P. 1
Makalah Peralatan Industri Pertanian

Makalah Peralatan Industri Pertanian

|Views: 338|Likes:
Published by Lya QiYa

More info:

Published by: Lya QiYa on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2014

pdf

text

original

MAKALAH PERALATAN INDUSTRI PERTANIAN WASHING MACHINE PADA BERAS

OLEH NAMA/NIM LIDYA LISNASARI/E1F109032 MUTIARA RAMADHANI/E1F109043

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU 2011

0

Dalam penanganan pasca panen padi. Latar Belakang Sejalan dengan perkembangan teknologi dan pemikiran-pemikiran manusia dari jaman ke jaman. Banyak beras lokal yang warnanya seperti usang kecoklatan. Biasanya beras yang baik dilihat dari warna dan ukuran yang utuh. Alat yang tepat adalah Rice Shinning atau alat mencuci beras agar 1 . meningkatkan produksi kerja sesuai dengan waktu yang tersedia. Padi adalah makanan pokok terbesar di Indonesia dan sebagian besar masyarakatnya bertani bercocok tanam padi. salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah masih kurangnya kesadaran dan pemahaman petani terhadap penanganan pasca panen yang baik sehingga mengakibatkan masih tingginya kehilangan hasil dan rendahnya mutu gabah/beras. Tuntutan kebutuhan manusia akan pakan mendesak pemikir untuk memecahkan masalah-masalah bagaiman meningkatkan produksi. padahal ini adalah beras baru. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan penanganan pasca panen yang didasarkan pada prinsip-prinsip Good Handling Practices (GHP) agar dapat menekan kehilangan hasil dan mempertahankan mutu hasil gabah/beras. Penanganan pasca panen padi merupakan upaya sangat strategis dalam rangka mendukung peningkatan produksi padi. Terkadang pengelolaan panen bisa mempengaruhi hasil akhir dari padi menjadi beras. Menghasilkan beras yang putih seperti kristal diperlukan perlakuan dengan teknologi yang mutakhir. Konstribusi penanganan pasca panen terhadap peningkatan produksi padi dapat tercermin dari penurunan kehilangan hasil dan tercapainya mutu gabah/ beras sesuai persyaratan mutu.PENDAHULUAN A. cara pemungutan hasil (panen) pertanian pun tahap demi tahap berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Hal ini dikarenakan penanganan pasca panen yang kurang baik. Padi yang diproses menjadi beras memerlukan teknologi yang tepat agar menghasilkan beras yang berkualitas dan layak untuk dikonsumsi.

Fungsi dari alat ini bukan hanya untuk mencuci beras tetapi biji-bijian juga bisa. karena makanan sehari-harinya adalah nasi. Dalam makalah ini akan diperlihatkan spesifikasi dari mesin ini. Pada perusahaan makanan besar yang biasa melayani konsumen dalam jumlah besar menggunakan Rice / Bean Washer (Mesin pencuci beras dan biji-bijian). B. 2 . Selain pengerjaan yang lebih cepat. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui secara detail spesifikasi dan fungsi dari alat pencuci beras . hasilnya pun lebih bersih dari manual. Sebagian besar masyarakat Indonesia keberadaan beras tidaklah asing. Selain tampilan yang menarik ada beberapa manfaat lainn dengan memutihkan beras tersebut.tampilannya lebih menarik.

Mesin Pencuci Beras (Rice Shinning) Keterangan : 1.RICE SHINNING Rice Shinning Alat mesin yang digunakan untuk mencuci beras agar tampilan beras menjadi mengkilap seperti kristal dengan sistem pengabutan air bertekanan dan hasil berasnya bersih dan mengkilap seprti kristal serta dapat disimpan lebih lama. 5. Kapasitas : minimal 2 ton/jam (input) 3 . Gambar 1. 3. 4. 2. Dimensi : Panjang : 2150 – 2250 mm Lebar : 600 – 700 mm Tinggi : 2000 – 2100 mm Berat : b. Pemasukan beras (hopper) Ruang pencucian beras Pengeluaran beras kristal Pully penggerak Kerangka mesin pencusi beras Spesifikasi Teknis : a.

c. Mempunyai Test Report 4 . g. Daya : 30 – 40 HP e. Beras yang dihasilkan lebih halus. Putaran : d. Perlengkapan : Dilengkapi dengan panel pengatur pengkabutan dan komponen sensor sehingga proses dapat berjalan secara otomatis. bersih dan mengkilap serta dapat disimpan lebih lama sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Konstruksi : Rangka : Besi Plate ST 37 Tebal plat : 2 – 6 mm f.

Rice or Bean Washer Kapasitas 25 liter      Tipe : RW-25 Dimensi : Diamater atas 450 mm x diamater bawah 350 mm x 750 mm (T) Kapasitas mencuci : 25 liter Origin : RRC Body full stainless steel 5 . Mesin ini sangat bermanfaat dan sangat efisien dari sisi waktu. terutama untuk menghilangkan bekas atau sisa –sisa dari pestisida pada saat budidaya. Gambar 2. Pencucian pada beras sangatlah penting. Untuk RW 25 diperlukan pompa air minimal 250 watt dan RW 50 minimal 500 watt. Ada dua kapasitas beras yang bisa dimasukkan ke dalam mesin ini yaitu kapasitas 25 dan 50 liter.RICE/BEAN WASHER Mesin Pencuci Beras atau bisa juga dipakai sebagai Mesin Kacang-Kacangan atau bisa juga di sebut Rice or Bean Washer menggunakan pompa air tawar atau water pump dengan tekanan. Mesin pencuci beras dan kacang-kacangan ini menggunakan pompa air (water pump) dengan tekanan air minimal 2 bar.

Kapasitas 50 liter      Tipe : RW-50 Dimensi : Diamater atas 550 mm x diamater bawah 350 mm x 850 mm (T) Kapasitas mencuci : 50 liter Origin : RRC Body full stainless steel 6 .

PENUTUP Kemajuan teknologi bisa diaplikasikan untuk menangani hal-hal yang dianggap penting. 7 . selain fungsinya untuk mencuci dari sisa-sisa atau bekas pestisida yang menempel pada beras. Mesin pencuci beras atau rice washer diperlukan sekali. Fungsi dari mesin rice shinning untuk memutihkan beras seperti Kristal. Perusahaan besar yang menangani pesanan dalam jumlah besar dalam setiap harinya untuk mepersingkat waktu dan menghemat tenaga manusia maka digunakan mesin pencuci beras. beras menjadi tahan lebih lama atau awet dalam masa penyimpanan selain itu untuk meningkatkan kualitas dan menarik perhatian konsumen. Banyaknya kebutuhan beras pada masyarakat Indonesia. menumbuh kembangkan usaha yang bergerak dalam bidang kuliner.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->