A. Makanan 1.

Asam Pedas (Provinsi Riau)

Asam pedas (bahasa Melayu) atau asam padeh (bahasa Minangkabau) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau dan Melayu (Riau, Jambi, dan Semenanjung Malaya) yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Masakan ini menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya. 2. Sate Padang (Provinsi Sumatera Utara)

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.

kemudian ditambah gula merah. Bagi masyarakat asli Palembang. cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Gudeg (provinsi Yogyakarta) Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. telur. Pempek Palembang (Provinsi Palembang) Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. dan garam. ayam kampung. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Cuko dibuat dari air yang dididihkan. udang ebi dan cabe rawit tumbuk. Perlu waktu berjamjam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. .3. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklatcoklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). tahu dan sambal goreng krecek. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh). 4. bawang putih.

Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut.B. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Batik (Jawa) Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Malaysia. termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Dalam literatur internasional. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang. Pakaian 1. 2. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Songket (Sumatera Selatan) Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu di Indonesia. dan Brunei. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. .

Ulos (Sumatera Utara) Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Sumatera. Oleh sebab itu. maupun cara-cara memberikan ragam hias yang sesuai dengan perkembangan kebudayaan masyarakat.3. ulos berarti kain. munculnya kain tapis ini ditempuh melalui tahap-tahap waktu yang mengarah kepada kesempurnaan teknik tenun. hitam. Dari bahasa asalnya. 4. Tapis (Lampung) Kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung dalam menyelaraskan kehidupannya baik terhadap lingkungannya maupun Sang Pencipta Alam Semesta. dan putih yang dihiasi oleh ragam tenunan dari benang emas atau perak. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Palembang. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak. Mulanya ulos dikenakan di dalam bentuk selendang atau sarung saja. Warna dominan pada ulos adalah merah. yaitu menggunakan alat tenun bukan mesin. kerap digunakan pada perhelatan resmi atau upacara adat Batak .

seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah kereta perang. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. kereta kencana dan kereta kuda. tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Transportasi 1. 2.C. Helicak. . dan becak digantikan dengan Bajaj. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah. yaitu Charles Theodore Deeleman. Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya. Becak Becak (dari bahasa Hokkien: be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Delman Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua. sehingga jumlah pengemudi becak didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi sangat tinggi.

Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. 4. Walaupun secara hukum pihak berwajib (DLLAJR) provinsi Gorontalo tidak memberikan izin beroperasinya kendaraan ini. Bajaj Bajaj (dilafalkan "ba-jai") merupakan kendaraan beroda tiga yang banyak digunakan di Jakarta. Bentor Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. bajaj juga ditemukan di kota Banjarmasin dan Pekanbaru serta beberapa ibukota kabupaten di Indonesia. Selain di Jakarta.3. namun jumlah kendaraan ini dari hari ke hari makin bertambah. .

w. Indonesia. yang diadakan pada tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul awal tahun Hijrah) di alun-alun utara Surakarta dan Yogyakarta. 2. dan keluarga yang ditinggalkan akan senantiasa beranggapan demikian (tertidur). Jenasah diletakkan selayaknya sedang tidur. pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.D. Sekaten (Yogyakarta) Sekaten atau upacara Sekaten (berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat) adalah acara peringatan ulang tahun nabi Muhammad s. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I. Tidak ada airmata. karena jenasah secara sementara waktu tidak ada dan akan menjalani reinkarnasa atau menemukan pengistirahatan terakhir di Moksha (bebas dari roda kematian dan reinkarnasi). Acara Ngaben merupakan suatu ritual yang dilaksanakan guna mengirim jenasah kepada kehidupan mendatang. Ngaben (Bali) Ngaben adalah upacara pembakaran jenazah atau kremasi umat Hindu di Bali. Kebudayaan 1. .a.

dapat pula dititipkan persembahan korban sembelihan melalui sanak keluarganya yang sedang diupacarakan. Upacara Manyanggar Manyanggar atau ruwatan bumi dan atau manenga lewu biasa dilakukan oleh suku Dayak Ngaju sebagai masyarakat local yang bermukim di wilayah hutan – lahan gambut Kabupaten Kapuas. tapi juga pada harta benda berupa pakaian. Rambu Solo (Kalimantan) Rambu solo merupakan upacara pembekalan dan persembahan kepada yang meninggal untuk melangkah ke alam roh. 4.3. perhiasan. Dalam setiap upacara inilah kesetiaan dan kecintaan setiap toraja kepada para leluhurnya. Pulang Pisau dan Barito Selatan dan Kota Palangkaraya. kembali kepada keabadian bersama para leluhur melalui sebuah peristirahatan yang disebut PUYA. . Kepada leluhur yang telah meniggal jauh sebelumnya. di dalam hidup dan matinya. Upacara adat ini salah satu bagian terpenting bagi suku dayak ngaju dalam memberikan ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta (Tuhan) dan Penghuni Alam Semesta atau alam gaib. hingga uang yang dihantarkan bersama jasad orang yang meniggal ke tempat pekuburan. Bekal dan pendamping perjalanan menuju keabadian ini tidak terbatas pada hewan korban yang disembelih pada upacara saja.

Sedangkan di Sulawesi Utara. dilakukan di pekarangan rumah yang kondisi tanahnya keras dan datar. menurut kebiasaan di daerah masing-masing. Gasing Gasing merupakan salah satu permainan tradisional Nusantara. Biasanya. Permainan ini dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa. Permainan 1. Permainan gasing dapat dilakukan secara perorangan ataupun beregu dengan jumlah pemain yang bervariasi. . sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada. Kepulauan Riau. permainan gasing telah ada jauh sebelum penjajahan Belanda. walaupun sejarah penyebarannya belum diketahui secara pasti. Congklak Congkak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan. 2. gasing mulai dikenal sejak 1930-an. Di wilayah Pulau Tujuh (Natuna).E. Biasanya dalam permainan.

atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri. Seringkali digunakan pada acara tertentu misalnya ketika bulan Ramadhan atau saat2 lainnya. untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Hal yang cukup melelahkan yaitu meniup asap yang ada didalam bamboo akibat ledakan agar keluar dari bambu. permainannya seperti membuat meriam tiruan dari bambu yang berdiameter cukup besar. Meriam Bambu Meriam bambu atau meriam buluh adalah permainan yang tidak asing lagi. 4. Suara dentuman yang keluar dari meriam inilah yang menjadi keasyikan tersendiri dalam permainan ini. .3. Egrang Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah.

buah pikiran. bukti historis. dengan menggunakan kabelkabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi yang lain melalui bawah laut . dan pedoman kerja. Surat Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. akurat dan terdokumentasi. alat bukti tertulis. alat pengingat. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.[1] Pada umumnya. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan. Komunikasi 1. Telegram Telegram adalah fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan informasi jarak jauh dengan cepat. 2. dan gagasan. dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman.F. Telegram berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh alat yang disebut telegraf. permintaan.

Dalam bidang yang lain.3. . Telepon Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin. 4. mesin faks juga dapat disebut telecopier. Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya. yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Faksimile Faksimile atau biasa dikenal dengan faks.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful