P. 1
Pengertian Gerinda

Pengertian Gerinda

|Views: 1,367|Likes:
Published by Rhomy Haryadi

More info:

Published by: Rhomy Haryadi on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

Pengertian Gerinda Menggerinda berarti menggosok, menghaluskan dengan gesekan ataumengasah.

Dalam manufaktur, ditunjukkan dengan pelepasan logam oleh suatu rodaamplas putar. Gerak roda mirip dangan pemotong fris. Roda pemotong terdiri daribanyak butiran kecil yang dilekatkan bersama, masing-masing butiran berlaku sebagaimata potong miniature. Macam-macam Mesin Gerinda A. Gerinda silindris Sesuai dengan nama yang digunakan, mesin ini terutama d i g u n a k a n u n t u k menggerinda permukaan silindris, meskipun permukaan tirus dan berbentuksederhana dapat juga digerinda. Gerinda silindris dapat dikelompokkan lagi menurutmetoda penyanggaan benda kerja. Diagram skematik yang mengilustrasikanperbedaan pokok dalam menyangga benda kerja diantara kedua pusatnya dan gerindatanpa pusat. Dalam jenis tanpa pusat, benda kerja disangga oleh pengaturan dariperletakan benda kerja, roda pengatur dan roda gerinda sendiri. Terdapat 3 gerakan yang digunakan : 1. Putaran cepat dari roda gerinda pada kecepatan menggerinda yang sesuai,biasanya 1675-2000 m/s. 2. Putaran lambat dari benda kerja tehadap roda gerinda pada kecepatanyang menghasilkan prestasi paling baik. Kecepatan ini berpariasi dari 20-30m/s dalam menggerinda silinder baja. 3. Pergerakan horisontal dari benda kerja mundur dan maju disepanjang rodagerinda kalau untuk menggerinda keseluruhan permukaan dari potonganp a n j a n g a t a u m e n g g e r i n d a c e l u p d e n g a n r o d a y a n g c u k u p b e r a t u n t u k mencangkup keseluruhan permukaan.Biasanya, benda kerja harus digeser hampir keseluruh lebar dari roda selama tiap putaran. Dalam penyelesaian, pergeseran dapat dikurangi sampai setengah darilebar roda Biasanya, benda kerja harus digeser hampir keseluruh lebar dari roda selamatiap putaran. Dalam penyelesaian, pergeseran dapat dikurangi sampai setengah darilebar roda. B. Gerinda Sebelah Dalam Dalam kontribusi umumnya, terdapat beberapa jenis dari gerinda s e b e l a h dalam, yaitu : 1. R o d a d i p u t a r d a l a m p o s i s i t e t a p , s e m e n t a r a b e n d a k e r j a d i p u t a r d a n digeser maju mundur secara lambat.

Gerinda ruang perkakas pada umumnya dilakukan secara kering.menggerinda alur mesin perkakas.tetapi dalam praktek umumnya pada pekerjaan produksi adalah menggerinda baja s e c a r a basah dan menggerinda perunggu. Mesin dari jenis ini sesuai untuk memperbaiki cetakan. P e n g a t u r a n i n i m e m u n g k i n k a n u n t u k pekerjaan produksi. Dalam jenis lain dari gerinda yang mengandung prinsip dari gerinda tanpapusat. 3. G e r i n d a j e n i s i n i s e r i n g disebut gerinda jenis planet dan digunakan untuk benda kerja yang sulitdiputar. Dalam konstruski sesungguhnya maka spindel roda diseret secara eksentris dalam spindel yang lebih besar yang berputar pada sumbu tetap.25 mm. 4. benda kerja diputar pada diameter luar oleh rol yang digerakkan. tetapi tidak ada gerakan selain itu. Setiap jenis mesinmempunyai kemungkinan pemilikan spindel roda gerinda dalam kedudukan horizontalatau vertikal. Roda diputar sambil maju mundur memalui sepanjang lubang. dan permukaan panjang lainya.Kerena gerinda sebelah dalam diameternya kecil. dan rol tekanan. maka kelenganan inisekitar 0. yaitu darijenis serut dengan meja ulak -alik dan yang memiliki meja putar.Mesin ini dilengkapi dengan kendali hidrolis dari gerakan meja dan hantaran m e n y i l a n g r o d a . d a n s p i n d e l r o d a p u t a r d i b e r i gerakan eksentis.2. rol penyangga. maka kecepatan spindel jauhlebih tinggi daripada untuk gerinda silindiris untuk mencapai kecepatan permukaansampai 1800 m/s. D i g u n a k a n r o d a l u r u s a t a u b e r k e r u c u t y a n g m e n g g e r i n d a d a l a m permukaan luar atau keliling.Jenis konstruksi lain untuk gerinda meja ulakalik adalah disen spindel vertikal. karena pemuatannya disederhanakan dan dapatdigunakan hantaran mesin.yang penggerindaanya dilakukan dengan roda . Gerinda tanpa pusat dari jenis ini dapatdiatur untuk pemuatan dan penurunan muatan secara otomatis dengan mengayunkanrol tekanan ke luar dari jalurnya pada akhir daur. yaitu rolpengaturan. Digunakan 3 rol untuk menyangga dan menggerakkan benda kerja.sehingga memungkinkan untuk menggerinda lubang yang benarbenark o n s e n t r i s d e n g a n d i a m e t e r l u a r . kuningan dan besi cor secara kering.Spindel roda diputar dengan kecepatan tinggi sambil berputar pada sumbudari spindel yang besar. Ketentuan dari gerinda sebelah d a l a m t a n p a p u s a t m e n c a n g k u p p e n i a d a a n p e m e g a n g t e t a p d a r i b e n d a k e r j a d a n kemampuan mesin untuk menggerinda lubang lurus maupun tirus. 4. B e n d a k e r j a s t a s i o n e r . Dua jenis umumnya dari mesin telah dikembangkan un tuk keperluan ini. dalam kasus pada umumnya.Banyaknya logam yang diperbolehkan untuk penggerinda dalam tergantung pada ukuran lubang yang harus digerinda. Benda kejadiputar lambat.4 Gerinda Permukaan Penggerindaan permukaan datar atau rata dikenal sebagi gerinda permukaan.sesuai dengan diameter yang harus d i g e r i n d a .2.1.

003 mm. penggerindaan jenis ini banyak dilakukan pada gerinda kegunaan tunggal yang khusus.Gerinda. dan berbagai suku cadang lainya yangmemerlukan permukaan datar. dapat melepaskanl o g a m s a m p a i 2 7 0 k g t i a p jam dan dapat disaingkan oleh mesin perkakas p a d a umumnya untuk kecepatan pelepasan logam dan ketelitian. ada yang menggunakan pembesaran optis dari 1 0 x . serta berbagai perlengkapan lain untuk memegang danp e m o t o n g .5 Gerinda Pahat dan Potong Dalam menggerinda pahat dengan tangan ( off hand grindding ). 2 0 x d a n 5 0 x u n t u k mengamati kemajuan dan ketelitian. sehingga menghasilkan penetrasi lebih dalam. Mesin ini tersediadengan kendali numeris dari meja dan sadel.01 mm melebihi diameter penuh. Dapat dicatat ketelitian sebesar kurang lebih 0. sebelah dalam dan permukaan.6 Gerinda Serbuk Amplas Metoda ini digunakan untuk pelepasan stok dan persiapan permukaan. Kadangkadang. yang memiliki pilihan kecepatan gerinda dari 6700-175. yang dilengkapi dengan motor berdaya tinggi. Pahatnya dipegang dengan tangan dan digerakkanmenyilang muka roda secara kontinyu untuk mencegah penggerindaan berlebihan p a d a s u a t u t i t i k . digunakan gerinda jenis universal.terutama kalau menggerinda pemotong pahat bentuk dan bentuk yang khusus. tetapi berpros es pada kecepatan yangterlalu tinggi untuk penggurdian dan pengeboran.K e t e l i t i a n a d a l a h b a g i a a n y a n g sangat penting dalam pekerjaan ruang perkakas. permukaan kapal silinder. tirus. J e n i s p e n g g e r i n d a a n i n i d i g u n a k a n s e c a r a l u a s p a d a p a h a t m a t a tunggal dan tergantung pada keterampilan operator untuk mendapatkan hasil yang baik. Ketelitiankerataan dapat mencapai 0. cincin dorong ( thruswashers ).Untuk mengasah berbagai pemotong. .1. M e s k i p u n d i r e n c a n a k a n u n t u k m e n g a s a h p e m o t o n g . spindel dikembalikam pada kedudukantegak lurus yang menghadapkan permukaan roda rata kepada benda kerja.segmen atau roda bentuk cincin. Dalam penggerindaan penyelesaian.2.2. Selama menggerinda. digunakangerinda jenis bangku atau tumpuan. 4.000put/s. diberi nama gerinda energi tinggi.Sebuah gerinda jig. Dalam instalasi produk besar. 4.maka spindel mesin dapat dimiringkan untuk mengurangi luas roda yangbersinggungan dengan benda kerja.kepala tetap dan ekor tetap. t e t a p i d a p a t j u g a digunakan untuk menggerinda silindris.1.p e m a n a s a n y a n g l e b i h k e c i l d a n p e m a n f a t a n y a n g l e b i h b a i k d a r i d a y a k u d a y a n g tersedia. Mesinini digunakan untuk menggerinda permukaan roda gigi. catok.Mesin serupa.

roda caksa. . roda pembentuk. putaran roda d e n g a n kecepatan yang sesuai untuk benda kerja yang sedang dikerjakan. Batu Gerinda Penampang roda atau batu gerinda yang sering digunakan untuk mengasahalat-alat potong adalah sebagai berikut : roda rata. pemipaan dan ekstruasi. roda topi atauroda mangkok. S u s u n a n d a n u k u r a n b u t i r a n pengasah dan macam dari perekat sangat menentukan keadaan batu gerinda.Metoda ini dilakukan dengan menggunakan s a b u k a m p l a s y a n g d i t e g a n g k a n d i a t a s p u l i p a d a k e c e p a t a n a n t a r a 7 5 . dan roda silinder.hasil yang bagus dapat dicapai dengan menggunakan tipe yan g benar. ditempadan ditempel. Pada s e t i a p b a t u gerinda biasanya terdapat : bush yang sesuai dengan spindel m e s i n . Rodagerinda dibuat dari butiran pengasah dan p e r e k a t . Medan penggunaan utama dari mesin ini mencangkup penyiapan permukaan datar. Mesin ini dapat bersaing dengan operasi fris ringan. Beberapa mesin gerinda sabuk menggunakan sabuk basah dan kain ikatan plastik tahan air. penyekat ( pembatas ) antara flens dengan batu gerinda.membubut dan beberapa operasi gerinda.Roda gerinda merupakan pahat atau pisau penyayatnya dari mesin gerinda.1 8 0 0 m / s . serta penyelesaian dari benda yang sebagian dicor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->