P. 1
Bahasa Indonesia Kelas 7

Bahasa Indonesia Kelas 7

|Views: 143|Likes:
Published by Phengky Pangestu

More info:

Published by: Phengky Pangestu on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2012

pdf

text

original

Nama : Phengky Pangestu Kelas : VII-6 No.

Absen : 25

A. Paragraf
1. Paragraf ialah suatu karangan yang terbentuk dari satu atau beberapa kalimat yang saling berhubungan dan mempunyai satu pikiran utama yang menjiwai seluruh karangan. 2. Dari batasan / pegertiannya, paragraf mempunyai : a. Pikiran utama ialah pikiran yang menjiwai seluruh karangan. b. Pikiran penjelas ialah pikiran yang menjelaskan pikiran utama. c. Kalimat utama ialah kalimat tempat tertuang pikiran utama. d. Kalimat penjelas ialah kalimat tempat dituangkan pikiran penjelas. 3. Penulisan paragraf, dalam penulisan karangan, pengertian paragraf ditandai dengan mengalihkan awal paragraf itu ke baris baru. Caranya ada 2 macam : a. Cara takuk yaitu awal paragraf di mulai dengan menuliskan huruf awal kalimat pertama alinea atau paragraf tersebut agak masuk ke dalam. b. Cara lurus yaitu awal paragraf di muali lurus, sama dengan garis pinggir. Untuk membedakan dengan paragraf lain, sebelum atau sesudahnya dilampaui satu baris.

B. Cerpen
1. Cerpen : yang menceritakan sebagian kehidupan manusia.

2. Di dalam cerpen terdapat satu pelaku/tokoh. 3. Karakter/watak ada 3 macam : a. Protagonis (baik) misalnya sopan, jujur, ramah. b. Antagonis (buruk/jahat) misalnya serakah, sombong c. Tritagonis (campuran antara baik dan buruk) misalnya pengkhianat, suka mengadu domba 4. Latar : tempat kejadian Latar ada 3 macam : a. Latar tempat b. Latar waktu c. Latar suasana 5. Alur : jalan cerita. a. Alur maju : menceritakan masa sekarang sampai yang akan datang. b. Alur mundur : menceritakan masa lalu c. Alur maju mundur : menceritakan masa sekarang sampai yang akan datang, kembali ke masa lalu.

C. Menulis Buku Harian
1. Menulis buku harian : a. Tujuan b. Kegunaanya c. Kaitan dengan kehidupan sehari-hari (implikasinya) 2. Isi buku harian : a. Berisi peristiwa yang dialami

b. Berisi ungkapan pengalaman, pikiran, perasaan. c. Memuat hari, tanggal, tempat kejadian, isi kejadian. 3. Ketentuan menulis buku harian : a. Menggunakan bahasa yang baik, benar, dan kalimat efektif. b. Menggunakan bahasa yang ekspresif, yaitu bahasa yang menghidupkan suasana isi cerita yang ditulis. Siapa saja yang membaca seolah dapat merasakan, melihat, mengalami peristiwa yang dituliskan dalam buku harian.

D. Kata Ganti dan Kata Acuan
1. Kata ganti (pronomina) adalah kata yang dipakai untuk menggantikan kata lain. 2. Kata acuan adalah kata yang mengacu pada kata lain (kata benda/substantiva)

E. Membaca Memindai
1. Membaca memindai, teknik ini harus mampu menemukan kata-kata tertentu atau yang dicari makna kenteksnya kemudian mengartikannya.

F. Menulis Teks Pengumuman
1. Tujuan menulis pengumuman untuk memberikan informasi secara luas kepada masyarakat tentang sesuatu hal. 2. Syarat : a. Menggunakan bahasa yang efektif dan komunikatif. b. Kalimat yang ditulis harus jelas.

c. Tidak menimbulkan salah interpretasi(penafsiran). 3. Susuna penulosan pengumuman : 1. Logo dan nama instansi, lembaga yang mengeluarkan pengumuman. 2. Kop/kepala surat yang berisi hal pengumuman. 3. Penomoran surat pengumuman. 4. Uraian pembuka. 5. Rincian isi. 6. Tempat dan waktu. 7. Pihak yang menuliskan pengumuman.

G. Menulis Surat Pribadi
1. Surat resmi (dinas) prive (pribadi) niaga (dagang) 2. Sistematika penulisan surat pribadi : 1. Pembuka: a. Tempat, dan tanggal pengiriman surat. b. Alamat surat. c. Salam pembuka. 2. Isi, berisi maksud penulis mengirim surat. 3. Penutup : a. Salam penutup. b. Tanda tangan . c. Nama terang/jelas.

H. Pantun
1. Syarat-syarat pantun : a. Tiap bait terdiri atas 4 baris. b. Tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata. c. Bersajak a-b-a-b. d. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran. e. Baris keriga dan keempat merupakan isi. 2. bersukaria kanak-kanak nasib teka-teki Pantun muda jenaka perkenalan berkasih-kasihan perpisahan adat tua nasihat agama berdukacita

I. Membaca Cepat
1. Yang menentukan kecepatan membaca seseorang : a. Gerak mata

b. Penguasaan kosakata c. Konsentrasi 2. Faktor yang menghambat membaca cepat : a. Vokalisasi b. Mengucapkan kata secara berisik c. Regresi d. Membaca dengan cara menggerakkan kepala e. Membaca dengan menunjuk baris bacaan baca f. Membaca kata demi kata g. Ketidaksiapan mental h. Susah untuk berkonsentrasi i. Kurang motivasi j. Tidak cepat menemukan pikiran pokok bacaan 3. Rumus kecepatan membaca : X=Y Z X = kecepatan membaca Y = jumlah kata dalam teks yang berhasil dibaca Z = lama membaca dalam detik 4. Rumus kemampuan pemahaman isi : Jumlah jawaban betul x 100% Jumlah soal 5. Rumus kemampuan membaca : Kecepatan membaca x kemampuan pemahaman isi.

J. Puisi

pantun

1.

Lama

syair distikon terzina

Puisi Baru

quatrain quint sektet septima oktaf/stanza

2. Sajak : persamaan bunyi. Sanjak : kumpulan puisi.

K. Percakapan dalam Telepon
1. Sopan santun dalam bertelepon : a. Salam b. Indentitas c. Maksud isi d. Pesan e. Ucapan terima kasih f. Salam penutup

L. Pesan
1. Pesan : perintah/permintaan tentang sesuatu hal kepada seseorang untuk diketahui/dilaksanakan. 2. Dalam membuat pesan yang harus diperhatikan : a. Menggunakan bahasa yang efektif

b. Kepada c. Tulis tempat/tanggal d. Mengemukakan maksud isi e. Ucapan terima kasih f. Tanda tangan g. Nama jelas 3. Agar pesan yang dibuat tidak berbelit-belit, gunakan kalimat yang singkat, padat, adan jelas.

M. Kata Sapaan
1. Kata sapaan ialah kata yang dipergunakan untuk menyapa/memanggil orang baik yang dikenal maupun tidak dikenal. 2. Penulisan kata sapaan ditulis dengan huruf besar walaupun terletak di tengah/di akhir kalimat.

N. Kalimat Berita Negatif
1. Kalimat berita negatif : menambahkan kata bukan atau tidak. 2. Pemakaian kata bukan diikuti kata benda sedangkan kata

tidak diikuti kata kerja.

O. Kata Ungkapan
1. Kata ungkapan ialah gabungan 2 kata yang mengandung arti kiasan.

P. Peribahasa
1. Peribahasa ialah kalimat yang mengandung arti kiasan.

Q. Syair
1. Syarat : a. 1 bait 4 baris b. Sajaknya a-a-a-a c. Isinya terdapat pada setiap baris.

R. Wawancara
1. Wawancara : suatu kegiatan tanya jawab untuk mencari informasi. 2. Narasumber ialah orang yang memberi informasi. 3. Pewawancara memiliki nama lain yaitu reporter. 4. Sebelum wawancara seseorang lebih dulu membuat pertanyaan dengan 5W+1H: What = Apa Where = Di mana Who = Siapa pewawancara : a. Mengadakan janji kepada narasumber b. Menentukan tema c. Setelah bertanya membuat pokok-pokok isi wawancara. d. Menyusun laporan e. Membuat kesimpulan. Why = Mengapa When = Kapan How = Bagaimana

5. Setelah membuat pertanyaan yang dilakukan oleh

S. Tokoh Idola
1. Tokoh idola : orang yang diidolakan, sebagai sumber inspirasi.

2. Kemungkinan diidolakan karena kepandaiannya, tingkah lakunya yang baik, karena kecantikannya, dsb. 3. Biografi ialah menceritakan riwayat hidup seseorang. 4. Auto biografi ialah menceritakan tentang riwayat hidup diri sendiri.

T. Menyunting Naskah
1. Menyunting naskah ialah memperbaiki tulisan, ejaan, tanda baca, tata kalimat/paragraf.

U. Tabel/Diagram
1. Grafik : lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis/gambar. 2. Tabel : bentuk menyajikan informasi berisi ikhtisar suatu informasi. 3. Diagram : gambaran naik turunnya suatu keadaan yang menggunakan garis/gambar. 4. Langkah-langkah untuk membuat grafik, tabel, bagan : a. Baca judulnya. Dari judulnya itulah ringkasan tentang gagasan pokok tentang isi grafik, tabel, atau bagan. Itu dapat diketahui b. Baca informasi/keterangan yang menjelaskan gambar tersebut c. Ajukan pertanyaan tentang gambar tersebut. d. Baca grafik, tabel, atau bagan itu secara keseluruhan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang dirumuskan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->