P. 1
BAB I Letsu

BAB I Letsu

|Views: 156|Likes:
Published by Vea Capa Dimas

More info:

Published by: Vea Capa Dimas on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2015

pdf

text

original

ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.

J GANGGUAN CEMAS DENGAN DIAGNOSA MEDIS LETAK SUNGSANG TRIMESTER 3 PATOLOGI

Nama Kelompok : Dimas Yudha (015.12.10.519) Rina Puji Lestari (015.12.10.560)

AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAHAN KABUPATEN NGAWI 2012

serta memahami dan dapat melaksanakan asuhan keperawatan yang harus diberikan. Apabila ada kurang lebihnya dari penyusunan makalah ini kami berharap kritik dan saran dari semua pihak yang dapat membangun makalah ini menjadi lebih baik.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. ”ASUHAN KEPERAWATAN PATOFISIOLOGIS TRIMESTER III DENGAN LETAK SUNGSANG” Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu sebagai tugas dari Dosen Agnes Mariasih. MPH dan kami bisa mengetahui tanda tanda letak sungsang . . yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul. SST.

........................... C.............................. Penatalaksanaan. Etiologi Letak sungsang..... A................................................................... Manifestasi Klinis Letak sungsang... A................................................................................ Phatway.. E.....................................................DAFTAR ISI Halaman Judul...................................... F.................. i ii iii 4 4 4 4 5 5 5 Latar Belakang........................ Manfaat......................................................................... B.............................................................................................................. Daftar Pustaka.......................................... Kesimpulan..................... Tujuan Umum dan Khusus.......... Bab II Pembahasan............................................................ Saran................................... Patofisiologi Letak sungsang............... D..................... C........... B............................. ................................................................................... B....................................................................................................................................................................................................................... Kata Pengantar........................................... Pengertian Letak sungsang.................... Daftar Isi.. A................................................................................................................................................ Asuhan Keperawatan.................................................................................................................................................................................................. 6 6 8 33 33 33 34 Bab III Penutup.......................... G......... Bab I Pendahuluan.....................................................

2. . b. Tujuan Tujuan umum Mahasiswa memahami tanda-tanda Patologi trimester III dengan letak sungsang. 2. Asuhan keperawatan maternitas ibu hamil dan patologi trimester III dengan letak sungsang merupakan salah satu materi Keperawatan Maternitas di semester ini. Mampu melaksanakan Asuhan Keperawatan Maternitas pada klien dengan letak sungsang.BAB I PENDAHULUAN 1. Tujuan khusus Mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menyebutkan dan memahami pengertian dan tanda-tanda dari letak sungsang. Dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa lain tentang asuhan keperawatan trimester II fisiologis. c. 3. mata ajar keperawatan maternitas setiap mahasiswa tingkat 2 semester IV diharuskan menguasai materi dalam kurikulum semester IV. Manfaat a. Latar Belakang Berdasarkan kurikulum mahasiswa keperawatan semester IV. Dapat dijadikan referensi bagi pembaca. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan bagi penulis tentang asuhan keperawatan ibu hamil trimester II fisiologis.

Pada trimester III. bayi mulai menendang-nendang. 2002 ) a. . payudara semakin besar dan kencang. 2000). kepala berada pada fundus uteri. 2000) Presentasi bokong merupakan keadaan dimana janin terletak memanjang dengan kepala di fundus uteri dan bokong berada di kavum uteri. ( Saifudin. sedangkan bokong merupakan bagian terbawah di daerah pintu atas panggul atau simfisis.(2009) Kehamilan di bagi atas 3 trimester yaitu trimester I. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terahir (Hanifa.BAB II PEMBAHASAN Letak Sungsang Pengertian Kehamilan  Kehamilan adalah dikandungnya janin hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma (Kushartanti. 2004). A.  Masa kehamilan dimulai dan konsepsi sampai lahirnya janin. Emosi mulai tidak stabil. (Saifudin. 2002) Ada empat macam presetasi bokong ( saifudin. Cairan vagina meningkat dan kental. Pengertian Kehamilan Sungsang adalah Kehamilan pada bayi dengan presentasi bokong (sungsang) dimana bayi letaknya sesuai dengan sumbu badan ibu. trimester II. perasaan gembira disertai cemas menunggu kelahiran sang bayi. Menurut Sulistyowati. kadang-kadang terjadi kontraksi ringan dan suhu tubuh dapat meningkat. Kehamilan trimester III adalah berlangsung dari minggu ke-28 hingga masa kelahiran. Presentasi bokong sempurna ( complete breech ) terjadi jika kedua kaki mengalami fleksi pada panggul dan lutut. puting susu semakin hitam dan membesar. dan trimester III.

Panggul sempit b. Implantasi plasenta di fundus atau di tonus uteri cenderung untuk mempermudah terjadinya presentasi bokong Sebab terjadinya presentasi bokong. Presentasi bokong murni ( frank breech ) terjadi jika kedua kaki mengalami fleksi pada panggul dan ekstensi pada lutut. Letak Kaki 1. Kehamilan ganda. e. fibra. 2001) . a. Bila bagian terendah teraba salah satu dan atau kedua kaki atau lutut 2. c. air ketuban yang berlebihan. Plasenta previa f. Dapat dibedakan letak kaki bila kaki terendah . Kehamilan ganda. Kelainan uterus : uterus arkuatus. Tedapat tumor di pelvis minorn yang mengganggu masuknya janin ke pintu atas panggul ( PAP ). c. panggul sempit. ada pesentasi bokong membakal.. dan pemeriksaan ultrasonografi.  Etiologi Faktor-faktor presentasi bokong meliputi prematuritas. Banyak yang diketahui sebabnya. uterus dupleks. plasenta previa. Terjadinya lilitan tali pusat / tali pusat pendek. pemeriksaan foto abdomen. Presentasi kaki atau bokong kaki ( footling breech ) terjadi jika sebuah kaki mengalami ekstensi pada panggul dan lutut d. ( Manuaba. letak bila lutut terendah Untuk menentu kan berbagai letak sungsang dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan dalam. uterus septus.hydrocepalus dan janin besar. d. Beberapa ibu melahirkan bayinya semua dengan presentasi bokong menunjukkan bahwa bentuk panggulnya adalah sedemikian rupa sehingga lebih cocok untuk presentasi bokong daripada presentasi kepala.b. myoma.

Dengan demikian dapat dimengerti mengapa pada kehamilan belum cukup bulan. janin sebagian besar ditemukan dalam presentasi kepala. kedua kaki terangkat ke atas sehingga ujungnya terdapat setinggi bahu atau kepala janin. Pada presentasi bokong akibat ekstensi kedua sendi lutut. frekuensi letak sungsang lebih tinggi. Karena bokong dengan kedua tungkai terlipat lebih besar daripada kepala. Pada kehamilan sampai kurang lebih 32 minggu. Dengan demikian pada pemeriksaan dalam hanya dapat diraba bokong. Manifestasi klinis 1.  Dikenal beberapa jenis letak sungsang. beberapa fetus tidak seperti itu. jumlah air ketuban relatif lebih banyak. letak sungsang atau letak lintang. Terdapat flour albous atau keputihan 4. . Terasa sesak Patofisiologi  Letak janin dalam uterus bergantung pada proses adaptasi janin terhadap ruangan dalam uterus. maka bokong dipaksa untuk menempati ruang yang lebih luas di fundus uteri. yakni:  • Presentasi bokong (frank breech) (50-70%). Nyeri abdomen 2.  Pada kehamilan triwulan terakhir janin tumbuh dengan cepat dan jumlah air ketuban relatif berkurang. Kontraksi/ HIS 3. sehingga memungkinkan janin bergerak dengan leluasa. sedangkan kepala berada ruangan yang lebih kecil di segmen bawah uterus. Dengan demikian janin dapat menempatkan diri dalam presentasi kepala. Sayangnya. Sebagian dari mereka berada dalam posisi sungsang. sedangkan pada kehamilan cukup bulan.

kehamilan ektopik. penyakit radang pelviks. gastritis. encer dan tidak berbau. 2 Terdapat flour albous Peningkatan hormon selama kehamilan menyebabkan produksi carian vagina yang disebut lokore. • Presentasi bokong kaki sempurna ( complete breech ) ( 5-10%). persalinan pre term. segera konsultasikan ke dokter. Nyeri abdomen yang hebat Nyeri abdomen yang mungkin menunjukkan masalah yang mengancam keselamatan jiwa adalah yang hebat. menetap.  • Presentasi bokong kaki tidak sempurna dan presentasi kaki ( incomplete or footling ) ( 10-30%). Pada presentasi bokong kaki tidak sempurna hanya terdapat satu kaki di samping bokong. terutama ketika celana dalam sudah terasa lembab/basah. iritasi uterus. berbau. sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas. penyakit kantong empedu. Cairan ini berwarna putih. Hal ini bisa berarti appendiksitis. Keluarnya cairan ini adalah normal selama tidak menjadi banyak. 3 Gantilah celana dalam sesering mungkin. berubah warna. Pada presentasi kaki bagian paling rendah adalah satu atau dua kaki. adanya rasa gatal atau iristasi. infeksi saluran kemih atau infeksi lainnya (Pusdiknakes. 1 Jagalah kebersihan dan kelembaban di sekitar vagina. 2 Jangan memakai pakaian dalam terlalu ketat.  Penatalaksanaan 1. Pada presentasi bokong kaki sempurna disamping bokong dapat diraba kaki. aborsi. dan tidak hilang setelah istirahat. Jika cairan ini menjadi demikian. 2003). 4 Gunakan selalu celana dalam yang kering dan bersih . abrupsio plasenta.

Sakit kepala yang hebat dalam kehamilan adalah gejala dari pre-eklampsia (Pusdiknakes. dimana rahim membesar mendesak diafragma ke atas Penanganan : 1. 2003). ekspansi diafgrama terbatas karena pembesaran uterus.Konsul ke dokter bila ada kelainan asma dll 5. Sakit kepala yang menunjukkan suatu masalah yang serius adalah sakit kepala hebat yang menetap dan tidak hilang dengan beristirahat.Tidur dengan bantal yang tinggi 3.Makan tidak terlalu banyak 4.Berikan penjelasan bahwa hal ini akan hilang setelah melahirkan . Kadang-kadang dengan sakit kepala yang hebat tersebut.Latihan nafas melalui senam hamil 2. penglihatan ibu menjadi kabur atau berbayang.5 Gunakan bahan celana dalam yang terbuat dari bahan katun atau yang paling mudah menyerap keringat 3 Sakit kepala yang hebat Sakit kepala biasa terjadi selama kehamilan dan seringkali merupakan ketidaknyamanan yang normal dalam kehamilan. 4 Gangguan Pernapasan Nafas dangkal terjadi pada 50% wanita hamil.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->