Resep Pak Sastra : Penghilang Asam Urat

Senin, 08 Maret 2010 03:07 Ditulis oleh Sastra Adiguna 0 Comments Ini sekedar berbagi dari sebuah pengalaman pribadi yang menyakitkan.........bagi yang belum saya berharap tidak mengalami seperti ini. Pada sendi jari kaki maupun tangan terasa panas dan sakit. Setelah periksa pada dokter pribadi ku, beliau memberikan penjelasan tentang penyebab dan penanggulangannya.

Apakah asam urat itu ? PURINE, adalah protein yang termasuk dalam golongan nucleo protein, hasil metabolism purine adalah Asam Urat. Dan setiap manusia memiliki asam urat , untuk pria asam urat batas normal adalah 3,4 -7,0 /mg%,sedangkan untuk wanita 2,4 – 5,7 /mg%.Ketika aku melakukan pemeriksa di laboratorium klink Matahari Wonosobo, hasilnya adalah <em>8,6/m%.</em> Ini sudah kelewatan, karena ambang batas normalnya adalah 7,0/m%. Penyebab gangguan asam urat : 1.Kelebihan purine dalam makanan sehari-hari 2.Kegemukan 3.Pembawan dari lahir 4.Akibat Peradangan sendi ( Gout) 5.Mempermudah terjadinya batu ginjal 6.Gangguan kesehatan lainnya Bagi penderita asam urat jika tidak segera ditangani sedini mungkin , maka akan berakibat yang berkepanjangan, seperti ; sakit persendian tulang (bisamelumpuhkan), nyeri berdenyut dan terasa ngilu pada bagian sendi tertentu. Dan yang lebih parah, pada persendian jari kaki bisa mengeluarkan lemak berwarna putih seperti benang. Ini yang sudah parah dan biasanya terjadi pembengkakan pada jari kaki. DIET PURINE 1.Mengurangi kadar asam urat dengan jalanmengkonsumsi makanan rendah purine 2.Memperlancar pengeluarn purine 3.Menurunkan berat badan dan mempertahankan dalam batas normal

tengiri. tentu akan berusaha mendatangi pengobatan alternatif yang katanya bisa menyembuhkan asam urat. Pengaturan diet berupa makanan rendah purin .tiriskan dimakan dengan sambal terasi.Jamu tradisonal ( kunyit dan temu lawak) dapat mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan sendi Makanan yang dibatasi 1. oncom maks 50 g sehari 4.2 /m %. tempe.Setiap orang yang pernah merasa terkena asam urat.Makanan yang dibolehkan 1. 081392678768 http://republikblogger.6 jadi masih diatas ambang batas normal.Beras.Bayam. setelah daun dicuci. Kentang . kacang buncis. asparagus maks 50 g sehari 5.semua macam buah-buahan kecuali yang dilarang 5. jamur. Singkong.. Bisa dibuat sayur bening dsbnya.html Pengobatan asam urat Pengobatan asam urat meliputi 1. kembang kol. telur 3. Lakukan setiap hari selama 60 hari. Ketika aku di daerah Jogja diberitahu oleh seorang ahli pengobatan alternatif. kangkung. Caranya sangat mudah .. Mie. bandeng.cek laborat lagi dan hasilnya 6. kecuali yang mengandung alcohol 6. agar mengkonsumsi daun ubi jalar. hasilnya 7. Umumnya dokter memberikan analgetik (penghilang nyeri) agar pasien merasa lebih nyaman dan tenang. Dan kini setelah mengkonsumsi selama 60 hari. Sastra Adiguna . Menghilangkan/mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh asam urat. ikan tongkol. maks 50 g sehari 2. kacang polog.com/eblog/publishing/433-resep-pak-sastra-penghilang-asam-urat. Roti. daun so. masukkan dalam air mendidih 5-10 menit. Allupurinol Resep peluruh asam Urat. bawal. Bihun. Obat penurun asam urat diantaranya adalah allopurinol (generik) 4.Daging berlemak.Wonosobo Hp. Biskuit 2.Tahu. 2.Susu skim. Pemberian anti radang/inflamasi yaitu obat golongan steroid 3.Semua jenis biji-bijian kering maks 25 g sehari 3.Minyak dalam jumlah terbatas Semua cara diatas sudah aku coba dan dua bulan aku cek darah lagi.( obat nya . untuk lauk makan siang. Tepung2an.Semua macam sayuran kecuali yang dibatasi 4..Semua macam minuman.

lain-lain jeroan. Mencegah pembentukan batu pada saluran kencing. Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju. jamur. hati. otak.Tujuan utama pengobatan asam urat adalah:      Mengobati serangan akut secara baik dan benar Mencegah serangan ulangan artritis gout akut Mencegah kelainan sendi yang berat akibat penimbunan kristal urat Mencegah komplikasi yang dapat terjadi akibat peningkatan asam urat pada jantung. konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. kerang. wortel. buncis. daun pepaya. kembang kol. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah. Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Makanan pantangan asam urat Pantangan Asam Urat Perubahan gaya hidup. sayuran selain dari golongan B. kangkung. remis. ekstrak daging (abon. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:    Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah usus. kerang-kerangan. paru. dan buahbuahan. ginjal. sardin. udang. dendeng). daging sapi. kacangkacangan kering. Pengaturan diet untuk penderita asam urat Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengkonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengkonsumsi bahan makanan golongan B dalam jumlah yang terbatas. bayam. sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut. ginjal dan pembuluh darah. (Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap . jantung. daun singkong. alkohol serta makanan dalam kaleng. susu. telur. asparagus. Juga membatasi diri mengkonsumsi lemak serta tidak lagi makanan dari golongan A termasuk jeroan dan disarankan untuk banyak minum air putih. ragi (tape). Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A. herring.

Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya). Dari berbagai penelitian terungkap. kadar asam urat pada perempuan akan meningkat. mackerel. udang.asam urat           Alkohol. bayam matang. Obat ini akan menimbulkan efek sampingan berupa mual. sehingga memacu peninggian tekanan darah. dan sawi Daging kambing Jeroan dan gajih (lemak) Kerang-kerangan Bebek dan kalkun Salmon. jamur. biasanya Anda akan diberi obat Allopurinol. asam urat juga merangsang sistem renin angiotensin. pilih jenis ibuprofen dan lainnya) Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh. Informasi Penting : Setelah menopause.makanan. muntah dan diare. tetapi juga gangguan keseimbangan . Bukan cuma itu. Bila mendatangi dokter sat menderita hiperurisemia. kopi & soft drink Melinjo dan emping Kacang-kacangan Asparagus. Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti: Sayuran dan buah-buahan Kentang Alpukat Susu dan yogurt Pisang   Makan buah-buahan kaya vitamin C. dan beberapa ikan lainnya Krim dan Es krim Anjuran Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:     Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit. kepiting. sarden. terutama jeruk dan strawberry Aktif secara seksual (Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat). yakni obat antimetabolit yang menghambat sintesis asam urat.