SEGMENTASI PASAR Segmentasi dan keberagaman adalah konsep yang saling melengkapi.

Pasar yang beragam terdiri dari bangsa, latarbelakang, kepentingan dan kebutuhan yang berbeda. Beragamnya pasar ini membuat stratgei segmentasi pasar lebih menarik, karena marketer akan menyediakan berbagai produkdan jasa untuk memenuhi kepentingan konsumen yang beragam. APAKAH SEGMENTASI PASAR? Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai proses membagi pasar menjadi beberapa bagian yang berbeda dari konsumen atau lebih dengan kebutuhan umum atau karakteristik dan pemasaran yang memilih satu segmen untuk menargetkan dengan bauran

berbeda. Sebelum segmentasi pasar diterima secara luas, cara yang digunakan oleh marketer adalah dengan marketing massal yaitu menawarkan produk yang sama dan bauran pemasaran untuk semua konsumen. Keuntungan utama dari cara ini adalah minim biaya, karena hanya satu kampanye iklan yang dibutuhkan, satu strategi pemasaran yang dikembangkan dan biasanya hanya satu produk standar yang ditawarkan. CARA SEGMENTASI PASAR BEROPERASI Studi segmentasi dirancang untuk menemukan kebutuhan dan keinginan kelompok tertentu, sehingga barang khusus dan layanan dapat dikembangkan dan dipromosikan untuk memenuhi kebutuhan setiap kelompok. Banyak produk baru telah dikembangkan untuk mengisi kesenjangan dalam ke pasar terungkap oleh penelitian segmentasi. Studi segmentasi juga digunakan untuk memandu desain ulang dan reposisi produk atau penambahan segmen pasar baru. Selain mengisi kesenjangan produk, penelitian segmentasi digunakan oleh merketers untuk mengidentifikasi media yang paling tepat di mana untuk menempatkan iklan.Hampir semua kendaraan dari media-stasiun TV dan radio untuk surat kabar dan megazines penggunaan riset segmentasi untuk menentukan karakteristik audiens mereka dan untuk mempublikasikan temuan mereka dalam rangka untuk menarik minat pengiklan mencari audiens yang serupa. Sebagai contoh, Time Warner telah menciptakan sebuah divisi terpisah untuk majalah pasar misalnya, Dalam Kesehatan, Parenting, Light Memasak, dan Maria Stewart Living. Dalam cara yang agak mirip, Business Week menargetkan segmen yang berbeda dengan edisi khusus majalah tersebut. Tidak hanya sebuah pengiklan memiliki pilihan untuk menempatkan iklan di edisi geografis tetapi majalah ini juga menawarkan edisi Industri / Teknologi (untuk individu yang bekerja dalam industri seperti manufaktur dan pertambangan), edisi Elite (ditargetkan untuk individu yang berpenghasilan tinggi), dan edisi Small Business

berdasarkan karakteristik psikologi dan sosialkultural untuk membantu mendeskripsikan pemikiran dan bagaimana mereka merasakan. pendapatan. Misalnya. Melalui informasi demografi sering didapatkan biaya yang efektif untuk mengidentifikasi suatu target pasar. Bahkan dalam sebuah kota metropolitan. Contoh lain yang lebih baik adalah dari kesuksesan segmentasi pasar berdasarkan analisis geographi yang dilakukan oleh Wal-Mart. Segmentasi georgrafi merupakan strategi yang sangat berguna bagi banyak pemasaran. perbedaan tipe perabotan rumah tangga dan produk rekreasi lebih laku terjual di kota dan pinggiran kota. Majalah baru terus-menerus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi dari segmen pasar tertentu. penduduk pinggiran. Hal tersebut bergantung pada kemudahan menemukan perbedaan dasar geografis dari banyak produk. di US penjualan perhiasan mahal lebih laku di kota besar dari pada di kota kecil. usia dewasa akan memilih bergabung dengan klub kesehatan untuk . Dasar dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh Wal-Mart adalah mengalokasi toko yang memiliki diskon di dalam kota kecil seringnya di daerah pedesaan. gender. Demografi dapat membantu mengalokasi sebuah target pasar. pekerjaan dan pendidikan. gender. SEGMENTASI DEMOGRAFI Terdapat berbagai jenis karakter dari segmentasi demografi yaitu usia. dan penduduk pedesaan. Demografi mengacu pada suatu hal yang penting dan pengukuran statistic dari sebuah populasi. dan kebutuhan serta keinginan tersebut bergantung dari tempat orang tersebut tinggal. TV dan radio. Berdasarkan teori ini strategi adalah orangorang yang tinggal di dalam lingkungan yang sama akan memiliki kesamaan dalam kebutuhan dan keinginan. status pernikahan. termasuk di dalam koran. Para pemasar akan melakukan observasi kebutuhan konsumen yang berbeda berdasarkan penduduk perkotaan. Sofa dan perabotan kecil lebih mungkin dibeli oleh penghuni apartemen kota. Variable demografi dapat mengungkapkan signal mengenai trend peluang bisnis. dan distribusi pendapatan.Enterprise. dan yang tinggal di daerah pinggiran kota lebih mungkin membeli alat pemotong rumput dan alat barbecue. Beberapa karakter tersebut yang sering digunakan sebagai dasar segmentasi pasar. Segmentasi geografi dapat dengan mudah ditemukan melalui media local. majalah edisi regional. SEGMENTASI GEOGRAFI Suatu pasar terbagi berdasarkan lokasi. seperti pergeseran usia. Contohnya. Age Minat dan kebutuhan terhadap suatu produk sering berbeda pada golongan usia pelanggan.

golongan muda dewasa (18-34 tahun) bergabung dengan klub kesehatan karena mereka ingin terlihat “lebih menarik”. Usia. Pendidikan dan pekerjaan berkaitan dengan sebab dan akibat dari suatu hubungan.meningkatkan atau mempertahankan kesehatan mereka. Contoh efek usia adalah ketertarikan perjalanan rekreasi yang sering terjadi ketika orang dalam status single atau menikah. and Occupation Gender cukup sering digunakan untuk membedakan variable segmentasi. status sosial. Status pernikahan umumnya menjadi fokus utama dari usaha pemasaran. Gaya hidup misalnya. Sex. mereka yang berusia diatas 55 tahun bergabung karena alasan “terapi kesehatan”. Segmentasi pasar mengunakan konsep kelas sosial ini menunjukan variasi konsumen dalam pasar. gaya hidup. penggemar atau pemerhati suatu produk. Marital Status. atau kuno. Pemasar tertarik dengan jumlah anggota keluarga yang membeli dan atau memiliki barang pribadi. Kelas Sosial Segmentasi pasar bisa diukur juga melalui kelas sosial yang diukur berdasarkan variable demografi(pendidikan. pekerjaan dan penghasilan). menyiratkan kekuatn yang mendasarinya. Para wanita biasaya memilih produk seperti pewarna rambut dan kosmetik dan pria memilih menggunakan alat cukur. mencapai usia pertengahan (akhir lima puluhan atau enam puluhan awal) dan untuk kepentingan dalam belajar bermain golf. misalnya golongan menengah. Pendapatan juga merupakan variable segmentasi demografi. peran gender yang digunakan kini telah kabur. Income. Berdasarkan status sosial. karena status sosial sekelompok orang menentukan nilai preferensi produk dan kebiasaan membeli. Khususnya. Perbedaan gender tidak lagi menjadi cara yang akurat untuk membedakan konsumen dan beberapa kategori produk. golongan elite. Namun. Segmentasi Psikografis Pada segmentasi ini konsumen dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu. Education. modern. tradisional. mereka yang berusia antara 35 dan 54 tahun bergabung untuk alasan “mengatasi kesehatan”. Ahli demografi telah menarik perbedaan penting antara pengaruh usia “age effect” (kejadian karena usia kronologis) dan efek kohort “cohort effect” (kejadian karena perkembangan selama periode tertentu). dan kepribadian. ada beberapa motivasi lain yang menarik yang menetapkan segmentasi dewasa selain bergabung dengan klub kesehatan. Kepribadian misalnya. dan pemimpin masyarakat. Misalnya saja seperti yang . Melalui pendapatan konsumen maka pemasar dapat memiliki jaminan kepastian terhadap kesanggupan konsumen dapat membeli produknya. khususnya kronologis usia. Individu yang memiliki latar pendidikan rendah umumnya memiliki pekerjaan dengan pendapatan yang rendah.

Kategori ini lah yang dimanfaatkan oleh pemasar untuk memasarkan produk mereka. USE-Related segmentation Pengkategorian konsumen yang populer dan efektif adalah melalui karakteristik penggunaan produk layanan seperti tingkat pemakaian. Tingkat kesadaran konsumen juga ikut dimanfaatkan dan diperhatikan oleh pemasar. Subculture and Cross Culture Budaya juga bisa digunakan untuk menentukan segmentasi pasar. etnis dan gaya hidup. loyalitas terhadap merk juga digunaan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen melalui konsumen mereka yang loyal sehingga pemasar bisa mengarahkan upaya promosi kepada orang-orang yang memiliki karakteristik sama dengan konsumen mereka yang loyal. Dan akan berbeda dengan tawaran-tawaran keuangan yang ditawarkan pada masyarakat yang berada pada kelas sosial rendah. menengah dan ringan. apakah konsumen membutuhkan informasi tentang produk atau tidak. kesadaran dan loyalitas merk. Selain tingkat kesadaran. Misalnya saja sepeda. Seperti pengelompokan berdasarkan ras. Usage-situation segmentation . Segmentasi pasar melalui karakteristik tersebut membedakan konsumen menjadi beberapa kategori yaitu pengguna berat. Hal yang paling penting bagi pemasar ketika menggunakan budaya untuk segmen pasar maka pemasar harus memahami nilai.dicontohkan dalam Chapter 3 ini. Beberapa perusahaan memilih pengguna berat sebagai sasaran dari produk mereka. Segmen pasar juga bisa dibuat dari budaya yang berbeda namun disatukan oleh pengalaman atau nilai-nilai tertentu. di Asia dipromosikan sebagai transportasi alternative di kawasan Asia namun di Amerika Serikat dipromosikan sebagai produk kesehatan dan kebugaran. banyak bank-bank swasta dan perusahaan investasi menawarkan sejumla saham dan obligasi kepada masyarakat yang berada pada kelas sosial yang tinggi. Culture. Banyak pemasar menggunakan dasar warisan budaya tertentu baik itu budaya domestic maupun internasional. sedangkan karena adanya ketimpangan antara pengguna berat yang dijadikan sasaran pasar maka beberapa perusahaan lain memilih pengguna menengah dan ringan yang lebih menguntungkan. agama. keyakinan dan kebiasaan dari audience. Segmen budaya yang berbeda bisa jadi mempunyai prospek terhadap produk yang sama namun berbeda dalam cara promosi dan penggunaannya.

demografis. Dengan menggabungkan pengetahuan yang didapat dari kedua studi demografi dan psikografi. Pemasar bisa menyesuaikan produk yang akan dipasarkan dengan kesempatan atau situasi yang sedang dihadapi konsumennya. Profil Psikografis-Demografi Profil psikografis dan demografis adalah pendekatan yang sangat lengkap yang bekerja dengan baik ketika digunakan bersama. geodemografis dan VALS2. Misalnya seperti yang dicontohkan dalam chapter 3 yaitu microwave menjadi solusi yang utama bagi kehidupan rumah tangga bagi pasangan suami istri yang sama-sama tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan makanan. media massa penerbit dan penyiar memungkinkan pengiklan untuk memilih demografi psikografis mereka mendasarkan profil audiens yang sangat rinci. PENDEKATAN SEGMENTASI HYBRID Pemasar umumnya memberikan segmentasi pasar dengan menggabungkan beberapa variabel segmentasi. Benefit segmentation Pemasar dan pengiklan terus-menerus berusaha untuk mengidentifikasi manfaat produk atau jasa yang akan berarti bagi konsumennya. sehingga pemasaran produk akan lebih tepat dipasarkan sesuai dengan kondisi dan kesempatan. Dengan menawarkan media pembeli secara hati. Bagian ini membahas tiga pendekatan segmentasi yang digunakan oleh pemasar dengan hasil segmentasi yang dihasilkan jauh lebih kaya dan lebih akurat dibandingkan menggunakan segmentasi tunggal. perayaan pernikahan dsb. pemasar diberikan informasi kuat tentang target pasar mereka. Seperti weekend. hari-hari tertentu seperti ulangtahun.Kesempatan atau situasi tertentu dapat dimanfaatkan oleh pemasar. Segmentasi ini dilakukan berdasarkan manfaat atau benefit dari produk yang dipasarkan pada konsumen. daripada mengandalkan dasar segmentasi tunggal.hati mendefinisikan profil ganda dari audience mereka. serta bisa juga hari kelulusan atau hari-hari besar seperti Hari Ibu. sehingga seringkali pemasar focus pada usage situation(penggunaan situasi). Tabel 3-4 menyajikan profil . Demografi-psikografis profil telah banyak digunakan dalam pengembangan kampanye iklan untuk menjawab tiga pertanyaan: "Siapa yang harus kami targetkan" "Apa yang harus kita katakan" "Di mana kami harus mengatakannya?" Untuk membantu pengiklan menjawab ketiga pertanyaan tersebut. Hal ini meliputi psikografis. banyak iklan media kendaraan mensponsori penelitian demografis dan psikografis dipilih dari pelanggan PC Magazine.

SRI Consulting Nilai dan Sistem Gaya Hidup (VALSTM) Menggambar pada hirarki kebutuhan Maslow (lihat chapter4) dan konsep karakter sosial. dan sekelompok tertentu termasuk kode pos yang terdiri dari orang dengan gaya hidup yang serupa secara luas tersebar di seluruh negeri. tujuan. preferensi. Pengiklan semakin merancang iklan yang menggambarkan dengan kata atau gambar esensi gaya hidup target pasar tertentu atau segmen yang ingin mereka jangkau. skema segmentasi lain mungkin menjadi lebih produktif. selera. Dalam semangat ini. dan kebiasaan konsumsi (mirip dengan pepatah lama. "kawanan burung dari bulu bersama "). Cluster dibuat berdasarkan gaya hidup konsumen. untuk memilih situs ritel dan campuran barang dagangan yang sesuai. untuk mencari bank dan restoran. Pada tahun 1989 SRIC merevisi sistem VALS untuk lebih fokus pada menjelaskan secara eksplisit perilaku pembelian konsumen. dan untuk merancang strategi pemasaran untuk segmen pasar tertentu. dan kepentingan) dapat diisolasi dalam hal mana mereka tinggal. Pemasar menggunakan data cluster untuk pesan langsung dalam kampanye. Timex menggunakan daya tarik bagi gaya hidup aktif dan outdoor tertentu (lihat Gambar 3-9). pada akhir tahun 1970 peneliti di SRI Consulting mengembangkan skema segmentasi umum dari populasi Amerika yang dikenal sebagai nilai-nilai dan gaya hidup (VALS) sistem. Namun. Geodemographic Segmentasi Jenis skema segmentasi hibrida didasarkan pada pemikiran bahwa orang yang tinggal dekat satu sama lain cenderung memiliki sarana keuangan yang sama. Beberapa perusahaan penelitian sindikasi pasar mengkhususkan diri dalam memproduksi dihasilkan komputer geodemographic maret "cluster" layaknya konsumen. sistem ini pada dasarnya dirancang untuk menjelaskan dinamika perubahan sosial. Tabel 3-5 menyajikan lima contoh cluster geodemographic. Secara khusus. perusahaan-perusahaan ini telah berkerumun 250. Tipologi VALS saat ini mengklasifikasikan penduduk Amerika menjadi delapan sub kelompok berbeda (segmen) berdasarkan tanggapan konsumen sampai 35 pertanyaan demografis sikap dan 4. tapi dengan cepat diadaptasi sebagai alat pemasaran. Segmentasi Geodemographic paling berguna ketika prospek pengiklan terbaik (dalam hal kepribadian konsumen. gaya hidup. untuk produk dan layanan direkatkan oleh luas penampang dari publik Amerika.000-ditambah lingkungan ke dalam kelompok gaya hidup berdasarkan kode pos. . Gambar 3-10 menggambarkan skema calssification VALS dan menawarkan profil singkat ciri-ciri konsumen dari masing-masing segmen VALS.media yang paling mirip dengan khalayak target pasar mereka.

dan pendapat orang lain). fisik. dan gaya pengambilan keputusan. kepercayaan diri. Misalnya. 2. GeoVALSTM. bukan oleh keinginan untuk persetujuan). Sumber Daya (paling minimal) mengacu pada kisaran psikologis. sarana demografi. menyediakan rumah tangga Amerika dan database lainnya. sementara program lainnya menyediakan persen dari setiap jenis konsumen VALS di setiap daerah kode pos perumahan untuk membantu pemasar mengidentifikasi di mana konsentrasi pelanggannya hidup. dan Berprestasi lebih mungkin untuk berpartisipasi dalam sensasi berorientasi olahraga dari segmen lainnya. Dalam hal karakteristik konsumen. VALS hubungan dengan survei Simmons Rumah Tangga Amerika tahunan dan database lain menyediakan produk nasional. prinsip-oriented (konsumen yang pilihan yang didorong oleh kepercayaan mereka . temuan mengungkapkan dari actualizers. pendapatan. Gambar 3-11 menyajikan informasi tentang prosentase individu dalam masing-masing segmen VALS delapan yang berpartisipasi dalam olahraga yang dipilih dalam satu tahun terakhir. dan tingkat energi. khusus untuk pasar konsumen Jepang. dan material dan kapasitas konsumen harus memanfaatkan.future. program situs lokasi. kesehatan. mereka mungkin orang pertama sebagai pembeli produk komputer Palm). Experiencers. persetujuan.com). Kriteria untuk keefektifan target dalam segmen pasar Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan berbagai basis di mana konsumen dapat dikelompokkan ke dalam segmen pasar yang homogeny. segmen pasar harus (1) mengidentifikasi (2) kecukupan . pelayanan. gaya hidup. Misalnya. Tantangan berikutnya bagi marketer adalah memilih satu atau lebih segmen untuk menargetkan bauran pemasaran yang sesuai. status-oriented (konsumen yang pilihan dipandu oleh tindakan.sri.Pengelompokan utama (dari kiri ke kanan pada gambar 3-10) didefinisikan dalam tiga orientasi utama dan diri (dari atas ke bawah) definisi baru dari sumber: 1. SRIC juga menawarkan VALS Jepang. sementara actualizers tertarik pada top-of-the-line produk dan untuk produk baru. keinginan untuk membeli. dan berorientasi pada tindakan konsumen yang Dari jumlah tersebut tiga besar mewakili sikap orientasi yang berbeda. Untuk menjadi target yang efektif. Tabel 3-6 menunjukkan ukuran masing-masing dari delapan segmen VALS sebagai persentase dari populasi (lihat juga www. termasuk pendidikan. terutama teknologi inovatif (misalnya. dan media data untuk setiap segmen konsumen VALS. orang yang beriman cenderung membeli produk buatan Amerika dan lambat untuk mengubah konsumsi mereka yang berhubungan dengan kebiasaan. delapan segmen VALS berbeda dalam beberapa hal yang penting.

bias menghabiskan dan mudah dicapai. harus terdiri dari cukup banyak orang untuk menjamin penyesuaian produk atau kampanye produksi untuk kebutuhan khusus. Bagaimanapun. marketer terus mencari media baru yang memungkinkan mereka untuk mencapai target pasar dengan limbah minimal sirkulasi dan kompetisi. seperti yang disediakan oleh Biro Sensus Amerika Serikat (tersedia di perpustakaan dan online melalui internet) atau melakukan survey probabilitas yang temuannya dapat diproyeksikan untuk total pasar. Hal lainnya seperti pendidikan. ras) mnjadi relative mudah untuk mengidentifikasi atau bahkan diamati. Sebagai contoh. pada saat marketer menghasilkan produk untuk sebuah trend remaja popular. karakteristik lainnya. (3) stabil atau bertumbuh. Stabilitas Kebanyakan pemasar lebih memilih untuk menargetkan segmen konsumen yang relative stabil dalam hal factor demografi dan psikologi dan kebutuhan dan hal yang mungkin tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu. marketer harus dapat mengidentifikasi karakteristik yang relevan. remaja adalah segmen pasar yang cukup besar dan mudah di identifikasi. Identifikasi Untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen yang terpisah berdasarkan pada kebutuhan umum atau bersama ataupun berdasarkan karakteristik yang relevan dengan produk atau jasa. seperti geografis (lokasi) atau demografi (umur. Bersemangat untuk membeli. Sebuah pengetahuan tentang perilaku konsumen ini sangat berguna untuk marketer yang menggunakan karakteristik konsumen sebagai dasar untuk segmentasi pasar. jenis kelamin. Salah satu cara ini dapat dicapai melalui internet. Meskipun ketersediaan yang luas khususnya majalah dan program tv kabel. Atas . Beberapa variable segmentasi. Aksesibilitas (mudah diakses) Persyaratan keempat untuk penargetan yang efektif adalah aksesibilitas yang berarti bahwa marketer harus mampu menjangkau segmen pasar yang ingin dituju secara ekonomis.(dalam hal ukuran). dan (4) Dapat diakses (terjangkau) baik dari segi media dan biaya. Untuk memperkirakan ukuran dari setiap segmen yang dipertimbangkan. tidak bias ditebak. Kecukupan Untuk segmen pasar yang menjadi sasaran utama. seperti keuntungan yang dicari atau gaya hidup lebih sulit untuk di identifikasi. Namun. ketertarikan di dalamnya mungkin telah berkurang. penghasilan atau status perkawinan dapat diidentifikasi melalui kuisioner. Mereka lebih suka menghindari segmen yang “berubah-ubah”. pekerjaan. marketer sering menggunakan data demografi sekunder.

yaitu produk yang dibuat khusus. Strategi countersegmentation efektif untuk memecahkan masalah (misalnya dengan menggabungkan iklan. dan bergabung kembali ke segmen tunggal yang lebih besar yang dapat ditargetkan dengan produk yang dirancang secara individual atau kampanye promosi. Inilah yang disebut strategi countersegmentation. perusahaan menemukan bahwa mereka harus mempertimbangkan kembali sejauh mana segmentasi pasar mereka. pemasaran terkonsentrasi mungkin strategi yang lebih baik. publisitas. Terkonsentrasi vs Pemasaran yang Terdifrensiasi Setelah sebuah organisasi mengidentifikasi segmen pasar yang paling menjajikan. maka harus memutuskan apakah akan menargetkan satu segmen atau lebih. promosi penjualan. Dalam kasus tersebut. texas yang ingin liburan. Menerapakan Strategi Segmentasi Perusahaan yang menggunakan segmentasi pasar dapat menjalankan strategi pemasaran yang terkonsentrasi atau strategi pemasaran yang berbeda. Continental Airlines dapat mengirim email tiket pesawat kepadanya khusus akhir pecan mendatang. Misalnya. jika sebuah perusahaan kecil atau baru ke lapangan. warga Houston. mobil atau deterjen). perusahaan berusaha untuk menemukan kebutuhan yang lebih generic atau karakteristik konsumen yang akan berlaku untuk anggota satu segmen atau lebih. semakin banyak situs web yang secara berkala dapat mengirim email tentang topic yang menarik khusus untuk pengguna computer. jaringandistribusi dan atau kampanye promosi. Dalam kasus tertentu. dan penjualan personal yang disebut promosi). mapan dalam kategori produk dan kompetitif dengan perusahaan lain yang juga kuat dalam kategori (misalnya minuman ringan.permintaan konsumen. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan berkembang dengan mengisi celah yang tidak ditempati oleh perusahaan-perusahaan kuat. Ringkasan . Premis balik segmentasi pasar adalah bahwa setiap segmen yang ditargetkan akan menerima bauran pemasaran yang dirancang khusus. harga. Penargetan satu segmen dengan campuran pemasaran yang unik disebut pemasaran terkonsentrasi. Pemasaran diferensial adalah strategi pemasaran yang sangat tepat bagi perusahaan yang kuat secara financial. begitu juga dengan hotel dan penyewaan mobil. Countersegmentation Terkadang. Namun. Penargetan beberapa segmen menggunakan campuran pemasaran individu yang disebut pemasaran diferensial. Mereka mungkin menemukan bahwa beberapa segmen terjangkit dari waktu ke waktu ke titik bahwa mereka tidak menjamin sebuah program pemasaran yang dirancang secara individual. mereka mungkin menggunakan strategi segmentasicounter.

yang terdiri dari bangsa yang berbeda dengan latar belakang yang berbeda. Sebelum adopsi konsep pemasaran. factor situasi yang digunakan. sebenarnya akan sedikit alas an untuk segmen pasar. stabilitas dan aksesibilitas.Segmentasi pasar dan keberagaman adalah konsep yang saling melengkapi. sebuah perusahaan mungkin memutuskan untuk mengikuti strategi countersegmentation dan bergabung kembali dua atau lebih segmen menjadi segmen yang lebih besar. Dalam kasus tertentu. mereka telah menerima dukungan luas dari kedua sisi pasar. pemasaran missal (menawarkan produk yang sama atau bauran pemasaran untuk semua orang) adalah strategi pemasaran yang paling banyak digunakan. kebutuhan dan keinginan. . variable social budaya. dalam penciptaan banding promosi dan pemilihan media iklan. kecukupan. kepentingan. penggunaan yang berhubungan dengan karakteristik. Tanpa pasar yang beragam. psikologis. penelitian segmentasi membantu dalam redesign dan reposisi produk yang ada. Sembilan kelas utama karakteristik konsumen yang menjadi dasar dan paling umum untuk segmentasi pasar adalah termasuk factor geografis. Selain membanyu dalam pengembangan produk baru. Hal ini kemudian mengembangkan strategi positioning untuk setiap segmen yang ditargetkan. karakter psikologis. Karena strategi segmentasi menguntungkan keduanya pemasar dan konsumen. negara asal. Setelah sebuah organisasi mengidentifikasi target pasar yang menjanjikan. manfaat yang dicari dan bentuk hibrida segmentasi. pengecer dan sector nirlaba. Segmentasi pasar diikuti sebagai cara yang lebih logis untuk memenuhi kebutuhan konsumen. demografis. Segmentasi didefinisikan sebagai proses membagi pasar yang potensial menjadi himpunan bagian yang berbeda dari konsumen dengan kebutuhan umum atau karakteristik dan memilih satu atau lebih segmen untuk menargetkan bauran pemasaran yang dirancang khusus. Segmentasi pasar yang sekarang banyak digunakan oleh produsen. Criteria penting untuk segmentasi pasar meliputi identifikasi. maka harus memutuskan apakah akan menargetkan beberapa segmen (pemasaran diferensiasi) atau hanya satu segmen (pemasaran konsentrasi).

Sarma Septalia Samosir KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK JURUSAN ILMU KOMUNIKASI 2012 .P 5. Firli Noor Ramadhani 2.L. Ephafroditus G. Uji Mustika Asri 4. Ronauli F1C009035 F1C009036 F1C009037 F1C009039 F1C009041 3.TUGAS KOMUNIKASI PEMASARAN KELOMPOK “Market Segmentation” Oleh : 1.