Terminator: digunakan untuk memulai, jeda dan mengakhiri sebuah proses. Jeda misalnya pad a akhir shift.

Manual operation: digunakan untuk proses yang dilakukan secara manual, misalnya membuat, mengirim, memverifikasi, memvalidasi, mengotorisasi, dan lain-lain

Document: digunakan untuk melambangkan dokumen misalnya formulir, faktur dan lain-lain

Decision: digunakan jika ada dua keputusan atau lebih yang akan diambil, misalnya, kreditnya boleh atau tidak, ijinnya boleh atau tidak dan lain-lain

Arsip: digunakan

untuk melambangkan pengarsipan dokumen

Paper tape: digunakan untuk kertas yang ada hologramnya misalnya uang, materai, dan lain-lain Manual Input: digunakan melambangkan proses input data misalnya: memasukkan data pegawai, memasukkan data barang dan memasukkan data lain-lain

Card: digunakan untuk melambangkan kartu misalnya, KTP, SIM, ATM dan lain-lain

Data: digunakan untuk penjurnalan dan laporan keuangan

C-)

On page reference: digunakan yang sama

untuk menyambung flowchart dalam halaman

Off page reference: digunakan yang berbeda

untuk menyambung flowchart dalam halaman

etera --{ gan

Annotation: digunakan

untuk memberi keterangan tambahan

dicopy. atau didrag. band dapat ditambah pad a saat pembuatan dengan cara mendrag lam bang band dari kelompok Cross Functional Flowchart Shape 4. copy. Pihak ketiga tidak termasuk sebagai pihak yang terlibat sehingga tidak masuk dalam band flowchart 3. Jumlah band adalah sebanyak jumlah bagian/pihak yang terlibat ditambah 1 balok untuk hari/uraian 2. Pada visio.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] Lama Hari 1. dapat dihapus. . Band. atau dipindah dengan cara kursor diarahkan pad a band kemudian delete.

akhir sift harus selalu terhubung dengan simbol sebelumnya .[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] Mulai [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] Lama Hari \ /\ / \ / ~ ~ ~ ~ ~ ~ Selesai Selesai Selesai Mulai / ~--If----i~ \ \______j Akhir hari kerj a '-----------1~~ \/ ~ Selesai 1. Setiap prosedur pasti dimulai dengan terminator dan terminator tersebut harus berada di pojok kiri atas 2. Dalam satu prosedur. setiap 1 kali mulai. boleh memiliki lebih dari 1 kali terminator selesai. 3. Terminator penghubung misal akhir hari kerja.

.····-1·····_····· ~ DokumenA \ Pm~' / \ p.".. / Output \ p.. Hukum Sandwich.. Selama tetap memenuhi kaidah input proses output. Lembar dokumen yang rangkap selalu diberi nom or pad a pojok kanan atas di lam bang dokumen .. dokumen input diikuti proses maka hasilo berikutnya pasti dokumen ouput 2. / \ V.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] -l-·····-r-···· Input Input Dokumen A I I 3 2 DOkumenA ~ ~ ... / Dokumen A yang sudah diverifikasi Output 1.. maka tidak masalah jumlah proses muncul lebih dari 1 kali 3.~.

Decision tidak hanya digunakan untuk dua keputusan tapi bisa lebih dari 2 keputusan . Decision bisa muncul berkali-kali 2.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] \/ Tidak >-----~---Ya--- Tidak \/ Ya ! 1.

Arsip terbagi dua yaitu arsip tetap dan arsip sementara 2. Cara pengarsipan tergantung dari kode A: Alfabat N: Nomot T: Tanggal .[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] Ii [Nama Bagian yang :: terlibat] Lama Hari Arsip Tetap V Arsip Sementara IN! 1.

Hal tersebut berlaku bagi kedua jenis penghubung . maka sambungannya juga proses 2.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] " I [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] Lama Hari A A 1 1. jika sebelumnya dokumen maka sambungannya juga dokumen. jika proses. Pada simbol penghubung.

[Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] ..: .....[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] .:.:.:.

maka konsisten dari bawah semua 3. Untuk garis kebawah diusahakan untuk selalu lurus . Jika garis masuk pada atas. maka konsiisten atas semua. maka konsisten dari samping 2. Jika garis keluar dari bawah.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] ~. jika dari samping. [Nama Bagian :1 yang terlibat] } [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] \/\/\/ \ \ \ \ t t / / / / 1.

.._.._._._.._._._". .. Dokumen Persyaratan ~.-c~:~~I._.+ '_"_"_"_"_'.._. Dokumen Izin Mengajukan Permohonan \ 1 t Dokumen persyar:::_ - Dokumen persyar:::_ ~~~ .• _..._._..~_._._...._.._..Prosedur Sewa Core Drill Pemohon Kepala Dinas PU Kepala UPT Kasubag Umum + Dokumen Persyaratan t- Dokumen Persyaratan • - Dokumen Persyaratan ~ .u·.._.••..:::._.t ~~~~'H... Dokumen Izin (yang ditandatangani) - \ Menandata nqaru dokumen izm I j - Dokumen Izin (yang ditandatangani) - ._..... .._. _.······~· _ . ..•. " Sesuai Tidak ._... Dokumen Izin Dokumen Izin _llf ~--+-----------------------~--------~ a.

'.'.Lf.<Process Name> Pemohon Kepala Dinas PU Kepala UPT Kasubag Umum Dokumen Izin (yang ditandatangani) " - I' '" "" "".'.l>" .'." .""".

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful