MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD UNTUK MEMBUAT BAHAN AJAR MATEMATIKA Oleh : Drs. H. Khamim Thohari, M.Ed.

ABSTRAK Pembuatan bahan ajar matematika berbasis komputer biasanya banyak terkendala pada aspek penyusunan gambar, persamaan, dan simbol -simbol yang banyak sekali pada matematika. Banyak guru yang mengeluh membuat bahan ajar, alat peraga atau bahkan membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) guru boasanya kesulitan, tak jarang mereka menyuruh orang lain yang tentunya berakibat harus membayar biayanya perlembar. Pada tulisan ini penulis bahas bagaiaman menggunakan microsoft word 2007 (dengan beberapa penyesuaian kompatibel dengan wor 2010) . Pada bagian awal penulis bahas tentang Equation yang berisi bagaimana menyusun persamaan eksponen, bentuk pembagian, persamaan logaritma, symbol sigma, sibol trigonometri dan lain-lain. Selanjutnya penulis bahas tentang insert symbol yang berisi: cara memasukkan simbol -simbol matematika. Pada pabgian akhir penulis bahas tentang Drawing Facilities yang berisi: bagaimana menggambar bangun duan dimensi maupun tiga dimensi, bagaimna cara menyatukannya (Grouping) dan memecahnya kembali sengan (Ungrouping), juga pembahasan tentang menggambar dengan mengisi (fill) region tertentu dengan warna yang berbeda, memutar gambar, dan menggabungkan beberapa gembar jadi sat u. Kata kunci: Bahann ajar, matematika, Mi c Word 2007

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penggunaan teknologi informasi dan multimedia menjadi sebuah cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi. Komputer merupakan salah satu bagian atau alat teknologi informasi yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Khususnya dalam pembelajaran matematika, banyak hal abstrak atau imajinatif yang sulit dipikirkan peserta didik, dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer. Latihan dan percobaan-percobaan eksploratif matematika dapat dilakukan peserta didik dengan menggunakan program-program sederhana untuk penanaman dan penguatan konsep, membuat pemodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah (Soekisno, 2007). Internet merupakan salah satu program yang memanfaatkan media komputer. Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan terselenggaranya proses belajar mengajar yang lebih efektif (Kedasih, 2008). Penelitian yang dilakukan oleh Herlan (2006), menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMA yang mendapat Pembelajaran Berbasis Komputer memperoleh peningkatan kemampuan koneksi matematik yang lebih baik dibanding siswa yang belajar matematika dengan metode ekspositori. Ini menunjukkan betapa penting bahan ajar berbasis komputer bagi bagi siswa madrasah aliyah. Sampai saat ini bahan ajar matematika berbasis komputer masih sangat terbata s, walaupun sudah ada seperti yang dilakukan oleh Pusat Teknologi Komunikasi

(PUSTEKKOM) namun bahan ajarnya masih sedikit sekali. Alamat web dari PUSTEKKOM ini di http://www.e-dukasi.net. Dalam rangka ikut serta menga tsi masalah ini, Kementrian Agama Pusat melalui Badan Litbang dan Diklat saat ini telah meluncurkan program Diklat Jarak Jauh (DJJ). Suatu paradigma baru kediklatan, yang mencoba alternative baru dalam menyebarluaskan informasi kediklatan melaui LMS ( Learning Management System) yang

moodle fasilitas yang menawarkan banyak kemudahan dan tantang bagi pengelolanya. Sekali lagi salah satu permasalah yang mendasar adalah penyiapan bahan ajar yang berbasis T eknologi Informasi dan komputer. Kemudahan itu diantaranya peserta diklat bisa belajar on-line melalui Bahan Ajar elektronik yang bisa di down load melalui http://djj.menggunakan Open Software “Moodle” sebagai bahan dasar peletakan sistem menajemen pembelajarannya. materi bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk “materi pokok”.pusdiklatteknis. Selain itu. Standar Deviasi. 2008:25). Sajian audio visual atau lebih dikenal dengan sebutan multimedia menjadikan visualisasi lebih menarik (Soekisno. bagaimana cara memanf aatkan bahan ajar juga merupakan masalah.depag.id/ . Hal ini disebabkan oleh kenyata an bahwa dalam kurikulum atau silabus. namun bahan ajar yang ditampilkan dalam media audio visual yang interaktif dengan menawarkan banyak kemudahan masih belum banyak yang mencoba mengembangkannya. merupakan salah satu materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari -hari. Banyak permasalahan yang timbul saat penyusunan bahan ajar berbasis komputer. Efektifitas Pengecoh. Disamping bersifat open software. Indek Daya Pembeda dan lai -lain. Peserta juga bisa mengerjakan latihan -latihan online yang penilaiannya langsung bisa di ketahui saat itu juga sec ara interkatif dan bisa dilakukan Analisis Butir soalnya untuk mengetahui Tingkat kesulitan. Pada era informatika visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio). Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstarak. Masalah lainyang menjadi kendala yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Menjadi tugas guru untuk menjabarkan materi pokok tersebut sehingga menjadi bahan ajar yang lengkap. Modul ini . Salah satu yang menjadi kendala dalam pembelajaran matematika madrasah aliyah jika dilihat dari segi materi adalah dimensi tiga. Saat ini bahan ajar tertulis dalam bentuk buku seperti modul sudah banyak disus un. sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. dan cara mempelajarinya ditinjau dari pihak murid. Pemanfaatan dimaksud adalah bagaimana cara mengajarkannya ditinjau dari pihak guru. Gambar dua dimensi atau model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering dilakukan dalam pr oses belajar mengajar.go.

apa saja yang dibutuhkan dan harus menjadi perhatian sebelum penyusunan bahan ajar. adan persamaan -persamaan yang butuh ketlitian dalm menggnkannya . dan contoh penggunaan beberapa software yang bisa digunakan dalam penyusunan bahan ajar berbasis komputer. menggunakan Mic Word untuk membuat bahan ajar matematika m emang butuh teknis khusus. sehubungan dengan banyaknya simbol. Pada makalah ini penulis akan memaprkan penggunaan Microsoft Office Word 2007 untuk menyusun bahan ajar matematika yang semoga mudah dipahami. diantara bagaimana cara menganalisi kebutuhan bahar ajar. gambar.menawarkan beberapa solusi pemecahan dari permasalahan tersebut.

limit.BAB II Bahan Ajar Berbasis Komputer Dengan Microsoft Word 2007 Penyususnan bahan ajar dengan menggunakan MS Word 2007 sesuai degan sifat software sebagai pengolah kata (pengetikan Materi yang berupa teks) maka bahan ajar berupa teks sangat dominan bisa memakai software ini. matrik dan sebagainya. Walaupun begitu fasilitas MS Word juga bisa dipakai untuk menggambar bagun geometri baik geometri bidang maupun geometri ruang. integral. akar. notasi sigma. A. deferensial. matrik dan lain -lain dengan fasilitas equatian yang dimiliki olah MS Word 2007. integral. pecahan. Untuk menampilkannya tinggal klik pada symbol yang dimaksud . Mari kita pelajari fasilitas yang ada pada pada sofware ini untuk membuat bahan ajar matematika. MS Word sangat baik dipakai untuk menampilkan lambang -lambang. Untuk mengaktifkannya cuku pilih meni Insert → pada pojok kanan atas klik Equation maka dilayar akan tampak sub menu Equation Simbol-simbol ini sering kita pakai dalam penysunan bahan ajar matematika misalnya symbol dan lain- lainnya. Equation dan Symbol Fasilatas inilah mungkin dalam MS Word yang paling banyak digunakan dalam penyusnan bahan ajar matematika dengan fasilitas ini kita bisa membuat membuat lambang-lambang pangkat. membuat rumusrumus matematika misalkan lambang limit. deferensial.

kotak ini bisa membesar sesuai dengan ukuran gambar. Untuk menghilangkan tanda ini klik saja diluar Fraction inikotak itu akan hilang. simbol atau teks yang kita isikan.Setiap kali kita memakai fasilitas equation maka akan muncul kotak: Kotak dimana lambang/simbol atau teks bisa kita letakkan di dalamnya. Fasilitas kotak dan sering sekali kita pakai dalam matematika misalnya: Menulis .

Fasilitas SubScrpt dan SuperScript sangat sering kita pakai misalnya: Fasilitas Radical ini sering sekali kita pakai misa Menulis: Dan lain-lain .

Fasilitas Integral dipakai pada: Dan lain-lain Fasilitas Large Operator dipakai pada: .

Fasilitas Accent ipakai pada: Fasilitas Limit and Log pakai pada penulisan Limit dan logaritma: Fasilitas matrik dipakai pada: .

α. Bila simbol itu sering dipaka i kita bisa membuat ShortCut dengan cara klik simbol yang dimaksud misalkan simbol β kemudian → klik Shortcut key muncul kotak dialog: . maka simbol otomatis sudah masuk pada posisi kursor. π. Jika sudah ketemu klik dua kali simbol yang dimaksud maka. β. Setelah kotak simbol tampil cari simbol yang dimaksud. maka akan muncul: Sebelum menampilkan menu symbol pastikan bahwa posisi kursor sudah pada tempat dimana simbol akan diletakkan. dengan menggera kkan meggulung keatas kebawah tanda panah. sehingga dalam penyusunan bahan ajarpun banyak menggunakan simbol-simbol (Ω.B. Atau bisa juga dengan klik pada simbol diikuti klik pada kotak Insert. ∞. Simbol -simbol itu tidak ada dalam keybord sehingga harus ditampilkan dari software MS Word. Insert Symbol Matematika memiliki obyek abstrak. dan ∑) yang mewakili konsep yang abstrak tersebut. Untuk menampilkan menu simbol adalah Klik Insert →pojok kanan atas klik Ω Symbol → agar tampilan symbol lebih lengkap klik More Symbol.

dan dalam submenu Illustratrion inilah fasilitas menggambar bisa kita pak ai. bangun bidang. Picture: digunakan insert foto ke dokumen Clip Art: digunakan untuk insert gambar atau templete Shapes: disinilah sebenarnya fasilitas gambar itu disediakan berbagai bentuk gambar sudah ada tinggal menggabung -gabungkan. . melalui fasilitas ini kita bisa menggambar bangun ruang. Untuk masuk pada fasilitas ini klik pada menu Insert. maka tekan tombol Alternatif bersamaan dengan Huruf A.Kursor berkedip pada kotak dialog Press New Shortcut Key setelah itu masukkan pada huruf apa shurtcut itu akan di l etakkan misalkan Alt + A. langkah terakhir adalah klik tombol Assign. Drawing Facilities (Fasilitas Menggambar) Fasilitas Drawing yang ada pada Ms Word cukup banyak. menggambar fungsi kuadrat dan sebagainya. Ini berarti jika sewaktu-waktu kita butuh menampilkan tanda ”β” kita cukup menekan Alt+A (Tombol Alternatif bersamaan dengan huruf A) c.

diagram garis. Chart: fasilitas grafik ini bisa dipakai untuk menggambar grafik dari berbagai jenis. setelah proses ini dua gambar itu telah menyatu dan dianggap satu gambar. tabel. Pada saat gabungan dari beberapa gambar yang sudah menyatu itu di pisah -pisahkan menjadi beberapa gambar disebut Ungrouping. Grouping dan Un-grouping Dua gambar atau lebih dapat disatukan menjadi satu gambar disebut Grouping. jika gambar itu kita besarkan/kecilkan dengan cara klik+drag maka akan berakibat pada kedua gambar tersebut . Letakkan tabungdiatas balok. histogram. Dua gambar bisa disatukan dengan melakukan grouping. Dengan cara yang sama buatlah tabung atau Can. 1.SmartArt: submenu ini berisikan desain templete bentuk-bentuk geometris yang biasa dipakai untuk digram. diagram batang. Pilih tanda panah dikanan atas (Select Object) → lingkupi semua daerah balok dan tabung dengan cara klik+drag → senajutnya letakkan kursor pada obyek klik -kanan pilih grouping dan pilih group. dan lain -lain. lingkaran. Perhatikan contohberikut: Buatlah dua gambar dalam satu layar misalkan balok dan tabung klik insert→ klik Shapes →pilih balok (Cube) →buatlah balok dengan klik +drag sehingga terbentuk balok. dua dimensi atau ti ga dimensi.

Pemberian Nama Pada Titik Sudut Gambar geometri biasdanya diberi nama titik sudutnya. lepas tombol Kontrol (Kita memilih tiga kotak sekaligus dengan menekan tombol Control+Klik) selanjutnya → Klik-Kanan → Pilih Format text Box pada kotak dialog → pilih Colors and Lines → pilih Lines → pilih No Color dan Fill → pilih No color dan selanjutnya klik OK pada kotak dialog itu 3. maka tanda kotak tex box masih muncul untuk mengingkannya: Klik kotak -A sampai aktif. Saat ini kondisi gambar sudah posisi dalam group lagi. tekan tombol Control jangan dilepas klik kotak-B. Untuk mengembalikan ke posisi grouping. Membuat Lingkaran Busur Atau Juring Untuk membuat lingkaran kita memakai Oval atau ellips namun fasilitas ini juga bisa dipakai untuk membuat lingkaran dengan cara saat kita klik tanda oval dan kita . kotak yang bisa diisi teks. kita bisa memanfaatkan fisilitas text box. dan C. Setelah teks box diletakkan di masing -masing pojok dan diberi nama titik A. maka kita bisa melakukan Un Grouping dengan perintah. Saat ini kondisi gambar sudah posisi ungroup. dan kilik kotak-C.Untuk keperluan tertentu (misalnya ada satu dari dua gamabar yang sudah di grouping itu ingin diperbaiki) suatu saat gambar yang sudah kita group itu perlu kita kembalikan keposisi semula sebelum di grouping. 2. perintahnya adalah: klik-kanan → pilih grouping → piling Regroup atau Group. Letatakkan kursor pada gambar yang sudah aktif (ditandai dengan tanda bulatan dipojok nyala) klik-kanan → pilih grouping → piling ungroup. B.

Untuk membuat Busur atau Juring adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada kelompok Shapes arc Cara Mengaktifkan Fill Color (Untuk mengisi warna atau lainnya dari bagian dalam bangun datar) adalah Aktifkan gambar → klik-kanan → pilih Format AutoShapes → muncul kotak dialog pilih colors and lines → pilih fill dan pilih warnanya yang disukai dengan menekan tanda panah → pilih warna misalnya abu -abu → tekan OK warna abu-abu akan muncul mengisi bangun yang tadinya tidak ada warnanya.membuat lingkaran dengan klik+drag tekan juga tombol Shift untuk memperoleh bulatan yang benar-benar bulat (lingkaran). Gambar lainnya misalnya: Membuat Tabung dengan bantuan arc: .

4. Hal ini akan kita pelajari kemudian. bisa langsung ditransfer ke dimensi tiga. Bahkan bidang yang disefdiakan khusus untuk dimensiu dua. Menggambar Bangun Ruang Menggambar tiga dimensi dengan MS Word adalah sangat mudah fasilitas tiga dimensi sudah banyak disediakan misalkan menggamabar balok dengan sudut surut tertentu. dengan perbandingan bidang frontal dan ortogonal tertentu bisa dilakukan dengan fasilitas insert shapes Fasilitas ini bisa kita explore untuk membuat bangun tiga dimensi misalkan disitu ada fasiltas untuk membuat balok bisa kitapai membuat balok dengan bebagi ukuran sudut surut atau dengan perbandingan bidang frontal dan bidang ortogonal tert entu.Cara membuat garis terpotong-potong pada busur adalah Aktifkan gambar busurnya → klik-kanan → pilih Format AutoShapes → muncul kotak dialog pilih colors and lines → pilih line dan pilih Dashed → pilih tanda garis terpotong -potong dengan menekan tanda panah → pilihlah garis yang terpotong-potong → tekan OK maka busur atan terpotong-potong. Untuk membuat balok atau kubus caranya sebagi berikut: .

pemutaran dengan diperoleh: tombol lingkaran hijau . dengan penebalan/penipisan dengan tombol kotak Kuning. Tanda lingkaran hijau bisa di klik+drag untuk memutar bangun dengan sudut putar sesuai yang kita inginkan Dengan Klik+drag kotak kuning(Tebal/tipis).Klik Insert → klik Shapes → pilih tanda gambar Klik+drag sampai terbentuk balok Cube Letakkan kursor di bidang Tanda kotak kuning bisa di klik+drag untuk mengatur ketebalan (bida ng frontal & Ortogonal). bentuknya bisa menjadi: Dengan Klik+drag lingkaran hijau (memutar). bentuknya bisa menjadi: Pada saat kita memilih Cube dan kilakukan Klik+drag disertai dengan menekan tombol Shift maka yang jadi adalah bangun kubus.

digeser. contoh membuat parallel -Epipedum dari bangun JajarGenjang. Membuat Kerucut dan Bola Gunakan Arc bentuk dengan urutan sebagai berikut: Dengan cara yang mirip diatas kita bisa membuat bola yang seperti di bawah ini: . Caranya: Klik Insert →Shapes→ paralellogram→ taruh kursor pada bidang gambar klik+drag setelah jadi jajargenjang klik (3D effect) pilih Selanjutnya gambar itu bisa di putar.Untuk membuat bangun dimensi tiga bisa juga dari bidang datar ditransfer kebidang Ruang. ditebalkan/ditipiskan dengan cara sebagaimana keterangan diatas.

Gambar persegi itu menjadi berbentuk jajargenjang.Membuat Limas Segiempat beraturan Membuat limas segiempat beraturan berarti membuat limas dengan alas persegi. Urutannya: .

Kesimpulan 1.BAB III PENUTUP A. Insert symbol. Hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat bahan ajar matematika tersedia dalam Mic Word 2007 3. jika tahu cara menggunakannya 2. dan drawing facilities cukup lengkap intuk menggambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi . Fasilitas seperti equation. Mic Word 2007 bisa digunakan untuk membuat bahan ajar metematika.

A. Model Pembelajaran e -learning. 2008. Jakarta Sobel.id/search?q=pembelajaran%2Bdengan%2Bmenggunakan%2 Be-learning&hl=id&start=10&sa=N . Kedasih. 2009. A. Pengembangan ICT D alam Pembelajaran di SMA. tersedia dalam http://www.. A.com/2007/02/23/pengembangan -ict-dalam-pembelajarandi-sma/. Evan M. dan Strategi. MultiMedia Learning. 2006.. Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMA.teknologipendidikan. NewYork: Cambridge University Press Seatiawan. 2007. Media Pembelajaran. Mengajar Matematika: Sebuah Buku Sumber dan Alat peraga. (http://www.google. Max A. diakses 11 Maret 2010). (2001). Kusnandar. 2 Juli 2010 Mayer.. Didang. (2002). Tesis Program Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (tidak dipublikasikan). Modul Pusdiklat Tenaga Tekn is Keagamaan.DAFTAR PUSTAKA Arsyad. Ade. Jakarta: Raja Grafindo Persada.co. A. Puelitbang dan Diklat.net/?p=44 . Membuat Bahan Ajar Berbasis Komputer. Herlan. Sokisno. Media Pembelajaran. Ricad E. (http://rbaryans. 2005. & Maletsitasky. Jakarta: Erlangga. diakses 10 Maret 2010). diakses tgl. . B.wordpress. Aktivitas. 2007.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful