P. 1
Menganalisis Fungsi Manusia Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan

Menganalisis Fungsi Manusia Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan

|Views: 200|Likes:
Published by Oswald Sitanggang

More info:

Published by: Oswald Sitanggang on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

07/04/2015

MENGANALISIS FUNGSI MANUSIA DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN

Dosen Mata Kuliah: Dra. Rosni, M.Pd

Disusun Oleh: Oswald Reynhard Sitanggang – NIM: 3113331025

JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2012

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala Rahmat dan Hikamat-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan Makalah yang berjudul Menganalisis Fungsi Manusia dalam kaitannya dengan Pembangunan Kami mengucapkan Terimakasih kepada Dosen Mata Geografi Sosial yang memberikan Tugas Makalah ini kepada Kami dan Terimakasih banyak buat teman-teman yang tidak bisa disebutkan satu per-satu yang sudah membantu & mendukung makalah yang kami buat. Kami juga menginginkan melalui Makalah ini wawasan kita menjadi bertambah mengenai Fungsi Manusia dalam kaitannya dengan Pembangunan. Kami Mohon Maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan dalam membuat makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih belum Sempurna, Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami menerima segala Saran dan Kritikan yang bersifat membangun untuk senantiasa membuat makalah yang kami susun ini menjadi Sempurna.

Medan, 16 Maret 2012

Penyusun

PENDAHULUAN

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu asset yang sangat penting dalam proses Pembangunan sebuah Negara khususnya di Indonesia. Saat ini Indonesia tercatat sebagai salah satu Negara yang memiliki jumlah penduduk yang terbanyak di dunia. Dalam pendataan Penduduk oleh Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia terhitung mulai dari tanggal 31 Desember 2010 mencapai 259.940.857. Jumlah ini terdiri atas 132.240.055 laki-laki dan 127.700.802 Perempuan. Keberhasilan Pembangunan dalam sebuah Negara di berbagai aspek kehidupan tidak terlepas dari Fungsi manusia yang terampil dan berkualitas. Tugas dan Fungsi Manusia dalam berbagai Bidang kehidupan, yaitu: 1. Bidang Ekonomi 2. Bidang Pemerintahan 3. Bidang Militer 4. Bidang Sosial 5. Bidang Religi 6. Bidang Biologis 7. Bidang Hukum 8. Bidang Peri Kemanusiaan 9. Bidang Geografis

Dalam pengertian Geografi Sosial yang dimaksud dengan Gejala-Akibat adalah suatu perwujudan geografis yang ditimbulkan dari hasil hubungan antara manusia dengan lingkungan alam. Gejala akibat merupakan suatu rangkaian peristiwa-peristiwa yang satu sama lain saling menerangkan. Didalamnya ada unsure causalitet. Berikut ini Beberapa Gejala-Akibat: 1. Gejala Akibat bersifat Sosial Geografis 2. Gejala Akibat bersifat Sosial Ekonomi Geografis 3. Gejala Akibat bersifat Fisiografis 4. Gejala Akibat bersifat Klimatologis 5. Gejala Akibat bersifat Oseanografis 6. Gejala Akibat bersifat Sosiologis Ekonomis

FUNGSI DAN TUGAS MANUSIA PADA BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN Manusia dalam hidupnya mempunyai Tugas dan fungsi tertentu, dipandang dari segi sebagi berikut: 1. Bidang Ekonomi Manusia sangat berperan penting dalam bidang Ekonomi. Manusia yang berkualitas dan mampu menguasai teknologi akan meningkatkan produktivitas perekonomian suatu Negara. Dalam hal ini manusia bertindang sebagai factor produksi.

2. Bidang Pemerintahan Manusia adalah pengatur dan pengemban tugas Negara.

3. Bidang Militer Manusi adalah seorang prajurit yang bertugas mempertahankan Negara.

4. Bidang Sosial Manusia saling bergaul, saling menghormati, bantu-membantu demi kesejahteraan bersama.

5. Bidang Religi Manusia menjunjung dan tunduk pada Tuhan nya masing-masing

6. Bidang Biologis Manusia adalah orang yang sewajarnya mempertahankan/memperbanyak keturunanya.

7. Bidang Hukum Manusia adalah penegak/pemelihara Hukum

8. Bidang peri kemanusiaan Manusia adalah orang yang saling menjauhkan Kekerasan, kekejaman dan kelaliman

9. Bidang Geografis Manusia merupakan tenaga dalam alam yang dapat merubah bentuk permukaan bumi serta pola kehidupan di bumi.

Sifat Manusia dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu: 1. Manusia Sebagai Perusak Dimana sifat dan tugas ini berlaku dalam masa peperangan antara satu bangsa dan bangsa lainnya.

2. Manusia sebagai pencipta dan pembangunan Dimana manusia dalam masa damai berusaha menciptakan hal-hal yang baru guna lebih menambah kemakmuran hidupnya.

3. Manusia sebagai pemelihara Dimana manusia ingin hidup dalam ketentraman, selalu menjaga

terpeliharanya tata tertib kehidupan nasional maupun internasional.

GEJALA AKIBAT Dalam pengertian Geografi Sosial yang dimaksud dengan Gejala-Akibat adalah suatu perwujudan geografis yang ditimbulkan dari hasil hubungan antara manusia dengan lingkungan alam. Gejala akibat merupakan suatu rangkaian peristiwa-peristiwa yang satu sama lain saling menerangkan. Didalamnya ada unsure causalitet. Berikut ini Beberapa Contoh Gejala-akibat, yaitu: 1. Gejala Akibat bersifat Sosial Geografis Transmigrasi di Indonesia merupakan gejala akibat yang mencerminkan adanya hubungan antara lingkungan alam dan penduduk. Jadi, transmigrasi merupakan perwujudan social geografis yang ditimbulkan dari hasil hubungan dengan lingkungan 2. Gejala Akibat Bersifat Sosial Ekonomi-Geografis Timbulnya industry didaerah agraris, karena kemajuan dibidang pendidikan dan kebudayaan mengakibatkan perubahan-perubahan fungsi seseorang yaitu perubahan dalam suatu jenis mata pencaharian. Dari seorang petani, misalnya menjadi seorang buruh atau pengusaha pabrik dalam kehidupan social dan kehidupan ekonomis. 3. Gejala Akibat Bersifat Fisiografis Perubahan dalam Natural Landscape atau bentangan alam yang dapat merubah kegiatan ekonomi atau mata pencaharian penduduk 4. Gejala Akibat bersifat Klimatologis Perubahan Iklim yang dapat mempengaruhi cara dan bentuk penyesuaian atau kegiatan ekonomi penduduk. 5. Gejala Akibat berifat Oceanografi Ditemukannya mutiara-mutiara laut menimbulkan berdirinya perusahaanperusahaan mutiara dan penyelaman-penyelaman mutiara 6. Gejala Akibat bersifat Sosiologis-Ekonomis Timbulnya suatu koperasi konsumsi. Merupakan suatu usaha bersama dalam suatu masyarakat untuk menanggulangi kesulitan hidup.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->