E-GOV DI CIMAHI A.

LATAR BELAKANG E-Government yang "juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-toCustomer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-toGovernment (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik." Ada banyak pertimbangan dan dampak potensial penerapan dan perancangan e-government, termasuk disintermediasi pemerintah dengan warganya, dampak pada faktor sosial, ekonomi, dan politik, serta halangan oleh status quo pada ranah ini. Pada sejumlah negara seperti Britania Raya, e-government digunakan untuk mengajak kembali ketertarikan warganya pada proses politik. Dalam hal tertentu bahkan dilakukan eksperiman dengan pemilu elektronik, dimana meningkatkan partisipasi pemilu dengan membuat pemilu menjadi mudah. Komisi Pemilihan Umum Britania Raya telah melakukan sejumlah proyek percontohan, meski dibayang-bayangi kekhawatiran akan kecurangan alat ini.

B. IMPLEMENTASI E-GOVERENMENT

ELECTRONIC GOVERMENT

1

Di Cimahi sendiri e-gov terdiri dari 3 klasifikasi pengembangan yang ditujukan untuk mempermudah dalam meningkatkan pelayan publik. Government to Government sendiri terdiri dari beberapa program yang telah dan akan diimplemntasikan dengan tujuan memberikan pelayanan yang prima dan terwujudnya prinsip – prinsip Good Government. Government to Citizen sendiri terdiri dari beberapa program yang telah dan akan diimplemntasikan serta paling mengena secara langsung oleh masyarakat Kota Cimahi antara lain : ELECTRONIC GOVERMENT 1 . Kota maupun Kabupaten di Indonesia. sehingga pelayanan publik yang prima dapat dilaksanakan oleh pemerintah. Program – program tersebut anatara lain dengan diciptakannya program • • • • SIPKD adalah Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah SIMPEG adalah Sistem Manajemen Kepegawaian SIMDA adalah Sistem Administrasi Daerah Dashboard Executive.Electorinic Goverenment atau yang lebih dikenal lagi dengan sebutan e-gov sudah mulai banyak dilakukan dibeberapa daerah baik tingkat Provinsi.

Jamkesmas. SIMPUS adalah Sisitem Informasi Puskesmas 2. program tersebut antara lain : • • • KPPTSP (Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu) CCA ( Cimahi Creative Asotation) BITC Baros Information Technology and Creative KARTU CERDAS Kota yang baru 10 tahun menjadi daerah otonom ini meluncurkan Kartu Cerdas pada Maret lalu.• • • • SIAK adalah Sistem Informasi Administrasi Kependudukan e-KTP Kartu Cerdas E-Society electronic society sendiri terdiri dari beberapa bagian pengembangan antara lain . Sistem Informasi Sekolahan • PESDUK adalah pesan dari penduduk Government to Business sendiri terdiri dari beberapa program yang telah dan akan diimplemntasikan dengan tujuan memberikan informasi digital dalam mempermudah pembuatan perizinan serta memberikan pelatihan bagi masyarakat dalam perkembangan teknologi dengan tujuan masyarakat dapat menggunakan teknologi sebagai salah satu sumber penghasilan daerah . SIMKEL adalah Sistem Informasi Kelurahaan 3. Dikatakan cerdas karena kartu ini tak hanya memberikan keuntungan bagi pasien gakinda (keluarga miskin daerah). atau ELECTRONIC GOVERMENT 1 . 1.

dan lainlain. Perpustakaan. Gakinda. Kepala Badan Arsip. Pihaknya menjadikan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP sebagai titik awal dibangunnya data untuk Kartu Cerdas.go. "Setiap sistem informasi yang menggunakan data penduduk diharapkan mengarnbil sumbernya dari warehouse. BOS. Ada 15 kelurahan dan 4 puskesmas sudah menerapkan ini. Pembuatan dimulai sejak tahun 2009. warga tersebut. Sistem itu dilakukan melalui Komunikasi dan Manajemen Data Nasional Sistem Informasi Keuangan Daerah (Komandan SIKD) Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI. dan Pengelolahan Data Elektronik (KAPPDE) Pemkot Cimahi. jenjang pendidikan. penanggung jawab Kartu Cerdas 2 Gatra Magazine 17 Agustus 2010 halaman 135 ELECTRONIC GOVERMENT 1 . atau bukan. "Ini seperti ATM yang manfaatnya untuk pelayanan publik”1. "Kartu ini dibuat supaya pemberi layanan publik tidak disulitkan lagi oleh data. monitoring. Data kependudukan dari BPS dan data Dinas kesehatan digabungkan dalam warehouse KPPDE ( Kantor Pusat Pengolahan Data Elektronik ) data agar lebih efektif dan efisien. apakah penerima Jamkesmas.depkeu.id Penerapan integrasi data seeara elektronik sudah berlangsung sejak Januari 2010. Data penduduk di warehouse KPPDE Kartu Cerdas tak hanya nama. masyarakat pun dapat mengaksesnya di http://djpk. Kartu cerdas ini dilengkapi dengan barcode yang menyimpan data lengkap pemiliknya. Selain dimonitor langsung oleh Depkeu. dan evaluasi penyerapan APBD lebih transparan dan akuntabel.Jamkeskin (Jaminan Kesehatan Miskin). dan status perkawinan. Ide Kartu Cerdas ini muncul jauh sebelum kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kartu ini dilandasi niat untuk memudahkan publik mendapat pelayanan dari pemkot. maka laporan keuangan. melainkan juga data pekerjaan. Ke depan. warehouse KPPDE juga ikut andil menjadikan Cimahi sebagai kota pertama di Indonesia yang menerapkan integrasi data APBD tahun anggaran 20102. alamat. Tak hanya Kartu Cerdas. Dengan sistern informasi keuangan berbasis teknologi. hasil Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) seeara elektronik. Dari mulai-status. dan dimiliki oleh semua SKPD Pemkot 1 kata Hadi.

Jadi. Program ini bertujuan untuk penertiban adiministrasi dan akuntabilitas keuangan daerah. Pesan yang masuk juga tampil secara realtime di web Pesduk. "Saya sering meluangkan waktu untuk membalas Pesduk. warehouse juga menghasilkan layanan Pesduk. SMS itu akan direspons.juga diklasifikasikan ke sejumlah grup pengaduan.Cimahi. serta kritik yang dikirim masyarakat via pesan singkat (SMS) langsung mampir pada telepon pribadi para pemangku kebijakan. CYBER CREATIVE Saat ini kita kenal creative industry sebagai kegiatan sosial ekonomi yang didukung oleh kreatifitas individual dan kelembagaan yang berkembang di berbagai negara sebagai tuntutan atas pengembangan dari kejenuhan penduduk sekaligus tuntutan pasar. Tak hanya itu.' wakil wali kota. Setiap SMS yang masuk .sampai pembangunan. Lantas." kata Itoc. Pejabat akan menerima langsung untuk ditindak lanjuti. hingga para kepala dinas. alias "Pesan Singkat Penduduk". Dari pendidikan. Dari wali kota. ELECTRONIC GOVERMENT 1 . sekretaris daerah. Lewat Pesduk. pengaduan. saran. Layanan berbasis web dan telepon seluler ini cukup menjadi primadona warga Cimahi. ekonomi.

tengah jawa Barat.government secara efektif dan efisien • Terdapat serat optic baik yang melalui jalan rel kereta api maupun melalui jalur jalan tol yang memungkinkan dibentuknya jaringan informasi berbasis digital • Tiga tingkat arsitektur Data Base Management System (DBMS) memungkinkanmelakukan kegiatan-kegiatan pemerintahan. • • • Wilayah Cimahi hanya 3 kecamatan sangat efektif dan efisien untuk mengembangkan jaringan informasi berbasis digital Cimahi terletak ditengah.Pengembangan kota Cimahi kedepan dapat difokuskan pada pengembangan pelayanan publik yang mendukung pengembangan industri kreatif berbasis digital. bahkan sebagai tempat kegiatan dan pelayanan yang berskala nasional maupun internasional di bidang teknologi informasi yang dilengkapi dengan fasilitas. di BITC juga terdapat ruang penelitian dan pengembangan bidang industri telematika.fasilitas dan perlengkapan IT yang bertumpu pada kecanggihan jaringan fiber optic. Gedung ini dilengkapi juga dengan ruang pelayanan publik atau ruang display informasi layanan umum. • BAROS INFORMATION TECHNOLOGY AND CREATIVE Sejak tahun 2006 secara bertahap telah dibangun BITC (Baros Information Technology and Creative). dan pelayanan kesehatan secara kolektif. fasilitas untuk tenaga ahli IT dalam melakukan penelitian. dengan alasan. Selain sebagai tempat perdagangan atau bisnis. memungkinkan Cimahi dikembangkan sebagai pusat informasi di jawa Barat Terdapat pusat pemerintahan terpadu dalam wilayah tertentu yang memungkinkan menjadi pusat pengembangan e. pendidikan. akan disediakan pula ruang untuk Studio Research and Development bidang informatika dan telekomunikasi. serta tempat untuk mengenalkan dunia teknologi informasi kepada masyarakat sehingga di masyarakat kita pada akhirnya tidak ada lagi gap-digital. Selain itu. ELECTRONIC GOVERMENT 1 .sebuah bangunan yang akan menjadi pusat kegiatan kreatifitas di Jawa Barat.

ruang tempat pelatihan IT. Akan ada juga ruangan untuk display dan simulasi multimedia (auditorium).bahkan secara nasional. Pemerintah Kota Cimahi telah melakukan berbagai upaya. Misalnya.ruang komputer untuk mengakses perkembangan teknologi. Kecil. diskusi dan rapat serta ruang sarana prasarana film dan animasi.SIMKEL) Untuk membangunan koneksifitas jaringan yang memadai. UPAYA PEMERINTAH Untuk mewujudkan cita. BITC nantinya akan dikembangkan menjadi Internet Data Centre (IDC). saat ini baru dapat diselesaikan pemasangan tower di gedung BITC • • Mendorong Sistem Informasi Daerah (SID) Mendorong e-Government to business. Tersedia pula tempat untuk meningkatkan akses ICT seluas-Iuasnya ke lokasi pemukiman. fasilitas sosial dan umum.cita tersebut. melalui portal Kota Cimahi ELECTRONIC GOVERMENT 1 . fasilitas pengembangan dan produksi software untuk film dan animasi. serta menghasilkan inovasi teknologi pengolahan dan produksi untuk Usaha Mikro. melalui memberikan informasi secara digital. Pemerintah Kota Cimahi telah bekerja sama dengan swasta membangun fasilitas data centre dan jaringan fiber optik Kota Cimahi. • Pengembangan infrastuktur jaringan pemerintah daerah dengan akses sampai tingkat kelurahan (SIAK. dan Menengah (UMKM) terutama UMKM di Kota Cimahi dan Jawa Barat. tempat pengembangan Rumah Desain dan Packaging House untuk memberikan pelayanan jasa dibidang desain kemasan dan produk kemasan yang ramah lingkungan. sebagai berikut: • dibentuknya Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) yang saat ini telah dapat melayani perijinan dengan konsep one stop service (OSS) yang menerapkan aplikasi perijinan sebagai dukungan bagi front office dan back office. fasilitas penyimpanan data pengembangan investasi bagi para Internet Sevices Provider (ISP). tempat infrastruktur untuk sentral TV Kabel. tempat seminar.

pelatihan penggunaan e-mail www.go. Diharapkan.Government di tingkat Iawa Barat melalui dukungan terhadap peluncuran program West Java Cyber Province.(http://www.Government to Government (G2G). • Mendorong terselenggaranya e. • • Mendorong pembangunan CHIOS (Cimahi Open Source) sebagai OS legal yang saat ini telah terdaftar di BPPT. Java programming.fasilitas download formulir.Government to Citizen (G2C) dimana masyarakat dapat mengakses informasi melalui portal Kota Cimahi.cimahikota. serta informasi lainnya. • Mendorong terselenggaranya e. • Mendorong diselenggarakannya pelatihan. keluhan dan pengaduan melalui Pesan Singkat Penduduk (Pesduk). interkoneksitas antar pemerintah di Iawa Barat segera terwujud. dan lain-lain.cimahikota. Pemkot Cimahi saat ini masih dalam pengembangan e. peraturan dan prosedur ijin. pelatihan networking.id).go. menyamaikan saran. pelaku usaha/industri dapat mengakses informasi berkenaan dengan peluang dan investasi di Kota Cimahi. Mendorong terbentuknya CCA (Cimahi Creative Asotation) sebagai wadah/organisasi bagi pelaku industri kreatif C.id dan portal jaringan sistem informasi. web programming. KESIMPULAN Tujuan e-Gov Cimahi ELECTRONIC GOVERMENT 1 . antara lain aplikasi komputer. bergabung dengan Facebook Pemerintah Kota Cimahi.pelatihan di bidang IT.

ELECTRONIC GOVERMENT 1 . tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. rumah.data tentang sekolahan (jumlah kelas. tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan. dan sebagainya) dapat ditampilkan secara online dan digunakan . Keterbukaan ini diharapkan dapat membangun rasa saling percaya diantara seluruh stakeholder tersebut. Informasi dapat disediakan 24 jam sehari. passing grade. Sebagai contoh. menginisiasi pengembangan industri kreatif berbasis digital melalui pembangunan gedung BITC dan infrastruktur jaringan fiber optik ini membawa banyak manfaat. daya tampung murid. Informasi dapat dicari dari kantor. • Peningkatan hubungan antara pemerintah.Cita. yang diawali dengan penerapan e-Government. masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. mewadahi komunitas kreatif. Dengan adanya informasi yang mencukupi. data. dan masyarakat umum sebagai unsur stakeholder pembangunan. antara lain: • Pelayanan service yang lebih baik kepada masyarakat. oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya. • Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.cita Kota Cimahi menjadi Cimahi Cyber Creative City. 7 hari dalam seminggu. pelaku bisnis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful