P. 1
Garis Bujur dan Garis Lintang

Garis Bujur dan Garis Lintang

|Views: 4,369|Likes:
Published by Phengky Pangestu

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Phengky Pangestu on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

Tugas IPS Tema : Garis Bujur dan Garis Lintang

Nama: Phengky Pangestu Kelas : VII-6 Sekolah : Junior High School 111

GARIS BUJUR
Garis Bujur adalah garis yang tegak lurus dengan garis khatulistiwa dimana awalnya 0 derajat di Greenwich, Inggris. Ke sebelah kanan/timur adalah Bujur Timur (BT) sedangkan ke kiri/barat adalah Bujur Barat (BB).  Garis bujur dapat dimanfaatkan untuk menghitung waktu.  Perhimpitan antara 1800BB dan 1800 BT yang terletak di sekitar Samudra Pasifik disebut International Date Line ( Garis Batas Tanggal Internasional ).

Gambar Garis Bujur
GMT

Garis Lintang
 Garis lintang adalah garis khayal yang digunakan

untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwaa (utara atau selatan). Posisi lintang merupakan penghitungan sudut dari 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan -90° di kutub selatan.

Gambar Garis Lintang

PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU INDONESIA
 Indonesia terletak pada garis bujur 95 derjat BT sampai 141 derjat BT. Indonesia dibagi

menjadi tiga daerah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).  Waktu Indonesia Barat (WIB) mengikuti waktu pada bujur 105 derajat BT. Daerahnya meliputi Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. WIB dihitung tujuh jam lebih cepat dari GMT (Greenwich Mean Time, yaitu waktu matahari baku pada garis bujur 0 derajat)  Waktu Indonesia Tengah (WITA) mengikuti waktu pada garis bujur 120 derajat BT. Daerahnya meliputi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi. WITA dihitung delapan jam lebih cepat dari GMT  Waktu Indonesia Timur (WIT) mengikuti garis bujur 135 derajat BT. Daerahnya meliputi Kepulauan Maluku dan Irian Jaya. WIT dihitung sembilan jam lebih cepat dari GMT

Gambar Pembagian Wilayah Waktu Indonesia

Analisa Data
Garis Bujur adalah garis yang tegak lurus dengan garis khatulistiwa dimana awalnya 0 derajat di Greenwich, Inggris. Ke sebelah kanan/timur adalah Bujur Timur (BT) sedangkan ke kiri/barat adalah Bujur Barat (BB).Garis bujur dapat dimanfaatkan untuk menghitung waktu.Perhimpitan antara 1800BB dan 1800 BT yang terletak di sekitar Samudra Pasifik disebut International Date Line ( Garis Batas Tanggal Internasional ). Garis lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwaa (utara atau selatan). Posisi lintang merupakan penghitungan sudut dari 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan 90° di kutub selatan. Indonesia terletak pada garis bujur 95 derjat BT sampai 141 derjat BT. Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->