MENGIDENIFIKASIKAN CIRI-CIRI KERAJAAN HINDU

A. PEMBUKAAN Agama Hindu berkembang di Indonesia disebarkan oleh kaum Brahmana melalui beberapa tahapan. Kerajaan hindu pertama di Indonesia adalah Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur. Dan kemudian berkembanglah kerajaan-kerajaan Hindu lain seperti Kerajaan Tarumanegara, Pajajaran, Holing, Mataram Lama, dan lain-lain. Untuk memudahkan kita dalam mempelajarinya, terlebih dahulu kita harus mempelajari ciriciri kerajaan tersebut. B. ISI 1. Kerajaan Kutai Kerajaan Kutai merupakan Kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Peninggalannya yaitu 7 buah tugu batu yang bertuliskan huruf Pallawa dengan bahasa Sansekerta yang dikenal dengan Yupa. Peninggalan yang lain berupa Waprakeswara yang berarti daerah tempat mengadakan pemujaan terhadap Dewa Siwa. Kerajaan Kutai mencapai kejayaannya pada masa pemerintahan Mulawarman. Keterangan menunjukkan bahwa Mulawarma melakukan Yadnya di Waprakeswara dengan mempersembahkan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana. Sehingga Raja Mulawarma dikenal sebagai raja yang arif dan bijaksana. 2. Kerajaan Tarumanegara Kerajaan Tarumanegara terletak di tepi sungai Citarum, Jawa Barat. Peninggalan Kerajaan Tarumanegara berupa 7 prasasti yaitu: 1. Prasasti Ciaruteun Merupakan sebuah batu tulis. Di batu itu terdapat gambar telapak kaki Raja Purnawarman yang disamakan sebagai telapak kaki Dewa Wisnu 2. Prasasti Pasir Awu 3. Prasasti Muara Cianten 4. Prasasti Jambu 5. Prasasti Lebak 6. Prasasti Kebon Kopi 7. Prasasti Tugu Prasasti Tugu berisi tentang keterangan lain tentang sejarah Tarumanegara Raja yang terkenal di Kerajaan Tarumanegara yaitu Raja Purnawarman karena berhasil menciptakan kerajaan yang adil dan sejahtera

Kerajaan Holing Kerajaan Holing diperkirakan terletak di Jawa Tengah. Prasasti Kedu Berisi daftar nama-nama Raja Mataram yang memerintah sebelum Balitung d. Prasati Dinoyo Berisi tentang seorang raja bijaksana yang bernama Dewa Simba dan Putranya Gajahyana yang membangun patung Rsi Agatsya Selain prasasti peninggalan-peninggalan Kerajaan Mataram juga berupa candi.3. Kerajaan Holing pernah diperintah oleh Ratu Sima yang sangan tegas dan disiplin dalam memerintah kerajaannya. Tetapi kemudian disatukan kembali oleh Rakai Pikatan. Prasasti Kelurak Berisi tentang pembuatan Arca Manjusri oleh Raja Indra dan pembangunan Candi Sewu e. Kerajaan Mataram Lama Beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Mataram yang berupa prasati yaitu: a. Mataram kuno sempat terpecah menjadi 2 yaitu Dinasti Syailendra yang beragama Budha dan Dinasti Sanjaya yang beragama Hindu. Tak satupun rakyat yang berani menentang perintahnya sehingga kerajaan menjadi tenteram dan aman. Peninggalan-peninggalan itu berupa arca-arca sebagai bukti telah berkembangnya agama Hindu dengan cepat 4. Kerajaan Pajajaran Dari Kerajaan Pajajaran banyak ditemukan peninggalan-peninggalan yang menunjukkan kehidupan disana. Prasasti Canggal Berisi Raja Sanjaya yang mendirikan sebuah lingga sebagai symbol pemujaan Dewa Siwa c. Peninggalan terbesar dari pemerintahan Raja Balitung yaitu Candi Prambanan . Prasasti Kalasan Prasasti ini berisi tentang para guru raja yang berhasi membujuk raja untuk membangun candi Kalasan yang terletak di Desa Kalasan di sebelah Timur Yogyakarta b. Rakai Pikatan kemudian digantikan oleh Raja Balitung yang merupakan Raja termashyur. seorang pendeta datang ke Holing untuk menterjemahkan buku Hinayana dari bahasa Sansekerta ke bahasa Cina dengan bantuan seorang pendeta yang bernama Janabadra 5. Dalam catatan Cina.

Calon Arang merupakan presentasi dari kebenaran melawan kejahatan. Hal ini menunjukkan pada masa pemerintahannya telah terjalin kerukunan beragama b. Peninggalan sejarah Kerajaan Medang Kamulan yaitu bangunan suci sepertti Candi Lor. dan Candi Sumber Nanas. Sayang. Semaradhana yang ditulis oleh Mpu Darmaja 4. kekuasaannya berakhir akibat serangan Raja Wurari c. Yang akan selalu dimenangkan oleh kebenaran 7. Bharatayudha yang ditulis oleh Mpu Sedah 2. Kitab Gatotkaca dan Hariwangsa oleh Mpu Panuluh 3. Kekawin Lubdaka atau Wertasancaya oleh Mpu Tanakung 5. Airlangga juga melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kemakmuran rakyatnya. Selain memindahkan pusat pemerintahan. ia melakukan beberapa usaha untuk mewujudkan itu. Candi Songgoriti. Kerajaan Medang Kemulan Kerajaan Medang Kamulan didirikan oleh Mpu Sindok. Mpu Sindok beragama Hindu tetapi dia juga mengijinkan usaha untuk menghimpun agama Budha. Dharmawangsa Dharmawangsa bercita-cita untuk menguasai pelayaran di Indonesia. Kerajaan Kediri Kerajaan Kediri merupakan kerajaan yang maju di bidang sastra. Candi Gunung Gangsir. Berikut merupakan nama rajaraja yang pernah memerintah Medang Kamulan a. Raja Jayabaya terkenal dengan ramalannya Jangka Jayabaya . ia memindahkan pusat pemerintahan dari Watan Mas ke Kahuripan. Banyak karya sastra terkenal yang tercipta seperti: 1. Jadi. Airlangga dipatungkan dalam wujud Dewa Wisnu mengendarai garuda Dari Medang Kamulan ada sebuah cerita yang terkenal yaitu Calon Arang. Airlangga Untuk menyatukan kembali Medang Kemulan akibat dari pralaya. Kresnayana oleh Mpu Triguna Raja yang terkenal di Kerajaan Kediri yaitu Raja Jayabaya. Mpu Sindok Mpu Sindok pernah memindahkan pusat pemerintahan Medang Kamulan ke Jawa Timur untuk menghindari ancaman dari Sriwijaya dan bencana alam.6.

Wilayah Kerajaan Majapahit disebut juga dengan Nusantara Raja-raja yang pernah memerintah Majapahit seperti Raden Wijaya. Peninggalan sejarahnya antara lain: 1. Peninggalanpeninggalan tersebut masih terpelihara hingga saat ini. karya-karya seni dan sistem pemerintahan yang terkenal. Prasasti yang dikeluarkan oleh raja Anak Wungsu 3. Majapahit merupakan kerajaan besar yang disegani banyak negara asing. prasasti. PENUTUP Mencermati paparan sejarah dapat kita jadikan sebagai suatu cerminan untuk lebih menghargai sejarah Hindu yang telah melahirkan karya-karya satra. dan Wikramawardana. Peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit berupa candi-candi . Kerajaan Majapahit Kerajaan ini didirikan setelah peristiwa runtuhnya Singosari. puncak perkembangannya pada zaman raja Waturenggong. Sri Jayanegara. Hal itu merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Hindu. Tribhuanatunggadewi. Kerajaan Hindu di Bali Perkembangan agama Hindu di Bali dimulai pada abad ke-8 Masehi.8. Prasasti Blanjong 2. Pura Besakih yang merupakan pura terbesar di Bali C. dan beberapa karya sastra dari pujangga terkenal 9. Oleh karena itu. Agar generasi yang akan datang bisa melihat dan bangga akan karya-karya sejarah dari umat Hindu . Hayam Wuruk.bangunanbangunan suci . kita sebagai generasi muda harus ikut melestarikan peninggalan-peninggalan ini.

TUGAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENGIDENTIFIKASIKAN CIRI-CIRI KERAJAAN HINDU KELOMPOK 7 WIRA DHARMA (25) WINDANIA TRISNA D (26) YOLANDA YULIKAYANI (27) SMP CIPTA DHARMA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful