layanan komunikasi/programming pada sebuah PABX harus terlebih dahulu memasukkan kode akses. maupun menelepon ke telepon seluler.Toll restriction Toll restriction adalah pembagian atau pembatasan akses untuk berkomunikasi sehingga tidak semua extension pada PABX yang ada mampu melakukan SLI. Kemampuan ini dapat digunakan jika PABX dan pesawat telepon menyediakan fasilitas ini. interlokal. 8. biaya pemakaian.Caller Identification (CID) Caller Identification adalah kemampuan untuk menampilkan untuk menampilkan identitas atatu nomor telepon pemanggil sehingga dapat diketahui dari mana telepon itu berasal. asal nomor telepon (nomor extension). Perangkat ini dapat berfungsi apabila dihubungkan dengan sebuah PABX. 12.Short Message Service (SMS) Short Message Service adalah kemampuan untuk menerima dan mengirimkan pesan pendek dalam bentuk teks. durasi pembicaraan. 11.

Kemampuan ini sangat ditentukan oleh diameter sebuah kabel. 13. .Jarak layanan Jarak layanan adalah seberapa jauh PABX mampu memberikan layanan komunikasi dari tempat di mana PABX ditempatkan. 14.Back Ground Music (BGM) atau music on hold adalah kemampuan untuk menyediakan suara/musik ketika panggilan sedang berlangsung di-holding atau ditransfer. Suara ini dapat berasal dari PABX sendiri atau radio dan tape recorder.Timer atau limited caller duration Timer atau limited caller duration adalah kemampuan untuk membatasi durasi panggilan yang sedang dilakukan ketika mengakses layanan komunikasi yang disediakan oleh PABX.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->