LAPORAN KERJA PRAKTEK

ANALISA SISTEM INFORMASI PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL

Oleh : Nama Nim : I Wayan suardika : 090010410

Bidang Studi : Sistem computer Program : S1

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER (STMIK) STIKOM BALI

2012

Berbagai jenis program aplikasi telah diciptakan untuk membantu manusia dalam mengerjakn mengolah berbagai jenis data. Aplikasi yang telah dibuat bisa digunakan untuk memberikan sebuah pelayanan baik dalam dunia kerja maupun pendidikan. Instansi pemerintahan seperti badan Pertanahan Nasional yang terletak di jl. Tak terlepas dari kemajuan teknologi yang bisa memberikan kemudahan-kemudahan dalam sector pelayanan bagi atau masyarakat.melainkan dapat juga digunakan untuk mengolah suatu data. Salah satu jenis aplikasi yang telah digunakan dalam sebuah instansi pemerintahan yaitu menggunakan aplikasi system pelayanan untuk pengurusan pendaftaran sertifikat tanah. Memudahkan untuk pengoprasian system system itu sendiri untuk melakukan pelayanan pendaftaran sertifikat tanah.1 Latar Belakang Pada saat ini dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat.fungsi computer tidak hanya menghitung. Pudak no 7 denpasar telah menerapkan sebuah aplikasi yang sudah tervisualisasi. .BAB I Pendahuluan 1.baik numeric ataupun alpanunerik.

maka dalam penulisan laporan ini. 1.1. 1.3 Rumusan Masalah Masalah yang di hadapi pada Badan Pertanahn Nasional adalah proses pelayanan pembuatan sertifikat tanah yang masih manual. Menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta maupun instansi-instansi. Untuk mengetahui prosedur pelayanan sertifikat tanah pada Badan pertanahan Nasional Kota Denpasar yang dilakukan mulai tanggal 10 Agustus 2010 sampai dengan oktober. Membuat suatu analisa system komputerisasi pada kantor pertranahan untuk pelayanan sertifikat tanah.Net dan penyimpanan data system ini menggunakan database Oracle dalkam pelayanan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Kota Denpasar.Penelitian dilakuakan bersama dengan kerja praktek.4 Ruang Lingkup Kerja Praktek Berdasarkan latar belakang ditas.penulis membatasi pada pembahasan aplikasi system dengan menggunakan Visual Basic.yang menyebabkan kurangnya kredebilitas para pegawai. Menerapkan ilmu yang diperoleh selama proses perkuliahan dalam lapangan kerja. 2. .5 Metode Kerja Praktek Penelitian ini dilakukan di Badan Pertanahan Nasional Kota Denpasar. 3.2 Tujuan kerja Praktek Adapun tujuan pelaksanaan kerja praktek yaitu : 1. 1.

Data Kualitatif Data kualitatif adalah data yang berupa keterangan-keterangan seperti sejarah berdirinya perusahaan.5. b.2 Jenis data Adapun jenis data yang digunakan penulis dalam penyusunan laporan kerja praktek ini sebagaiu berukut : a. 1. Data Sekunder Data sekunder adalah semua data yang diperoleh diluar obyek pengamatan seperti buku dari perpustakaan maupun buku-buku .3 Sumber Data Adapun sumber data yang digunakan penulis dalam penyusunan laporan ini adalah : a.1 Lokasi Kerja Praktek Untuk lokasi pengambilan kerja praktek. b.dengan kantor yang tidak begitu besar dan memiliki dua lantai. Data kuantitatif Data Kuantitatif adalah data yang berupa angka-angka seperti harga satuan dan jumlah harga.5.5. Struktur organisasi perusahaan dan lain sebagainya.cukup digunakan sebagai pelayanan dalam mengurus sertifikat tanah.berada di Jl. Data Primer Data primer adalah data yang diperoleh dari pengamatan secara langsung melalui kegiatan kerja praktek pada perusahaan. 1. Pudak no 7 denpasar.1.

Observasi Observasi adalah pengumpulan data dengan pengamayan langsung ke obyek yang di tuju.pedoman yanfg ada pada badan pertanahan Nasional kota Denpasar yang berhubungan dengan masalah yang di angkat. 3. Teknik analisa yang digunakan dalam laporan ini adalah menggunakan Data Flow Diagram ( DFD ) dan Entity Relationship Diagram ( ERD ). . 1.menyalin dan mengutip dari catatan. Hal ini untuk mendapatkan gambaran system informasi pelayanan sertifikat tanah pada badan Pertanahan Nasional kota Denpasar. 2. Dokumentasi Dokumentasi adalah pengumpulan data dengan mengambil. Wawancara Wawancara adalah pengumpulan data dengan menanyakan langsung pada karyawan yang menangani bidang yang bersangkutan.5. Dalam hal ini data dikumpulkan melalui kegiatan kerja praktek secara langsung.jenis data yang dipakai adalah data kualitatif yang merupakan data yang berupa informasi dan keterangan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. 1.buku pedoman maupun arsip data tentang pelayanan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional kota denpasar.5.5 Teknik dan Analisa Data Dalam penyusunan laporan ini .4 Metode pengumpulan Dalam penulisan laporan ini penulis mengajukan beberapa cara dalam pengumpulan data yaitu : 1.

Makna gambar  Empat butir padi.bentuk keterbukaan dalam pelayanan public di bidang pertanahan sebagai penjabaran diundang-undangkannya UU no 25 tahun 2009 tentang pelayanan public. 1.1 Sejarah Badan Pertanahan Nasional Badan Pertanahan Nasional RI ini dibuat dengan pertimbangan : Pertama.  Sumbu melambangkan poros keseimbangan .dalam rangka menyongsong 50 tahun UUPA dan sosialisasi pelaksanaan program Badan pertanahan Nasional RI ( BPNRI ) Adapun bentuk lambing dari BPNRI ini memiliki makna tersendiri.melambangkan kemakmuran dan kesejahtraan yang juga melambangkan empat tujuan penataan pertanahan yang akan dan telah dilakukan oleh BPNRI yaitu :     Kemakmuran Keadilan Keberlanjutan Harmoni Sosial bumi melambangkan sumber kehidupan  Lingkaran manusia.Kedua.melambangkan wadah atau area untuk berkarya bagi BPN yang berhubungan langsung dengan unsure-unsur yang ada di bumi.Dengan menyerupai lapisan bumi yang berbentuk bulat dan sisi kanan terdapat empat butir padi yang setiap gambar dan warna memiliki makna tersendiri.BAB II Tujuan Umum Institusi 2.

2.pengangguran.3 Misi Lihat kedepan.penggunaan dan pemanfaatan tanah. Makna Warna  Coklat melambangkan bumi. .kepemilikan.penciptaan sumber-sumber dan baru rakyat. Peningkatan tatanan kehidupan bersama yang lebih berkeadilan bermartabat dalam kaitannya dengan dan penguasaan .2 Visi Mewujudkan tanah dan pertanahan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyan serta keadilan dan berkelanjutan system kemasyarakatan.dipikirkan dan dirasa raakyat. 2.kedewasaan dan dipercaya keseimbangan 2.serta pemantapan ketahanan nasional.cermin dapat dan teguh  Kuning emas melambangkan kehangatan.lakukan sesuatu yang dibutuhkan. Peningkatan kemakmuran kesejahtraan rakyat.pencerahan intelektual dan kemakmuran  Abuabu melambangkan kebijaksanaan. Tiga garis melintang memaknai pasal 33 ayat 3 UUD 45 yang mendasari lahirnya undang-undang pokok agrarian ( UUPA ) no 5 tahun 1960.alam raya.Mengembangkan dan menyelenggarakan politik dak kebijakan pertanahan untuk : 1.kemiskisan kesenjangan pendapat.  Sebelas bidang garis bumi memaknai sebelas agenda pertanahan yang akan dilakukan BPN 2.kebangsaan dan kenegaraan Republik Indonesia.

prinsip dan aturan yang tertuang dalam UUPA dan aspirasi rakyat secara luas.konflik dan perkara dikemudian hari.semangat. 5.konflik dan perkara pertanahan di seliruh tanah air dan penataan perangkat hokum serta system pengelolaan sehingga tidak melahirkan sengketa. Keberlanjutan system kemasyarakatan. Perwujudan tatanan kehidupan bersama yang harmonis dengan mengatasi sengketa.kebangsaan dan kenegaraan Indonesia dengan memberikan akses seluas-luasnya pada generasi yang akan dating terhadap tanah sebagai sumber kesejahtraan masyarakat. .3. Menguatkan lembaga pertanahan sesuai dengan jiwa . 4.

B.B Sutrisna Kasi sengketa konflik & perkara M Lintong T SH Kasubsi pengukuran & pemetaan Gst P Astika SSit Kasubsi penetapan hak tanah I Nym Budiarta Sh Kasubsi penatagunaan tnh & kawasan tertutup I Md Sujana Kasubsi pengendalian pertanahan Dw Nym Sumantra SH Kasubsi sengketa & konflik retanahan I Nym Karin Sh Kasubsi tematik & potensi tanah Suyanto Kasubsi pengaturan tanah pemerintah Aa mira Murtini Sh Kasubsi landreform & konsolidasi tanah Iswanto SH Kasubsi pemberdayaan masyarakat Justikman Sidik SH Kasubsi perkara pertanahan Ni md Sucitawati Sh Kasubsi peralihan & pembebanan hak ppat Ni Md ardiani APtnh Kasubsi pendaftaran hak I Nym Arya Suarnadi Sh .2.N Sudanayasa Kaur perencanaan & keuangan I.Pt Gede Kaur umum & kepegawaian Ni Md Ariani SE Seksi surfei & pemetaan I Wyn Bawarta SH Seksi hak tanah & pendaftaran tanah I Md Megananda SH Seksi pengaturan & penataan pertanahan Ni Suradharma SH Kasi pengendalian & pemberdayaan Ir I.4 Strukur Organisasi struktur organisasi merupakan gambaran secara skematis tentang bagianbagian tugas dan tanggung jawab serta hubungan bagian-bagian yang terdapat di suatu lembaga yang merupakan suatu wadah untuk menjalankan bagian masingmasing. Berikut adalah strukturnya. Kepala kantor Tri Nugraha SH Kasub Bag TU Drs G.

5 Fungsi dan Tugas organisasi 1. Tugas dan Fungsi Sub bagian TU Mempunyai tugas memberikan pelayanan administrative kepada semua satuan organisasi kantor pertanahan .2.perapatan kerangka dasar.dan mempunyai fungsi :        Pengelolaan data dan informasi Penyusunan rencana.serta menyiapkan bahan evaluasi kegiatan.pengukuran.pengukuran batas wilayah.pemetaan tematik dan survey potensi tanah .Rt<sarana dan prasarana Penyiapan bahan evaluasi kegiatan dan penyusunan program Koordinasi pelayanan pertanahan 2.pemetaan tematik dan survey potensi tanah.adapun fungsinya sebagai berikut :  Pelaksanaan survey.pengukuran batas kawasan.pengukuran dan pemetaan bidang tanah ruang dan perairan.program dan anggaran serta laporan akuntabilitas kinerja pemerintah Pelaksanaan urusan kepegawaian Pelaksanaan urusan keuangan dan anggaran Pelaksanaan urusan TU. .perapatan kerangka dasar.Pengukuran dan Pemetaan Mempunyai tugas melakukan survey. Tuagas dan Fungsi Seksi Survei.menyiapkan pembinaan surveyor berlisensi dan pejabat penilai tanah.pemetaan bidang tanah ruang dan perairan .penyusunan program dan pengaturan perundanundangan.

pengadaan tanah hak bbekas pendaftaran.pemetaan.saran dan pertimbangan serta melakukan kegiatan  perizinan.pemetaan.peralihan.penaksiran harga dan tukar menukar.pendataan dan dan pembaharuan penertiban hak tanah.pembebanan hak atas tanah serta pembinaan pejabat pembuatan akta tanah dalam rangka melaksanakan tugas tersebut.perizinan.pembukuan tanah ruang dan perairan. Penyiapan telaahan dan pelaksanaan pemberian rekomendasi perpanjangan jangka waktu pembayaran uang pemasukan atau pendaftaran hak  Mengadministrasi atas tanah yang dimiliki Negara.saran dan pertimbangan usulan penetapan hak pengelolaan tanah.daerah bekerjasama dengan pemerintah.termasuk tanah badan hokum pemerintah. Tugas dan fungsi Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Seksi hak tanah dan pendaftaran tanah mempunyai tugas menyiapkan bahan dan melakukan penetapan hak dalam rangka pemberian.pemeliharaan.adapun tugasnya sebagai berikut :  Penyiapan rekomendasi pelepasan.pemeliharaan dan pengembangan pemetaan tematik dan potensi tanah.pengukuran. Penerapan kerangka dasar orde 4 dan pengukuran batas wilayah.  Pendataan dan penerbitan tanah bekas tanah hak .   Survey.perpanjangan tanah. Pemeliharaan peralatan teknis 3.

.landreform.   Pelaksanaan pendataan hak dan komputerisasi pelayanan pertanahan.pulau-pulau kecil.berikut ada.lah fungsi dari seksi ini :  Pelaksanaan penatagunaan tanah.landreform.penataan pertanahan wilayah pesisir. Tugas dan Fungsi Seksi Pengaturan dan Pemetaan Pertahanan Melakukian penatagunaan tanag.perbatasan wilayah tertentu lainnya.konsolidasi tanah. Pelaksanaan peralihan pembebanan hak atas tanah dan pembinaan pejabat pembuat akta tanah. Pelaksanaan penegasan dan pengakuan hak. Penetapan criteria kesesuaian penggunaan dan pemanfaatan tanah serta penguasaan dan kepemilikan tanah dalam rangka mewujudkan fungsi kawasan.penataahn  wilayah pesisir.perbatasan dan wilayah tertentu.konsolidasi tanah. 4.pulau-pulau kecil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful