P. 1
ayam bangkok

ayam bangkok

|Views: 1,816|Likes:

More info:

Published by: Nanang Mardiansyah Sinaga on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2013

pdf

text

original

Beberapa Ciri-Ciri penting Ayam Laga yaitu

:

   

Batok kepala dan tulang alisnya tebal. Bulu mengkilap dan kaku, terutama pada bulu sayap dan ekor. Kaki bersisik kasar, dengan bentuk dari persegi empat sampai bulat. Kepalanya berbentuk buah pinang.

        

Ketika berdiri, sikap badannya tegak. Mata masuk ke dalam, sipit, dan jernih. Kulit muka kasar, tebal dan berwarna merah. Paruh besar, kuat melengkung, beralur mulai dari lubang hidung ke arah muka. Lubang hidung agak ke depan. Jari kaki panjang, kecil, kuat dan susunan jarinya mekar. Pandai memukul bagian vital lawan. Pukulan keras dan akurat. Semangat tarung tinggi. Tulang-tulangnya kasar dan rapat.

MEOOONG.COM-BOGOR-Ayam bangkok secara umum fisiknya tidak berbeda dengan ayam lain pada umumnya. Namun jika diperhatikan secara seksama, terdapat perbedaan dalam pengamatan fisik atau tampak luarnya saja. Misalnya warna bulu, besar kecilnya dan produktivitas telurnya. Galur(keturunan) murni ayam bangkok mempunyai bulu hias berwarna merah mengkilap, dengan dasar warna hitam kehijauan. Hal ini dikarenakan asal-usul nya yang termasuk species Gallus gallus atau Gallus bankiva memiliki warna bulu yang serupa. Bulu hias ini terdapat pada bagian leher dan punggung. Ayam bangkok pertama kali dikenal di Cina pada 1400 SM. Ayam jenis ini disebut juga ayam aduan. Karena terkenal sebagai petarung, banyak pihak berlomba-lomba untuk mencari bibit-bibit petarung yang andal. Bahkan masa itu para penyambung ayam asal Negeri Tirai Bambu, mencoba mengawinsilangkan ayam kampung mereka dengan beragam jenis ayam jago dari India, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Laos untuk mencari ayam aduan yang unggul dalam bertarung Sekitar seratus tahun yang lalu, bangsa Thailand berhasil ayam aduan jenis baru yang disebut king‟s chicken. Ayam ini mempunyai gerakan cepat, pukulan yang mematikan dan saat bertarung otaknya jalan. Kemudian para penyabung ayam dari Cina menyebut ayam ini: leung hang qhao. Di Thailand sendiri dikenal sebagai ayam bangkok. Konon ayam bangkok hasil persilangan tersebut dikenal sebagai jawara yang sukses menumbangkan hampir semua ayam domestik di Cina. hal inilah yang kemudian mendorong orang-orang di Cina menjelajahi hutan hanya untuk mencari ayam asli yang akan disilangkan dengan ayam bangkok tadi. Dengan harapan, ayam silangan mereka sanggup menumbangkan keperkasaan jago dari Thailand itu. Di era tahun enam puluhan di Laos lahir jenis ayam aduan yang sanggup menyaingi kedigdayaan ayam bangkok. Karena terjadi kawin silang yang terus-menerus maka nyaris tak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos dengan ayam bangkok dari Thailand. Di Thailand dan Laos, beberapa orang tercatat sebagai penyabung ayam terkenal, seperti Vaj Kub, Xiong Cha Is dan kolonel Ly Xab, bahkan di tahun 1975, ayam bangkok milik Vaj Kub sempat merajai Nampang, arena adu ayam yang cukup bergengsi di negeri gajah putih itu. Salah satu ayam aduan Vaj Kub diberi Bay, yang merupakan ciptaan hasil tangan dingin Vaj Kub dalam melatih dan mencari bibit ayam aduan yang handal.

Beberapa tahun kemudian seorang penyambung ayam asal Socra, Malaysia berhasil mengalahkan kedigjayaan ayam Vaj Kub, namun hanya bertahan tak lama, karena pada generasi berikutnya, Mr. Thao Chai dari Thailand berhasil menumbangkan dominasi peternak dari Malaysia. Mr. Thao memberi nama jagoan baru itu, Diamond atau Van Phet. Di Indonesia sendiri hobi mengadu ayam ini sudah ada sejak dari zaman Kerajaan Majapahit. Bahkan kita mengenal legenda ini melalui cerita rakyat seperti cerita Ciung Wanara, Kamandaka dan Cindelaras. Kota Tuban, Jawa Timur diyakini sebagai kota pertama dalam perkembangan ayam aduan. Di Indonesia. Tidak ada data pasti yang bisa menerangkan perihal siapa yang pertama kali mengenalkan ayam bangkok dari Thailand ke tanah air. (DKD, Sumber : Berbagai Sumber)

Related Posts :

PAKAN AYAM PETARUNG
Pakan/Makanan merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kondisi ayam bangkok. Pakan yang diberikan harus mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh ayam. Zat-zat yang dibutuhkan tersebut sebagi berikut :  Protein. Berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Protein berguna untuk meningkatkan jumlah otot serta daging, sehingga sangat dibutuhkan oleh anak ayam yang sedang tumbuh sampai berumur 6 bulan dan yang sedang dipersiapkan untuk diadu. Untuk menambahkan protein, para pemilik ayam sabung sering menambahkan cincangan daging kambing dalam pakan untuk ayamnya.  Lemak. Zat ini juga dibutuhkan ayam yang sedang tumbuh. Bagi ayam yang akan disabung, lemak tidak terlalu perlu. Ayam sabung justru harus langsing, singset, dan padat tubuhnya. Jika terlalu banyak lemak, ayam akan keberatan badan sehingga mudah lelah atau tidak mapu untuk memukul.  Karbohidrat. Zat ini sangat dibutuhkan oleh ayam sabung untuk menjaga stamina. Stamina ayam memang harus diperhatikan karena harus bertarung 5-6 ronde, setiap ronde lamanya 15 menit.  Vitamin dan mineral. Dua zat ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kelincahan ayam sewaktu bertarung, meskipun jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, hanya 12% dari total ransum. Vitamin dan mineral juga berguna sebagai katalisator dalam proses metabolisme. Pemberian vitamin B kompleks sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas ayam sabung. Kedua unsur tersebut sangat dibutuhkan untuk metabolisme dan pertumbuhan fisik ayam, seperti pertumbuhan tulang, mencegah kelumpuhan, dan menghindarkan kecacatan pada kaki.  Air. Selain pakan, ayam juga membutuhkan air. Air ini antara lain digunakan untuk proses metabolisme. Air juga diperlukan sebagai pelarut. Hampir 60% tubuh ayam terdiri atas air yang juga berguna dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan, dan menyeimbangkan atau mengatur berbagai zat di dalam tubuh ayam.  Hijauan. Hijauan merupakan pakan tambahan bagi ayam bangkok. Biasanya hijauan diberikan sejak anak ayam berumur dua bulan. Pakan hijauan berupa kecambah kacang hijau (taoge), kangkung, daun pisang, dan hijauan lainnya yang mengandung air dan tidak memberikan efek racun bagi ayam.  Grit. Grit adalah bahan yang digunakan untuk membantu pencernaan ayam di tembolok, yaitu berupa kulit kerang atau cangkang bekicot. Grit bisa diberikan kepada ayam muda di dalam kandang umbaran. Grit tidak boleh diberikan kepada anak ayam di bawah umur tiga bulan karena akan mengganggu atau melukai pencernaannya.

KAKI AYAM YG BAGUS
Ayam tarung sebagai petarung sangat mengandalkan kakinya untuk menjatuhkan lawan, kekutan kaki sebagai prioritas utama untuk mencari ayam tarung yang bagus. Bentuk kakipun beraneka ragam ada yang bulat adapula berbentuk persegi (blimbing : Jawa red) dan ukurannya tentu juga tidak sama ada yang kecil dan besar. Untuk

Tapi Siripong terus mengamati setelah membandingkan dengan kaki ayam berbentuk bulat ternyata yang ukuranya (diameter) lebih kecil pukulanya lebih sakit.menentukan pilihan bentuk kaki yang bagaimana memang perlu pengalaman yang cukup untuk mengamati. Lebih penting lagi harus ditunjang perawatan dan latihan serta makanan yang sesuai dengan kebutuhan ayam tarung termasuk vitamin dan obat-obatan yang diperlukan.” tanya Siripong pada Media Ayam. STAMINA DAN OTOT AYAM PETARUNG Apa yang penting yang menjadi patokan para bebotoh dalam mengukur kemampuan ayam dalam bertarung. paling utama memilih ayam tarung harus melihat kakinya. Mengingat bagaimanapun keistimewaan pukulan kaki yang dimiliki. “Jari-jari harus kecil. juga harus melihat bentuk jari-jari yang dimiliki.” jawab Media Ayam singkat. Semua ini berdasarkan dari hasil pengalaman para bebotoh yang telah melahirkan berbagai Jagoan . Setiap bebotoh mempunyai standar yang beragam dan berbeda-beda. Bahkan menurut Siripong. Wiring kuning. sementara untuk menghasilkan tenaga yang maksimal dapat dibantu melalui latihan dan ditunjang pakan serta obat-obatan yang tepat. Memang dalam perkembangan bentuk kakipun mengalami beberapa trend atau perubahan seperti di Thailand. sementara berdasarkan anatomi atau katurangga lainya akurasinya hanya 50 %. jika tidak ditunjang dengan tenaga atau kekuatan yang maksimal pula tidak akan berarti apa-apa. Tentu saja Siripong menyarankan. Salah satu peternak besar di Bangkok Weeradaj Payoosiripong yang telah puluhan tahun mengembangkan ayam tarung menilai kaki yang kecil lebih cepat dan pukulanya sakit. selain itu peran anatomi lain untuk menghasilkan pukulan juga sangat diperlukan misalnya kondisi bulu sayap dan ekor.” papar Siripong sambil menunjukkan jari ayam yang dimaksud.” ujar Siripong saat ditanya tentung perbadingan besar kecilnya kaki. “Istilah bahasa Jawa „Merit‟. dan bentuknya bulat seperti rotan. Selain melihat dari diameter kaki. jika bulu sayap dan ekor sempurna akan membantu kekuatan saat melancarkan pukulan. Mengingat pukulan yang berat belum tentu sakit. meskipun tidak boleh meninggalkan tanda atau ciri-ciri anatomi lainnya sebagai penunjang. meskipun menerima pukulan bertubi-tubi terhnyata tidak mudah untuk menjatuhkan lawan. pegangan yang pas dan cekelannya empuk seperti memegang bebek dan sebagainya. “Kalau sering mengamati akan lebih mudah apakah ini kaki kecil atau tergolong besar dan tak perlu membandingkan dengan ayam lain. dulu menyukai ayam yang memiliki kaki blimbing dikenal memiliki pukulan yang berat. semakin keujung semakin kecil. memprediksi keistimewaan ayam tarung berdasarkan kaki 90 % akurat. semakin cekatan dalam mematuk akan semakin sering melepaskan pukulan ke lawan dan mantapnya patukan akan membuat ayam yang dipukul semakin terasa selain sasaranya tepat juga menahan kepala saat melancarkan pukulan membuat pukulan semakin terasa sakitnya. Siripong yang ditemui Sutejo dan Teraporn dari Media Ayam di peternakanya yang berada di kawasan Phutthamonthon Sai Pirade Bangkok menunjukkan kaki kecil yang dimaksud yaitu kaki ayam yang memiliki diameter lebih kecil dibanding dengan ayam lain yang postur tubuhnya sama. warna merah dan hitam. berbeda dengan kaki kecil ternyata pukulanya sangat dirasakan sehingga lebih cepat membuat lawan tak berdaya dan menyerah.kaki yang tumpuk bila diangkat. “Apa istilahnya jari yang bentuknya demikian di Indonesia. Begitu pula dengan ketrampilan paruh. yang bisa membuat kondisi ayam tarung semakin prima. hal ini juga terjadi di Indonesia. sehingga keistimewaan yang dimiliki dapat digunakan secara maksimal tepat pada sasaran yang mematikan.

ayam petarung harus mendapatkan nutrisi yang cukup. ayam petarung akan kesulitan menjaga stamina karena angka kebutuhan protein yang optimal bagi ayam petarung adalah berkisar antara 12%-14%. Akurasi pukulan pada ayam petarung dipengaruhi dua faktor penting yaitu pertama perbandingan ideal tulang kaki dan faktor kedua adalah Otot yang berperan penting dalam menentukan arah. dan selain itu vitamin dan mineral akan sangat berperan dalam membentuk darah baru. maka sangat dianjurkan sekali bagi bebotoh untuk memberikan makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan protein ayamnya. dan Paru-Paru. Otot bekerja dengan cara menarik bukan mendorong. . liat dan lentur. Beberapa sumber yang berpengaruh langsung adalah karbohidrat. kecepatan dan kekuatan pukulan. Stamina ayam petarung tergantung 3 hal penting yaitu Kadar HB.yang selama ini diyakini mempunyai kekuatan dan pukul. Nutrisi yang paling penting adalah protein. manggon dan cepat. Latihan lari dengan cara mengitari babon/untulan akan jauh lebih baik daripada latihan yang mengutamakan kekuatan. Dalam kondisi diet/pakan yang ditakar. Dengan metode latihan ini akan menghasilkan otot besar dan kuat tetapi lamban dan kaku. pukul sendiri memang belum memberikan suatu patokan yang pasti. Untuk kesehariannya. sehingga otot harus kuat. Kadang kala ada bebotoh yang melatih ayamnya dgn memberi pemberat pada kaki ayam atau menekan ayam sehingga ayam jalan setengah merangkak. kelenturan dan akurasi pukulan. istilah lainnya adalah memukul dengan tepat. Selanjutnya walaupun ayam petarung telah memiliki Otot yang baik faktor lain yang mendukung dan sangat penting adalah Stamina. Hal ini untuk mendapatkan akurasi pukulan yang baik. dimana hal yang juga dapat dijadikan sebagai acuan adalah seberapa keras dan akurat pukulnya dan seberapa tahan napasnya. lari cepat atau bulu tangkis yang mengutamakan kecepatan. Diet ini hanya mengandung protein berkisar sebesar 6%-8% . latihan yang diperlukan utk membentuk serabut otot yang halus adalah latihan kecepatan yang dilakukan tanpa beban. Umumnya ayam petarung di Indonesia hanya mendapatkan diet pakan utama berupa Gabah. beras merah atau jagung. padahal akan lebih baik bila ayam petarung memiliki tipe pukulan yang mempunyai akurasi dan frekuensi yang tinggi. karate. lemak dan protein yang dioksidasi melalui siklus Kreb dan secara langsugn dapat membebaskan ATP yang nantinya digunakan sebagai bahan bakar otot. Inilah sebabnya mengapa ayam petarung yang pakan utamanya Jagung mempunyai otot lebih bagus dan kekuatan pukul yang baik dibandingkan pakan utama yang lain. Untuk membuat HB yang tinggi. Bentuk otot yang baik pada ayam petarung adalah otot yang berserabut halus tanpa perlemakan serta tanpa pembesaran sel otot sendiri. Selain itu otot juga membutuhkan CALSIUM (Ca) dalam bekerja atau berkontraksi dan relaksasi. Pada manusia dapat dianalogikan kira-kira sama dengan otot yang dimiliki atlit tinju kelas ringan. Kerja otot membutuhkan suatu senyawa yang disebut dengan ATP (adenosin triphospate) dan Creatin phospate yang juga bersal dari ATP. Namun walaupun demikian. Untuk hal ini. Kemampuan Kerja Jantung. Banyak bebotoh yang senang dgn tipe pukulan berat. Dan selain itu. ayam petarung yang memiliki otot yang halus akan mempunyai kelebihan dan kemungkinan yang lebih tinggi untuk mampu memukul di ruang sudut yang sempit dibandingkan dengan ayam berserabut otot yang kuat/berotot yang cenderung dan hanya dapat memukul baik jika mendapat ruang pukul yang cukup.

Faktor lain di dalam meningkatkan dan menguatkan Stamina ayam petarung adalah menjaga kerja jantung dan paru-paru secara maksimal. Tulang Supit makin rapat semakin baik (boleh longgar asal tebal dan kaku). . 7. maka stamina ayam akan turun saat melakukan pertarungan. Tulang dada makin lebar semakin baik (bukan meruncing). 8. dan seringnya pemberian telur dan madu hanya akan membuat ayam petarung cenderung menjadi lebih gemuk yang akhirnya dapat mengganggu aktivitas dan gerak ayam petarung saat bertarung. dan tanpa adanya disiplin pada latihan. baik. 5. semakin baik.0 dan kalori 1350 1400 akan memberikan hasil yang lebih baik. dan hal ini lebih baik dibandingkan dengan pemberian telur dan madu yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi (kalori tinggi). 6. Tulang pinggul makin bulat (tidak bidang) semakin baik. karena ayam petarung masih membutuhkan protein dan mineral lain seperti besi (Fe) dan tembaga (Cu). maka satu-satunya cara adalah memberikan latihan yang rutin dan cukup bagi ayam petarung. Tulang Wajah tidak kasar semakin baik. KARAKTER TERBAIK TULANG AYAM PETARUNG Beberapa patokan yang sering digunakan untuk menandai kerapatan tulang adalah pada bagian : 1. Tulang sayap dalam makin tebal semakin baik. lebih baik rapat tidak semakin menonjol.Cara lain yang digunakan oleh bebotoh untuk meningkatkan HB ataupun Stamina adalah memberikan suntikan Neurobion. Jarak tulang dada belakang dengan supit makin dekat 9. Tulang Sambungan kepala dan leher 2. Celah sambungan leher dan bahu makin rapat semakin baik. Pemberian pakan ayam petelur secara rutin yang memiliki kadar protein 18. 4. akan tetapi pemberian suntikan neurobion tidak dapat langsung menghasilkan butir darah baru dengan segera. Ruas tulang leher makin 3.

Stratum corneum merupakan bagian kulit paling luar yang terdiri dari sel yg pipih. PERAWATAN KULIT DAN BULU AYAM Merawat kulit dan bulu ayam petarung merupakan hal yg sangat diperhatikan oleh penggemar ayam petarung dan ayam aduan di negeri asalnya. Sebagai yang telah diinformasikan di atas. Bulu ayam menutup seluruh tubuh sebetulnya berfungsi untuk menjaga suhu badan dari udara dingin. Pada ayam petarung. Bebotoh di Indonesia beranggapan penggunaan kemin hanya mempertebal kulit. dimana penggunaan KEMIN ini menjadi salah satu ciri khas ayam petarung IMPORT asli dari Thailand. Salah satu cara yang digunakan adalah penggunaan KEMIN yg membuat warna bulu menjadi kuning. padahal kemin juga bertujuan untuk mempermudah sirkulasi udara pada bulu ayam. Thailand. Kulit ayam yg tidak mempunyai kelenjar keringat dipisahkan menjadi 2 bagian penting yaitu Epidermis dan Dermis. bukan sebagai penjaga suhu tubuh agar keseimbangan suhu tubuh ayam petarung dapat terjaga dan tidak terbuang keluar. Selain itu pemberian kombinasi ramuan ini juga ditujukan untuk melarutkan lemak yg ada pada . mengeras dan disertai beberapa sel yg mati. Epidermis merupakan bagian luar dari kulit yg terdiri dari Stratum Germinativum dan berikutnya Stratum Corneum. pemberian kemin dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan kapur sirih sehingga dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. terutama bulu halus yg menyelimuti seluruh tubuh. bulu halus diubah fungsinya sebagai alat pendingin. sedangkan bulu sayap dan bulu ekor sebagai alat terbang dan kemudi. tujuan pemberian kemin adalah utk mempertebal kulit.

otot. Rebusan serei dan jahe dapat memperbaiki aliran darah ayam. Dalam kebiasaan sehari-hari kami di dalam memelihara ayam bangkok. Susu yang digunakan tidak perlu susu yang mahal. vitamin. maka akan sangat membantu bagi ayam petarung untuk menurunkan kembali suhu tubuhnya dan akan membuat ayam tdk terlalu terengah-engah ketika bertarung. mengurangi bengkak dan pegal setelah ayam diabar/diadu dan mengusir nyamuk sehingga ayam tidur lebih nyenyak sehingga ayam petarung yang kita miliki dapat terjaga kesehatan kulit dan bulunya dan dapat memberikan hasil yang maksimal saat mempertunjukkan gaya dan kekuatannya dalam bertarung. Karena sangatlah disayangkan bila kerja keras kita untuk membesarkan anakan menjadi sia-sia belaka sewaktu ayam menginjak umur perawatan untuk tarung . akan tetapi bila dilihat dari hasilnya akan sungguh berbeda bila kita tidak melakukannya. Anakan ayam sampai dengan umur 4 bulan harus menerima konsumsi pangan yang seimbang baik untuk protein. Bila tidak. PERAWATAN USIA 1. maka upaya membesarkan ayam akan menjadi sia-sia. dan air. sehingga air akan mudah menyerap ketika bulu dibasahi dan juga mudah menguap ketika suhu tubuh meningkat seiring dgn meningkatnya aktivitas tubuh ketika ayam petarung diadu.bulu halus yg menutupi tubuh ayam. Anakan yang memiliki konsumsi pangan dan gerakan yang minim di umur sampai dengan 4 bulan akan memiliki postur dan kekuatan phisik yang tidak maksimal sehingga tidaklah layak untuk diturunkan di gelanggang. Dengan tanpa hambatan lemak yg melindungi bulu halus ayam. di umur-umur inilah kita seharusnya dapat memberikan konsumsi pangan dan kebebasan gerakan yang maksimal. Dari hasil yang akan diperoleh. Dan bila kita telah mencampurkan susu tepung ke pakan anakan ayam. Ayam akan melakukan pernapasan sangat cepat ketika merasa kepanasan. kebiasaan mencampur susu dengan pakan anakan ayam menjadi hal yang harus dilakukan. karena susu murahpun sudah cukup kandungan protein. Anakan ayam yang diberi pakan dengan campuran susu akan terlihat lebih energik dan memiliki postur tubuh yang lebih kuat dibanding yang tidak. karbohidrat. anakan umur 1-4 bulan akan diberikan pangan yang berupa pakan buatan pabrik yang dicampur dengan susu tepung untuk anak bayi. hal ini adalah satu-satunya cara bagi ayam untuk membuang panas tubuh. mineral. Dan komposisi ini sangatlah baik dan diperlukan untuk pertumbuhan anakan ayam. Pembuangan lemak pada bulu halus tubuh ayam akan mempermudah sirkulasi udara yg mengandung uap panas dari badan ayam ke udara. bulu maupun bagian tubuh lainnya. mengapa kita mencampurkan susu tepung anak ke dalam pakan akan ayam. mineral dan vitaminnya. Karena KEMIN agak susah didapatkan dan harganya cukup mahal. maka kebutuhan pakan lainnya seperti mineral maupun vitamin sudah tidak perlu terlalu dibutuhkan karena telah tersedia pada kandungan susu. Kadang memang terasa lucu maupun aneh. maka alternatif lain yang dapat kita gunakan adalah penggunaan REBUSAN SEREI dan JAHE. karbohidrat. Komposisi campuran yang kami gunakan adalah 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan). yg mempunyai fungsi sama dgn Kemin. karena ayam tidak mempunyai kelenjar keringat.4 Bulan Sejak anakan menetas sampai umur 4 bulan merupakan masa pembentukan phisik ayam bangkok. Jadi bagi kami. apalagi kita membandingkan anakan yang diberikan campuran susu dan yang tidak. maka akan terlihat perbedaan pertumbuhan anakan yang jauh berbeda. Anakan akan memiliki pertumbuhan yang sangat bagus baik untuk tulangan.

Akhir kata. konsumsi pangan yang tepat sewaktu membesarkannya adalah hal yang sangat mutlak. Pandai memukul bagian vital lawan. Meskipun ini tidak menjamin 100%. ayam bangkok memang dilahirkan untuk dinikmati gaya tarung ataupun postur tubuhnya yang indah jadi apapun alasannya. penampilan fisik seekor ayam petarung dipercaya bisa menggambarkan ciri-ciri karakternya. Jengger   Jengger yang besar menandakan tipe teknik ayam yang lebih "kalem". CIRI PENTING AYAM PETARUNG Beberapa Ciri-Ciri Penting Ayam Petarung yaitu: Batok kepala dan tulang alisnya tebal. "Mohon maaf bila ada kesalahan". Bentuk kepala . sikap badannya tegak. Paruh besar. Bulu mengkilap dan kaku. Kepalanya berbentuk buah pinang. dan jernih. Pukulan keras dan akurat. Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ayam Bangkok inilah yang membuatnya sangat terkenal kehebatannya di arena tarung di seluruh dunia. sipit. Jari kaki panjang. Mata masuk ke dalam. Tulang-tulangnya kasar dan rapat. Tulisan ini berdasar pengalaman dan informasi botoh-botoh senior dilapangan. beralur mulai dari lubang hidung ke arah muka. Jengger kecil menunjukan teknik yang lebih gesit. Kulit muka   Kulit muka tebal berkerut-kerut menandakan tekniknya yang kalem dan lebih tahan menerima pukulan. Kulit muka kasar. Ketika berdiri. kuat melengkung. dengan bentuk dari persegi empat sampai bulat. tapi akan sangat berguna sebagai bahan referensi bila kita mencari 'gandengan' di arena.akibat rendahnya kandungan gizi sewaktu ayam masih kecil. Lubang hidung agak ke depan. KARAKTER AYAM PETARUNG Bagi para pemain senior dan berpengalaman. kuat dan susunan jarinya mekar. Kulit muka yang tipis menandakan ayam gesit namun lebih rentan menerima pukulan. tebal dan berwarna merah. terutama pada bulu sayap dan ekor. apapun kesimpulannya. Semangat tarung tinggi. Kaki bersisik kasar. kecil.

1. Terlalu sempit pukulan tidak sakit.  Tulang dada pendek memiliki pukulan yang lengkap dan akurat tapi kurang kuat menahan pukulan lawan.  Tulang leher yang besar mencirikan ayam bukan tipe peluk. Ayam musuh berjengger kecil. 2.  Paha yang berbentuk seperti paha belalang memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yang baik. pukulan keras. kulit muka tebal. dan pukulan yang keras akurat. Cenderung menoton dalam teknik tarungnya. memiliki kemampuan mengunci. Bentuk kepala yang lebih kecil seperti pinang biasanya ayam lebih cerdik. badan tegap dengan buntut panjang. Badan  Bentuk badan yang tegap lebih dari 45 derajat menandakan tipe teknik bermain di atas.  Badan yang sedikit membungkuk kurang atau sama dengan 45 derajat menandakan ayam lebih banyak bermain di bawah. pukulan cepat. tapi kurang lihai memukul rapat. Ekor   Paha  Jarak kedua paha yang lebar (sama dengan atau lebih besar dari telapak tangan yang dimasukan diantaranya) menandakan pukulan yang keras.  Leher yang lebih kecil menandakan pergerakan leher dan kepala lebih luwes dan kemungkinan memiliki kuncian yang baik. badan 45 derajat. Ayam dengan jengger besar.  Leher Bentuk kepala yang besar menandakan "ayam bodoh". leher rotan. kepala pinang. . memiliki kemampuan ngunci. Terlalu lebar jalu kurang galak. Contoh kasus : Ekor yang panjang mencirikan teknik yang kalem. kulit muka tipis. leher rotan (kecil). Tulang dada  Tulang dada panjang menandakan ayam memiliki daya tahan pukul yang baik. Kemungkinan besar teknik kontrol yang sulit diturunkan.  Jarak kedua paha yang lebih rapat menandakan pukulan yang cepat (gancang). Ekor yang pendek menandakan teknik dan pukulan yang lebih cepat dan gesit.  Paha yang seperti "paha ayam goreng" pukulan akan "tirus" (semakin lama semakin berkurang bobotnya). Kemungkinan besar tekniknya gesit cenderung dibawah. ekor agak pendek. tapi agak kurang tahan dipukul.

 Bila bertemu ayam dengan tipe kasus no. Penyakit yang disebabkan oleh faktor atau sebab lainnya. menengah maupun skala besar.penyakit ayam dapat disebabkan oleh 3 macam hal utama yaitu : 1. pengamanan dan menjauhkan ternak ayam dari sumber wabah dan hambatan potensial tersebut menjadi prioritas dan perhatian khusus. parasit dan jamur. sanitasi. Aplikasi di lapangan :  Bila ayam kita bertipe kontrol cenderung main diatas.( arah ke kaki)  Otot sudah sempurna bila di pegangan di bagian leher ayam akan menkeret ( ototnya melawan)   Otot paha atas kelihatan nonjol keluar dan padat. . PENCEGAHAN PENYAKIT PADA AYAM Dalam memelihara ayam bangkok maupun ayam lain pada umumnya. virus. Ayam dengan kepala besar.3. Berbicara keberhasilan mengenai peternakan (tanpa tergantung skala bisnisnya) oleh seorang peternak ditentukan dari pengetahuan dan pemahaman dengan pengenalan sumber hambatan dan ancaman dari penyakit yang mungkin dapat menjadikan ledakan penyakit menular dan berakibat sangat merugikan. saran saya. Wajah ayam memerah cerah. Resiko cacat dan memperkecil peluang menang. Penyakit yang menular dan disebabkan oleh bakteriprotozoa. Pada prinsipnya. Dimulai dengan pemilihan indukan yang unggul. peningkatan daya tahan ayam dengan vaksinasi dan usaha menjauhkan ternak ayam dari sumber penyakit adalah kunci sukses dalam beternak ayam. Kemungkinan main di bawah dengan lambat (ngoyor). 3. maka ayam kita kemungkinan besar akan saling jual beli pukulan. pengelolaan yang baik. 2. Jadi kita jangan terlalu meremehkan pukulan lawan. 3 atau 1. tapi punya daya tahan pukul yang bagus. Silakan dianalisa dari berbagai kombinasi diatas. leher besar. dapat terjadi banyak sekali variasi penyakit yang sudah sangat dipahami atau familiar bagi peternak. Penyakit yang disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan zat-zat makanan yang diperlukan dalam perkembangan dan ketahanan tubuh ayam yang lebih disebabkan karena ketergantungan ayam pada kualitas makanan yang diberikan oleh peternak CIRI AYAM SIAP TARUNG Ciri-cirinya:  Pegangan ayam bobotnya sudah turun kebawah. Untuk kualitas pukulan. badan tidak tegap. Oleh sebab itu. 2. ekor agak pendek. muka tebal. baik peternak ukuran kecil. maka "gandengan" bisa dicarikan ayam tipe kasus no. jengger besar. semua ayam harus dianggap memiliki pukul yang bagus saja.

bila bertarung lebih dari 4 ronde. PERAWATAN SETELAH PERTARUNGAN Perawatan ayam setelah ditarungkan merupakan faktor penting yang menentukan karir ayam anda dalam bertarung menghadapi lawan berikutnya. 3. sesekali dikawinkan. Hentikan segera pendarahan. sekitar dengkul juga ada merah . karena proses pencernaan belum berfungsi sempurna. anda bisa kumpulkan dengan ayam betina. Usahakan ayam beristirahat cukup. maka dapat diberikan enzim pembantu pencernaan. biasanya bebotoh menggunakan bubuk kopi. Untuk menjaga naluri si ayam. usahakan pasang kembali dengan cara mengikat paruh dengan benang ke jengger. 2. sedikit susu cair dan vitamin mineral dengan cara pemberian langsung ke dalam tembolok dengan menggunakan alat spet yang ujungnya diberi selang kecil. kondisi lemah mempunyai nafsu kawin yg rendah. Hal ini terkadang disepelekan oleh penggemar ayam aduan. usahakan dijahit. berikan larutan gula. Teteskan juga cairan antibiotik pada luka yang dijahit. kalau terjadi pendarahan hebat. Suntikkan antibiotik tadi pada badan ayam dan teteskan juga pada luka di badan si ayam akibat jalu lawannya. yang membakar kulit akan meninggalkan keropeng yang membutuhkan waktu untuk rontok atau mengelupas.  Brutu merah dan berminyak. Bila si ayam menjadi soak. bila paruh lepas tanpa pelindung.PERAWATAN LANGSUNG SETELAH TARUNG teteskan langsung cairan antibiotika pada luka.SEHARI SETELAH PERTARUNGAN Umumnya ayam tidak mau makan setelah mengalami kelelahan yang sangat. Akibatnya bila perawatan pasca tarung diabaikan. untuk memperbaiki sifat pemimpin ayam (LEADER OF THE PECK).  Kewaspadaan ayam meningkat. Ayam akan mengalami kelelahan yang luar biasa setelah bertarung dalam waktu yang cukup lama. Panjang ronde yang lazim di Indonesia biasanya 15 menit. jangan dipaksa dengan meloloh pada hari 1 s/d hari ke-3. Setelah dibawa pulang. sehingga ayam akan kesulitan mematuk. Berikan gula merah setelah bertarung untuk digunakan sebagai sumber karbohidrat yang mudah diserap si ayam. tempatkan agak menyendiri. Lakukan sparring ringan dengan waktu 10 menitan saja. istilahnya COR-CORAN. Pada tahap ini usahakan pemberian karbohidrat dan protein yang mudah diserap ayam. Bila paruh terlepas. bisa berakibat buruk terhadap si ayam. ayam akan mengalami kelelahan yang sangat. jangan memaksa diloloh.LATIHAN SETELAH SEMBUH Minimal 2 minggu setelah bertarung. Ayam umumnya adalah unggas yang hidup berkelompok dan yang terkuat jadi pemimpin. Pada umumnya ayam yang mengalami kekurangan gizi.  Dan sisik dibawah dengkul umumnya yang bagian luar dari atas urutan 3 s/d 6 ada perbedaan lebih kering ( seperti ada kapur). Cela jari juga ada merah. dilihat dari gerak kepalanya. Setelah mau makan. Hari ke-4 boleh diberikan sedikit voer yang dicampur susu cair. anda boleh melatih lagi ayam jika menang dalam waktu singkat. sehari 2 sampai 3 kali. Sekali-kali jangan diberikan makanan keras. Sediakan selalu air minum dalam kurungan. Pemberian obat luka seperti larutan yodium. berikan gula merah dan susu serta vitamin mineral. atau bertarung dengan musuh yang sama kuatnya. karena pencernaan masih terganggu. akan mengakibatkan cacat setelah sembuh. Bila terlanjur diloloh dan tembolok tidak turun. seperti ENZYMFORT atau PANKREOFLAT. sering kita istilahkan SOAK. yang menguasai seluruh babon. Bila ayam tidak mau makan. jangan terlalu dekat dengan ayam jago lain. jangan . Bila nafsu makan ayam belum ada. mentalnyapun bisa rusak sehingga menjadi ayam keok/pedot! Ada berapa tahap dalam perawatan pasca pertarungan: 1. Umumnya kelumpuhan dan badan menjadi kurus.

Gaya bertarung ayam ini termasuk unik. Gaya bertarung pukulan seri ditandai oleh banyaknya pukulan yang terlontar dengan cepat tetapi terkarang kurang akurat. Di Thailand. Bila kondisi belum pulih sempurna. Di arena adu ayam. dan lebih suka memukul lawannya dari arah depan. Ayam petarung dengan gaya bertarung seperti ini biasanya memiliki gerakan yang sangat lincah. *Teknik Kunci Pukul. Di Thailand. bagian atas leher dan kepala lawan bisa robek atau bengkak. Ketika bertarung. Jika terkena pukulan ini. ayam tipe ini disebutngalungin. ayam akan masuk dan mematuk kepala lawan. serta pundak dan lehernya tidak beruas. Di Thailand ayam ini terkenal dengan nama mai dien. dadanya tegap. Di Thailand. Selain terkenal sangat ampuh dan mematikan. ia melepaskan pukulan yang sangat keras. Gaya bertarung seperti ini sangat ditakuti dan sangat sulit dipukul oleh lawan karena mampu mengunci gerakan kepala dan leher lawan. Ayam bisa lari sendiri ketika bertarung walaupun si lawan sudah tidak bisa menyerang/tak ada perlawanan. Pukulan serong adalah senjata terbaiknya untuk memukul balik lawan. karena suka menyerang dan memukul lawannya dari arah belakang atau terkenal dengan istilah ngonde. Caranya adalah menindih kepala dan leher lawan sehingga lawan mengalami kesulitan mencari kepala musuh. *Teknik Pukulan Teleh atau Janggut. ayam ini disebut mai u.terburu nafsu untuk menarungkan si ayam. *Teknik Pukulan Belakang. Sebelum melontarkan pukulah teleh. dapat dipastikan lawan tersebut akan kaget dan terpojok. Teknik pukulan yang biasa dipakai adalah pukul depan dan pukul serong. Kekuatan pukulan tersebut menjadi dua kali lipat karena tenaga lawan yang bersiap untuk melakukan pukulan ikut tersedot sehingga bebannya menjadi dua kali lipat. Di kalangan. ayam akan memainkan kepalanya di bawah leher lawan. *Teknik Pukulan Seri. Jika ayam tersebut berasal dari induk yang pernah menjadi jagoan kalangan. Ayam petarung yang memiliki jurus ini fisiknya terkenal kuat. lalu dengan gerakan yang cepat memutar badan dan mematuk kepala lawan dari belakang. Hal ini terjadi bukan karena mental ayam yang jelek tetapi faktor stamina ayam yang masih down. karena pukulan yang dikeluarkan hanya satu persatu. akan mempengaruhi mental si ayam. Setelah itu. TEHNIK PUKULAN AYAM PETARUNG *Teknik Pukulan Satu. . Namun. pukulannya sangat akurat sehingga tidak akan lama menghabisi lawan-lawannya. pukulan dari belakang juga sulit diantisipasi lawan. dari bawah dagu lawan. ayam aduan dengan gaya bertarung seperti ini disebut may deo.ayam aduan tipe ini disebut mai rau. Para petaruh jarang yang menjagokan ayam jenis ini. ketika pukulan tersebut tepat mengenai lawannya. ayam ini sering disebut berian atau di Thailand disebutmai li.

dikenal dua jenis babon istimewa yaitu babon unggul dan babon cetak. mampu bongkar pasang dan ngelock kiri kanan. maka anaknyapun harus kecil-kecil. memiliki silsilah perindukan yang baik. Bahkan ketika dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun. anak yang dihasilkan akan cenderung ikut induk dan lebih bagus dari bapaknya. harus menghasilkan anak yang jelek ketika jagonya jelek. sehingga anak-anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan induknya. adalah dengan mengawinkan berbeda bulu atau bentuk jengger yang beda. atau cetak semuanya. Ayam bagus koq kalah? Mungkin ini karena salah persepsi. Jika dikawinkan dengan ayam katai. Untuk uji cetak teknik. harus dikawinkan dengan jago berteknik jelek. Jika tidak memiliki pukulan satu yang mematikan. Seekor babon cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak berwarna putih ketika jagonya putih.*Teknik Ngoyor. dan lebih sulit daripada memilih jago yang baik. CIRI AYAM PETARUNG HANDAL Sebagian orang beranggapan. Gaya bertarung tipe ini termasuk yang paling buruk. maka ia gugur dalam kriteria babon cetak dan harganya turun. Sebaliknya harus menghasilkan anak bagus ketika jagonya bagus. dianggap ayam bagus. bahwa pandangan hobi ayam petarung saat ini pada umumnya masih 'terpesona' dengan teknik main yang indah. Ayam dengan gaya bertarung tipe ini hanya memiliki senjata andalan berupa pukulan satu. Babon cetak bisa cetak fisik. Banyak juga ayam yang dianggap jelek (ngoyor) ternyata mampu mengalahkan ayam yang dianggap bagus (lock kiri-kanan). harganya bisa amat mahal dan tidak realistis. Babon ini juga harus memiliki sifat dominan pada keturunan. Namun. cetak teknik. Babon unggul adalah babon pilihan. bahwa ayam yang punya teknik bagus. Babon cetak adalah babon yang punya kecenderungan resesif dalam keturunan. Babon unggul biasanya berasal dari galur murni. ayam dengan teknik sederhana dianggap kurang 'mewah'. Seekor babon yang cetak sempurna. tetapi seekor babon yang baik tidak cukup demikian. Hal ini membingungkan. ayam yang di Thailand disebut mai day do ini jarang diminati. Babon cetak bisa berasal dari galur murni (BK) maupun campuran (F1 maupun F2) atau turunan yang sudah jauh. nge-'lock' kiri kanan. Seekor babon cetak yang baik. bentuk badan ideal (seperti botol) dan menunjukkan teknik bertarung yang baik. Dalam perindukan ayam. Anak yang dihasilkan akan cenderung mirip atau fotocopy dengan bapaknya. teknik tarung hanyalah sebagian kecil dari syarat seekor ayam yang bagus. Maka tidak heran bila teknik bagus saja belum bisa menjamin keunggulan ayam di kalangan. Untuk uji cetak fisik. jika posisi kepalanya sangat rendah musuh akan mengalami kesulitan untuk melakukan pukulan. BABON INDUKAN YANG BAGUS Memilih babon yang baik adalah tidak mudah. Jika babon cetak dikawinkan dengan jago jelek dan anaknya bagus. Seekor jago bisa dipilih dengan melihat cara bertarungnya menghadapi berbagai tipe lawan. struktur tulang yang bagus. lalu dengan jago berteknik bagus. Kriteria ayam petarung yang bagus menurut saya adalah harus memenuhi unsur-unsur berikut : . Disisi lain. Padahal. sebab musuh dapat dengan mudah memukul kepala yang sering berada di bawah.

PERAWATAN KHUSUS SEBELUM TURUN LAGA Pelatihan sebelum ayam turun ke kalangan Untuk soal melatih ayam sebelum turun ke kalangan biasanya setiap pagi saya memandikan & menjemur ayam antara pukul 9 sampai pukul 12 siang selama 1 jam (tergantung cuaca). Yaitu. Teknik pukulan. Seperti apa teknik tarung yang bagus? Apakah yang bisa ngalung kiri kanan? Yang bisa bongkar keluar masuk sayap? Kontrol yang bagus? Ataukah memiliki ciri unik seperti lari atau ngendul? Semua bena. 5. lari. Jika tidak ada cukup dilepas bebas secukupnya. Tulangan yang baik harus tebal. 2. Teknik Teknik Konstruksi Darah Ciri tarung pukulan tulangan keturunan fisik/Katuranggan. katuranggan yang baik dipercaya memberi wibawa pada ayam sehingga musuh menjadi takut bahkan bila hanya mendengar kokoknya saja. Pantang baginya mengeluarkan bunyi „keok‟ tanda menyerah. setelah itu kembali ke kandang istirahat. Konstruksi tulangan. Sekali lagi yang terpenting dan harus kita perhatikan adalah : sulit dipukul. Otot-oto dan daging lembut namun tetap padat berisi dan enak/pas dipegang. konstruksi tulangan yang bagus mampu menyimpan tenaga dan stamina yang bagus pula. Banyak orang percaya bahwa katuranggan/ciri fisik yang bagus mampu membawa berkah bagi pemiliknya. Tidak boleh dari keturunan mental yang „cengeng‟ dan mudah menyerah. Mulai dari pukul gledek. ada 1 kesamaan dari kesemuanya. namun dari hal-hal yang dianggap bagus ini. pukulan yang membuat efek negatif ini adalah pukulan yang bersih. Darah keturunan. dan lain-lain. 4. Ciri fisik/katuranggan.1. terus ayam tersebut sekalian saya puterin sekitar 5 menit setelah itu ayam diumbar dikandang umbaran 2x2m (jika ada) sampai sore. ngendul. Porsi Makanan yang diberikan untuk makanan cukup diberi makanan sehari-hari + seminggu cukup diberi 1 butir telur (klo ada telur itik) kalau untuk obat-obatan cukup diberi B-compleks 1 minggu 2x2 butir setelah ayam makan sore. pukul jalu. pukul antik. kekar dan padat. 1. 4. Kesemuanya bermuara pada satu kesimpulan bahwa pukulan yang bagus adalah yang mampu membuat efek negatif pada musuh yg terkena pukulan. Teknik tarung. 3. 3. 2. Ayam petarung yang bagus harus jelas asal usulnya. Hal ini berguna sebagai penunjang daya tahan tubuh ketika menerima pukulan dari musuh. bongkar. Apapun gaya tekniknya. . Selain itu. 5. pukul badan. Kontrol. Selain itu. ngumpet. Ayam yang bermental baja lebih baik mati dalam pertempuran atau menghindar dari musuh apabila tidak sanggup lagi melawan. dan lain-lain. dorong. Banyak tipe pukulan yang dianggap baik. Biasanya. teknik tarung yang dianggap bagus adalah yang sulit dipukul lawan. tepat mengena pada sasarannya.

Kalau saya pribadi. cara perawatannya? Cara merawat ayam muda. Ayam yang seperti apa yang disebut dengan siap tanding? biasanya kalau ayam sudah siap tanding. bobot pukulan. Bisa dilihat dari staminanya. ya harus diangkat jangan dipaksakan. Biasanya bila nafas (stamina) sudah bagus. Gebraklah secara bertahap sesuai kemampuannya. CARA PERAWATAN AYAM LAGA Ayam siap untuk dirawat sekitar umur 7 bulan.. mengayomi betina dan ayam-ayam yang lebih muda.. disela-sela jari kaki berwarna merah.Nb: hentikan pemberian telur dan obat-obatan 3 hari sebelum ayam mau diadu (turun) ke kalangan Kapan ayam mulai dilatih? untuk soal kapan ayam siap dilatih itu tergantung kondisi ayam tersebut harus sehat (Fit) baru ayam tersebut baru bisa kita latih. akurasi pukulan. dan lain-lain. Kemudian baru secara bertahap meningkatkan volume ototnya dan memperbaiki staminanya. ayam dikatakan ada peningkatan bila staminanya bertambah baik. kotorannya padat berwarna hijau. tenaga. Pisahkan ayam tersebut dalam kurungan tersendiri selama seminggu. Jangan sampai ayam trauma atau takut dengan ayam lain yang lebih tua. itu tandanya ada peningkatan. jangan diabar menerima pukulan keras dahulu. Rawat lagi agar minggu depan mencapai target kuat 10 menit. Pukulan yg terlalu keras dapat mengakibatkan luka serius dan membuat ayam menjadi cacat. Untuk ayam muda. Kalau cuma kuat 5 menit. yang pertama adalah membangun mentalnya lebih dulu. Tubuhnya masih dalam masa pertumbuhan. Perhatikan nafasnya. Kalau sekarang cuma kuat gebrak 10 menit. Jangan didekatkan denggn jago yang jauh lebih tua. bisa kita liat ayam tersebut sangat agresif dan lincah (bukan ayam liar) dan saat kita pegang ayam tersebut seperti memberontak... Ditandai dengan suara kokoknya yang sudah lantang dan terlihat lebih 'sombong'. Begitu terus selanjutnya sampai benar-benar siap.. .kalau menurut saya sich. Sebaiknya umur berapa ayam pertama kali di bawa ke gelanggang/kalangan? untuk soal Umur mungkin menurut pendapat masing-masing pasti semua botoh tidak sama untuk umuran berapa ayam tersebut bisa dibawa ke kalangan. minggu besok kuat 1 ronde. jika ayam sudah banyak pengalaman (sering di test) baru ayam tersebut baru bisa di bawa ke kalangan. Standar Ukur Standart ukur peningkatan kinerja bisa macam-macam.

patokan saya adalah abar 20 menit tidak boleh ngos-ngosan. Itupun dengan catatan.maka artinya otot-otot sudah mulai berkembang. pegangan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuning keemasan. Dilanjutkan ronde ke dua (20 menit lagi). ada juga beberapa kasus ayam lama jadinya. grafik kinerjanya naik terus dan ayam tidak terganggu kesehatannya. Selanjutnya akurasi pukulan akan ikut bagus dengan sendirinya. Corak warna ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. *WANGKAS Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam. Warnak blorok yang sederhana biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih . dan lain-lain. Tinggal kita meningkatkan tenaganya saja (bobot pukul). Di ronde ke-2 bobot pukul harus konstan dan akurasi pukulnya bagus. leher. otot dada. Kapan seekor Ayam sudah siap untuk tarung? Ayam siap tarung ketika volume ototnya sudah bagus serta staminanya sudah baik. Untuk otot bisa diraba sendiri dari bentuk paha. Lama seekor ayam dirawat ( dari lancur )? Standart waktu perawatan ayam sangat relatif. standart lama perawatan sampai siap adu kurang lebih 8-9 kali gebrak. Ada ayam yg cepat jadi. MACAM WARNA AYAM LAGA Berikut adalah beberapa nama ayam berdasarkan corak dan warna bulunya: *WIRING Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring. Tergantung cara perawatan dan tipikal ayam. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut WANGKAS EMAS dan jika warna lebih gelap kemerahan disebut dengan WANGKAS GENI. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan KLAWU KETHEK dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut KLAWU GENI. *KLAWU Warna klawu memiliki warna dasar abu-abu. Tapi untuk ukuran saya pribadi. *BLOROK Warna blorok adalah kondisi ketika bulu ayam berwarna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. maka disebut sebagaiWIRING KUNING. Kurang lebih 2-3 bulan. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut WIRING GALIH. Untuk stamina.

karena dianggap ayam yang paling jalan otaknya (cerdas) saat bertarung. Beberapa ayam jenis ini ada juga yang memiliki rawis warna lain tetapi warna dasarnya adalah putih. hitam. Sebagian pengadu menganggap warna sebagai standar kualitas. yaitu putih. merah dan hijau dengan rawis putih kemerahan. paruh.bertotol hitam dengan rawis berwarna merah. berikut rawisnya. *JALI Warna jali adalah warna blorok yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Ini berbeda dengan blorok yang cenderung berpola totol. Ayam jenis inilah yang paling populer dikalangan penghobi ayam petarung. Dalam persilangan lebih lanjut bisa saja masing-masing warna memiliki varian yang beragam. Warna-warna ayam di atas adalah warna-warna utama. *PUTIH Ayam bangkok dianggap berbulu PUTIH SETA bila ayam bangkok berbulu putih semua baik warna dasar maupun waris. Warna WIRING dan WANGKAS adalah warna paling berkelas dibanding warna-warna lain. Jika kulit tubuh. Warna ini biasanya terjadi bila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam kampung jenis Cemani. Untuk ayam bangkok jarang yang memiliki warna ini. . Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis. Warna ini disebut dengan BLOROK MADU. ANEKA JENIS AYAM LAGA Ayam Jenis BK (bangkok) dari Thailand. *JRAGEM Warna ini adalah warna hitam. Namun warna blorok akan dianggap istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. mata serta sisiknya hitam semua disebut warna CEMANI.

jenis ayam petarung yang berasal dari Myanmar ini terkenal semangat bertarungnya yang luar biasa. Ayam jenis Burma. dan menyerang. dalam pertarungannya ayam jenis ini kebanyakan menggunakan pola menyerang. . Ayam jenis ini di kenal dengan kecepatan pukulannya.Ayam jenis Brazilian. menyerang.berasal dari negara Brazil.

Ayam jenis Shamo. Ayam jenis inilah yang mempunyai ciri fisik yang paling Atletis dengan tegakan 90' pada saat berdiri. kebanyakan ayam jenis ini adalah ayam yang pantang menyerah dalam pertarungan. Dan terkenal dengan Keakuratan pukulannya yang lebih baik daripada jenis ayam petarung yang lain.Ayam jenis Siam. mempunyai pukulan yang cukup keras dan kecepatan yang standar. serta tekhnik bertarung yang paling variatif. . Berasal dari negara Jepang.

Jenis ini terkenal dengan Ketahanan dan Kekuatan pukulannya yang paling bagus daripada jenis ayam aduan lainnya.Ayam jenis Saigon. berasal dari negara Filipina. . berasal dari negara Vietnam. Di kenal dengan kecepatan geraknya. karena ayam ini termasuk jenis ayam aduan taji (pisau) dan banyak ayam jenis aduan taji lain yang rata-rata mempunyai ciri fisik dan kecepatan hampir sama dengan ayam ini. Ayam jenis Philipine.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->