BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Air merupakan salah satu sumberdaya alam yang memiliki fungsi sangat penting bagi hidup dan kehidupan seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Air adalah asal muasal dari segala macam bentuk kehidupan di planet bumi ini. Dari air bermula kehidupan dan karena air peradaban tumbuh dan berkembang. Tanpa air, berbagai proses kehidupan tidak dapat berlangsung, sehingga penyediaan air untuk kebutuhan domestik, irigasi dan industri menjadi perhatian dan prioritas utama. Karena itulah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mendeklarasikan bahwa air merupakan hak azasi manusia; artinya, setiap manusia di muka bumi ini mempunyai hak dasar yang sama terhadap pemakaian air. Di Indonesia, hak masyarakat terhadap penggunaan air dijamin melalui Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Undang- Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Dalam perkembangannya, air secara sangat cepat menjadi sumberdaya yang makin langka dan relatif tidak ada sumber penggantinya. Meskipun Indonesia termasuk 10 negara kaya air, namun dalam pemanfaatannya terdapat permasalahan mendasar yang masih terjadi. Pertama, adanya variasi musim dan ketimpangan spasial ketersediaan air. Pada musim hujan, beberapa bagian di Indonesia mengalami kelimpahan air yang luar biasa besar sehingga berakibat terjadinya banjir dan kerusakan lain yang ditimbulkannya. Di sisi lain, pada musim kering kekurangan air dan kekeringan menjadi bencana di beberapa wilayah lainnya. Permasalahan mendasar yang kedua adalah terbatasnya jumlah air yang dapat dieksplorasi dan dikonsumsi, sedangkan jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menyebabkan kebutuhan air baku meningkat secara drastis. Masalah kualitas air semakin mempersempit alternative sumber-sumber air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena pentingnya air, maka adalah hal yang wajar jika sektor air minum mendapatkan prioritas penanganan utama karena menyangkut kehidupan orang banyak. Penanganan akan pemenuhan kebutuhan air minum dapat dilakukan dengan berbagai cara, disesuaikan dengan

Proposal Tesis

I -1

tekanan air kurang. Pada kawasan urban. Di daerah perkotaan. Secara umum masyarakat di Kecamatan Colomadu mempunyai tingkat ekonomi dan status sosial yang beragam. Pengelolaan sistem penyediaan air minum untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Karanganyar dilaksanakan oleh PDAM Tirta Lawu Kabupaten Karanganyar yang merupakan perusahaan milik pemerintah Kabupaten Karanganyar. sistem penyediaan air minum dilakukan dengan sistem perpipaan dan non perpipaan. Sama dengan PDAM lainnya di Indonesia. sistem penyediaan air minum di Kecamatan Colomadu belum dapat berjalan dengan lancar. Dari survey lokasi daerah layanan PDAM di Kecamatan Colomadu. ternyata terindikasi bahwa debit aliran kecil (kurang mencukupi). Sama halnya dengan unit pelayanan di Kecamatan Colomadu. Kualitas pelayanan air minum perpipaan tergantung pada kondisi jaringan pipa distribusi air dan kinerja pelayanan. Keberagaman ini memungkinkan terjadinya presepsi yang beragam pula terhadap keberadaan PDAM dalam menyediakan air minum perpipaan. yaitu : Proposal Tesis I -2 . PDAM Tirta Lawu Kabupaten Karanganyar juga mempunyai masalah yang sama yaitu tingkat pelayanan (coverage level) yang rendah dan tingkat kehilangan air (uncounted water) yang relative tinggi. topografi dan kebiasaan sosial masyarakat pada khususnya. menyangkut tingkat ekonomi. Terdapat beberapa permasalahan yang timbul dalam proses penyediaan air selama ini. Saat ini sistem penyediaan air minum tidak semata-mata dikelola PDAM. Sistem penyediaan air minum yang dikelola PDAM akan menghasilkan kualitas dan kuantitas pelayanan yang berbeda dari satu unit layanan dengan unit layanan lainnya. Kelompok masyarakat. Dalam pelaksanaannya. kebutuhan akan air minum membentuk pola tersendiri yang sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk di kawasan perumahan tersebut dan karakteristik masyarakat yang ada. koperasi maupun swasta dapat berperan serta dalam mengelola penyediaan air minum.sarana dan prasarana yang ada. aliran berlangsung secara tidak kontinyu atau jam-jam pengaliran sering tidak menentu sehingga sangat merugikan pelanggan.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Konsumsi air akan selalu mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan populasi. 1.2. yang dapat dilihat dari pasokan air tidak dalam 24 jam. maka perlu dilakukan studi tentang kinerja pelayanan penyediaan air minum. Di lain sisi Kecamatan Colomadu adalah kawasan yang berkembang pesat. b. c. perlu adanya perbaikan sistem penyediaan air minum PDAM di Kecamatan Colomadu secara keseluruhan untuk meningkatkan kemampuan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat. Pertumbuhan penduduk akan meningkatkan jumlah kebutuhan air secara umum karena bertambahnya konsumsi air. Dengan demikian dapat diketahui gambaran nyata tentang kondisi penyediaan air minum termasuk berbagai permasalahannya untuk dapat dicari cara pemecahannya. Maksud dan Tujuan Penelitian Maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sistem distribusi air minum yang telah dilakukan oleh PDAM Unit Colomadu dalam memenuhi kebutuhan air minum. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pelayanan PDAM Unit Colomadu dan bagaimana sebenarnya masyarakat Colomadu menghadapi persoalan ini. Debit pengambilan dari sumber air baku sumur dalam tidak bisa maksimal sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan pelanggan. Disamping itu dapat diketahui adanya kerawanan air minum yang timbul pada kawasan yang menjadi obyek studi sehingga hal ini akan dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi para perencana wialayah khususnya pihak PDAM. Sistem distribusi tidak mampu memenuhi kebutuhan air seluruh pelanggan. Melihat kondisi dan kenyataan tersebut. Proposal Tesis I -3 . Presepsi masyarakat setempat meyakini bahwa debit air PDAM tidak akan mampu memenuhi kebutuhan air di wilayah tersebut.a. Mengidentifikasi pola pemakaian air minum oleh masyarakat Colomadu.

yang meliputi indikator unjuk kerja yaitu keandalan (reliability). Menganalisis kualitas dan kuantitas air minum yang dihasilkan oleh PDAM.2. Mengevaluasi kinerja sistem penyediaan air minum yang ada saat ini. kelentingan (resiliency). dan tekanan. dan kondisi tekanan. kelentingan (resiliency). 5. dibandingkan dengan besarnya kebutuhan air minum di Kecamatan Colomadu. Analisis kinerja pelayanan sistem jaringan distribusi air minum yang meliputi indikator unjuk kerja yaitu keandalan (reliability). yang meliputi kapasitas tampungan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. serta kerawanan (vulnerability) 2. debit aliran. 4. yang meliputi pasokan air di jaringan pipa distribusi air minum yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. 1. Ruang Lingkup Penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan hasil analisis terhadap kinerja jaringan. 3. debit aliran. serta kerawanan (vulnerability) 3.3. kecepatan aliran. adalah meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut : 1. Analisis dilakukan dengan pengoperasian program software EPANET 2. Menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air minum dengan meninjau faktor-faktor yang mempengaruhi. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi berjalannya suatu system jaringan distribusi air minum. Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh/persyaratan yang harus terpenuhi agar suatu sistem distribusi air minum dapat berjalan. serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap sistem distribusi air minum PDAM Unit Colomadu dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Colomadu.0 sebagai alat bantu menganalisis faktor-faktor tersebut Proposal Tesis I -4 . kecepatan aliran.

4. yaitu sebagai berikut : 1. Apakah kinerja sistem distribusi air minum PDAM Unit Colomadu telah memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat Colomadu terhadap kebutuhan air minum? 2. Apakah pelayanan yang diberikan oleh PDAM Unit Colomadu telah memberikan pelayanan/hasil kerja yang optimal dalam memenuhi kebutuhan air minum warga Colomadu? 3. yang meliputi factor kualitas. kuantitas. Analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan sistem jaringan distribusi air minum PDAM Unit Colomadu. dan kontinuitas aliran air minum. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang serta maksud dan tujuan dari penelitian ini. maka lebih lanjut akan dikaji masalah kinerja jaringan. Apakah masyarakat telah puas dengan tingkat pelayanan system distribusi air minum yang ada? 4. Proposal Tesis I -5 . Adakah kecenderungan lain dari masyarakat terhadap pemilihan sistem penyediaan air minum yang ada saat ini? 1. Batasan Masalah Penelitian ini merupakan studi lapangan untuk memperoleh gambaran identifikasi kinerja dari sistem jaringan distribusi air minum oleh PDAM Unit Colomadu dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Colomadu. serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap sistem distribusi air minum PDAM Unit Colomadu dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Colomadu.5. 1.4.

4. terutama berdasarkan debit aliran air pada flow meter yang ditinjau terhadap indikator unjuk kerja yang meliputi keandalan (reliability). serta kerawanan (vulnerability). adapun pembatasan permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Analisis kinerja sistem distribusi air minum. rasa. yang dalam penelitian ini adalah warga Colomadu 8. dan kontinuitas 6. 5. dan mengalir secara kontinyu selama 24 jam setiap hari 1.6. Kualitas air minum pada penelitian ini dibatasi pada bau. Kontinuitas aliran air minum yang dimaksud adalah tercukupinya pasokan air minum sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Adapun sistematika penulisan adalah diuraikan sebagai berikut : Proposal Tesis I -6 . Parameter tekanan air dan kontinuitas aliran merupakan faktor penunjang dalam melengkapi hasil analisis terhadap indikator unjuk kerja jaringan sistem distribusi air minum terhadap parameter debit aliran air. maka penelitian ini memerlukan pembatasan permasalahan. Kuantitas air minum yang dimaksud yaitu terpenuhinya kebutuhan setiap pelanggan. yang meliputi kualitas. 3. dan warna dari air minum yang didistribusikan ke pelanggan 7. Tingkat kepuasan pelanggan yang dimaksud pada penelitian ini yaitu mengenai kepuasan terhadap pasokan air minum oleh PDAM Unit Colomadu. Sistematika Penulisan Dalam penelitian ini sistematika penulisan akan disusun menjadi 7 (tujuh) bab yang saling melengkapi dan saling berhubungan sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh. kuantitas. diasumsikan merupakan kemampuan layanan sistem distribusi air minum pada Colomadu. kelentingan (resiliency). Besarnya jumlah air yang tercatat pada meter air pelanggan.Untuk menyesuaikan dengan focus ilmu lingkungan. 2. Penelitian terbatas pada sistem jaringan distribusi air minum di Colomadu yang dikelola oleh PDAM Unit Colomadu.

kondisi topografi. standar debit aliran air minum. serta fasilitas umum dan sosial yang ada Bab IV Metodologi Penelitian Membahas metode penelitian yang berisikan tentang alur piker penelitian. metode pengumpulan data. sistem jaringan distribusi air minum.Bab I Pendahuluan Menguraikan yang menjadi latar belakang penelitian. kondisi perumahan. untuk mengetahui kondisi yang ada di daerah studi. maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Proposal Tesis I -7 . ruang lingkup. standar kualitas air minum. populasi dan sampel penelitian. instrumen penelitian serta pengolahan dan analisis data penelitian. Bab VI Kesimpulan dan Saran Memberikan kesimpulan dari hasil penelitian dan saran-saran yang dianggap perlu untuk meningkatkan kinerja serta tingkat kepuasan pelanggan terhadap sistem distribusi air minum PDAM Unit Colomadu. Bab V Data dan Pembahasan Memaparkan karakteristik data penelitian. klimatologis. pembatasan penelitian. serta tingkat kepuasan terhadap pelayanan sistem jaringan distribusi air minum Bab III Gambaran Umum Lokasi Penelitian Mendeskripsikan tentang gambaran umum lokasi penelitian. dan sistematika dari penulisan laporan penelitian. standar tekanan air. hasil pengolahan data penelitian dan membahas tentang hasil dari penelitian yang dibandingkan dengan studi literatur. Bab II Tinjauan Pustaka Bab ini membahas dasar teori tentang peranan sistem air minum di perkotaan. Analisis jaringan perpipaan. indikator unjuk kerja pengoperasian sistem distribusi air minum. standar kontinuitas aliran. kondisi umum dari lokasi penelitian yang meliputi kependudukan. pembatasan dan perumusan masalah. perekonomian.

Proposal Tesis I -8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful