Terminator: digunakan untuk memulai, jeda dan mengakhiri sebuah proses. Jeda misalnya pad a akhir shift.

Manual operation: digunakan untuk proses yang dilakukan secara manual, misalnya membuat, mengirim, memverifikasi, memvalidasi, mengotorisasi, dan lain-lain

Document: digunakan untuk melambangkan dokumen misalnya formulir, faktur dan lain-lain

Decision: digunakan jika ada dua keputusan atau lebih yang akan diambil, misalnya, kreditnya boleh atau tidak, ijinnya boleh atau tidak dan lain-lain

Arsip: digunakan

untuk melambangkan pengarsipan dokumen

Paper tape: digunakan untuk kertas yang ada hologramnya misalnya uang, materai, dan lain-lain Manual Input: digunakan melambangkan proses input data misalnya: memasukkan data pegawai, memasukkan data barang dan memasukkan data lain-lain

Card: digunakan untuk melambangkan kartu misalnya, KTP, SIM, ATM dan lain-lain

Data: digunakan untuk penjurnalan dan laporan keuangan

C-)

On page reference: digunakan yang sama

untuk menyambung flowchart dalam halaman

Off page reference: digunakan yang berbeda

untuk menyambung flowchart dalam halaman

etera --{ gan

Annotation: digunakan

untuk memberi keterangan tambahan

Pada visio. atau dipindah dengan cara kursor diarahkan pad a band kemudian delete. Jumlah band adalah sebanyak jumlah bagian/pihak yang terlibat ditambah 1 balok untuk hari/uraian 2. copy.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] Lama Hari 1. dicopy. . atau didrag. Pihak ketiga tidak termasuk sebagai pihak yang terlibat sehingga tidak masuk dalam band flowchart 3. band dapat ditambah pad a saat pembuatan dengan cara mendrag lam bang band dari kelompok Cross Functional Flowchart Shape 4. Band. dapat dihapus.

Dalam satu prosedur.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] Mulai [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] Lama Hari \ /\ / \ / ~ ~ ~ ~ ~ ~ Selesai Selesai Selesai Mulai / ~--If----i~ \ \______j Akhir hari kerj a '-----------1~~ \/ ~ Selesai 1. akhir sift harus selalu terhubung dengan simbol sebelumnya . Setiap prosedur pasti dimulai dengan terminator dan terminator tersebut harus berada di pojok kiri atas 2. 3. boleh memiliki lebih dari 1 kali terminator selesai. setiap 1 kali mulai. Terminator penghubung misal akhir hari kerja.

····-1·····_····· ~ DokumenA \ Pm~' / \ p.". Hukum Sandwich.. / Output \ p. / Dokumen A yang sudah diverifikasi Output 1. Lembar dokumen yang rangkap selalu diberi nom or pad a pojok kanan atas di lam bang dokumen ... / \ V. dokumen input diikuti proses maka hasilo berikutnya pasti dokumen ouput 2..[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] -l-·····-r-···· Input Input Dokumen A I I 3 2 DOkumenA ~ ~ ..~.... Selama tetap memenuhi kaidah input proses output. maka tidak masalah jumlah proses muncul lebih dari 1 kali 3.

Decision tidak hanya digunakan untuk dua keputusan tapi bisa lebih dari 2 keputusan . Decision bisa muncul berkali-kali 2.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] \/ Tidak >-----~---Ya--- Tidak \/ Ya ! 1.

Arsip terbagi dua yaitu arsip tetap dan arsip sementara 2.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] Ii [Nama Bagian yang :: terlibat] Lama Hari Arsip Tetap V Arsip Sementara IN! 1. Cara pengarsipan tergantung dari kode A: Alfabat N: Nomot T: Tanggal .

jika sebelumnya dokumen maka sambungannya juga dokumen.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] " I [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] Lama Hari A A 1 1. jika proses. maka sambungannya juga proses 2. Pada simbol penghubung. Hal tersebut berlaku bagi kedua jenis penghubung .

...: . [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] ..:.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] .:.:..

maka konsisten dari samping 2. maka konsisten dari bawah semua 3. Jika garis masuk pada atas. [Nama Bagian :1 yang terlibat] } [Nama Bagian yang terlibat] [Nama Bagian yang terlibat] \/\/\/ \ \ \ \ t t / / / / 1. maka konsiisten atas semua. Jika garis keluar dari bawah. jika dari samping.[Nama Prosedur] [Nama Bagian yang terlibat] ~. Untuk garis kebawah diusahakan untuk selalu lurus .

_._......•.······~· _ .u·.._.:::._. _..Prosedur Sewa Core Drill Pemohon Kepala Dinas PU Kepala UPT Kasubag Umum + Dokumen Persyaratan t- Dokumen Persyaratan • - Dokumen Persyaratan ~ ._".._.t ~~~~'H.... ._._._.-c~:~~I. Dokumen Persyaratan ~._._._.._.... .. Dokumen Izin (yang ditandatangani) - \ Menandata nqaru dokumen izm I j - Dokumen Izin (yang ditandatangani) - ._... " Sesuai Tidak .••..+ '_"_"_"_"_'. ._.• _..._. Dokumen Izin Mengajukan Permohonan \ 1 t Dokumen persyar:::_ - Dokumen persyar:::_ ~~~ .._.._.._. Dokumen Izin Dokumen Izin _llf ~--+-----------------------~--------~ a.~_..._.

'.l>" .<Process Name> Pemohon Kepala Dinas PU Kepala UPT Kasubag Umum Dokumen Izin (yang ditandatangani) " - I' '" "" "".""".'.'.'.Lf." .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful