ARTIKEL HUKUM BISNIS

LEASING DALAM PROSES DAN PELAKSANAANNYA ANTARA KONTRAK YANG DILAKUKAN PEMILIK AKTIVA DENGAN PEMAKAI AKTIVA DALAM JANGKA WAKTU TERTENTU

OLEH :

NAMA NIM PRODI KELAS

: RINA SAMOSIR : 7103141115 : PENDIDIKAN TATA NIAGA : A REGULER

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2011

sehingga masih banyak kekurangan maupun kemungkinan kesalahan dalam penulisan artikel ini. Mei 2012 Penulis. Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Hukum Bisnis. Medan. Rina Samosir . Saya menyadari keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki. Dan apa yang tersaji dalam Artikel ini masih jauh dari sempurna. saya mengharapkan kritik.KATA PENGANTAR Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah Yang Maha kuasa yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga Artikel dengan judul “ Perilaku Konsumen Dalam Memilih produk “ dapat diselesaikan. Artikel ini berisi tentang berisi tentang bagaimana Leasing itu dalam proses dan pelaksanaanya antara kontrak yang dilakukan pemilik aktiva dengan pemakai aktiva dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu. saran dan masukan dari pembaca yang dapat membangun dan memperbaiki penyusunan Artikel di masa yang akan datang.

Perkembangan lembaga pembiayaan akhir-akhir ini sudah begitu pesat. Salah satu manfaat leasing adalah bahwa Lessee dapat memanfaatkan aktiva tersebut tanpa harus memiliki aktiva tersebut.BAB I PENDAHULUAN 1. Leasing sebagai salah satu bentuk pembiayaan telah menjangkau berbagai objek seperti apartemen. Betuk kedua operating leases yang sering di sebut dengan service leases atau direct leases. Leasing memiliki berbagai bentuk. mobil. perkantoran. (a) Sale and Lease back. maka Lessee mempunyai kewajiban untuk membayar secara periodik sebagai sewa aktiva yang digunakan. Jenis kedua ini pihak lessor menyediakan pendanaan sekaligus biaya perawatan yang keseluruhannya tertcakup dalam pembayaran leasing. Dan bentuk ketiga adalah financial atau capital leasing. Sebagai kompensasi manfaat yang dinikmati. pada bentuk ketiga ini lessor . kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu. (c) Financial atau Capital Leases Bentuk yang pertama adalah sale and lease back di mana perusahaan yang memiliki aktiva seperti tanah. pajak dan asuransi.1 Latar Belakang Disadari atau tidak perkembangan teknologi informasi telah menciptakan berbagai kesempatan dibidang keuangan. ada tiga yang paling populer adalah . bangunan dan peralatan pabrik menjual aktiva tersebut kepada perusahaan lain dan sekaligus menyewa kembali aktiva tersebut untuk periode tertentu. komputer dan bahkan bangunan dan peralatan pabrik. (b) Operating Leases. telepon. Manfaat lain adalah bahwea Lessee tidak perlu menanggung biaya perawatan.

tidak dapat dibatalkan (not cancelable). . dan diatmortisasikan secar penuh (full amortized). Demikian dalam makalah yang berjudul Leasing ini akan dijelaskan pengertian leasing dan terapananya dalam kontrak dan pembiayaannya antara pemilik kativa dengan pemakai aktiva.tidak menanggung biaya perawatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful