P. 1
Ppt Agama Jadi

Ppt Agama Jadi

|Views: 396|Likes:
Published by Oktaviani Saputri

More info:

Published by: Oktaviani Saputri on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2014

pdf

text

original

IMPLEMENTASI AKHLAK

Oleh to edit Master subtitle style Click group 6

5/26/12

Aktualisasi akhlak

Ruang lingkup akhlak yang seharusnya diaktualisasikan dalam kehidupan seorang muslim:
1. 2. 3.

Akhlak kepada Allah SWT Akhlak kepada sesama manusia Akhlak kepada alam semesta

5/26/12

• Tuntutan untuk akhlak kepada Allah dan Rasul sebagaimana dalam (QS 3:31-32) • Tuntutan akhlak kepada diri sendiri disebutkan dalam (QS 2: 44) 5/26/12 .

• Tuntutan akhlak kepada sesama manusia terdapat dalam (QS 2: 83) dan (QS 31: 17-19) • Tuntutan akhlak kepada alam terdapa dalam (QS 2:30) . (QS 59:21) dan (QS 10: 23) 5/26/12 .

Oleh karena itu Allah SWT memerintahkan kepada umat Islam yang beriman untuk masuk Islam secara sempurna artinya tidak setengah hati. syariah dan akhlak disebut dengan muslim kaffah . Sebagaimana firman Alaah dalam Al-Quran surat AlBaqarah: 208 artinya “hai orang5/26/12 orang beriman.• Seorang muslim yang mengimplementasikan akidah . masuklah kamu . artinya seorang muslim yang sempurna Islamnya.

Salah satu hadist Nabi Muhammad saw : Nabi Muhammad saw menjelaskan. diketahui : – Akhlak kepada Allah dan Rasul adalah mencintai serta menaatinya – Akhlak terhadap diri sendiri adalah shalat (melakukan ibadah mahdhah) serta mengajak orang pada kebaikan. (HR Muslim) • • Dari kumpulan ayat tersebut. “Yang paling sempurna iman orang mukmin adalah yang paling baik akhlaknya”. 5/26/12 . – Akhlak kepada manusia lain adalah mengajak kepada kebaikan bersabar dan tidak berlaku sombong – Akhlak kepada alam adalah tidak berbuat kerusakan di bumi Allah ini.

tombak dan jimat • 5/26/12 .Tantangan Akhlak • Animisme Kepercayaan yang beranggapan bahwa semua benda mempunyai roh dan memiliki kekuatan • Dinamisme Kepercayaan terhadap tempat-tempat dan benda-benda khusus seperti keris.

• Liberalisme Kebebasan penuh atas individu untuk memegang suatu kepercayaan. (ex: rusia) • Sinkretisme 5/26/12 Pencampuran nilai nilai dari agama agama dan ajaran . (bahaya ke aliran sesat) • Sekularisme Pemisahan urusan agama dan dunia.ajaran yang berbeda .

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS AKHLAK 5/26/12 .

5/26/12 . Disamping itu berusaha untuk menjauhi hal-hal yang dilarang syara’ dan aturanaturan yang berlaku. dan norma-norma kehidupan bermasyarakat. yakni membiasakan diri dalam hidup sehari-hari untuk melakukan kebajikan dan hal-hal bermanfaat sesuai dengan ketentuan syari’at. Metode ini sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja dalam kehidupan sehari-hari.macam Metode Peningkatan Kualitas Akhlak 1. Metode Taat Syari’at Metode ini berupa pembenahan diri. aturan-aturan negara.Macam.

 Dalam pelaksanaannya dilakukan pula proses pembiasaan (conditioning) seperti pada “Metode Taat Syari’at” ditambah dengan upaya meneladani perbuatan dari pribadi-pribadi yang dikagumi. Membiasakan diri dengan cara hidup seperti ini secara konsisten akan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan dan sifat-sifat terpuji 5/26/12 . Metode Pengembangan Diri Metode yang bercorak psiko-edukatif ini didasari oleh kesadaran atas kekuatan dan kelemahan diri yang kemudian melahirkan keinginan untuk meningkatkan sifat-sifat baik dan sekaligus menghilangkan sifat-sifat buruk.2.

3. 5/26/12 . Metode Kesufihan Metode ini bercorak spiritual-religius dan bertujuan untuk meningkat kan kualitas pribadi mendekati citra Insan Ideal (Kamil).

• Peningkatan kualitas akhlak dapat pula diupayakan melalui dua proses. yaitu : – – Menghilangkan dan membersihkan diri dari berbagai sifat buruk / akhlak buruk Menghiasi diri dari akhlak yang mulia dan terpuji. 5/26/12 .

• Akhlak yang buruk → Al Baqarah 197 – – – Berkata kotor (rafats) Berbuat jahat (fusuq) Menciptakan permusushan (jadal) 5/26/12 .

• Akhlak yang baik → Rasulullah – – – Bertutur kata yang baik Dermawan dan santun yang dibuktikan dengan memberi makan kepada fakir miskin Sabar dan syukur serta ikhlas dalam melaksanakan perintah Allah SWT 5/26/12 .

• Nabi Muhammad saw menjelaskan. “Yang paling sempurna iman orang mukmin adalah yang paling baik akhlaknya”. (HR Muslim) Salah satu hadist Nabi Muhammad saw : 5/26/12 .

Menerapkan metode – metode Peningkatan Kualitas Akhlak dalam Kehidupan a. Membiasakan konsisten untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan terpuji dan menghilangkan sifat-sifat 5/26/12 tercela yang ada pada diri . Menjauhi permusuhan c. Membiasakan diri untuk selalu melakukan kebaikan dan menjauhi yang di larang syara’ b.

Meningkatknya Zakat. dan Selalu mengingat Allah • • Hablum minannas yang semakin baik Menjaga lingkungan dengan mengingat Allah 5/26/12 . Meningkatknya Puasa. Haji mabrur (jika mampu).Manfaat peningkatan akhlak • Hablum minallah yang semakin baik ü ü ü ü ü Meningkatknya kualitas salat.

PERAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN MANUSIA TAQWA Click to edit Master subtitle style 5/26/12 .

dan janganlah kalian mati." (Al-Imron : 102) 5/26/12 .Apasih taqwa dan akhlak itu? "Hai Orang-orang beriman bertaqwalah kamu kepada Allah. melainkan dalam keadaan beragama islam. dengan sebenar-benar taqwa.

Pengertian akhlak • • Akhlak : sifat yang ada dalam diri manusia yang dapat dibentuk. . dan kematian a. dilakukan secara spontan dan terus menerus Ciri manusia memiliki akhlak islami : Tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu b. Selalu mengingat keimanan. Akhlaknya mencakup semua aspek kehidupan c. hari 5/26/12kiamat.

baik ketika senang . ü Mendirikan Sholat lima waktu. ü Orang yang selalu memberikan sebahagian dari rezeki yang 5/26/12 diperolehnya. ü Beriman kepada perkara-perkara yang gaib.Lalu apakah parameter manusia taqwa? Beberapa Ciri-ciri Orang Bertaqwa Dalam Alqur’an : ü Meyakini tanpa keraguan bahwa Alqur’an sebagai pedoman hidupnya.

Hubungan akhlak dengan manusia taqwa • Jika semua akhlak islami telah terpenuhi. Nilai-nilai kemanusiaan sebagai akibat ketaqwaan yang dibentuk oleh akhlak itu diantaranya : 5/26/12 . maka akan tercipta manusia taqwa.

Pengembangan Pemahaman Akhlak Terhadap Tasawuf dan Tarekat Islam Click to edit Master subtitle style 5/26/12 .

maka yang akan keluar adalah perbuatan-perbuatan yang baik 5/26/12 Dalam tasawuf. .Akhlak Terhadap Tasawuf Tasaw uf Akhlak Proses pendekatan diri kepada Allah dengan cara mensucikan hati (tasfiat al-qalbi). Jika hatinya bersih dan suci. bahwa Allah Yang Maha Suci tidak didekati kecuali oleh hati yang suci.

ex: keilmuan. keteladanan Bahagia Lahir dan pembiasaan & Ilmu Akhlak Akhlaq (lahir) 5/26/12 + Tasawuf (batin) = Batin . dan bagaimana mengubah makhluk buruk agar menjadi baik secara lahir. agar setelah hatinya suci yang muncul dari perilakunya adalah al-akhlak al-karimah Mana yang baik dan yang buruk.Ilmu (Akhlak + Tasawuf) Ilmu Tasaw uf Bagaimana cara mensucikan hati (tashfiat al-qalb).

T Tasawuf Akhlak 5/26/12 .Akhlak Terhadap Tarekat Tareka t Suatu metode atau cara yang harus ditempuh oleh orang yang menempuh kehidupan (salik) dalam rangka membersihkan jiwanya sehingga dapat mendekatkan diri kepada Allah S.W.

Rasul menjawab:”Hendaklah engkau beriman kepada Allah. maka sesungguhnya Allah melihatmu” 5/26/12 . hari akhir. berpuasa di bulan Ramdhan dan menunaikan ibadah haji jika mampu”. Bahwa nabi Muhammad utusan Allah. dan hendaklah kamu beriman dengan ketentuan Allah. para rasulnya. kitab-kitab sucinya. Ceritakan kepadaku tentang iman. mengeluarkan zakat. kepada malaikat-malaikatnya. baik yang baik maupun yang buruk”. mendirikan shalat. Rasul menjawab: “hendaklah engkau bersaksi bahwa  tidak ada tuhan selain Allah. Apabila engkau tidak mampu melihat-Nya. Ceritakan kepadaku tentang ihsan. Rasul menjawab:”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihatnya.“Wahai Muhammad ceritakan kepadaku tentang Islam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->