Petunjuk Pengisian Form Pendaftaran SPMB – PTAIN 2012 1. Akses http://www.spmb-ptain.ac.id 2.

Masukkan UserID dan Password yang tertera pada slip pembayaran setelah melakukan pembayaran di Bank Mandiri. UserID berupa 10 digit angka sedangkan Password berupa kombinasi angka dan huruf sebanyak 10 digit.

Gambar 1. Login menggunakan UserID, Password dan Kode Tulisan Bergambar

jadi hanya diberi kesempatan sekali saja.3. masukkan pendaftar (sebagai pendaftar regular atau bidikmisi). Gambar 2. Untuk isian pendaftar dan nama lengkap tidak dapat dirubah setelah data dimasukkan. identitas diri dan data orang tua. Pada form pertama. Form pertama isian pendaftar. Klik tombol “Lanjut ke Step 2” untuk isi form selanjutnya. identitas diri dan data orang tua .

Pada form kedua. masukkan sekolah asal. Jika kesulitan upload foto. File foto tidak dapat disimpan jika tidak memenuhi kriteria di atas.pjpeg. Klik tombol “Lanjut ke Step 3” untuk isi form selanjutnya. . pondok pesantren dan lain-lain. Nama file foto yang diupload adalah UserID. Jangan memaksa untuk mengubah nama foto yang tidak sesuai formatnya.jpeg. pondok pesantren dan lain-lain .jpg. . Form kedua isian sekolah asal. tidak perlu di upload tapi di tempel manual di kartu tes. contoh : 1231000120.jpg. File foto juga dapat diupload dengan ketentuan berkapasitas kurang dari 100 Kb dan berekstensi .4. Gambar 3. misalnya dari gif atau psd langsung diubah menjadi jpg atau jpeg karena akan menimbulkan error saat download kartu.

Untuk form ketiga ini tidak dapat diubah jika data sudah dimasukkan. sedangkan untuk prodi pilihan kedua dan ketiga tidak harus diisi. Form ketiga isian perguruan tinggi dan program studi yang dipilih serta tempat lokasi ujian . Yang harus diisi adalah prodi pilihan pertama. Gambar 4.5. masukkan perguruan tinggi dan program studi yang dipilih serta tempat lokasi ujian. Klik tombol “Selesai” untuk mengakhiri isian form. Pada form ketiga.

Foxit Reader atau program pembaca format pdf yang lainnya. Gambar 5.6. Kartu ujian yang sudah didownload berupa file pdf yang dapat dibuka memakai program Acrobat Reader. Klik tombol “Download Kartu Ujian” yang ada di sebelah kanan atas untuk mendownload kartu ujian. Kartu ujian berupa file pdf yang harus dicetak oleh peserta . maka akan ditampilkan data yang sudah dimasukkan. Data yang dimasukkan akan ditampilkan 7. Gambar 6. Setelah mengisi ketiga form di atas. Cetak kartu ujian tersebut.