PEMIKIRAN KALAM DI KALANGAN ULAMA MODEREN

BAB I PEMBAHASAN

A. Ismail Al-Faruqi 1. Riwayat singkat Ismail Al-Faruqi1) Ismail Raji Al-Faruqi, lahir pada tanggal 1 januari 1921 di Jaffa Palestina. Pendidikannya dimulai dari madrasah, kemudian pendidikan menengahnya di College De Fresses S. Joseph, pada tahun 1941. Kemudian beliau mengambil kuliah filsafat di American University, Beirut. Setelah tamat, beliau bekerja sebagai pegawai negeri sipil pada pemerintahan Inggris selama 4 tahun. Pada tahun 1949, Faruqi hijrah ke AS untuk melanjutkan kuliahnya, beliau mendapat gelar master filsafat dari Universitas Indiana. Dua tahun kemudian gelar filsafat kembali ia raih dari Universitas Havard. Selama 3 tahun, beliau menyelesaikan pascasarjana di Universitas Al-Azhar. Kemudian bergabung dengan Institut of Islamic Studies di Universitas Mc Gill, Canada. Pada tahun 1964, Faruqi kembali ke AS dan menjadi guru besar tamu pada Universitas Chicago dan Assosiate Professor bidang agama pada Universitas Syracuse. Pada tahun 1968 hingga wafatnya beliau menjabat guru besar agama pada Universitas Temple, Karachi.

2. Pemikiran kalam Al-Faruqi a. Tauhid sebagai inti pengalaman agama Inti pengalaman agama, kata Al-Faruqi adalah Tuhan. Kalimat syahadat menempati posisi sentral dalam kehidupan. b. Tauhid sebagai pandangan agama c. Tauhid sebagai intisari islam d. Tauhid sebagai prinsip sejarah e. Tauhid sebagai prinsip pengetahuan f. Tauhid sebagai prinsip metafisika

Kairo selama 4 tahun. 2. Tauhid sebagai tata politik l. yang secara etimologis berasal dari kata theos dan logos. Hasan Hanafi 1. Kritik terhadap teologi tradisional Dalam gagasannya. oleh karenanya beliau mengetahui pemikiran yang dikembangkan kelompok dan aktivitas sosialnya. Pada tahun 1948 beliau menamatkan pendidikan tingkat dasar dan melanjutkan studinya di Madrasah Tsanawiyah Khalil Agha. Tauhid sebagai prinsip ummah j. Menurut Hanafi. Tauhid sebagai prinsip etika h. Tauhid sebagai prinsip tata social i. Tauhid sebagai prinsip estetika B. Rasyidi . Rekonstruksi teologi Langkah melakukan rekonstruksi teologi sekurang-kurangnya dilatarbelakangi oleh : 1) 2) Kebutuhan akan adanya sebuah ideologi yang jelas Pentingnya teologi baru bukan semata pada sisi teoritisnya. Tauhid sebagai prinsip keluarga k.M. Pemikiran kalam Hasan Hanafi a. melainkan juga terletak pada kepentingan praktis. 3) Kepentingan teologi yang bersifat praktis secara nyata diwujudkan dalam realita. teologi sesungguhnya bukan ilmu tentang Tuhan. Beliau aktif mengikuti diskusi kelompok. C. Riwayat singkat hidup Hasan Hanafi Hanafi dilahirkan pada tanggal 13 februari 1935 di Kairo. melainkan ilmu tentang kata(ilm al-kalam)2) b.g. H. Hanafi menegaskan perlunya mengubah orientasi perangkat konseptual sistem kepercayaan sesuai dengan perubahan konteks-politik yang terjadi. Tauhid sebagai tata ekonomi m.

lulusan lembaga pendidikan tinggi islam di Mesir yang melanjutkan ke Paris. 2. Rasyidi a. orang akan sulit mengesampingkan kehadiran H. Tema-tema ilmu kalam c.M.M. Pemikiran kalam Harun Nasution a. Pendidikan formalnya dimulai di sekolah Belanda HIS. Tentang perbedaan ilmu kalam dan teologi b.IKIP Jakarta dan Universitas Nasional. Riwayat hidup Harun Nasution Harun Nasution lahir pada hari selasa 23 september 1919 di Sumatera. Kemudian melanjutkan ke Mc. Pada tahun 1969 beliau menjadi dosen di IAIN Jakarta.Gill. Kanada pada tahun 19623). Ia adalah intelektual Indonesia yang paling banyak memperoleh penyerapan ramuan-ramuan intelektual. Harun Nasution 1. Pemikiran kalam H. Rasyidi. 2.1. Sekilas tentang H. kemudian melanjutkan ke Universitas Amerika di Mesir.M. setelah itu ia meneruskan ke MIK (Modern Islamietishe Kweekschool) di Bukittinggi 1934. Pembaruan teologi c. Rasyidi Dalam konteks pertumbuhan kajian akademik Islam di Indonesia. Hubungan akal dan wahyu BAB II . Peranan akal b. Hakikat iman D.

dalam Aqib Suminto (ketua panitia).hlm.1995.terj. Jakarta. Yogyakarta. Taufik. Hakarta.Surabaya.1991.DAFTAR PUSTAKA - Dr.Pustaka Setia.hal.Pustaka Pelajar.1989.cit. Masyhur Abadi. Bandung. Drs. Falsafah Kalam. Ridwan.vIII-x 2 . - Abdullah Amin. Zaim Uchrowi. 3 dan seterusnya . Rosihan Anwar..Abdul Rozak. Taufiq Adnan.2007.”Menyeru Pemikiran Rasional Mu’tazilah. Tafsir dan konstektual Al-Qur’an :Sebuah Kerangka Konseptual. Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam:70 Tahun Harun Nasuion.M. (Ed.Sejarah dan masyarakat.Ag. Pustaka Firdaus. dan Syamsu Rizal Panggabean. 1987. Abdullah. Mizan.1989.hlm. Lembaga Studi Agam dan Filsafat.).45 3 . Amal.AlFikr. Bandung. Ilmu Kalam. M.op. 1 . masa depan kaum wanita. Disadur dari Lamya Al-Faruqi. Allah.Ag.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful