YOGA

1. Definisi Yoga berasal dari bahasa Sansekerta “yuj” yang artinya union atau penyatuan. Beberapa pengertian menyatu antara lain : a. Penyatuan antara spirit (jivatman) dengan spirit universal (paramatman) – Brahma Khumari b. Penyatuan antara tubuh, pikiran dan jiwa – Sivanada c. Penyatuan antara tubuh, napas dan pikiran – the art of living Menurut kitab kuno, yoga adalah ilmu yang memungkinkan kita menjalani kehidupan yang harmonis melalui pengendalian pikiran dan tubuh. Yoga hatha adalah penggabungan energi dari Ha(energi maskulin matahari) dengan Tha(energi feminim bulan). Bergabungnya kedua energi tersebut menyeimbangkan tubuh serta menghasilkan keselarasan dan keseimbangan. Anda tidak akan menderita karena perubahan suasana hati atau depresi. Anda akan merasa tanpa beban dan siap menjalani kehidupan. Prinsip dasar yoga adalah mendisiplinkan tubuh sebelum melatih pikiran untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Yoga hatha merupakan tingkatan pertama karena hanya berkonsentrasi pada fisik. Peregangan yang dalam dan gerakan yang mengalir membuka ebergi, meningkatkan stamina dan mengencangkan otot tubuh. Apabila dikombinasikan dengan cara bernapas yang benar, yoga akan meningkatkan vitalias dan energi sekaligus mendisiplinkan pikiran. 2. Kegiatan Dasar Dalam Melakukan yoga : a. Berpikir, berkata dan berbuat benar (trikaya parisudha) b. Latihan fisik (asana) c. Latihan napas (pranayama) d. Istirahat (relaksasi) e. Meditasi f. Pola makan yang benar

bisa dilakukan di dalam atau pun di luar ruangan k. saat melahirkan dan setelah melahirkan i. . Dapat dilakukan bagi orang dalam berbagai tingkat kemampuan. Dapat dilakukan oleh orang sehat. Dapat dilakukan mulai dari usia bayi sampai usia lanjut h. 4. Mulai dari gerakan sederhana sampai gerakan dengan tingkat kesulitan tinggi j. Manfaat Yoga Pada Organ Tubuh a.3. maksudnya gerakan sinkron dengan pernapasan sehingga suplai oksigen selalu cukup d. Keunggulan Yoga Yoga memiliki keunggulan lain dibandingkan dengan jenis olah yag tubuh lain. antara lain : a. Dari aspek pernapasan tiak ada utang oksigen atau oxygen debt.pertama yaitu puraka. Mulai dari yang kaku sampai yang sangat lentur. Pada keadaan normal udara masuk ke dalam paru-paru melalui hidung. e. membuat orang yang melakukan yoga cenderung introver dan menguasai diri. Latihan yoga tidak tergantung pada cuaca. Efek latihan mempengaruhi banyak organ atau sistem fisiologi c. sehingga tidak menimbulkan rasa lelah. Udara dapat ditahan saat inspirasi. inspirasi atau menarik napas. sakit. Sistem pernafasan Pada yoga terdapat sesi khusus latihan pernapasan yang sangat penting. Bisa dilakukan sendiri maupun secara kelompok l. Kedua kumbhaka yaitu retensi atau menahan napas. disebut pranayama. Anabolik. Sedatif atau bersifat menenangkan f. Subjektif. karena satu posisi dipertahankan beberapa saat b. Dari pemula sampai tingkat mahir. Pada yoga mengatur napas secara lambat dan dalam yaitu sekitar 3-4 kali per menit. Yoga bersifat statis. Ekstra mundane atau menjernihkan pikiran g. Yang ketiga Rechaka yaitu ekspirasi atau membuang napas. Biaya relatif murah dan tidak memerlukan alat bantu m. Pada prinsip yoga terdapat 4 tahap dalam pernapasan. hamil. terutama dari sisi spiritualnya.

jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru dalam satu menit adalah sebanyak 16 x 500 ml. Yoga juga membuat sel-sel darah putih bekerja dan bergerak lebih aktif sebagai mekanisme pertahanan tubuh. sedangkan pada saat melakukan latihan yoga jumlahnya meningkat hingga 4 x 4800 ml. meningkatkan sirkulasi darah sampai dengan tingkat sel. Dengan demikian melakukannyoga akan memperkaya oksigen di dalam tubh. Terakhir sunyaka yaitu suspensi atau menunda napas. 5. sehingga para peyoga memiliki detak nadi relatif lambat seperti para atlet. c. . yaitu menurunkan laju atau frekuensi detak jantung (efek kronotropik negatif) dan meningkatkan kekuatan kontraksi jantung (efek inotropik positif). Latihan yoga akan meningkatkan jumlah udara yang dipertukarkan di dalam paru-paru. Beberapa manfaat yoga terhadap sistem pernapasan antara lain meningkatkan kapasitas pernapasan. menambah suplai oksigen dan mempraktikkan napas yoga lengkap yang dipadu dengan asana meiliki efek terapi. Pembuluh darah Manfaat yoga pada pembuluh darah antara lain dapat membantu mengembalikan darah ke jantung. Selain itu distribusi dan aliran darah akan menjadi lebih baik dan merata. Jenis Yoga a. memperbaiki sistem pembuluh darah kecil. dan jiwa. b. Jantung Berlatih yoga akan memberikan manfaat langsung pada jantung.Udara keluar dari paru-paru melalui hidung. d. pikiran. Pada kondisi normal. memperbaiki pengaturan napas. Darah Pengaruh latihan yoga pada sel darah merah adalah memperkaya oksigen sehingga oksigenasi sel membaik. Sesudah membuang napas ada sedikit jeda sebelum menarik napas lagi. Normalnya kita hanya memakai 10-15% saja dari kemampuan kita dalam bernapas sehari-hari. membersihkan kerak kolesterol dan melancarkan aliran darah dan menormalkan tekanan darah. Hatha Yoga Hatha Yoga adalah istilah yang memayungi cabang yoga yang menggunakan latihan fisik untuk mencapai keseimbangan dan keselarasan tubuh.

Banyak guru yoga dari disiplin lain juga belajar teknik Iyengar Yoga untuk memperkuat basis dan pegertian mereka akan alignment. dan kadangkadang meditasi singkat. Viniyoga Viniyoga biasanya diajarkan secara one-on-one atau privat dan lebih dikenal sebagai jenis yoga terapi. Teknik pernapasan baru diajarkan setelah latihan asana agak lama. dan emosional muridnya sebelum menciptakan latihan yoga yang cocok yang juga mudah dilakukan di rumah oleh sang murid. Latihan kebanyakan menggunakan alat-alat yoga atau peralatan seperti balok. Iyengar Yoga Iyengar Yoga cocok untuk orang yang lebih menyukai presisi dan mekanik dari tubuh dibandingkan gerakan tubuh. dan fleksibilitas. serta bangku untuk mendapatkan alignment yang tepat. b. Praktisi juga menggunakan bandha atau penguncian energy. pengalaman. c. Jenis yoga ini cocok untuk orang yang menyukai gerakan fiisk yang keras dan memeras keringat. Ashtanga Vinyasa Yoga juga adalah inspirasi bagi jenis yoga “hybrid” yang dikembangkan di dunia barat: Power Yoga. mengambil dari berbagai tradisi yoga. Latihan yoga mencakup latihan gerakan. Jenis ini lebih mengutamakan penyusunan gerakan yang sempurna lewat teknik alignment atau kesejajaran pada presisi yang tinggi untuk mencapai manfaat yang maksimal bagi kesehatan. mental. Alat-alat bantu ini membuat postur lebih dapat dicapai bagi praktisi yoga di berbagai tingkat. . Dalam berlatih Ashtanga. pranamyama. Ashtanga Vinyasa Yoga Jenis yoga ini dinamis dan sering disebut yoga “aerobik” oleh mereka yang tidak menyukainya. dan drishti atau focus pandangan mata untuk menjaga agar pandangan mereka tidak kemana-mana. tapi banyak sisi lain dari Ashtanga Vinyasa Yoga selain aspek fisiknya. Biasanya sang guru akan mnegakses kondisi fisik. d.Biasanya latihan Hatha Yoga mengkombinasikan asana. praktisi menyinkronkan teknik napas Ujjayi dengan gerakan-gerakan yoga yang dilakukan dengan terus mengalir. yang kebanyakan mengembangkan gaya mereka sendiri. tali. Gaya mengajar dan tingkat kesulitannya tergantung guru yang mengajar.

Setiap sesi latihan kundalini memiliki tujuan tertentu. DAFTAR PUSTAKA Asmarani. Wiadnyana. asana.meditasi untik membangun energy spiritual yang konon “berbaring” di dasar tubuh manusia (atau lantai panggul manusia). sampai kegiatan yang tidak terkait dengan yoga seperti memainkan instrument musik. Kelas Anusara Yoga bisa bersifat inspiratif secara spiritual. Ini hanya sebagian dari sekian banyak jenis Hatha Yoga yang berkembang sekarang. Latihan dilakukan lebih perlahan dan lembut. meditasi. Latihan yoga ini dilakukan di dalam ruangan yang dipanaskan antara 36 sampai 42 derajat Celsius untuk menstimulasi tubuh mengeluarkan toksin melalui keringat dan membantu meregangkan tubuh lebih jauh. Sivananda Yoga Jenis yoga ini cocok bagi mereka yang menginginkan latihan yoga yang mencakup gerakan fisik dan bakti yoga atau yoga yang mengutamakan pembaktian. dan nyanyian. M. dan relaksasi. Devi. Jakarta:Gramedia. Lalvani. serta . Dasar Dasar Yoga. Setiap latihan terdiri dari dua teknik pranayama dan 24 jenis asana.pernapasan. seperti membangun sistem kekebalan tubuh. latihan pernapasan. Jenis yoga lain Salah satu jenis yoga ynag sedang popular adalah Bikram Yoga . tetapi juga cukup berat secara fisik.S. Setiap latihan mencakup latihan pranayamna. . f. Vimla. nyanyian puji-pujian. 2005. Yoga Untuk Semua. The Power of Yoga for Middle Age. e. Jakarta: Gramedia. Banyak lagi tradisi yoga lainnya yang dikembangkan di India dan di dunia barat. Jakarta: Erlangga. Kundalini Yoga menggabungkan gerakan-gerakan yang repetitive. Jenis yoga ini sangat menaruh perhatian pada alignment tubuh bagian dalam dan luar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful